Indonesia sudah lama dikenal sebagai negara dengan salah satu kekayaan kuliner terbaik di dunia. Makanan Indonesia seperti nasi goreng dan rendang bahkan dinobatkan sebagai hidangan terenak versi CNN, lho! Tapi, sebagai orang Indonesia, ada satu elemen masakan yang sangat istimewa, yaitu saus sambal. Sambal dengan variasi olahan dan rasa yang mantap bisa bikin sesi makan semakin nendang.

Nggak percaya? Ini nih 5 makanan Indonesia yang terasa hambar kalau nggak ditemani sambal!

BIKIN RASA MAKANAN MAKIN NIKMAT DENGAN SAMBAL JAWARA

1. Gorengan tahu dan tempe

saus sambal
Via – Malayacafe

Tahu dan tempe adalah makanan Indonesia yang paling populer. Kedua lauk kaya protein ini bisa diolah menjadi beragam menu yang sedap, mulai dari digoreng, bacem, atau diorek. Tapi, tentunya tahu dan tempe goreng paling pas disandingkan dengan saus sambal, dong! Apalagi kalau kamu melengkapinya dengan sayur lalap segar dan nasi putih pulen. Cocok banget buat makan siang yang nikmat!

YUK BELI SAMBAL JAWARA UNTUK TEMAN MAKAN SIANG

2. Ayam goreng dan ayam bakar

saus sambal
Via – Mamadita

Dari Sabang sampai Merauke, olahan ayam tetap di hati. Daging ayam yang empuk memang membuatnya jadi menu sejuta umat. Tentu kamu sendiri sudah pernah mencoba sedapnya ayam goreng, ayam bakar, ayam kremes, atau yang baru-baru ini populer adalah ayam geprek. Ya, olahan ayam memang belum afdol rasanya kalau nggak ditemani dengan saus sambal pedas. Makan ayam sama nasi doang mana seru, karena itu, sediakan dulu sambal favoritmu ya!

RASAKAN NIKMATNYA SAMBAL JAWARA SEKARANG

3. Sate

saus sambal
Via – Indoindians

Sate adalah makanan khas Indonesia yang telah dikenal di dunia. Biasanya, sate terbuat dari daging ayam atau kambing yang dibakar di atas arang dan disajikan dengan saus kacang dan kecap yang manis. Untuk menambah cita rasanya, sate disajikan dengan sambal, cabe rawit, atau bawang merah. Bahkan, sate taichan yang sekarang lagi ngetren pun menggunakan ulekan sambal berlimpah yang digemari pencinta pedas. Biar makin segar, kamu juga boleh banget memeras jeruk nipis di atasnya, guys!

MAU SAMBAL YANG EXTRA HOT? BELI AJA SAMBAL JAWARA!

4. Ikan goreng dan ikan bakar

saus sambal
Via – Delicious

Tinggal di negara kepulauan, tentu kamu udah sering banget menikmati olahan ikan ala Indonesia, seperti ikan kembung, ikan bawal ataupun teri goreng. Setiap olahan ikan memiliki cita rasa khasnya masing-masing, tapi kehadiran saus sambal bisa membuat lauk ini terasa lebih nendang! Karena itulah, mau dimanapun kamu pesan menu ikan, dijamin pasti ada saus sambal untuk menyempurnakan sesi makanmu.

YUK CICIPI KENIKMATAN SAMBAL JAWARA ASLI INDONESIA

5. Bakso

saus sambal
Via – Steemitimages

Berbeda dari bakso Italia yang biasa dimakan bersama pasta, olahan bakso di Indonesia disajikan dengan kuah kaldu yang nikmat dan topping pelengkap seperti mi, gorengan, dan sayur. Nggak lupa juga, kecap, saus tomat, dan saus sambal selalu terhidang untuk menambah gurihnya kuah bakso. Tiap orang pasti punya “formula” sendiri-sendiri untuk meracik semangkok bakso yang paling nikmat. Kalau kamu gimana, guys?

SAMBAL JAWARA BISA BIKIN TIAP MENU MAKIN NIKMAT, BURUAN BELI YUK!


Nah, itu dia 5 makanan Indonesia yang wajib banget kamu santap pakai saus sambal. Rasa pedas dan gurih dari sambal bisa menambah cita rasa dan bikin sesi makanmu lebih menantang, lho! Karena itu, jangan lupa untuk selalu menjaga stok saus sambal di rumah. Jadi, apapun menu yang kamu masak, selalu ada sentuhan sambal yang siap menyempurnakan!

Mau tahu saus sambal yang recommended? Coba deh pesan Sambal Jawara di #BlibliSekarang dan rasakan sendiri sedapnya!

SEDIAKAN STOK SAMBAL DENGAN PROMO SAMBAL JAWARA DI SINI

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY