me

Review MacBook Air 15: Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan, & Waktu Rilis

Jul 05, 2023.By Jarvis
Bagikan

appleinsider.com

Cek dulu review Macbook Air 15 langsung disini!

Cicilan 0% Gadget

Review MacBook Air 15 — Jika kamu ingin membeli atau mengganti laptop baru, maka MacBook Air 15 bisa dimasukkan ke dalam list rekomendasi. Alasannya, tentu karena desainnya yang mewah sampai fitur-fitur canggih didalamnya membuat laptop ini semakin menarik.

Buat yang tertarik untuk membelinya, maka wajib cek dulu spesifikasi, fitur menarik, review kelebihan hingga kekurangan dari MacBook Air 15. Kira-kira apa saja ya? Ayo langsung cek penjelasannya bersama!

Baca juga: Kenali Jenis Macbook untuk Pemakaian yang Pas Buat Kamu


Waktu Rilis MacBook Air 15

Waktu Rilis Macbook Air 15
tomsguide.com

Jika dilihat kembali, laptop keluaran Apple ini dapat dikategorikan sebagai laptop keluaran baru. Sebab MacBook Air 15 baru saja dirilis pada tanggal 5 Juni 2023 yang lalu. Perilisan laptop ini dilakukan lewat channel YouTube Apple pada acara gelaran WWDC 2023.

Makanya itu, nggak heran kalau banyak orang yang berbondong-bondong mau membeli laptop canggih dari MacBook ini.

Tabel Spesifikasi MacBook Air 15

Tabel Spesifikasi Macbook Air 15
tomsguide.com

Jika sudah mengetahui kapan perilisan laptop ini, maka kamu juga wajib cek spesifikasi untuk tahu apa saja fitur canggih dari MacBook Air 15, seperti:

Bodi Tebal: 11,5 mm
Bobot: 1,5 kilogram atau 3,3 pounds
Layar 15,3 inci
Skala resolusi 2880 x 1864 pixel
Liquid Retina Display
Tingkat kecerahan: 500 nits
Bezel: 5 mm
Kamera  Resolusi: 1080p notch
Slot USB Pengisian daya MagSafe
2 port Thunderbolt
Jack headphone 3,5 mm
Speaker 6 speaker, Spasial Audio
CPU & GPU CPU 8 inti (4 inti efisiensi & 4 inti peforma)
GPU 10 inti
Mesin Neural 16 inti
Chip M2
RAM 8 GB sampai 24 GB
Prosesor Dua kali lebih cepat dari Core i7
Fitur Tahan baterai: 18 jam
Warna: starlight, midnight, grey, space, dan silver
Harga  Rp17,8 – Rp19,3 juta

MacBook Air 15 Apakah NFC?

Macbook Air 15 Apakah NFC?
tomsguide.com

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang ketika mau membeli produk ini yaitu, MacBook Air 15 apakah NFC? Jawabannya adalah tidak, itu artinya laptop kece ini nggak bisa dipakai untuk pembayaran online.

Fitur Menarik/Unggulan MacBook Air 15

 Fitur Menarik Unggulan Macbook Air 15
macrumors.com

Selanjutnya, kamu juga perlu mencari tahu kira-kira apa saja fitur-fitur MacBook Air 15 ini. Jika diperhatikan secara seksama maka laptop kece ini memiliki beberapa fitur menarik, diantaranya:

Prosesornya Lebih Cepat Dibandingkan PC 15

Tentu alasan kamu untuk ganti laptop adalah karena kinerjanya yang sudah mulai lemot. Tetapi, hal tersebut tentu nggak berlaku buat MacBook Air 15. Sebab, laptop keren ini dibekali dengan prosessor yang dua kali lebih cepat dibandingkan dengan Core i7.

Hal ini tentu sangat menguntungkan kamu, karena laptop dengan kinerja yang cepat selalu menjadi idaman dan mempermudah kinerja deh!

Kapasitas RAM Besar

Kemudian, fitur unggulan lainnya yang bisa kamu temukan di laptop kece ini adalah kapasitas RAM yang besar. MacBook Air 15 ini dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB sampai 24 GB sehingga memudahkan kamu untuk mengunduh berbagai aplikasi.

Bahkan, buat kamu yang suka banget menyimpan foto hingga video beresolusi besar nggak perlu khawatir bakal lemot lagi.

Punya 6 Speaker Spasial Audio

Kalau kamu suka mendengarkan musik atau menonton film lewat laptop, maka wajib banget beli MacBook Air 15 ini sekarang juga. Alasannya karena laptop ini mempunyai 6 speaker yang masing-masing berkualitas terbaik.

Bahkan, semua speaker bawaan MacBook Air 15 didukung dengan Spasial Audio, jadi bisa dipastikan kualitas suara yang dihasilkan akan jelas dan keras.

Review Kelebihan dan Kekurangan MacBook Air 15

Review Kelebihan dan Kekurangan Macbook Air 15
theverge.com

Bukan hanya spesifikasi atau fitur menarik saja, kamu juga perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan MacBook Air 15. Sebab dengan begitu kamu bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan saat akan membeli.

Makanya itu, pada MacBook Air 15 ini sendiri memiliki beberapa poin kelebihan dan kekurangan, seperti berikut.

Kelebihan MacBook Air 15

Ada beberapa kelebihan MacBook Air 15 yang wajib kamu perhatikan sebelum membelinya, yaitu:

  • Bodi yang Tipis dan Ringan

Kelebihan pertama yang ditawarkan MacBook Air 15 adalah bodi yang tipis dan ringan. Sebab, pada laptop canggih ini memiliki bobot sekitar 1,51 kilogram saja. Hal inilah yang membuat laptop ini diklaim akan tahan lama alias awet.

Sementara itu, laptop ini juga sangat cocok diajak bekerja secara mobile karena nggak bakal menyita banyak tempat di tas.

  • Baterainya tahan lama

Terlebih lagi, laptop MacBook Air 15 ini dibekali dengan baterai yang bisa bertahan cukup lama. Berbeda dengan produk keluaran MacBook lainnya, buat laptop ini kemampuan baterai bisa bertahan sampai 18 jam loh.

Adanya kemampuan baterai dari MacBook Air 15 ini disebut lebih lama 50% jika dibandingkan dengan PC lainnya.

  • Hadir dengan 5 Varian Warna

Berbeda dengan produk MacBook lainnya yang menawarkan varian warna itu-itu saja, ternyata MacBook Air 15 hadir dengan 5 varian warna yang berbeda. Hal ini tentu menjadi gebarakan baru buat para penggemar produk MacBook.

MacBook Air 15 ini hadir dengan pilihan warna space, starlight, silver, midnight, dan grey. Semua itu dibalut dengan desain menarik sehingga dapat memberikan kesan mewah pada penggunanya.

Kekurangan MacBook Air 15

Selain kelebihan, tentu kamu harus memperhatikan kekurangan dari MacBook Air 15 sebelum membelinya. Sebab langkah ini untuk menghindari barang yang kamu beli nggak sesuai ekspektasi. Terdapat beberapa kekurangan yang perlu diketahui dari laptop ini, seperti:

  • Tempat Servis Langka

Kekurangan pertama yang mungkin langsung disadari para pengguna MacBook adalah langkanya tempat servis. Hal ini disebabkan oleh laptop keluaran Apple ini nggak memiliki tempat servis yang nggak resmi. Jadi, MacBook kamu hanya boleh diservis di tempat yang resmi saja.

Sayangnya, tempat servis ini hanya berada di kota-kota besar saja sehingga akan cukup merepotkan jika kamu berada di daerah terpencil.

  • Lebih Cepat Panas

Sementara itu, MacBook ini bisa dikatakan lebih cepat panas jika dibandingkan dengan laptop dari produk lain. Adanya hal ini tentu bisa menghambat kinerja kamu karena kinerja laptop akan melambat karena panas.

Buat meminimalisir hal ini kamu bisa membawa aksesoris seperti pendingin untuk mencegah terjadinya laptop memanas.

  • Kurang Cocok Dipakai Game

Jika kamu seorang gamers, maka nggak cocok membeli MacBook Air 15 karena dukungan software pada laptop ini kurang memadai. Ditambah lagi, pembuatan software untuk laptop game ternyata membutuhkan sistem operasi yang nggak murah.

Jadi, disarankan buat kamu yang sedang mencari laptop untuk kebutuhan game, bisa membeli laptop dengan sistem operasi windows saja.

Harga MacBook Air 15

Harga Macbook Air 15
pcmag.com

Jika bicara soal harga, MacBook Air 15 satu ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp17,8 juta – Rp19,3 juta saja. Jadi, buat yang tertarik bisa langsung membelinya di iBox atau E-commerce sekarang.


Baca juga: Cara Copy Paste Di MacBook, Bagaimana Sih?

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang spesifikasi dan harga MacBook Air 15 mulai dari kelebihan hingga kekurangannya. Semua hal tersebut bisa kamu jadikan sebagai referensi kalau mau beli produk ini.

Buat yang mau beli produk MacBook Air 15 ini, kamu bisa membelinya langsung di Blibli loh. Dapatkan berbagai promo menarik khusus buat kamu, jadi ayo cek Blibli sekarang juga.