me

Resep Rawon Daging Sapi Istimewa untuk Keluarga

Apr 23, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Saat akhir pekan waktunya masak, yuk, coba resep rawon daging, berikut resepnya.

Rawon merupakan masakan khas Jawa Timur yang populer. Ciri khas rawon yaitu menggunakan bahan daging dan berkuah hitam karena bumbunya pakai keluak. Jika Blibli Friends suka rawon, bisa bikin sendiri di rumah. Ada resep rawon daging yang bisa kamu coba sekarang juga. Yuk, simak resepnya.

Baca juga: Resep Buat Para Milenial, Hot Mentai Pasta! 


Supermarket Online BLM

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Bahan rawon:

  • Daging sapi 500 gram
  • Dengkul sapi 1 potong, belah jadi dua
  • Daun jeruk purut 3 lembar
  • Serai 1 batang, memarkan
  • Air asam jawa 1 sendok makan
  • Daun bawang 2 batang, iris setebal 1 cm
  • Kaldu sapi bubuk 1 sendok makan
  • Garam 1 sendok makan
  • Air 3 liter
  • Minyak goreng 5 sendok makan

Bumbu halus:

  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Keluak 5 buah, geprek, rendam isinya pakai air panas
  • Kemiri 4 butir, sangrai
  • Kunyit 1 cm, bakar

Bahan pelengkap:

  • Taoge pendek
  • Jeruk nipis
  • Telur asin
  • Emping
  • Sambal rawit

Alat-alat yang Diperlukan

  • Pisau
  • Talenan
  • Panci 
  • Wajan
  • Sendok sayur
  • Sendok makan
  • Mangkuk saji

Cara Membuat Rawon

  1. Siapkan panci. Letakkan panci di atas kompor. Tuangkan air ke dalam panci. Nyalakan api dan didihkan air. 
  2. Masukkan daging dan dengkul sapi ke dalam air mendidih, rebus sampai menjadi setengah lunak. Angkat daging dan dengkul sapi, biarkan air rebusannya.
  3. Potong daging sapi sesuai keinginan. Sisihkan.
  4. Masukkan kaldu sapi bubuk ke dalam air rebusan daging, tambahkan garam. Biarkan kuah kaldu tetap panas dengan api kecil.
  5. Siapkan semua bumbu halus. Haluskan bumbu dengan blender.
  6. Siapkan wajan. Letakkan wajan di atas kompor. Tuangkan minyak ke wajan. Nyalakan api.
  7. Masukkan bumbu halus ke wajan. Tambahkan lengkuas, serai, dan daun jeruk purut. Tumis sampai harum dan matang.
  8. Kemudian, masukkan potongan daging ke dalam tumisan bumbu. Masak sampai bumbu meresap ke daging.
  9. Masukkan daging tumisan ke dalam panci kuah kaldu. Masak pakai api kecil sampai dagingnya empuk.
  10. Rawon matang dan siap disajikan bersama pelengkap.

Tips Membuat Rawon

Buat masak rawon yang enak, kamu sudah melihat resepnya barusan, tapi nggak cuma itu saja. Biar masakanmu menjadi lebih sedap, kamu juga perlu tahu tips membuat rawon. Tips ini menjadi kunci rahasia yang membantu kamu untuk mengolah rawon, sehingga cita rasanya lezat. Berikut tips-nya:

Memilih Jenis Daging Sapi yang Tepat

freepik.com

Kalau mau bikin rawon, kamu bisa pilih daging sapi yang paling pas buat masakan kamu. Untuk rawon, pilih saja jenis daging sapi sandung lamur atau dada bawah. Pilihan daging ini karena di bagian tersebut itu terdapat banyak lemak. Jadi, biar rawon yang kamu bikin itu semakin sedap, gurih, juga terasa banget dagingnya. Daging juga mudah empuk.

Merebus Daging Sapi Pakai Daun Jeruk

freepik.com

Selanjutnya, kalau merebus daging sapi itu bisa pakai daun jeruk. Jadi, caranya, kamu merebus daging seperti biasa pakai air mendidih. Nah, tambahkan daun jeruk tiga lembar ke dalam air rebusan daging tersebut. Biarkan selama 15 menit kemudian tiriskan. Cara ini bisa bikin daging yang kamu rebus jadi lebih beraroma, biar keluar aromanya gitu.

Menambahkan Cuka Saat Merebus Daging

Di rebusan kedua nanti, kamu bisa tambahkan cuka sedikit. Jadi, masukkan cuka ke dalam air rebusannya. Oh iya, airnya harus baru, ya, karena dengan begitu, daging bisa empuk dengan lebih cepat. Nggak cuma lebih cepat empuk, tapi daging juga nggak akan alot kalau kamu tambahkan cuka saat merebus dagingnya.

Nggak Membuang Air Rebusan Daging

freepik.com

Hindari membuang air rebusan daging, soalnya dari sinilah kamu bisa dapatkan kaldu dengan cita rasa sedap. Jadi, kamu dapat menyaring kaldu hingga bersih. Kemudian, rebus kembali kaldu tersebut dengan ditambah bawang. Jadi, aromanya bakal semakin harum dan sedap, pokoknya menggugah selera. Jadi, ingat untuk nggak membuang kuah rebusan daging.

Sebaiknya Nggak Pakai Bumbu Jadi

Benar, memang ada banyak bumbu jadi untuk bikin rawon. Kecuali kamu sedang sangat terburu-buru nggak ada waktu, sebaiknya kamu masak rawon nggak pakai bumbu instan. Sebab, bumbu jadi itu bisa mengurangi sedapnya rasa dan aroma rawon. Benar rawon pasti matang dan siap dinikmati, hanya saja, pasti nggak akan selezat rawon dengan racikan bumbu segar.

Gunakan Keluak yang Sudah Tua

Untuk masak rawon dengan cita rasa yang lezat sempurna, keluak yang dipakai juga nggak asal. Jadi, kamu perlu memilih keluak yang sudah tua. Cara mengetahui apakah keluak tersebut sudah tua, yaitu dengan mengocoknya, bisa sambil kamu dekatkan ke dekat telinga. Jika keluak tersebut mengeluarkan suara, artinya kamu bisa menggunakannya.

Menyeduh Keluak dengan Air Hangat

Cara buat mengolah keluak juga nggak kalah penting. Jadi, biar keluak memberikan rasa dan aroma serta warna hitam yang rawon banget, cara mengolahnya yaitu dengan menumbuk keluak sampai kulitnya terlepas, kalau sudah, kamu dapat menyeduhnya dengan air hangat hingga larut semuanya. Nah, jadi ikuti langkah ini biar keluak memberikan cita rasa maksimal.

Menumis Bumbu Sampai Matang Berminyak

Kunci penting lainnya buat memasak rawon adalah bumbunya. Jadi, cara mengolah bumbu rawon ini juga penting. Kamu dapat mengolahnya dengan cara menumis bumbu rawon sampai benar-benar matang dan mengeluarkan minyak. Kalau sudah begitu, bumbu nggak hanya matang dan harum, tapi juga nggak akan berbau langu. Hasil akhirnya, rawon olahan kamu akan berasa semakin nikmat.

Masukkan Bumbu dan Daging ke Kuah yang Mendidih

Nah, jadi, pastikan kalau kuah rawon, yang air rebusan daging itu, sudah betul-betul mendidih. Baru setelah itu, masukkanlah potongan daging ke dalamnya. Tujuannya biar bumbu, daging, dan kuah rawon itu semuanya matang dengan seimbang. Jadi, pas banget, kan. Nggak ada yang masih kurang matang, sedangkan yang lainnya terlalu matang.

Pastikan Memasak Rawon Pakai Api Kecil

Buat memasak rawon, kamu bisa pakai api kecil. Jadi, saat menunggu rawon matang dan daging empuk, nah, kamu dapat memasaknya dengan api kecil, biar dagingnya matang dengan sempurna. Sebab, kalau apinya terlalu besar, nanti dagingnya juga matang lebih cepat dan malah jadi alot. Maka dari itu, atur api kecil supaya panasnya bikin daging matang secara merata.


Baca juga: Resep Istimewa Ngabuburit dan Anti Gagal!

Nah, demikian resep untuk membuat rawon daging sapi. Kamu bisa bikin rawon di rumah saja, loh. Memasak rawon bisa dibilang memerlukan kamu untuk telaten, mulai dari menyiapkan bahan sampai mengolahnya sampai memasak rawon hingga matang. 

Terlebih bagi pemula yang baru pertama kali bikin rawon, nah, kamu bisa menerapkan tips yang sudah kamu baca. Kamu juga nggak perlu khawatir mencari bahan rawon, karena semuanya tersedia di supermarket online yang ada di Blibli! Mulai dari bahan daging sampai bumbunya juga lengkap tersedia. Belanja sekarang, nikmati harga diskon dan promo istimewa hanya di Blibli. Pasti untung belanja di Bliblimart.

Tag: