me

Resep Kue Cupit Kekinian, Susah Berhenti Makan!

Apr 23, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Udah siapkan bahan-bahan untuk mencoba resep kue cupit, belum?

Kue cupit adalah salah satu jenis camilan yang sempat viral beberapa waktu lalu. Rasanya yang manis dipadukan dengan tekstur lembut dan lumer di mulut bikin para pecinta makanan manis merapat ke abang penjualnya. Kabar baiknya adalah sebenarnya kamu bisa lho, mencoba membuat kue ini di rumah dengan bantuan resep kue cupit kekinian yang gampang banget.

Kue cupit sering disamakan dengan kue pukis karena tampilannya emang punya kemiripan. Tapi, nyatanya dari segi rasa dan tekstur, kue cupit lebih manis dan lembut karena diangkat ketika masih setengah matang. Kalau tertarik mempraktekkan resep kue cupit, pastikan kamu udah menyiapkan semua bahan dan perlengkapannya terlebih dahulu agar proses pembuatannya berjalan lancar. 

Baca juga: 4 Resep Cake Zebra yang Bisa Kamu Buat Dirumah


Supermarket Online BLM

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan 

  • 2 butir telur
  • 140 gram gula pasir
  • 300 gram tepung terigu serbaguna
  • 20 gram green tea bubuk
  • 1 sdt pasta vanilla
  • 170 ml air
  • 1 sdm mentega cair
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt baking powder

Topping

  • Meses coklat
  • Keju, potong dadu sesuai selera
  • Choco chips
  • Sprinkle
  • Coklat blok, potong dadu

Alat-Alat yang Dibutuhkan

  • Mixing bowl
  • Mixer 
  • Wadah untuk memisahkan adonan
  • Cetakan kue cupit
  • Sendok
  • Kuas kue
  • Tusuk sate

Cara Membuat Kue Cupit

  1. Tuang gula dan telur dalam mixing bowl.
  2. Kocok gula dan telur menggunakan mixer sampai mengembang dan warnanya menjadi kuning pucat.
  3. Masukkan tepung terigu secara bertahap. Aduk lagi hingga seluruh adonan tercampur.
  4. Tambahkan air, mentega, baking soda, dan baking powder. Aduk hingga tekstur lebih kental.
  5. Pisahkan adonan dalam dua wadah berbeda.
  6. Di wadah pertama, tambahkan bubuk green tea. Di wadah kedua tambahkan pasta vanilla. Aduk rata sampai bahan tercampur sempurna tanpa ada yang menggumpal.
  7. Siapkan cetakan atau loyang kue cupit, olesi bagian dalamnya dengan mentega menggunakan kuas kue. 
  8. Setelah loyang mulai panas, tuang sedikit adonan pada setiap lubang loyang menggunakan sendok. Pastikan memberikan jarak sekitar 0.5 cm dari batas lubang supaya nggak terlalu penuh.
  9. Saat adonan kelihatan mulai padat, tambahkan topping sesuai selera di atasnya. 
  10. Masak biarkan selama kurang lebih semenit. 
  11. Tusuk dengan tusuk sate, pastikan bagian dalamnya matang namun masih menyisakan adonan basah yang membuat teksturnya lumer.
  12. Angkat kue cupit, sajikan dalam keadaan hangat.

Telur Ayam Negeri Bandung BINTANG TELUR SEGAR 5 kg Bandung Only

Tips Membuat Kue Cupit 

Ciri khas dari kue cupit adalah teksturnya yang lembut karena diproses setengah matang. Ini jugalah yang jadi alasan camilan tersebut paling nikmat dimakan hangat sehingga sensasi lumer di mulutnya lebih terasa. Ditambah dengan nuansa vanilla dan teh hijau di adonannya, plus topping beragam, makan kue cupit nggak bakal cepat bosan. Agar kue cupitmu lebih mantap, simak tips berikut:

Ayak tepung terigu dan bubuk green tea sebelum digunakan

Tips pertama berkaitan dengan teknik mengolah bahan baku kue cupit, yaitu tepung terigu. Seperti yang kamu tahu, tepung terigu yang baru dikeluarkan dari kemasan biasanya memiliki gumpalan keras yang walaupun nggak mengubah rasa namun merusak tekstur kue. Maka dari itu, jangan langsung dipakai melainkan ayaklah terlebih dahulu.

Cara mengayak tepung terigu juga nggak boleh sembarangan. Supaya bisa tersaring dengan sempurna, pastikan untuk mengayak sedikit demi sedikit. Memang perlu kesabaran, tapi hasilnya sangat sebanding. Dengan tepung terigu yang benar-benar halus tanpa gumpalan, kue cupitmu akan punya tekstur yang lembut juga. Dijamin puas sama hasilnya, deh.

Ganti air dengan susu untuk rasa creamy

Kue cupit identik dengan rasa lumer di mulut yang memanjakan lidah. Meskipun sebenarnya menggunakan air sebagai pelarut cukup untuk membuat adonan kue yang bagus, namun bagi pecinta rasa creamy kamu perlu memodifikasi bahannya. Untuk mendapatkan rasa dan tekstur yang kamu mau, gantilah air dengan susu full cream.

Menggunakan susu full cream dalam adonan kue cupit akan memberikan rasa gurih yang lebih. Aromanya juga lebih harum yang bikin kamu pengen makan lagi dan lagi. Hal yang lebih penting adalah lumernya di mulut jadi lebih legit dan creamy. Penggunaan susu sebagai pengganti air bisa kamu lakukan baik di adonan vanilla maupun teh hijau yang kamu buat.

Namun, pastikan kamu memilih susu tanpa tambahan perisa apapun agar nggak merusak rasa kue. Alih-alih memilih susu coklat atau rasa lain dengan label full cream, akan lebih aman kalau kamu menggunakan susu putih dengan rasa plain alias hambar. Susu tanpa rasa akan lebih netral pada adonan kue dan hanya meningkatkan teksturnya aja.

Beri olesan mentega pada cetakan, bukan minyak

Mengingat kue cupit dicetak dengan loyang atau cetakan, maka ada kemungkinan adonan akan lengket dan menempel ketika diangkat. Untuk menyiasatinya, kamu bisa “melumasi” loyang dengan mengoleskan mentega. Ingat ya, mentega, bukan minyak. Walaupun keduanya sama-sama mengandung minyak dan licin, mereka punya karakteristik yang berbeda.

Menggunakan minyak untuk membasahi loyang memang akan membuatnya anti lengket sehingga kue cupit tidak menempel saat diangkat. Namun, kamu juga harus tahu bahwa menggunakan minyak akan membuat kuemu jadi oily yang pastinya nggak enak di lidah. Mentega akan membuat loyang lebih licin, sekaligus memberikan rasa gurih yang subtle disamping bikin kue mudah diangkat.

Proses dengan api kecil

Selanjutnya adalah mengenai pengapian. Hampir semua jenis kue yang menggunakan loyang seperti kue cupit nggak mau dengan suhu terlalu panas karena akan menyebabkan gosong. Apalagi kalau niatmu adalah menjadikannya setengah matang supaya bagian dalamnya lebih lumer. Untuk itu, pastikan kamu menggunakan api kecil ketika memasaknya.

Menggunakan api kecil bikin proses pembuatan kue lebih lama jadi kamu musti sabar. Apalagi kalau membuatnya dalam jumlah banyak, bukan hanya sabar yang dibutuhkan tapi juga manajemen waktu yang baik supaya nggak menghabiskan waktu liburanmu. Tapi tenang, hasilnya worthed. Kesabaranmu berbuah manis dengan kue yang sempurna.

Angkat sebelum matang sempurna 

Tips terakhir adalah angkat kue cupit dari cetakannya sebelum matang sempurna. Kue cupit punya ciri khas yaitu setengah matang untuk menjaga lumernya di mulut. Begitu pori-pori udah muncul di permukaan kue dan adonan jadi lebih padat, segera berikan topping dan angkat setelah 1 atau 2 menit. Hangat-hangat lumer, jadi susah berhenti ngunyah.


Baca juga: Intip Yuk, Resep Cake Coklat untuk Melengkapi Harimu

Daripada beli di luar, kamu bisa bikin kue cupit sendiri yang lebih terjamin kebersihan dan rasanya. Jangan lupa buat menyiapkan semua bahannya dengan belanja di supermarket online Blibli supaya bebas ribet. Tanpa antri, tanpa keluar rumah, semua belanjaanmu akan sampai di depan rumah dengan selamat dalam waktu singkat. Yuk, belanja sekarang! Pasti Untung Belanja di Bliblimart.

Tag: