me

Resep Kacang Bawang Renyah dan Gurih, Cek Disini!

Apr 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ikuti resep membuat kacang bawang yang renyah di bawah ini, yuk!

Resep Kacang Bawang Renyah  — Termasuk ke dalam jenis tanaman buah, kacang-kacangan pun biasa disebut dengan legume. Kacang sendiri pun terdiri dari beberapa jenis, ada kacang polong, tanah, almond, walnut, mete, pistachio, dan masih banyak lagi. Memiliki ukuran yang sangat kecil, ternyata kacang-kacangan ini sangat baik bagi kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko kanker.

Selain itu, kacang pun memiliki kandungan yang sangat tinggi nutrisinya, mulai dari kandungan protein, serat, dan lemak. Bahkan, lemak yang ada pada kacang ini pun aman dan bisa mengontrol kadar kolesterol. Pastinya, sesuai dengan jumlah yang dikonsumsi dengan porsi sewajarnya, ya. Disarankan bagi siapa aja untuk mengkonsumsi kacang maksimal 42 gram dalam seharinya.

Baca juga: Resep Makanan Sehat yang Mudah dan Praktis


Supermarket Online BLM

Resep Kacang Bawang Renyah

Memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kacang sering dihidangkan oleh masyarakat Indonesia dengan beragam menu, salah satunya adalah kacang bawang ini. Pada rasanya yang gurih, kacang bawah ini juga memiliki tekstur yang renyah saat dimakan dan biasanya dinamakan dengan kacang tojin. Umumnya jenis kacang yang digunakan untuk membuat kacang bawang ini, yaitu kacang tanah.

Merbabu Kacang Tanah Kupas 500 g

Blibli Friends pastinya mulai penasaran, bagaimana sih cara membuat kacang bawang yang renyah dan gurih ini? Langsung aja cek resep kacang bawang renyah di bawah ini, ya.

Alat-alat yang Diperlukan

  • Spatula saringan
  • Wajan penggoreng
  • Panci perebus
  • Kompor
  • Talenan
  • Pisau
  • Mangkok saringan
  • Nampan
  • Kertas minyak atau tisu lebar

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • Kacang tanah 2 kg
  • Bawang putih 30 siung
  • Daun jeruk 30 lembar
  • Santan 250 cc atau santan instan
  • Air 1.75 liter
  • Minyak makan secukupnya
  • Garam atau penyedap rasa sesuai selera

Cara Membuat Kacang Bawang

  1. Sebelum membuat kacang bawang, sebaiknya kamu mempersiapkan bahan-bahan yang ada. Mulai dari mengupas kulit ari kacang, pisahkan 20 siung bawang putih untuk digoreng dan 10 siung untuk digeprek, serta pisahkan 20 lembar daun jeruk untuk diiris dan 10 lembar untuk direbus.
  2. Iris 20 lembar daun jeruk sampai halus dan pastikan sebelum diiris kamu sudah membuang tangkai bagian tengah agar nggak pahit saat dipotong, lalu sisihkan.
  3. Iris tipis-tipis 20 siung bawang putih. Sesudah itu pindahkan ke mangkuk dan rendam dengan air garam agar terasa gurih serta nggak pahit saat digoreng nanti, lalu sisihkan.
  4. Geprek 10 siung bawang putih dengan menggunakan sisi pisau atau ulekan. Jangan sampai terlalu halus, ya. Masukkan ke mangkuk bawang putih yang sudah digeprek, lalu sisihkan.
  5. Masukkan semua kacang tanah ke dalam mangkuk saringan untuk dibersihkan. Disarankan untuk mencuci kacang tanah dengan air dingin atau air biasa, agar menghindari kacang terlalu lembek. Bilas kacang tanah sampai bersih dan jangan terlalu lama, lalu tiriskan dari air.
  6. Siapkan panci perebus diatas kompor yang sudah menyala, lalu tuangkan air 1.75 liter untuk merebus semua kacang tanah yang sudah dibersihkan.
  7. Tambahkan santan 250 cc ke dalam panci perebus.
  8. Masukkan 10 siung bawang putih yang sudah digeprek ke dalam panci perebus.
  9. Masukkan 10 lembar daun jeruk yang sudah diiris ke dalam panci perebus.
  10. Beri garam 1 sendok makan, lalu aduk sebentar.
  11. Aduk terus agar santan nggak pecah dan tunggu sampai air mendidih.
  12. Saat air rebusan sudah mendidih, masukkan kacang tanah yang tadi disisihkan ke dalam panci.
  13. Tunggu sambil diaduk pelan sampai kacang tanah tenggelam di dalam air dan santan nggak pecah serta meresap ke kacang atau tunggu selama 5 menit.
  14. Saat kacang mulai membesar dan air kembali mendidih, kamu bisa mengangkat kacang tanah dengan menggunakan spatula saringan.
  15. Pindahkan ke mangkuk saringan agar kacang tanah teriris dari air, lalu sisihkan sebentar.
  16. Siapkan wajan penggoreng di atas kompor yang menyala.
  17. Tuangkan minyak makan yang masih baru dengan jumlah banyak ke dalam wajan untuk menggoreng kacang tanah.
  18. Sebelum menggoreng kacang tanah, kamu bisa menggoreng 20 siung bawang putih yang sudah diiris tadi.
  19. Masukkan irisan bawang putih ke dalam minyak panas. Aduk sesekali agar bawang putih nggak mudah gosong.
  20. Saat bawang putih sudah mulai berwarna menjadi kecoklatan, kamu bisa mengangkat bawang goreng dengan spatula saringan, lalu tiriskan di mangkuk atau piring yang sudah dialasi dengan kertas minyak atau tisu dapur. Sisihkan sebentar.
  21. Masih dengan kompor yang menyala, masukkan kacang tanah ke dalam minyak panas bekas menggoreng bawang putih. Jangan memasukkan semua kacang tanah dan usahakan secukupnya sampai kacang dapat terendam dengan minyak panas.
  22. Goreng dengan api sedang dan aduk pelan agar kacang tanah nggah mudah gosong serta matang secara merata.
  23. Saat kacang tanah sudah mulai sedikit berwarna kuning dan tercium aroma wangi, kamu bisa menambahkan irisan daun jeruk yang tadi disisihkan. Cukup masukkan sebagian aja, ya, karena sisanya untuk menggoreng kacang tanah yang lain belum dimasak.
  24. Aduk kacang tanah hingga daun jeruk mencampur bersama dan matang secara merata lagi.
  25. Saat kacang tanah mulai garing dan warna mulai kuning kecoklatan, kamu bisa mengangkat kacang tanah dengan menggunakan spatula saringan.
  26. Pindahkan ke piring atau nampan yang sudah dialasi kertas minyak atau tisu dapur agar sisa minyak terserap ke alasnya, lalu sisihkan.
  27. Goreng lagi sisa kacang tanah yang masih ada dan lakukan dengan yang sama seperti sebelumnya. Pastikan kamu juga memasukkan irisan daun jeruk sesudah kacang tanah sedikit berubah warna kekuningan, ya. Hal ini bertujuan agar kacang tanah yang digoreng tetap wangi.
  28. Sesudah semua kacang tanah selesai di goreng dan ditiriskan dari minyak, kamu bisa mendinginkan kacang tanah terlebih dahulu. Jangan lupa untuk terus mengganti tisu dapur atau alasnya agar sisa minyak pada kacang tanah terserap secara sempurna.
  29. Saat kacang tanah sudah mulai mengering dan dingin, kamu bisa menambahkan bawang putih yang sudah digoreng tadi.
  30. Taburkan ke seluruh kacang tanah dan campurkan untuk menambah harum pada hidangan.
  31. Tambahkan juga sedikit garam atau setengah sendok makan, agar kacang tanah terasa lebih gurih.
  32. Aduk kacang tanah sampai garam tercampur rata semua.
  33. Terakhir, sesudah itu garam tercampur, kamu bisa pindahkan kacang tanah yang sudah jadi ke dalam toples besar. Kacang bawang pun siap disajikan, deh!

Baca juga: Resep Capcay yang Enak dan Sehat untuk Keluarga

Nah, itu dia resep cara membuat kacang bawang yang renyah dan terasa gurih. Pastinya cara diatas nggak sulit dan kamu cuma perlu memahami serta tahu teknik menggoreng kacang tanah yang tepat.

Kamu juga bisa membuat kacang bawang seperti resep di atas dan dapatkan produk kacang tanah di Blibli. Menariknya, di Blibli juga tersedia kacang tanah yang sudah dikupas, sehingga kamu nggak perlu repot untuk mengulitinya lagi, nih. Yuk, buat hidangan ringan berprotein di rumah!

Tag: