me

Resep Biji Salak Tepung Beras Enak untuk Menu Buka Puasamu

Apr 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

freepik.com/edgunn
Ini dia 7 resep biji salak tepung beras untukmu!

Pada saat berpuasa, beraneka menu takjil menjadi salah satu hal yang menarik untuk disimak. Pada umumnya, takjil yang disiapkan memiliki rasa manis. Salah satu di antaranya seperti bubur biji salak tepung beras. Hal yang satu ini juga bisa menjadi salah satu pilihan favorit banyak orang dari waktu ke waktu. Kamu juga bisa membuatnya sendiri, lho! Ada resep biji salak tepung beras yang bisa dicoba.

Buat kamu yang mau bikin biji salak tepung beras, caranya nggak ribet. Untuk itu, simak resep biji salak tepung beras yang ada di bawah ini!

Baca juga :


Bahan-bahan biji salak tepung beras

Bahan-bahan biji salak tepung beras
freepik.com/dewiambarwati

Langkah awal untuk mengikuti resep biji salak tepung beras adalah menyiapkan berbagai bahan terlebih dahulu. Kamu bisa menyiapkan berbagai bahan di bawah ini. Semua bahannya juga sudah bisa dibeli dan didapatkan dengan mudah sekali.

Bahan biji salak

  • 200 gram tepung beras ketan
  • 125 gram tepung tapioka
  • 100 ml air kapur
  • ½ sendok teh garam

Bahan kuah

  • 250 ml santan kental
  • 750 ml air
  • 250 gram gula merah, sisir
  • 1 sendok teh tepung ketan
  • 1 sendok teh vanili bubuk

Cara membuat biji salak tepung beras

Cara membuat biji salak tepung beras
freepik.com/dewiambarwati

Setelah menyiapkan semua bahan, resep biji salak tepung beras bisa mulai kamu praktikkan. Cara yang perlu kamu lakukan nggak sulit. Oleh karena itu, ikuti saja beberapa langkah yang sudah dihadirkan di bawah ini!

  1. Campur bahan biji salak

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan wadah berukuran sedang. Setelah itu, campurkan tepung beras ketan, tepung kanji, garam, air kapur, juga sedikit air. Uleni semua bahan tersebut hingga halus dan kalis. Berbagai bahan tersebut bisa kamu uleni secara teliti dan pastikan nggak ada bahan yang belum tercampur rata, sebab bisa membuat rasa biji salak kurang memuaskan.

  1. Buat biji salak

Kamu bisa mulai membuat biji salak setelah semua bahan di atas tercampur rata menjadi sebuah adonan. Ambil sedikit bagian dari adonan, kemudian bulatkan adonan biji salak dalam ukuran kecil. Sebisa mungkin pastikan ukurannya konsisten dan pas di mulut. Lakukan hal yang satu ini sampai semua adonan habis.

  1. Masak adonan biji salak

Rebuslah 1000 ml air sampai dengan mendidih. Setelah itu, masukkan adonan biji salak yang sudah kamu buat, satu demi satu. kemudian, tunggu selama beberapa saat hingga adonan biji salak tersebut mengapung. Kalau sudah, angkat dan tiriskan hingga air tersebut nggak menggenanginya.

  1. Buat kuah

Untuk membuat kuah, kamu bisa merebus air, gula merah, serta vanili bubuk sesuai takaran di atas. Rebus semuanya sampai larut. Untuk itu, kamu juga perlu mengaduknya secara perlahan. Kalau sudah mendidih, saring terlebih dahulu supaya nggak ada bagian yang kurang halus dari gula merah. Kalau sudah dirasa pas, kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya.

  1. Masak gula dan biji salak

Langkah selanjutnya, kamu perlu merebus larutan gula merah di atas dengan biji salak. Pastikan untuk memasaknya dengan menggunakan api kecil. Masaklah hingga gula merah tersebut meresap ke adonan biji salak. Hal ini akan memberikan citarasa yang khas, nikmat, dan tentu tampilan adonannya memiliki warna seperti biji salak.

  1. Campurkan santan

Larutkanlah tepung ketan dengan sedikit air. Setelah itu, masukkan ke larutan gula. Aduk berbagai bahan ini sampai mengental dan merasuk, sehingga hasilnya pun memuaskan. Jika sudah, tambahkan santan kental. Kalau sudah dirasa matang dengan sempurna, matikan kompor.

  1. Sajikan di dalam wadah

Setelah berbagai tahap di atas selesai, kamu bisa memasukkan biji salak tepung beras ke mangkuk. Kudapan manis ini bisa kamu hidangkan dalam keadaan dingin jika ingin merasa lebih segar. Dengan begitu, siapa saja bisa menikmatinya saat berbuka puasa atau pada berbagai momen yang diinginkan.

Tips biji salak tepung beras

Tips biji salak tepung beras
freepik.com/edgunn

Menerapkan resep biji salak tepung beras yang ada di atas nggak terasa sulit, bukan? Nah, meskipun begitu kamu nggak bisa asal untuk melakukannya. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melakukan setiap tahapnya dengan tepat, sehingga hasil yang didapatkan pun akan terasa semakin maksimal dan memuaskan.

Selain mengetahui resep yang ada di atas, ternyata juga ada beberapa tip buat kamu. Dengan adanya tip ini, kamu pun bisa menerapkannya supaya pembuatan maupun penyajian biji salak tepung beras akan semakin mantap untuk dilakukan. Jadi, simak saja ulasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya!

Penyajian lebih menarik

Ada banyak orang yang suka menyajikan menu makanan dengan tampilan lebih menarik. Kamu juga bisa melakukan hal yang satu ini lho ketika membuat biji salak tepung beras. Caranya adalah dengan menambahkan irisan pandan sebagai garnish. Cara yang satu ini sudah dilakukan oleh banyak orang untuk memberikan tampilan yang lebih berkesan.

Selain bisa memberikan tampilan lebih berkesan, irisan daun pandan bisa membuat aroma biji salak tepung beras semakin wangi serta khas. Untuk itu, menambahkan irisan pandan di atasnya bisa kamu lakukan. Pastikan kamu mengiris pandan dengan bentuk yang menarik. Misalnya saja menyerupai huruf V yang ukurannya nggak terlalu besar, sehingga akan terlihat cantik.

Rasa santan lebih mantap

Pada masa kini, ada banyak sekali orang yang cenderung nggak mau ribet. Maka dari itu, pemakaian santan instan dijadikan sebagai cara paling mudah dan praktis yang bisa dilakukan untuk menghadirkan berbagai hidangan, termasuk juga dengan biji salak tepung beras.

For Your Information, memang cara di atas nggak salah. Tapi, untuk mendapatkan rasa yang lebih mantap, santan kental yang kamu pakai bisa lho dari kelapa asli. Resep seperti ini sudah menjadi salah satu pilihan banyak orang dari zaman dulu, sebelum ada santan instan. Untuk itu, rasa yang dihadirkan juga bisa semakin mantap.

Santan kental yang dihadirkan dari kelapa asli pasti memberikan sensasi tersendiri. Kekentalan, aroma, dan teksturnya bakal lebih terasa di lidah. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memberikan rasa biji salak tepung beras yang semakin menggugah selera. Tapi, pastikan kamu mampu dan sempat menyediakannya kalau memang dirasa ingin, sehingga nggak memberatkan diri sendiri.


Baca juga :

Blibli Friends sudah tahu resep biji salak tepung beras. Sekarang, kamu juga bisa membeli bahan-bahannya di Blibli. Beraneka pilihan produk kategori Supermarket Online sudah disediakan di sini. Jadi, kamu bisa membelinya dengan mudah dan leluasa. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mendapat layanan pengiriman cepat plus gratis ongkir. Jadi, belanja di sini pun bakal terasa semakin untung.

Tag: