me

Resep Ayam Kecap yang Sederhana, Cocok untuk Menu Sahur!

Apr 18, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

Ikuti cara membuat ayam kecap yang sederhana dan intip resepnya disini!

Resep Ayam Kecap — Bagi ibu rumah tangga, makanan yang bisa dinikmati bersama keluarga di rumah memang banyak. Tapi, nggak semua mudah dibuat. Kamu bisa membuat olahan daging ayam, yang mana makanan ini banyak dijadikan sebagai bahan utama untuk hidangan keluarga di rumah. Cara pembuatannya, kamu bisa memilih menu ayam kecap yang sederhana, nih.

Ayam kecap ini menjadi menu makanan pendamping nasi yang memang sangat disukai. Nggak cuma orang dewasa aja, anak-anak pun juga menyukai menu olahan ayam yang satu ini. Bagi Blibli Friends yang tertarik dan ingin mencoba memasak ayam kecap yang sederhana dan bisa dibuat di rumah, langsung aja cek resep selengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca juga: Intip Yuk, Resep Cake Coklat untuk Melengkapi Harimu


Supermarket Online BLM

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

  • 1 ekor ayam
  • 250 gram ceker ayam
  • 4 pasang ati ampela

Bahan Bumbu Halus

  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 kencur
  • 1 ruas jahe
  • 1 tomat
  • 2 cabai merah keriting
  • 6 sendok makan kecap manis
  • 6 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok makan kecap inggris
  • 2 sendok makan dark soy sauce
  • 1 liter air
  • 2 sendok teh bubuk ngohiong instan atau jinten, bunga lawang, merica, kayu manis dan cengkeh secukupnya
  • Minyak makan secukupnya

Alat-alat yang Diperlukan

  • Pisau
  • Talenan
  • Wajan teflon anti lengket
  • Kompor
  • Spatula
  • Blender atau ulekan
  • Piring sebagai wadah

Cara Membuat Ayam Kecap

  1. Siapkan bahan terlebih dahulu, mulai dari potong-potong 1 ekor ayam menjadi 12 potong. Cuci bersih dan beri garam secukupnya sesuai selera kamu, lalu sisihkan.
  2. Siapkan ceker ayam yang sudah dicuci bersih, lalu sisihkan.
  3. Siapkan ati ampela yang sudah dicuci bersih, lalu rebus hingga setengah matang dan sisihkan.
  4. Siapkan salah satu bumbu halus, yaitu bubuk ngohiong. Cara membuatnya kamu bisa menyiapkan bahan-bahan bumbu, seperti jinten, bunga lawang, merica, kayu manis dan cengkeh secukupnya. Blender semua bahan tersebut hingga halus dan menjadi bubuk, lalu sisihkan.
  5. Selesai menyiapkan bahan-bahan bumbu ayam kecap, siapkan wajan teflon anti lengket di atas kompor.
  6. Tuangkan minyak secukupnya dan nyalakan kompor api berukuran sedang.
  7. Sambil menunggu minyak panas, geprek dan potong cincang bawang merah dan bawang putih sampai halus.
  8. Siapkan jahe dan kencur. Geprek kedua bahan tersebut, lalu potong tipis-tipis dan jangan sampai terlalu halus.
  9. Siapkan tomat dan belah menjadi 4 bagian.
  10. Saat minyak sudah panas, kecilkan api sebentar dan masukkan bawang merah, bawang putih, jahe, dan kencur ke dalam wajan. Aduk hingga semua bahan tersebut di tumis dengan menggunakan spatula.
  11. Saat aroma bawang sudah mulai keluar, masukkan potongan tomat  dan cabai merah keriting. Aduk lagi sampai semua bahan masak.
  12. Masukkan semua potongan ayam ke dalam wajan juga. Aduk sampai semua bahan bumbu dan ayam tercampur dengan merata.
  13. Masih dengan menggunakan api kompor yang masih kecil, biarkan ayam masak sebentar sampai ada warna coklat sedikit. Aduk juga masakan sesekali.
  14. Saat daging ayam sudah mulai kecoklatan, masukkan bumbu ngohiong instan atau alami yang sudah diblender tadi.
  15. Tambahkan juga kecap manis, kecap asin, saus tiram, dark soy sauce, dan kecap inggris.
  16. Tuangkan semua air ke dalam wajan. Aduk sebentar sampai semua bumbu, ayam, dan air tercampur.
  17. Diamkan masakan sejenak dan tunggu sampai airnya mendidih.
  18. Masukkan juga bahan-bahan pelengkap lainnya, seperti ati ampela dan ceker ayam. Aduk sampai bahan-bahan tadi terendam di air.
  19. Diamkan lagi sambil tutup wajan teflon. Biarkan semua bumbu meresap secara sempurna ke daging ayam dan bahan pelengkap lainnya.
  20. Tunggu hingga hasil kuah berubah menjadi kental dan tekstur daging ayamnya jadi lebih lembut.
  21. Aduk juga sesekali dan pelan agar bahan-bahan lainnya nggak mudah hancur.
  22. Sesudah dimasak selama kurang lebih setengah jam.
  23. Jangan lupa dicicip rasa kuahnya, jika sudah sesuai di lidah kamu bisa langsung mematikan api kompor.
  24. Terakhir, angkat masakan dan pindahkan ke piring sebagai wadah. Ayam kecap sudah siap disajikan bersama nasi hangat, deh.

Tips Membuat Ayam Kecap

Sesudah mengetahui resep hingga cara memasak ayam kecap yang sederhana, Blibli Friends juga perlu tahu tips untuk membuat ayam kecap yang rasanya pas di lidah. Baik itu ada rasa gurih, manis, pedas, dan empuk. Memang dari cara resepnya, ayam kecap ini cukup mudah dibuat, bukan?

Tapi, kalau Blibli Friends nggak mengikuti resep dan tipsnya dengan benar, bisa jadi hasil masakan ayam kecap memiliki rasa yang aneh dan nggak pas di lidah, loh. Nah, biar masakan ayam kecap kamu tetap berhasil, intip tips membuat ayam kecap yang gurih di bawah ini!

Merebus Ati Ampela

Saat memasak ayam kecap, Blibli Friends bisa menggunakan bahan pelengkap selain daging ayam, loh. Salah satunya adalah menggunakan bagian dalam atau ati ampela ayam dan ceker ayam. Usahakan sebelum Blibli Friends memasukan kedua bahan tersebut bersama daging ayam dan bahan lainnya, kamu sudah merebusnya terlebih dahulu.

Pastikan kamu merebus ati ampela dan ceker ayam dengan panci terpisah selama kurang lebih 10 menit dengan api kecil atau sampai kedua bahan tersebut setengah masak. Hal ini bertujuan untuk membuang kotoran pada anti ampela dan ceker ayam, dengan begitu rasa pada masakan kamu tetap enak dan gurih.

Memotong Ayam dengan Tepat

freepik.com

Sama seperti kamu mengungkep ayam, Blibli Friends juga perlu memotong bagian ayam dengan tepat. Pastikan sebelum memasak dan memasukkan daging ayam, kamu sudah memotong daging ayam, karena jika memasukkan 1 ekor ayam utuh bisa membuat bumbu-bumbu sulit meresap. Selain itu, kuah hasil daging ayam yang dimasak juga kurang kental.

Tunggu Masakan selama 2-3 Jam

freepik.com

Bagi Blibli Friends yang memasak nggak cuma melihat dari rasa, tapi cuma dari warnanya. Mungkin perlu mengikuti tips yang satu ini. Saat memasak dan menunggu kuah dan bumbu meresap ke daging ayam, Blibli Friends perlu menunggu masakan selama 2 hingga 3 jam. Usahakan juga tetap menggunakan api kecil, agar kuah nggak meresap lebih cepat dan masakan nggak mudah gosong.

Tapi, kalau ayam kecap kamu masih pucat atau kurang berwarna, Blibli Friends bisa menambahkan kecap dan air lagi sesuai selera. Jangan lupa cicipi sebelum api kompor dimatikan, agar rasanya tetap sesuai di lidah kamu, ya.


Baca juga: Resep Minuman Viral Ala Anak TikTok yang Bisa Kamu Coba

Nah, itulah resep ayam kecap yang sederhana untuk menu hidangan kamu di rumah. Kamu bisa mendapatkan berbagai bahan dan alatnya di supermarket online di Blibli. Praktekkan langsung dan santap bersama keluarga. Yuk, belanja kebutuhan kamu sekarang juga dan temukan berbagai produk rumah tangga di supermarket online Blibli aja, ya! Pasti untung belanja di Bliblimart.

Tag: