Pulau Pahawang, Surga Yang Tersembunyi di Lampung

Jika diminta untuk menjawab dengan cepat, apa yang akan kamu lontarkan ketika disebut kata pantai? Apakah jawabannya Bali? Sumba? Bajo?

Memang tiga pantai dan laut tempat tadi sangat populer di kalangan turis lokal maupun internasional. Namun, bagaimana dengan Pulau Sumatra, pernahkah kamu mendengar akan tentang Pulau Pahawang?

Menjadi bagian dari Lampung Selatan, tepatnya di Kabupaten Pesawaran, pulau yang menyimpan sejuta pesona ini juga tak kalah indahnya jika dibandingkan dengan tempat yang kerap kali menjadi destinasi pilihan orang.

Lantas mengapa nama Pulau Pahawang ini belum begitu banyak didengar oleh orang awam? Simak apa saja yang dapat kamu temukan di surga yang tersembunyi ini.


1. Ada 2 Pulau Pahawang

Foto: Instagram Kili Kili

Jangan bingung, ini bukan yang pertama kalinya terjadi. Ketika kamu memutuskan untuk berlibur ke sini, jangan bingung ketika dijelaskan ada Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil, ya!

Pulau Pahawang Kecil adalah pulau yang berpasir putih. Di sini, kamu dapat menemukan pondok kayu yang terlihat seperti penginapan. Meski demikian, cottage ini dimiliki oleh sang empunya pulau. Bukan tempat umum ya!

Terletak di sebelahnya Pulau Pahawang pun menyimpan fenomena menarik ang hanya terjadi ketika air sedang surut. Ketika surut, kamu dapat melihat daratan yang menyambungkan kedua Pulau ini.

Ketika berada di sini, jangan lupa untuk menikmati pemandangan laut biru di sekitarnya, ya!

JANGAN LUPA MEMBAWA BAJU RENANG SUPAYA BISA LANGSUNG MAIN AIR YA!

2. Bisa snorkeling di mana saja

foto: pixabay

Benar, konon katanya terdapat banyak titik yang bisa kamu nikmati sepuasnya. Namun jangan lupa daratan, kamu juga harus cek kondisi air dan cuaca sebelum masuk ke dalam laut ya.

Salah satu yang menjadi daya tarik pulau ini adalah keindahan bawah lautnya. Sekitar satu dekade lalu, Pemerintah Daerah Dinas Kelautan setempat sempat membudidayakan terumbu karang pada banyak titik yang mengelilingi Pulau Pahawang. Kebayang kan kalau kamu snorkeling sekarang?

Ada beberapa titik yang bisa kamu datangi untuk snorkeling dan melihat keindahan biota laut Pulau ini, yaitu Taman Nemo, Cukuh Bedil, Gosong Bakri, Gosong Galangan, Kelagian Kecil, Tanjung Putus dan masih banyak lagi.

JANGAN KOTORI SURGA TERSEMBUNYI INI, BAWA PULANG SAMPAH KAMU YA!


3. Berkunjung ke Rumah Nemo

Benar Nemo namanya di film Finding Nemo, tetapi ikan jenis ini biasa disebut dengan Clownfish atau Anemonefish. Diberi nama Taman Nemo, lokasi yang populer di kalangan pengunjung ini merupakan habitat penangkaran Clownfish. Meski buatan manusia, di sini kamu bisa menemukan banyak anemon yang bersifat melindungi Clownfish dan juga ketika bertelur.

Jangan tertipu dengan nama ataupun wujudnya yang mungil ya. Clownfish yang kamu temukan di laut itu memiliki sifat yang berbeda, dan jika terancam, Nemo yang kamu temukan di laut akan melakukan gerakan untuk melindungi dirinya.

BAWA PULANG FOTO DAN VIDEO DARI PULAU PAHAWANG DENGAN KAMERA GOPRO TERBAIK!

4. Sunset yang menawan

foto: kili kili

Seusai bermain di laut, pesisir pantai, hingga bersantai di atas boat, cobalah bersantai sejenak dan menikmati alam sekitar tanpa melakukan apa-apa. Pasti kamu tahu sebutan golden hour kan? Nah, inilah momen yang tepat! Rasakan romansa sore hari di Pulau Pahawang dengan orang-orang tersayang dan rileks.

Jangan lupa langsung aja beli pake tour ke Pulau Pahawang!

Nah, itu tadi adalah keunikan Pulau Pahawang yang dapat kamu nikmati ketika berkunjung. Selain ingin cepat-cepat berlibur ke Pulau Pahawang, apakah kamu sadar bahwa negara kita ini memiliki pantai yang tidak ada duanya?

Jaga mereka baik-baik ya!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY