me

Profil Indrawan Nugroho, CEO dan Co-founder CIAS

Apr 18, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Ini dia profil Indrawan Nugroho lengkap untukmu! / kubikleadership.com

Profil Indrawan Nugroho, CEO dan Co-Founder CIAS — Blibli Friends pernah mendengar sosok Indrawan Nugroho? Beberapa tahun terakhir nama beliau memang banyak disebut apalagi mengingat perannya yang krusial untuk masyarakat. Beliau dikenal sebagai seorang inovator yang cukup sukses dalam bidangnya. Biar bisa kenal lebih lanjut dengan beliau kamu bisa cek profil Indrawan Nugroho lengkap di bawah ini!

Baca juga: Biodata New Thitipoom, Intip Profil dan Fakta Menariknya!


Sekilas Tentang Indrawan Nugroho

The Founders Fest Normal Price - Regular Class

Siapa sih sebenarnya Indrawan Nugroho itu? Beliau merupakan CEO sekaligus founder Corporate Innovation Asia (CIAS). CIAS sendiri merupakan perusahaan yang bergerak untuk bidang jasa jasa konsultasi inovasi. Nantinya mereka akan membantu perusahaan atau sekelompok orang yang ingin merancang dan mengembangkan inovasi baru. 

Sehingga kinerja perusahaan terkait bakalan berkembang dan menjadi bisnis yang menjanjikan. Tentunya kamu tahu kalau saat ini peluang untuk berwirausaha atau berbisnis memang cukup besar namun nggak semua orang mengerti tentang apa saja hal yang perlu disiapkan dan dikembangkan. Jelas saja keberadaan perusahaan ini sangat penting di masyarakat. 

Indrawan Nugroho lahir pada pada tanggal 8 November 1976 di Jakarta. Dr Indrawan ini lebih sering dipanggil dengan nama Mas Indra. Beliau sekarang berumur sekitar 46 tahunan dan sudah memiliki empat orang anak dan istri yang bernama Nina Septiana. Selain memiliki jiwa yang inovatif, beliau merupakan seseorang yang hangat dan penyayang dengan keluarganya. 

Indrawan Nugroho merupakan orang yang tertarik dalam bidang psikologi sehingga mempengaruhi mindset yang dimilikinya. Beliau sangat percaya mengenai pengembangan diri dan titik kesuksesan maupun kegagalan seseorang sehingga beliau memiliki motivasi tinggi dalam mengembangkan inovasi. Beliau percaya bahwa semua orang punya jatah sukses dan gagalnya masing-masing. 

Profil Indrawan Nugroho

profil indrawan nugroho
Sumber: cias.co

Nama lengkap: Dr. Indrawan Nugroho

Profesi: Pengusaha, Corporate Innovation, Product Innovation, Design Thinking, Konten Kreator YouTube, Business Strategy

Tempat tanggal lahir:Jakarta, 8 November 1976

Agama: Islam

Orang tua: – 

Pasangan: Nina Septiana

Anak: 4

Pendidikan:

  • Melbourne University
  • Magister Psikologi Terapan Universitas Indonesia
  • Doctor of Philosophy (Ph.D.), Strategix Managemen Universitas Bina Nusantara

Jabatan saat ini: CEO dan Co-Founder CIAS

Fakta Tentang Indrawan Nugroho

profil indrawan nugroho
Sumber: Liputan6.com

Indrawan Nugroho memang menjadi inovator Indonesia yang memberikan banyak inspirasi untuk semua orang. Beliau dikenal dengan growth mindset yang cukup baik sehingga kemampuan berpikirnya sudah nggak perlu diragukan lagi. Selain itu, kamu juga perlu tahu kalau Indra Nugroho punya beberapa fakta menarik yang perlu kamu tahu sebagai berikut!

Indrawan Nugroho Menyelesaikan S3 di BINUS University 

Fakta menarik pertama yang perlu kamu tahu mengenai Indrawan Nugroho ini adalah beliau berhasil menyelesaikan S3 di BINUS University. Inovator yang memiliki pemikiran berkembang ini awalnya menyelesaikan pendidikan S1 di Melbourne University Australia, saat itu beliau mengambil jurusan bidang Economics.

Jelas saja hal ini sesuai dengan apa yang menjadi kecakapannya dalam mengembangkan bisnis sekaligus konsultan inovasi. Setelah lulus dari Melbourne University Australia beliau melanjutkan S2 di Universitas Indonesia (UI), bukannya melanjutkan ekonomi yang telah diambilnya kali ini beliau justru mengambil jurusan bidang Psikologi.

Justru inilah yang memberikan pengaruh besar mengenai pemikirannya yang lebih realistis dan mengerti banyak hal mengenai bisnis dan orang yang menjalankannya. Nggak puas dengan gelar S2 beliau melanjutkan perkuliahan S3 di Universitas Bina Nusantara (BINUS) dan mengambil jurusan bidang Strategic Management. 

Ingin Memiliki Pola Pikir Strategic

Masih berkaitan dengan fakta yang pertama, ternyata ada alasan menarik mengapa Indrawan Nugroho tertarik untuk mengambil S3 Universitas Bina Nusantara (BINUS) dengan jurusan Strategic Management. Indrawan sendiri memiliki pandangan bahwa ilmu tersebut mampu membantunya untuk memiliki pemikiran yang lebih strategic.

Sebagai seorang pebisnis tentu saja pemikiran ini penting banget untuk dimiliki. Pemikiran yang strategis mampu menyelamatkan seseorang dari kebuntuan atau kebingungan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Apalagi seperti kita tahu bahwa menjalankan bisnis bukanlah suatu hal yang mudah melainkan ada banyak rintangan yang terjadi di dalamnya. 

Pemikiran yang strategis juga memicu adanya pengembangan bisnis dan inovasi baru dengan tujuan yang lebih baik. Kalau seorang pebisnis yang memiliki pemikiran ini maka apa yang dijalankannya nggak bakalan berkembang dengan sempurna. Inilah yang menjadi latar belakang mengapa Indrawan termasuk cukup sukses dalam bidangnya. 

Pendiri 5 Perusahaan Sukses

Fakta menarik ketiga dari Indrawan Nugroho adalah menjadi pendiri dari 5 perusahaan sukses. Meskipun dia dikenal sebagai CEO dan Co-Founder CIAS namun kamu harus tahu kalau beliau ternyata sudah berkecimpung dalam dunia bisnis sejak tahun 1999 lalu. Beliau sudah kenyang dalam menikmati gagal dan kesuksesan dalam berbisnis. 

Perusahaan awal yang menjadi titik awal permulaan karirnya adalah Kubik Leadership. Perusahaan yang berjalan di tahun 1999 itu membawanya menjadi Lead Consultant, Co-founder. Sesuai dengan namanya, perusahaan tersebut memang fokus bergerak dalam hal konsultasi, pelatihan, pembinaan sekaligus pengembangan pribadi yang keren sekali. 

Perusahaan itu termasuk sukses bahkan sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan terkemuka di Indonesia lainnya. Setelah itu, beliau berpindah ke perusahaan lain dari tahun ke tahun sampai akhirnya pada tahun 2016 lalu beliau menjadi CEO & Co-founder, Corporate Innovation Asia (CIAS). Tentu saja bukanlah perjalanan yang mudah untuk bisa sampai ke titik ini. 

Memberikan Jasa Konsultasi Lebih dari 150 Perusahaan

Fakta menarik keempat yang dimiliki oleh Indrawan Nugroho adalah semenjak karirnya beliau sudah memberikan lebih konsultasi untuk 150 perusahaan. Bahkan perusahaan yang berkonsultasi dengannya juga nggak asal-asalan melainkan perusahaan yang kini sudah berkembang sangat pesat. Mereka awalnya kesulitan berkembang namun akhirnya menemukan apa yang cocok untuk bisnisnya. 

Beberapa perusahaan yang pernah berkonsultasi dengannya adalah Yamaha Indonesia, Sucofindo, Sony Indonesia, Jaya Group, Astra Honda Motor, ASEI, Toyota Astra Motor, Krama Yudha Tiga Berlian, Hyundai, BCA, BRI, Bank Indonesia, Indosat, Telkomsel, XL Axiata, Conocophillips, Boehringer, Adhi Karya, Holcim Indonesia, Perusahaan Gas Negara dan masih banyak lainnya. 

Kamu tentunya sudah nggak asing lagi dengan nama-nama perusahaan yang disebutkan tersebut. Mereka awalnya juga pernah kebingungan untuk menyetir bisnisnya namun setelah konsultasi panjang akhirnya nama-nama perusahaan besar itu berhasil bertahan sampai saat ini. Bahkan ada yang sampai merambah ke kancah Internasional. 

Punya Inovasi Sosial Program Local Genius

Siapa bilang Indrawan Nugroho ini hanya bergerak fokus pada bidang ekonomi saja? Nyatanya beliau juga punya inovasi sosial yang nggak kalah keren untuk diperhatikan. Salah satu inovasi sosial yang sangat terkenal dari beliau adalah Program Local Genius. Program ini terkenal banget dan sukses sehingga banyak orang yang penasaran dengannya. 

Program ini berfokus pada pencarian generasi muda untuk merekrut dan mengembangkan kemampuan mereka dalam hal bisnis. Sasaran utama Indrawan sendiri adalah masyarakat lokal dan langsung memberikan mereka infrastruktur sehingga bisa langsung dijalankan tanpa perlu bingung mengenai operasional dan dana yang dikeluarkan. 

Program yang keren ini ternyata membawanya untuk mendapatkan penghargaan bergengsi yakni the World Game Prestigious Award for the Most Impactful Program dari Erickson Internasional. Tentu saja prestasi ini nggak hanya mampu mengharumkan namanya sendiri melainkan juga nama Indonesia. 

Inovator dan Pebisnis yang Telaten

Fakta menarik keenam yang perlu kamu tahu dari Indrawan Nugroho ini adalah beliau merupakan sosok inovator dan pebisnis yang sangat telaten. Hal ini bisa kamu lihat dari kegigihannya sejak tahun 1999 lalu sampai sekarang beliau tetap kekeh dalam mengembangkan apa yang disukainya. Bisnisnya selalu maju karena beliau punya cukup pengalaman untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi. 

Beliau saat ini sudah memiliki tiga perusahaan untuk kebutuhan konsultasi (bidang jasa) yakni area konsultasi; Kubik Training, Kubik Coaching, dan Corporate Innovation Asia. Nggak hanya itu, karena beliau juga masih punya dua lagi bisnis yang nggak kalah sukses dijalankan yakni Nina Nugroho, merek dan fashion unik. 

Meskipun usianya memang bukan anak muda lagi namun semangatnya tidak pernah surut. Beliau tetaplah beliau yang dulu semangat dalam mengembangkan bisnis dan inovasinya. Sehingga kerja keras dan hasil yang selama ini dinikmatinya bisa dibilang sangat setara. 

Penghargaan Indrawan Nugroho

Seorang inovator yang berkelas seperti Indrawan Nugroho tentu saja memiliki segudang prestasi yang perlu kamu ketahui. Prestasi ini sangat menunjang karir dan perkembangan bisnisnya sehingga makin banyak perusahaan yang percaya dengan konsultasinya. Adapun beberapa prestasi yang dimaksud bisa langsung kamu cek semuanya di bawah ini!

1. Licensed Master Practitioner of NLP

Penghargaan pertama yang diterimanya adalah Licensed Master Practitioner of NLP. Penghargaan ini diberikan oleh The Society of Neuro Linguistic Programming, USA setelah pembelajaran panjang yang berhasil dilaluinya. 

2. Ericksonian Professional Coach

Penghargaan kedua yang diterimanya adalah Ericksonian Professional Coach. Penghargaan ini dikeluarkan oleh Erickson Coaching International. 

3. ICAgile Coaching Transitions

Penghargaan ketiga yang diberikan untuknya adalah ICAgile Coaching Transitions. Lembaga yang mengeluarkan penghargaan ini adalah ICAgile Certified Professional.

4. Fundamental of Design Thinking

Penghargaan keempat yang diterimanya adalah Fundamental of Design Thinking. Lembaga yang mengeluarkannya adalah Executive Education, IDEO U. 

5. Y Combinator Incubator

Beliau juga pernah berpartisipasi dalam program inkubator untuk mengembangkan inovasi yang dimilikinya. Program ini dijalankan sekitar 10 minggu program berjalan. Penghargaan ini dikeluarkan oleh Startup School by Y Combinator karena beliau mampu menjalankannya dengan baik. 

6. MIT’s Approach to Design Thinking

Penghargaan keenam yang diterimanya adalah MIT’s Approach to Design Thinking. Lembaga yang mengeluarkan penghargaan ini adalah Executive Education, MIT Sloan School of Management. 

Digital Strategies for Business

Penghargaan selanjutnya yang diterima oleh Indrawan Nugroho adalah Digital Strategies for Business. Lembaga yang mengeluarkan lisensi ini adalah Executive Education, Columbia Business School. 


Baca juga: Biodata Mix Sahaphap dan Sederet Prestasinya!

Blibli Friends suka dengan acara yang berkaitan dengan bisnis dan inovasi? Jangan lupa untuk ikutan dalam acara The Founders Fest. Acara ini bakalan diselenggarakan tanggal 6 Mei 2023 nanti dan mengusung beberapa topik pembahasan yang menarik terutama untukmu yang tertarik dengan bidang bisnis dan inovasi. 

Beberapa bahasan yang bakalan disinggung adalah knowledge sharing, pitching and investment opportunity, dinner with shark tank panelist, business showcase dan private mentoring. Salah satu pematerinya adalah Indrawan Nugroho. Kamu bisa beli langsung tiket The Founder Fest hanya di Blibli saja. Semuanya lengkap sesuai dengan tiket yang kamu mau. Nah, itu dia profil Indrawan Nugroho, inspiratif bukan?

Tag: