3 Pola Belanja Milennial Menurut Jouska

pola belanja millenial

Generasi millennials dikenal sebagai generasi yang unik. Sebagai generasi yang terpapar dengan berbagai macam kecanggihan teknologi sejak kecil, millennials di Indonesia pun lebih savvy dalam mengandalkan teknologi untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Termasuk diantaranya adalah belanja online!

Nah, biar kita bisa membahas pola belanja millennial lebih jauh, Blibli Friends mengajak Indah Hapsari, Head of Adviser dari Jouska, untuk membagikan pengalaman dan keahlian selama menangani klien millennials. Kata beliau, ada 3 pola belanja utama yang membuat millennials berbeda dari generasi sebelumnya. Simak di sini yuk ulasannya, lengkap dengan dampak positif dan negatif dari perubahan lifestyle ini!

BELANJA LEBIH HEMAT DI BRAND OF THE WEEK BLIBLI.COM

1. Beralih ke belanja online

pola belanja millenial
Via – Theresident

Generasi millennials itu selalu menyukai hal-hal yang praktis, instan, dan mudah. Karena itu, nggak heran kalau sekarang tren untuk belanja online semakin digemari daripada belanja offline. Menurut Indah, pola belanja millennial ini beda banget sama kebiasaan generasi yang lebih senior, dimana mereka terbiasa untuk harus melihat dan memastikan kualitas barang yang mau dibeli.

“Wajar sekali kalau generasi millennials lebih suka belanja lewat online, karena nyaman dan sangat mudah untuk mencari barang yang mereka inginkan. Selain itu, mereka juga bakal dapet banyak pilihan dari berbagai toko dan bisa membanding-bandingkan harga dan kualitas sebelum membeli. Belum lagi, toko online di Indonesia sering banget mengadakan promo, mulai dari diskon, cashback, sampai free ongkos kirim.

Karena pola belanja baru di kalangan millennials, nggak heran kalau Indonesia mencatatkan nilai transaksi e-commerce yang tertinggi di Asia Tenggara, yaitu USD 23,2 miliar atau setara dengan Rp 336 triliun pada tahun 2018. Riset dari Google Temasek ini menunjukkan bahwa e-commerce Indonesia telah menyumbang 50% dari total transaksi belanja online di Asia Tenggara, guys!

YUK MANFAATIN BERBAGAI PROMO BRAND OF THE WEEK DARI BLIBLI.COM SEKARANG!

2. Lebih sering belanja karena banyak paparan informasi

pola belanja millenial
Via – Totalbusinessmagazine

Kalau mau dibandingkan, Indah menilai generasi X lebih jarang melakukan belanja. “Kalau dulu kan belanja itu paling hanya belanja bulanan, atau mendekati momen-momen spesial seperti naik kelas, Lebaran, atau ulang tahun. Tapi sekarang, generasi millennials lebih sering belanja karena terpapar dengan banyaknya informasi setiap hari,” ungkap Indah.

Misalnya nih, dengan kehadiran media sosial, sekarang millennials bisa dapet informasi tentang peluncuran produk baru dengan lebih cepat. Selain itu, millennials juga banyak terpapar sama iklan yang tersebar dimana-mana, mulai dari Instagram, pesan singkat, sampai baliho yang ada di jalan raya.

“Peluncuran produk baru, diskon, promo, flash sale, hal-hal inilah yang menjadi trigger untuk belanja. Bahkan, meskipun mereka nggak butuh-butuh amat, mungkin mereka akan tetep beli karena pingin memanfaatkan momen promo sebaik mungkin,” kata Indah.

Namun, ia juga mengingatkan tentang dampak-dampak negatif yang bisa terjadi ketika millennials belanja secara impulsif. Karena sering mengikuti nafsu belanja, millennials cenderung nggak sadar sama pemborosannya sendiri.

“Beberapa klien Jouska mengeluh, katanya gaji mereka tinggi tapi selalu habis di akhir bulan. Setelah diteliti, ternyata penyebabnya karena mereka belanja kecil-kecil tapi menumpuk sampai menghabiskan gaji. Dampak negatif dari pola belanja baru ini adalah peningkatan aset di kalangan millenials menjadi jauh lebih lambat. Kalau dulu generasi X bisa beli mobil, tanah, atau rumah di umur 30, sekarang generasi millennials belum tentu bisa,” kata Indah.

RENCANAKAN PENGELUARAN UNTUK PEMBELIAN BARANG ELEKTRONIK DI BRAND OF THE WEEK BLIBLI.COM

3. Lebih suka belanja experience dibandingkan produk

pola belanja millenial
Via – The Outline

Ada satu lagi pola belanja millennial yang menarik, yaitu preferensi mereka untuk belanja ‘pengalaman’ dibandingkan ‘materi’. Bagaimana maksudnya? Indah menjelaskan bahwa generasi baby boomer cenderung lebih menyukai belanja materi, seperti mobil, rumah, atau baju branded. Sementara itu, generasi millennial lebih suka berbelanja ‘pengalaman yang positif’, seperti nonton konser, makan di luar, liburan, atau nonton bioskop.

Statistik dari ThinkDigital.Travel menunjukkan bahwa 6 dari 10 millennial lebih suka menghabiskan uang untuk membeli ‘pengalaman’ daripada hal-hal material. Saat ini, generasi millennial adalah yang paling sering melakukan perjalanan liburan dibandingkan generasi lain. Bahkan, di tahun 2020, diperkirakan bahwa 50% dari semua kunjungan turis global berasal dari generasi muda ini.

SIAP-SIAP MUDIK, PESAN TIKETNYA DI BLIBLI TRAVEL!


Itu dia guys, tiga pola belanja millennial yang membuatnya berbeda dari generasi sebelumnya. Nggak hanya doyan belanja online, ternyata paparan informasi dan kecanggihan teknologi juga membuat millennials memprioritaskan pengalaman-pengalaman yang menyenangkan – daripada menghabiskan uangnya untuk materi saja.

Tapi, seperti yang dikatakan Indah, generasi millennials pun harus mulai memikirkan tentang manajemen keuangan yang lebih baik. Jangan sampai karena terlalu sering belanja, hingga membuat pasak lebih besar daripada tiang. Makanya, kamu harus pintar-pintar memanfaatkan promo yang ada saat belanja biar hemat!

Nah, buat kamu yang pingin belanja online tapi tetep hemat, lebih baik kamu manfaatkan berbagai promo menarik dari #BlibliSekarang, guys!

Blibli.com lagi punya promo Brand of The Week untuk kategori Handphone & Tablet, Peralatan Elektronik, Komputer & Laptop, dan Kamera. Cocok banget buat kamu yang lagi nyari microwave, kulkas, rice cooker hingga kamera dan gadget baru buat menyambut Ramadhan tahun ini!

Brand of The Week ini akan berganti setiap minggunya selama satu bulan. Jadi pastikan kamu pantengin promonya tiap hari!

KLIK DI SINI UNTUK CEK PROMO BRAND OF THE WEEK BLIBLI.COM

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY