me

Periode Pembayaran Tagihan Bulanan: PLN Postpaid, PDAM, Gas PGN, dan Besaran Dendanya

Nov 08, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

thebalancemoney.com
Ini dia periode pembayaran tagihan rutin bulanan yang wajib kamu tahu!

Periode Pembayaran Tagihan — Dalam kehidupan sehari-hari saat ini memang dipermudah banget dengan adanya listrik, PDAM sampai dengan gas PGN yang bisa langsung digunakan. Sehingga kita akan dibebankan biaya bulanan untuk pembayaran konsumsinya. Hanya saja kamu harus mengerti periode pembayaran tagihan dari setiap produk yang digunakan untuk menghindari adanya denda yang dibebankan. 

Baca Juga:


Jatuh Tempo Pembayaran PLN Postpaid

Periode Pembayaran Tagihan
kompas.com

Listrik merupakan kebutuhan primer dalam kehidupan karena semua hal memang butuh listrik mulai dari memasak, penerangan sampai dengan bekerja. Sehingga kita nggak bisa nggak berlangganan listrik setiap bulannya. Salah satu jenis tagihan yang bisa kamu pilih adalah PLN Postpaid, untuk lebih jelasnya kamu bisa cek penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu PLN Postpaid?

PLN Postpaid merupakan salah satu jenis metode pembayaran yang diberikan PLN untuk memberikan kemudahan pada pengguna listrik pascabayar. Metode membuat penggunanya bisa memakai dulu listrik yang digunakan barulah bisa mendapatkan tagihan sesuai jumlah listrik yang telah digunakan. Jadi, kamu bisa pakai dulu listriknya kemudian bayar sesuai tagihannya. 

Secara umum layana PLN Postpaid ini bakalan memberikan tagihan pada penggunanya setelah kurun waktu penggunaan satu bulan penuh. Jadi, kamu bisa pakai dulu listriknya selama satu bulan kemudian tagihan akan datang untuk dibayarkan setelah dapat manfaat satu bulan tersebut. 

Kapan Jatuh Tempo Pembayaran PLN Postpaid?

Penggunaan listrik dengan metode PLN Postpaid ini memang mempermudah pengguna memakai manfaat sampai satu bulan penuh. Jadi, biasanya periode pembayaran tagihan bakalan datang di bulan berikutnya. Kamu sudah bisa melihat tagihan yang muncul pada tanggal 2 sampai 3 setiap bulannya. 

Besaran Denda Telat Bayar PLN Post Paid  

Kamu jangan sampai telat bayar karena ada denda yang perlu dibayarkan jika lewat rentang waktu yang ditentukan. Besaran denda ini berbeda untuk setiap besaran dan batas daya yang digunakan. Denda paling rendah adalah sekitar Rp3 ribuan untuk pengguna 450 VA – 900 VA. Sementara denda paling mahal sampai dengan Rp100 ribuan untuk pengguna 14.000 VA. 

Intinya makin tinggi besaran kapasitas daya VA yang digunakan maka denda yang dibebankan juga semakin besar atau sekitar 3 persenan dari tagihan bulanannya. Tagihan denda ini juga bakalan terus membengkak dan bakalan berimbas pada pemutusan daya listrik jika nggak segera dibayarkan. 

Jatuh Tempo Pembayaran PDAM

Periode Pembayaran Tagihan
pdamnunukan.co.id

Selain listrik, kebutuhan primer untuk hidup yang kedua adalah air bersih. Jadi, kita bisa langganan PDAM jika memang di lingkungan kita nggak menunjang sumur galian yang bersih. Untuk penjelasan tentang produk PDAM bisa cek semuanya di bawah ini!

Apa Itu PDAM?

PDAM merupakan kepanjangan dari Perusahaan Daerah Air Minum yang menyediakan pasokan air bersih untuk penggunanya. Jadi, semua kebutuhanmu yang berkaitan dengan air bersih bisa langsung dipenuhi oleh PDAM ini. Terlebih PDAM juga sudah dipercaya lama mengenai kualitas dan kuantitas yang diberikannya. 

Kapan Jatuh Tempo Pembayaran PDAM?

Sebenarnya setiap PDAM daerah memang memiliki aturan tersendiri mengenai jatuh tempo pembayaran namun kamu nggak perlu khawatir karena bisa menggunakan keterangan yang umum saja. Periode pembayaran tagihan PDAM ini bakalan muncul mulai antara tanggal 1-5 setiap bulannya. Kemudian batas pembayarannya adalah sampai tanggal 20 meskipun ada juga yang sampai 25. 

Sama halnya dengan listrik, penggunaan air PDAM juga dihitung selama sebulan setelah pemakaian sehingga lebih mudah perhitungannya nanti. 

Besaran Denda Telat Bayar PDAM

Sesuai aturan yang wajib dipahami oleh semua pengguna produk PDAM maka pembayaran yang masuk maksimal adalah tanggal 25 setiap bulannya. Jika lewat dari tanggal ini bakalan ada denda yang dibebankan setiap bulannya dengan persentase yang berbeda. Terlambat membayar 1 bulan denda yang diberikan sekitar 10 persenan. 

Kemudian jika telat sampai 2 bulan maka denda yang diberikan adalah 20 persenan. Namun jika sudah lebih dari 2 bulan maka denda yang diberikan sekitar 30 persenan dari jumlah semua total tagihan yang diberikan. Jika dalam kurun waktu dua bulan nggak ada pelunasan atau itikad baik maka PDAM akan memberikan tindakan seperti menutup saluran air dan sejenisnya. 

Tentu saja semua ini nggak bakalan ada pemberitahuan terlebih dahulu. Penutupan ini bisa dibuka lagi jika pengguna sudah menyelesaikan semua tagihan yang telah dibebankan sebelumnya. Hanya saja pengajuan pembukaan saluran ini juga ada batasnya yakni maksimal 30 hari semenjak proses penutupannya. 

Jatuh Tempo Pembayaran Gas PGN

bumninc.com

Selanjutnya kebutuhan sehari-hari yang nggak bisa dilepas adalah gas. Gas memiliki banyak sekali manfaat seperti untuk memasak, menghangatkan air dan banyak lagi fungsinya sesuai individu yang menggunakannya. Saat ini sudah ada yang namanya gas PGN dengan penggunaan lebih aman dan murah tentunya untuk tagihan setiap bulannya. 

Apa Itu GAS PGN?

Gas PGN merupakan gas yang terbuat dari bahan bakar fosil yang berasal dari gas methane (C1) dan gas ethane (C2) serta membutuhkan adanya pipa sebagai infrastruktur penghubungnya. Bedanya dengan gas elpigi adalah gas PGN ini memang menetap di saluran tertentu dan nggak bisa dengan mudah dipindahkan begitu saja. 

Hanya saja dari segi keamanan memang lebih bagus dibandingkan dengan gas elpigi sehingga makin banyak orang yang beralih untuk menggunakannya. Gas PGN nggak mudah bocor atau memicu adanya kebakaran jadi kamu bakalan merasa lebih tenang ketika menggunakannya. Terlebih gas ini juga langsung dari gas bumi jadi nggak menimbulkan efek samping yang bahaya untuk lingkungan. 

Kapan Jatuh Tempo Pembayaran GAS PGN?

Gas PGN ini bisa dipakai sekitar satu bulanan penuh untuk merasakan manfaatnya barulah kamu bisa mendapatkan jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Biasanya tagihan bakalan langsung muncul di awal bulan antara tanggal 1-6. Kemudian untuk pembayarannya bisa dilakukan mulai tanggal 6 sampai 20 setiap bulannya sebagai batas akhir pembayaran. 

Pelanggan bakalan mendapatkan notifikasi atau SMS sebagai pengingat kalau sudah waktunya untuk membayar langganan dari gas PGN ini. 

Besaran Denda Telat Bayar GAS PGN 

Kamu harus segera membayar tagihan gas PGN ini jangan sampai lewat dari tanggal 20 setiap bulannya biar nggak kena denda. Denda yang diberikan ketika telat pembayaran sebulan adalah denda sebesar 150 ribuan. Namun jika nggak ada penindakan maka petugas bakalan melakukan segel terhadap saluran gas yang diberikan. 

Lalu, setelah batas dua bulan masih nggak ada pelunasan maka petugas bakalan melakukan pencabutan meteran gas tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Dengan begitu pengguna sudah nggak bakalan bisa menggunakan gasnya lagi. 


Baca Juga:

Bayar semua tagihan lebih mudah sekarang hanya di Blibli saja, prosesnya cepat dan transaksi bakalan aman. Kamu tinggal pilih jenis transaksi apa semuanya ada seperti layanan PDAM sampai BPJS Kesehatan. Lanjut bayar dan selesaikan tanggunganmu langsung selesai hanya dengan satu aplikasi saja.