me

Perbedaan Receiver dengan Set Top Box, Apa Saja, Sih?

Mar 21, 2022.By Jarvis
Bagikan

image source: www.blibli.com

Perbedaan Receiver dengan Set Top Box – Sejak bulan Agustus 2021, pemerintah sudah memulai program peralihan siaran dengan sinyal TV analog ke sinyal TV digital. Diharapkan pada bulan November 2022 nanti seluruh masyarakat sudah bisa menikmati siaran TV digital yang jauh lebih berkualitas. Gambarnya tajam dan jernih, tanpa ada bintik-bintik di layar.

Untuk menangkap sinyal TV digital, TV analog bisa menggunakan bantuan set top box. Lalu, apa sih perbedaan receiver dengan set top box? Sebaiknya mana yang harus dipilih? Untuk menjawab pertanyaan ini, yuk simak infonya di bawah.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Smart TV Terbaik, Cek Yuk!
_________________________________________________

Perbedaan Receiver dengan Set Top Box

Yang dimaksud receiver sebenarnya lebih sering disebut sebagai parabola. Nah, receiver parabola sudah digunakan sejak dulu dan berbeda dengan set top box TV digital. Bagi yang masih bingung, yuk coba lebih memahami perbedaan keduanya berikut ini:

Penggunaan Antena

Untuk receiver, tentu membutuhkan parabola untuk menangkap siaran TV. Sedangkan set top box membutuhkan antena TV. Untuk set top box, bisa menggunakan antena biasa yang menangkap sinyal UHF dan VHF, bisa berupa antena dalam maupun antena luar. Ada juga antena khusus untuk TV digital. Penangkapan sinyalnya sebenarnya tergantung area masing-masing.

Teknologi

Teknologi yang digunakan receiver parabola dan set top box jelas berbeda. Receiver parabola menggunakan DVB S2 yang merupakan singkatan dari Digital Video Broadcasting Satellite 2. Sementara itu, set top box menggunakan teknologi DVB T yang merupakan singkatan dari Digital Video Broadcasting Terrestrial. Khusus untuk Indonesia menggunakan DVB T2.

Port

Port kabel yang digunakan juga berbeda. Receiver parabola menggunakan port berulir, sedangkan set top box TV digital menggunakan port Coaxial Male dan Female. Posisi port pada set top box posisinya berdampingan.

Cara Pasang Set Top Box TV Digital
image source: www.blibli.com

Channel TV

Receiver parabola bisa menangkap ratusan channel dari dalam maupun luar negeri, sedangkan set top box hanya bisa menangkap siaran TV dengan sinyal digital yang ada di dalam negeri saja. Beberapa set top box memang menyediakan fitur IPTV yang bisa menayangkan siaran dari luar negeri, tetapi tekniknya jelas berbeda dengan parabola karena menggunakan jaringan internet.

Biaya Menonton

Seperti yang kita tahu, menonton TV dengan receiver parabola bisa digunakan secara gratis. Namun, jika ingin mengakses siaran yang lebih banyak dan berkualitas, kita harus membayar langganan per bulan. Sementara itu, set top box gak membutuhkan biaya langganan apa pun tiap bulannya. Jadi, menonton dengan set top box sama saja dengan menonton TV biasa, hanya sinyalnya saja yang berbeda.

Harga Perangkat

Baik menonton TV dengan receiver maupun set top box sama-sama membutuhkan perangkat khusus. Untuk receiver parabola bisa didapatkan dengan harga Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribuan, sedangkan set top box perangkatnya lebih terjangkau. Saat ini kamu bisa mendapatkan set top box mulai dari Rp 160 ribuan hingga Rp 300 ribuan.

Tentu ada beberapa alat tambahan untuk set top box yang bisa kamu beli secara terpisah. Misalnya saja kabel HDMI yang sekarang biasanya gak langsung tersedia di paket pembelian set top box. HDMI bisa digunakan pada TV LCD dan LED dengan tampilan resolusi yang relatif lebih baik. Untuk menangkap jaringan Wi-Fi, kamu juga perlu membeli dongle Wi-Fi tambahan. Tapi harganya relatif terjangkau.

5 Rekomendasi Set Top Box TV Digital

Untuk set top box, saat ini sudah cukup banyak merek yang dijual di pasaran dan sudah sesuai dengan SNI serta merupakan rekomendasi dari Kemenkominfo. Pastikan kamu mendapatkan set top box terbaik, ini dia 5 rekomendasi yang bisa kamu pilih:

Advance Set Top Box TV Digital

Meski berasal dari Tionghoa, tetapi set top box Advance ini sudah sesuai dengan SNI. Dengan ukuran cukup kecil yaitu 12 x 6.4 x 2.9 cm dan bobot 800 gram saja, set top box ini punya kemampuan menangkap sinyal digital yang kuat.

Advance Set Top Box TV Digital yang harganya Rp 192 ribuan mampu menghasilkan gambar beresolusi paling rendah 480p dan paling tinggi 1080p. Pasangkan dongle Wi-Fi untuk mengakses YouTube. Kamu bisa gunakan 11 bahasa di sini, di antaranya adalah Indonesia, Inggris, Rusia, Ceko, Prancis, Jerman, Italia, Vietnam, Thailand, dan lain-lain.

Advance Set Top Box TV Digital Receiver Penerima Siaran Full HD/ STB Wifi Bisa Youtube DVB-T2 STP A01 (Bisa dapet semua channel )

POLYTRON DVB-T2 PDV 600T2

Kalau kamu lebih suka pakai produk buatan dalam negeri, pilihannya cukup banyak, lho, dan gak kalah berkualitas. Salah satunya adalah POLYTRON DVB-T2 PDV 600T2 yang dibanderol seharga Rp 259 ribuan. Set top box Polytron sudah dikenal dengan penangkapan sinyal yang kuat dan mampu menampilkan gambar super jernih. Fiturnya juga lengkap banget!

Akari ADS-2230 STB DVB-T2

Set top box Akari bisa dipasang di TV tabung, LCD dan LED. Ukurannya cukup ringkas yaitu 20.9 x 16.2 x 5.6 cm dengan bobot 212 gram. Konsumsi dayanya hemat yaitu 5 Watt saja. Dapatkan Akari ADS-2230 STB DVB-T2 yang dipasarkan seharga Rp 325 ribuan.

Fiturnya lengkap banget, meliputi Early Warning System atau peringatan bencana dini. Kamu juga bisa memutar dokumen audio dan video lewat port USB. Set top box ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 999 program. Selain itu, sudah bisa merekam acara TV favorit dengan fitur Personal Video Recorder (PVR).

Luby Set Top Box DVBT2/C Receiver TV STB Digital DVB T2-01

Luby Set Top Box DVB T2-01

Luby juga menawarkan fitur lengkap. Sudah ada EWS dan PVR. Selain itu, ketersediaan aplikasinya bukan hanya YouTube saja, tetapi bisa TikTok juga. Cocok banget nih buat kamu yang kekinian dan suka nonton video TikTok. Dapatkan Luby Set Top Bpx DVB T2 yang harganya Rp 199 ribuan. Menggunakan prosesor Sunplus 1509C, resolusinya mulai dari 576p hingga yang paling tinggi 1080p.

Advan Digipro STB DVB T2

Buat yang memperhatikan tampilan set top box yang modern, coba deh pilih Advan Digipro STB DVB T2 yang dibanderol dengan harga Rp 185 ribuan. Produk buatan dalam negeri ini simpel banget karena keseluruhan perangkatnya berwarna hitam dan modelnya simpel banget. Ukurannya pun ringkas, 12 x 7 x 3 cm dengan bobot 250 gram saja.

Set top Box Advan Digipro sudah bisa menampilkan gambar beresolusi 480p sampai 1080p. Sudah ada 1 port USB yang bisa digunakan untuk dongle Wi-Fi dan mengakses YouTube. Merupakan produk resmi, jadi sudah mendapatkan buku panduan dan kartu garansi selama 1 tahun.

_________________________________________________________

Baca Juga : Beda Smart TV dan Android TV, Sudah Tahu?

Sudah tahu perbedaan receiver dan set top box, jadi yang mana pilihanmu? Dapatkan set top box tv digital terbaik di Blibli dengan harga lebih hemat. Karna kamu bisa dapetin beragam potongan harga, cashback dan juga gratis ongkir berkali-kali hanya di Blibli. Jangan sampai kelewatan. Buruan checkout sekarang juga yuk!

DAPATKAN SET TOP BOX TV DIGITAL HARGA TERMURAH HANYA DI BLIBLI!

Tag: