me

Beda Smart TV dan Android TV, Sudah Tahu?

Oct 21, 2021.By Jarvis
Bagikan

inet.detik.com
8 Perbandingan Smart TV dan Android TV

Cicilan 0% KAM

Salah satu hiburan yang nggak lekang oleh waktu adalah televisi. Siapa yang setuju? Televisi atau biasa disingkat jadi TV sekarang ini makin berkembang dan canggih nih. Dulu kita harus pasang antena atau pakai parabola untuk dapat acara TV dan gambar yang bagus. Sekarang, TV bahkan sudah bisa terkoneksi dengan internet lho!

Internet sendiri juga sekarang makin berkembang dan banyak yang bisa kamu temukan di dalamnya, termasuk acara menarik. Nah, TV dan internet bergabung jadi satu lalu menjadi produk elektronik andalan terbaru. Smart TV dan Android TV jadi produk yang sekarang lagi jadi idola nih. 

Nggak jarang orang masih suka susah bedain antara Android TV dan Smart TV. Apa kamu salah satunya? Nah, buat kamu yang masih bingung, di bawah ini ada pembahasan lengkap perbandingan Smart TV dan Android TV yang mungkin belum kamu tahu. Simak yuk!

Baca juga :


Perbandingan Smart TV dan Android TV

Kamu perlu memiliki koneksi internet untuk menonton acara di televisi kalau memakai Smart TV. Kamu bisa menonton konten online yang ada di internet, nggak cuma tayangan biasa yang sering kamu tonton dengan keluarga. Di Smart TV kamu bisa menonton streaming Youtube, Netflix, dan lain sebagainya. 

Kelebihan itulah yang akhirnya membuat televisi ini disebut dengan Smart TV, karena tayangan yang bisa kamu tonton nggak hanya versi analog aja tapi juga streaming dari berbagai aplikasi secara online. Smart TV sendiri bisa kamu pakai untuk mengakses konten digital karena punya sistem operasi bawaan seperti WebOS dan Tizen OS. 

Inilah yang menjadi perbedaan Smart TV dengan Android TV. Android TV prinsipnya sama dengan Smart TV karena punya fungsi yang sama tapi sistem operasinya berbeda yaitu memakai Android. Nah, untuk lebih jelasnya bisa kamu simak pembahasan di bawah ini. 

Pengaturan

eraspace.com

Buat kamu yang nggak terbiasa dengan sistem operasi Android, mungkin bakal kesulitan saat menggunakan Android TV. Nah kabar baiknya, kamu bisa lho mengaturnya supaya jadi lebih simple dan nggak sulit dioperasikan. Kabar buruknya, kamu harus atur secara manual.

Beda halnya nih sama Smart TV, di mana tampilannya sudah tertata sesuai sistem bawaan dan nggak susah untuk dioperasikan. Jadi, kamu bisa langsung memakai Smart TV kamu tanpa harus utak-atik pengaturannya dulu. 

Tampilan

sencor.com

Tampilan dari Smart TV umumnya punya tampilan yang simple jadi nggak sulit untuk dipahami. Cara untuk mengoperasikan Smart TV nggak jauh beda nih sama televisi analog yang sudah biasa kamu pakai. Jadi, kamu nggak bakal kesulitan untuk beradaptasi dengan TV baru ini.

Nah, bisa dibilang kalau Smart TV lebih friendly atau ramah nih kalau dibandingkan dengan Android TV. Ditambah lagi kalau ternyata kamu belum pernah atau terbiasa dengan model sistem operasi Android, kemungkinan kamu bakal sedikit kesulitan kalau pakai Android TV. 

Aplikasi

eraspace.com

Kalau membahas soal aplikasi, bisa dikatakan Smart TV kalah unggul dengan Android TV. Di Smart TV, aplikasi yang tersedia adalah bawaan sistem nih, Blibli Friends. Contohnya, saat kamu membeli Smart TV lalu di dalamnya sudah ada aplikasi Youtube dan Netflix, nah kamu bisa memakai dua program itu. Tapi kalau nggak ada, kamu nggak bisa pakai 2 aplikasi itu.

Kelemahan ini karena di Smart TV kamu nggak bisa download aplikasi untuk menambah program yang ingin ditonton. Beda halnya dengan Android TV nih, di mana kamu bisa download aplikasi yang kamu mau kapanpun. Di Android TV ada Google Play Store seperti yang ada di smartphone, di mana kamu bebas download apa aja yang ada di sana. 

Kalau misal kamu beli Android TV tapi ternyata nggak ada aplikasi Netflix dan Youtube, kamu bisa pergi ke Google Play Store lalu mendownloadnya di sana. Masuk ke dalam aplikasi juga sama, kamu perlu login memakai email yang sudah terdaftar. 

Tenang aja, ini nggak berlaku buat Netflix dan Youtube aja kok. Kamu juga bisa download aplikasi streaming lain yang biasa kamu pakai. Ada banyak banget pilihan aplikasi gratis dan berbayar yang ada di Google Play Store, yang bisa kamu download. 

Fitur

eraspace.com

Salah satu fitur yang membedakan Smart TV dan Android TV adalah adanya perintah suara. Android TV biasanya punya fitur mikrofon, jadi kamu bisa pakai Google Assistant dan memberi perintah memakai suara ke televisi kamu.

Nah, sayangnya ini nggak ada di Smart TV. Kamu nggak bisa memakai perintah suara ke TV kamu. Kamu tetap harus memakai remote untuk mengganti channel atau mengetik sesuatu di keyboard layar. Kamu perlu menambah perangkat lain kalau ingin merasakan memakai perintah suara di Smart TV.

Sistem Operasi

eraspace.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya nih, kamu nggak bisa mengutak-atik aplikasi yang ada di dalam Smart TV karena sistem operasinya bersifat mutlak. Contohnya, ketika Netflix mengeluarkan update terbaru untuk aplikasinya, kamu nggak bisa nih mengunduh versi terbaru untuk pembaruan. 

Beda nih kalau kamu pakai Android TV. Kalau ada versi terbaru dari aplikasi yang ada di TV kamu, kamu bisa pergi ke Google Play Store lalu update di sana. 

Koneksi

inet.detik.com

Soal koneksi, Android TV sudah dibekali dengan fitur bluetooth lho, Blibli Friends. Kamu bisa menambah perangkat lain dengan menyambungkan ke bluetooth seperti keyboard wireless atau mouse. Android TV juga sudah dibekali dengan Chromecast lho, teknologi yang bisa menyambungkan dua perangkat secara langsung dan mudah dari Google. 

Kalau di Smart TV, kamu perlu memakai kabel HDMI atau USB sejenis untuk menambah perangkat lain. Jadinya nggak wireless dan sedikit ribet nih karena prosesnya cukup memakan waktu. 

Remote

9to5google.com

Remote di Smart TV lebih simple, karena dalam satu unit sudah mencakup berbagai fitur yang disediakan. Beda halnya sama Android TV nih. Nggak jarang Android TV butuh dua remote untuk fungsi yang berbeda. Satu remote untuk mengakses TV layaknya versi analog lalu sisanya untuk membuka konten digital seperti aplikasi dan streaming. 

Screen Mirroring

youtube.com

Di Android TV, kamu bisa mendapatkan fitur screen mirroring lho. Screen mirroring ini bisa menduplikat tampilan yang sedang tayang di smartphone kamu ke televisi. Ini karena di Android TV ada Chromecast bawaan dan Google Assistant. Inilah yang nggak bisa kamu temukan di Smart TV. 


Baca juga :

Nah, itu dia beberapa perbandingan antara Smart TV dan Android TV yang wajib kamu tahu sebelum salah membeli. Jadi, TV mana nih yang pengen kamu bawa pulang? Biar nggak bingung di mana carinya, buka Blibli aja! Di Blibli ada banyak banget lho peralatan elektronik yang mungkin sesuai sama kebutuhan kamu. Yuk, buka Blibli sekarang!