me

7 Perbandingan Water Heater Gas dan Listrik, Mana yang Lebih Unggul?

Mar 20, 2024.By Jarvis
Bagikan

freepik.com/author/user36637510
7 perbandingan water heater gas dan listrik

Cicilan 0% KAM

Antara water heater gas dan listrik, sebenarnya mana yang lebih bagus untuk kebutuhan pribadi maupun rumah tangga, sih, Blibli Friends? Well, sebagai salah satu peralatan elektronik dengan manfaat penting dalam kehidupan modern seperti sekarang ini, banyak orang bertanya-tanya apa kelebihan serta kekurangan yang jadi perbandingan water heater gas dan listrik.

Baca juga :


Perbandingan Water Heater Gas dan Listrik

Water heater atau pemanas air adalah alat untuk memanaskan atau menghangatkan air yang akan secara langsung mengalir melalui keran di rumah, sehingga kamu nggak perlu repot-repot merebus air di atas kompor setiap ingin mandi air hangat. Di pasaran ada dua jenis water heater yang bisa dipilih, yakni gas dan listrik. Tapi, water heater gas dan listrik apa bedanya?

Biaya Instalasi dan Operasional

freepik.com/author/freepik

Jika dibandingkan, total biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli dan memakai pemanas gas dan listrik hampir nggak ada beda yang terlalu signifikan, Blibli Friends. Hanya saja, yang membedakan pada water heater gas kamu harus mengeluarkan biaya pembelian lebih besar di awal. Sementara biaya operasionalnya lebih terjangkau mengingat harga gas cenderung stabil.

Sebaliknya, biaya untuk pemasangan pemanas air listrik di rumah memang di awal terlihat lebih rendah. Tapi umumnya biaya bulanannya akan lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan harga listrik yang cenderung fluktuatif. So, sebelum kamu memutuskan memilih antara water heater gas atau listrik, sebaiknya pertimbangkan masalah biaya instalasi dan operasional ini, ya.

Lama Waktu untuk Menghangatkan Air

pexels.com/@pixabay

Kamu penasaran, apa kelebihan water heater gas? Kalau dilihat dari durasi waktu, ketimbang pemanas air listrik, ternyata pemanas air gas jauh lebih efisien digunakan untuk memanaskan air dalam jumlah banyak sekaligus. Untuk 50 liter air, cuma butuh waktu 1 jam saja. Kamu nggak butuh waktu lama menghangatkan air untuk seluruh rumah dengan water heater gas.

Lantaran waktu menghangatkan air yang lebih optimal, water heater gas lebih cocok untuk rumah besar dengan kebutuhan air hangat yang tinggi. Bedanya dengan pemanas air listrik, jumlah air yang bisa dipanaskan cukup terbatas dan lama, bisa lebih dari 1 jam, sehingga hanya direkomendasikan untuk di kamar mandi dan dapur hunian minimalis.

Metode Penyimpanan Air

borneoflash.com

Beda antara water heater gas dan listrik yang berikutnya terletak pada metode penyimpanan air pada kedua jenis pemanas ini. Pada pemanas air listrik terdapat tangki air yang berguna untuk menampung air sebelum dipanaskan dengan listrik Sedangkan pada jenis water heater gas nggak ada tangki penyimpanan.

Nggak cuma metode penyimpanan airnya saja yang berbeda, perbedaan water heater gas dan listrik juga bisa kamu lihat dari cara air dipanaskan. Pada pemanas air gas, air dipanaskan menggunakan api yang memanfaatkan energi gas. Dan pada water heater listrik, air dipanaskan melalui elemen listrik seperti pada water heater biasa.

Aksesibilitas dan Fleksibilitas

freepik.com/author/volodymyrshtun89

Dalam hal kemudahan, tentunya water heater listrik lebih gampang dioperasikan, karena sistem kerjanya murni menggunakan daya listrik. Lebih lanjut, aksesibilitas pemanas air listrik pun jauh lebih mudah dikelola. Tapi akan menjadi permasalahan ketika ada pemadaman, yang mengakibatkan hilangnya sumber energi untuk memanaskan air.

Berbeda dengan water heater gas yang tetap bisa beroperasi meski listrik padam sekali pun, selama persediaan gas masih ada. Selain itu, pemanas air listrik butuh beberapa waktu sejak mesin dinyalakan untuk memanaskan air. Sedangkan aliran panas oada water heater gas bisa langsung muncul begitu mesin dinyalakan.

Penggunaan Energi

freepik.com/author/lalandrew

Dari segi efisiensi penggunaan energi, water heater listrik lebih unggul. Alasannya, karena mesin akan berfungsi saat dinyalakan dan ketika dimatikan nggak ada energi yang terbuang percuma. Tapi pada water heater gas nggak begitu, Blibli Friends. Energi tetap terbuang meski mesin mati. Nggak cuma itu, bahkan ada dampak pencemaran lingkungan lantaran gas buang.

Meski biaya bulanannya lebih murah daripada water heater listrik, tapi nyatanya pemanas air gas justru lebih boros karena menggunakan lebih banyak energi saat beroperasi, lalu melepaskan sisa limbahnya ke lingkungan. Hal ini yang menyebabkan water heater gas kurang efisien daripada jenis water heater  listrik.

Cara Perawatan Unit

freepik.com/author/freepik

Selanjutnya, perbedaan water heater gas dan listrik yang wajib kamu ketahui sebelum membeli adalah gimana cara merawat unit secara rutin agar awet dan tahan lama. Dari kedua jenis water heater, pemanas air gas butuh lebih banyak perhatian, meski keduanya sama-sama harus disiram secara teratur untuk membersihkan endapan di dasar tangki.

Khusus untuk water heater gas kamu perlu memeriksa saluran gas dan tangki secara berkala. Langkah ini penting dilakukan demi mencegah terjadinya kebocoran gas maupun penumpukan sedimen. Dan meski water heater listrik lebih aman dari kebocoran gas, bukan berarti kamu bisa mengabaikan perawatan elemen elektroniknya, ya, Blibli Friends.

Keamanan dan Dampak Lingkungan

thespruce.com

Water heater gas, karena menggunakan gas LPG sebagai sumber energi, maka dibutuhkan ventilasi yang memadai demi menghindari risiko kebocoran gas. Meski begitu, pemanas air gas biasanya telah dibekali dengan fitur keamanan yang mumpuni untuk mencegah kebocoran gas. Selain itu, pemeliharaan reguler juga diperlukan agar mesin dan perangkat awet.

Fitur keamanan pada water heater listrik bernama ELBC yang fungsinya untuk mencegah kebocoran listrik. Dan karena menggunakan energi terbarukan, jenis ini lebih aman lingkungan. Berbeda dengan water heater gas yang dapat melepaskan efek gas rumah kaca, sehingga kurang ramah terhadap keberlangsungan lingkungan. So, sudah menemukan pilihanmu?

Apakah Pakai Water Heater Kamar Mandi Listrik jadi Boros?

economictimes.indiatimes.com

Yang jadi pertanyaan banyak orang ketika memilih pemanas air listrik adalah apakah pakai water heater kamar mandi listrik jadi boros? Perlu diketahui lebih dulu, apa yang dimaksud dengan boros di sini. Kalau maksudnya adalah boros dalam penggunaan listrik, hal itu sebenarnya nggak sepenuhnya benar, Blibli Friends. Nah, lho, gimana, tuh, maksudnya?

Pasalnya, water heater listrik yang ada saat ini sudah dibekali dengan beragam teknologi canggih, seperti fitur yang bermanfaat untuk memperkecil konsumsi daya listrik yang dibutuhkan. Bahkan kamu nggak perlu bolak-balik mematikan dan menyalakan tombol jika ingin menggunakannya dan setelah memakainya, karena kehadiran fitur mati-nyala otomatis.


Baca juga :

Nah, itulah 7 perbandingan water heater gas dan listrik yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk beli salah satunya. Gimana, tertarik menginstal water heater di rumah untuk kebutuhan pribadi? Langsung cek produknya di Blibli yang menyediakan berbagai peralatan elektronik berkualitas dari merk-merk ternama. Dapatkan juga promonya, Blibli Friends!