Terkadang banyaknya penemuan dan inovasi baru mengenai dunia beauty dan makeup membuat kita tidak familiar dengan istilah-istilah asing serta produk-produk terbaru. Fungsinya pun walaupun terkesan serupa namun memiliki perbedaan signifikan pada cara pengaplikasian dan fungsi dasarnya.

Seperti halnya perbedaan antara produk primer, foundation dan concealer. Fungsinya sama-sama untuk makeup dasar dan bentuknya pun hampir serupa. Namun jangan salah, fungsi dan pengaplikasian ketiganya sangatlah berbeda. Berikut adalah perbedaan serta rekomendasi saya untuk primer, foundation dan concealer.

1. Primer

maxresdefault (2)via youtube.com

Ini adalah salah satu produk yang sering ‘diabaikan’ oleh para wanita. Kehadirannya memang tidak terlalu dibutuhkan dan wajib, namun pemakaian primer pada kulit wajah dapat menyebabkan perbedaan besar untuk keseluruhan tampilan makeup Anda dan menimbulkan perbedaan pada seberapa lama makeup Anda mampu ‘bertahan’ pada wajah dalam kondisi prima. Kehadiran primer seperti layaknya lapisan tipis atau base coat.

Perbandingkan dengan keadaan ketika Anda mengecat tembok rumah, pertama-tama Anda gunakan lapisan pertama atau primer untuk melapisi cat yang sudah lama dan menutupi goresan-goresan yang tak diinginkan agar cat baru yang akan dipakai setelahnya ‘menempel’ lebih baik serta tanpa cela. Primer biasanya transparan tapi seringkali juga berwarna.

Primer transparan akan ‘menghilang’ di kulit dan mampu mengontrol tone warna kulit Anda. Primer juga dapat membantu mengurangi pemakaian foundation yang berlebih pada wajah.

Tip:
Warna peach dan merah akan membantu menetralkan warna biru. Warna ini akan berguna jika warna kulit wajah Anda cendrung pucat dan Anda memiliki urat nadi berwarna biru yang terlihat jelas pada wajah. Warna kuning akan mampu menetralisir warna merah. Ini dapat berguna untuk menyamarkan urat nadi Anda yang berwarna merah atau menyamarkan noda merah pada kulit wajah.

Must Try:
Elf Mineral Infused Face Primer, sheer face primer dengan formula ultra ringan dan tahan lama yang berfungsi sebagai foundation/ make up base untuk memberi penutupan sempurna dan mengurangi kilau akibat minyak berlebih pada kulit wajah sehingga memberikan tampilan akhir wajah tampak halus dan menawan. Cocok buat si kulit berminya.

elf_elf-mineral-infused-face-primer-tone-adjusting-green_full02
2. Foundation

Five-Ways-Of-Applying-Liquid-Foundation-1

via isabelbeautyblog.com

Produk ini hadir dalam berbagai jenis variasi, warna dan konsistensi/kepadatan. Biasanya Anda mengaplikasikan foundation setelah Anda menggunakan primer dan meratakannya kemudian. Jika Anda menghabiskan banyak waktu untuk meratakan foundation dengan warna kulit Anda, berarti Anda telah mengenakan warna yang salah.

Jika foundation Anda terasa lebih kental dan berat ketika diaplikasikan, ada kemungkinan Anda mengenakan foundation dengan tingkat kepadatan yang salah. Untuk mengetahui apakah Anda mengenakan warna yang tepat, kenakanlah sedikit pada pipi dan pergelangan tangan bagian dalam dan harusnya warnanya berwarna serupa dengan kulit.

Tip:
Jika foundation tetap terlihat ‘tebal’ dan ‘mengental’ pada permukaan wajah, coba aplikasikan foundation dengan spons wajah yang telah dilembabkan sedikit menggunakan air agar hasilnya terlihat lebih ‘ringan’ dan rapi.

Must Try:

Ultima II Wonderwear Cream Make Up Sand Foundation. Foundation ini tidak mudah luntur juga tahan hingga 18 jam. Ultima II Wonderwear Cream Makeup Sand Foundation merupakan foundation yang tidak mudah luntur dan tahan hingga 18 jam dengan memberikan hasil matte finish dan bebas kilap. Mengandung sari tumbuhan alami sebagai nutrisi, vitamin A, & Vitamin E sebagai antioksidan serta SPF 6.

ultima-ii_ultima-ii-wonderwear-cream-makeup-sand_full02

3. Concealer

MUFE-Swatches-166

via beautizine.com

Produk ini sedikit berbeda dibandingkan dengan primer dan foundation karena memang seharusnya memiliki tingkat ketebalan dan kekentalan yang lebih tebal. Bentuknya dapat hadir berupa stick, cair atau liquid serta dalam bentuk krim padat. Biasanya Anda mengaplikasikannya di atas / setelah foundation namun hanya di beberapa area saja yang membutuhkan lapisan ekstra atau pada bagian yang harus lebih ditutupi. Noda dan area kantong mata biasanya adalah daerah yang perlu diaplikasikan concealer.

Aplikasikan pada ujung jari Anda atau pada brush kecil lalu pelan-pelan bubuhkan pada area yang bermasalah untuk menghasilkan permukaan wajah yang lebih halus dan bebas noda. Jangan terlalu dibaurkan dengan area lain seperti pada penggunaan foundation.

Tip:
Mengaplikasikan concealer dengan jari Anda akan menghangatkan concealer dan membuatnya sanggup membaur dengan lebih mudah. Jika kulit wajah Anda cendrung lebih kering atau bersisik, gunakan pelembab wajah sebelum mengenakan makeup. Biarkan kering lalu kenakan makeup basic, termasuk concealer. Tindakan ini akan membantu concealer lebih menempel secara sempurna.
Must Try:
Morphe 10CON 10 Color Concealer Palette merupakan concealer palette yang berisi 10 warna concealer yang berbeda. Terdapat warna Concealer yang digunakan sebagai contouring cream dan highlighter sehingga dapat menutup bagian warna kulit yang tidak sempurna. Berbentuk cream dan berpigmented untuk hasil lebih sempurna.

Sudah tahu kan perbedaan ketiga produk di atas? Nah, Anda bisa menemukan semua yang dibutuhkan oleh wajah di kategori Kesehatan dan Kecantikan Blibli.com. Silakan eksplorasi berbagai pilihan produk di dalamnya, manfaatkan berbagai fasilitas serta pernawarannya mulai dari cicilan 0%, kualitas produk terjamin, beragam cara pembayaran, dan gratis biaya pengiriman*.


2 COMMENTS

  1. saya ingin mencoba menggunakan produk yg di rekomendasikan di atas. diantaranya hard candy primer, nyx hd foundation, hard candy concealer palet. di mana untk mendapatkan produk tersebut dan brp harganya?

LEAVE A REPLY