me

Jangan Sampai Salah, Ini Cara Memilih Shade Foundation

Apr 13, 2022.By Nadine
Bagikan

image source: www.gettyimages.com

Cara Memilih Shade Foundation – Tampil cantik dengan riasan natural bukan lagi ritual saat kamu mau ke kondangan. Memakai make up yang bikin kamu kelihatan fresh adalah sebuah kebutuhan sehari-hari yang nggak bisa kamu penuhi tanpa bantuan foundation alias alas bedak. Walaupun kedengarannya sepele tapi kamu perlu tahu, Blibli Friends, bahwa menentukan shade yang pas sama warna kulitmu bisa jadi jebakan Batman.

Kalo sampai salah pilih warna bisa-bisa wajahmu jadi kelihatan kusam atau malah terkesan abu-abu yang pastinya nggak banget! Makanya, mengetahui cara memilih shade foundation ini penting untuk diketahui. Jangan keburu-buru, take your time dan temui warna alas bedak yang terbaik buat kamu dengan cara berikut:

BACA JUGA : Pilihan Skincare Lokal untuk Kulit Normal, Simak Yuk!

————————————————————————————————————————

Cara Memilih Shade Foundation

Wajah fresh vs. lively

Percaya atau enggak, foundation punya peran penting untuk bikin wajahmu kelihatan segar, atau justru lebih eksotis karena semua ini adalah permainan warna yang nge-blend dengan tone kulitmu. Misalnya aja kamu punya warna kulit cenderung gelap dan sesekali ingin kelihatan lebih cerah, maka kamu bisa pilih shade yang setingkat lebih terang dari kulit wajahmu.

Sebaliknya, kadang kulit yang terang dianggap pucat jadi memakai foundation yang setingkat lebih gelap dari warna asli wajahmu nggak bakal failed untuk menjadikan penampilanmu “hidup”. Apalagi ditambah dengan teknik blending yang tepat, memakai alas bedak dengan warna yang sedikit kontras begini bisa menjadi ajang eksperimen yang bikin happy.

Kenali warna dasar kulitmu

Banyak yang nggak menyadari bahwa kita punya dua jenis warna kulit, yaitu warna dasar dan warna yang terlihat dari luar. Warna dasar kulit atau undertone inilah yang ngaruh banget sama pemilihan warna kosmetik yang kamu gunakan, termasuk shade foundation yang kamu pilih.

Secara umum ada 3 warna dasar kulit yang bisa dilihat dari pembuluh darah di pergelangan tanganmu. Pertama adalah warna hijau atau yang juga disebut warm dimana warna ini lebih cocok menggunakan shade yang cenderung gelap. Ada juga warna dasar biru atau keunguan yang disebut sebagai cool yang lebih cocok menggunakan komsetik berwarna cerah.

Dan yang terakhir adalah kombinasi dari keduanya yang disebut sebagai medium. Warna dasar medium ini sifatnya netral sehingga bakal cocok dengan shade foundation apapun. Meskipun kamu bebas memiliki warna alas bedak, pastikan kamu memahami bahwa ada proses oksidasi yang bikin shade terang jadi lebih gelap setelah digunakan beberapa jam di wajah.

Pertimbangkan warna kosmetik lainnya

Hal terakhir yang perlu dipertimbangkan saat memilih warna foundation adalah warna dari kosmetik lain yang kamu gunakan, misalnya bedak ataupun lipstik. Ingat bahwa kecantikanmu dipengaruhi oleh kombinasi antara semua jenis kosmetik yang kamu pakai sehingga pastikan mereka nggak saling “serang” atau bertolak belakang.

Misalnya nih ya, kamu suka banget pake bedak dengan warna yang terang karena ngerasa lebih pede dengan wajah yang kelihatan bening. Biar padu atau match, jangan pilih foundation yang terlalu gelap karena bakalan sulit berbaur dengan sempurna.

Rekomendasi foundation untuk berbagai warna kulit

Semua warna kulit itu unik, baik terang maupun gelap. Kamu harus bangga dengan complexion yang kamu punya dengan cara memilih foundation yang cocok dengan warna kulitmu sendiri, dan bukan ikut-ikutan. Kabar baiknya, ada banyak banget pilihan produk yang bisa dijajal mulai dari jenama populer sampai yang ramah di kantong. Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini:

  1.       Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation

Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation 33 mL

Foundation pertama yang layak dicoba adalah Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation. Make Over sendiri adalah jenama yang masih satu pabrik dengan Wardah sehingga kamu nggak usah ragu untuk membuktikan kebolehannya untuk bikin riasan lebih flawless dan menawan. Kabar baiknya adalah kamu punya sampai 9 pilihan shade yang bisa disesuaikan dengan warna kulit.

Salah satu kelebihan foundation Make Over ini adalah teksturnya yang cair sehingga lebih mudah buat diaplikasikan tanpa khawatir terlalu tebal yang bikin wajah kelihatan cakey. Selain itu, Mak Over juga menjanjikan hasil riasan matte yang bebas kilap dan minyak, cocok buat kamu yang sering berada di luar ruangan saat beraktivitas. Harganya lumayan, mulai 110 ribuan.

  1.       Sariayu Alas Bedak – Foundation

Sariayu Alas Bedak - Foundation – 35ml

Sariayu adalah jenama kosmetik yang bisa dibilang udah senior di Indonesia karena usianya yang lebih dari 30 tahun. Dengan kualitasnya yang bagus nggak heran kalo Sariayu bisa bertahan sampai sekarang dengan salah satu produk andalannya yaitu Sariayu Alas Bedak – Foundation. Salah satu hal menarik dari alas bedak ini adalah varian shade yang Indonesia banget.

Sawo matang, kuning langsat, kuning pengantin, sampe kuning gading semua ada di Sariayu. Meskipun harganya murah banget, bahkan nggak sampe 20 ribu, tapi produk ini cocok terutama buat kamu yang masih belajar pake alas bedak. Ringan, cocok buat kulit orang Indonesia dan ramah di kantong bikin foundation Sariayu juara di kalangan pemula.

  1.       Wardah Everyday Luminous Foundation – Beige

Wardah Everyday Luminous Foundation - Beige 40 mL

Kamu yang lagi cari foundation dengan harga yang nggak mahal tapi juga nggak kelewat murah, bisa nyobain Wardah Everyday Luminous Foundation – Beige. Soal mutu jangan ragu karena Wardah adalah merek populer yang digandrungi banyak orang. Wardah juga merupakan versi light dari “saudara”nya yaitu Make Over yang udah terbukti kehebatannya dalam menyulap wajah agar lebih memesona.

Kelebihan foundation Wardah ini adalah teksturnya yang cair dan ringan sehingga mudah diaplikasikan dan membaur dengan kulit. Bukan hanya itu, kamu yang punya masalah dengan kilap di wajah saat menjelang siang bisa mengandalkan alas bedak ini karena memberikan hasil yang matte dan segar. Harganya cocok buat kantong, cuman 30 ribuan aja.

  1.       L’Oréal Paris Infallible 24H Matte Cover Foundation

L'Oreal Paris Infallible 24H Matte Cover Hasil Natural & Tahan Lama Foundation 35mL

Siapa sih, yang nggak kenal dengan L’Oréal? Jenama ini udah mencapai titik tertingginya di tanah air yang dibuktikan dengan semakin banyaknya konsumen yang loyal pake semua produknya termasuk L’Oreal Paris Infallible 24H Matte Cover Hasil Natural & Tahan Lama Foundation. Dengan reputasinya yang top, kamu jadi yakin untuk menjajal alas bedak premium seharga 125 ribuan ini.

Menariknya adalah L’Oréal punya sampai 10 shade yang berbeda buat warna kulit yang nggak sama. Kamu bisa menentukan warna yang cocok berdasarkan undertone di pergelangan tanganmu. Dan kamu juga bisa hemat pakai alas bedak ini karena teksturnya yang cair, dengan daya tutup atau coverage tinggi. Jangan takut alas bedakmu luntur, foundation dari L’Oréal transfer-proof, sweat-proof dan waterproof, kok

  1.       Alas Bedak Lumecolors Liquid Foundation

Alas Bedak Lumecolors Liquid Foundation Fondation Full Coverage Matte Padat Waterproof Tahan Lama

Nah, ini dia incaran para Sultan. Kamu yang lagi berburu alas bedak premium bisa cobain Alas Bedak Lumecolors Liquid Foundation seharga 230 ribuan. Jangan kaget sama harganya karena hasil yang kamu dapatkan emang nggak kaleng-kaleng, Blibli Friends. Sebagai merek kelas atas, Lumecolors memberikan 3 pilihan shade yang juga cocok buat kulit Indonesia yaitu Sand, Neutral dan Light.

Pilihan warna yang nggak banyak ini somehow menguntungkan karena kamu jadi lebih gampang milihnya. Kelebihan yang dimiliki foundation Lumecolors adalah kandungan moisturizer dan juga vitamin E yang membantu menutrisi kulit. Dengan formula oil control-nya, wajahmu juga bebas dari kilap minyak sampai 16 jam.

————————————————————————————————————————

BACA JUGA : Deretan Skincare Korea yang Ada di Indonesia, Tertarik?

Gimana nih Blibli Friends sudah tahu cara memilih shade foundation?  pastiin belanjanya hanya di Blibli karena hanya di sini kamu bisa dapet harga istimewa plus promo gratis ongkir berkali-kali. Cantik bukan pilihan, tapi sebuah kewajiban so pilih warna foundation-mu dengan benar, ya.