me

5 Perbandingan iPhone 14 vs iPhone 14 Plus

Mar 21, 2024.By Jarvis
Bagikan

phonearena.com
Simak 5 perbandingan iPhone 14 vs iPhone 14 Plus ini sebelum beli!

Cicilan 0% Gadget

Seri iPhone 14 yang rilis tahun lalu masih oke banget kalau dipakai sekarang. Dua varian yang harganya paling terjangkau adalah iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Seperti apa perbandingan iPhone 14 vs iPhone 14 Plus? Pastikan kamu cari tahu di sini!

Baca Juga :


iPhone 14 Series, Ada Apa Saja?

tekno.kompas.com

Apple mengumumkan rilisnya iPhone 14 Series di tanggal 7 September 2022. Produknya sendiri mulai siap di pasaran sejak tanggal 16 September 2022. Sementara di Indonesia, seri iPhone 14 mulai diberlakukan pre order di tanggal 28 Oktober 2022 dan produk ready stock sudah siap sejak tanggal 4 November 2022. 

Lalu seri iPhone 14 ada apa saja sih? Apple menghadirkan empat varian seri iPhone 14, mulai dari yang standar iPhone 14, lalu di atasnya ada iPhone 14 Plus yang fiturnya sedikit berbeda. Dua varian lainnya adalah versi pro, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang merupakan varian paling tinggi di antara keempatnya. 

Fitur dan spesifikasi iPhone 14 dan iPhone 14 Plus berbeda cukup jauh kalau dibandingkan dengan iPhone 14 Pro dan Pro Max. Nah, kalau Blibli Friends tertarik menggunakan iPhone 14 atau iPhone 14 Plus, tentu perlu tahu dulu seperti apa spesifikasi dan perbedaan antara keduanya. 

Perbandingan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus

Kalau masih belum bisa memutuskan mau beli iPhone 14 atau iPhone 14 Plus, cek dulu yuk perbandingannya secara detail di bawah ini:

1. Bodi

phonearena.com

Kita mulai dari bodi dulu, yuk. Kalau melihat desainnya, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus memiliki desain yang sama persis baik dari bodi depan dan belakang, hanya saja dimensi dan bobotnya berbeda. iPhone 14 dimensinya 146.7 x 71.5 x 7.8 mm dengan bobot 172 gram, sedangkan iPhone 14 Plus dimensinya 160.8 x 78.1 x 7.8 mm dengan bobot lebih berat 31 gram, yaitu 203 gram. 

Material bodi keduanya sama persis, bagian depan dan belakang bodi terbuat dari Corning made glass, sedangkan bingkainya terbuat dari alumunium. Bodinya sudah dilengkapi dengan sertifikat IP68, jadi sudah tahan debu dan air hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit saja. Aman banget kalau kamu kena hujan pas lagi bawa iPhone 14 dan 14 Plus. 

Desain bodi depannya masih sama, dibuat mirip kaca cermin, dengan desain poni notch yang masih sama dengan seri iPhone 13. Bodi belakangnya pun sama, panel kameranya ada 2 lensa dan 1 flash light. Di bagian tengah ada logo Apple yang sudah jadi ciri khas iPhone. 

Pilihan warna iPhone 14 dan iPhone 14 Plus sama. Waktu awal dirilis, hanya ada 5 opsi warna orisinal, yaitu Midnight, Purple, Starlight, Blue, dan Product RED. Lalu beberapa bulan kemudian di tahun 2023 dirilis varian warna baru untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, yaitu Yellow. 

2. Display

phonearena.com

Ukuran iPhone 14 dan iPhone 14 Plus jauh berbeda, jadi ukuran display kedua ponsel flagship ini juga jelas berbeda. iPhone 14 hadir dengan layar 6.1 inci, sementara iPhone 14 Plus ukuran layarnya 6.7 inci. Rasio layar ke bodi lebih besar iPhone 14 Plus, jadi bezel di varian ini sedikit lebih kecil. Rasio di iPhone 14 Plus adalah 87,4%, sedangkan iPhone 14 rasionya 86.0%. 

Layarnya sama-sama menggunakan panel Super Retina XDR OLED, tapi resolusinya berbeda. iPhone 14 resolusinya 1170 x 2532 pixel, sedangkan iPhone 14 Plus resolusinya lebih tinggi di 1284 x 2778 pixel. Sementara fitur layar lainnya sama, sudah dilindungi dengan kaca Ceramic Shield yang membuatnya jauh lebih kokoh, sehingga tahan terhadap goresan dan benturan ringan. 

Desain layar keduanya sama persis, fiturnya pun sama. Di antaranya adalah:

  • HDR10: tingkat kecerahan tinggi dengan kedalaman warna yang lebih dalam, kira-lira ada 1024 shade warna-warni utama. 
  • Dolby Vision: tampilan di layar jauh meningkat, mulai dari highlight, kontras antara warna gelap dan terang, hingga detail yang luar biasa di tiap bagian gambar, membuat gambar jadi tampak jauh lebih realistis. 
  • Tingkat kecerahan: rata-rata 800 nits dan maksimal di luar ruangan 1200 nits. 

Desain notch di layar iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih menggunakan desain yang sama dengan iPhone seri 13 yang dirilis tahun sebelumnya. Artinya masih ada notch model poni tapi ukurannya memang sudah lebih kecil sebanyak 25% dibandingkan dengan iPhone seri 12. Layar terlihat sedikit lebih luas, meski desainnya masih sama saja. 

Selain itu, layar iPhone 14 dan iPhone 14 Plus nggak dilengkapi dengan Pro Motion, fitur yang hanya ada di iPhone 14 Pro dan Pro Max. Keduanya menggunakan refresh rate yang terbilang rendah untuk kelas harganya, yaitu 60 Hz, tapi nggak bakal terasa lagging pergerakannya. Tingkat penyegaran layarnya ini justru memiliki kelebihan nggak mengonsumsi daya dalam jumlah banyak, jadi baterai pun lebih hemat.

Setelah melalui tes, performa layar iPhone 14 maupun iPhone 14 Plus menunjukkan angka yang kurang-lebih sama. Hanya saja, ada perbedaan di tes kecerahan HDR. iPhone 14 Plus menunjukkan hasil yang jauh lebih terang dibandingkan dengan iPhone 14.  

3. Chipset

hardwarezone.com.sg

Baik iPhone 14 dan iPhone 14 Plus masih menggunakan chipset keluaran tahun 2021, Apple A15 Bionic, dengan fabrikasi 5 nm. Fabrikasi ini sudah cukup baik performanya saat iPhone 14 dirilis, meski varian yang Pro lebih memuaskan. Performa kedua varian iPhone 14 ini bisa dibilang sama, tapi kalau dibandingkan dengan iPhone 13 lebih kencang karena sudah ada penambahan core GPU dan sistem pendinginan yang lebih baik. 

Setelah diuji, hasil benchmark iPhone 14 dan iPhone 14 Plus juga kurang lebih sama, walaupun iPhone 14 Plus memang menunjukkan sedikit perbedaan di beberapa area. Diperkirakan karena sistem pendinginannya yang lebih baik dibandingkan dengan iPhone 14. Selain itu, kedua varian iPhone 14 juga dilengkapi dengan fitur yang sama, di antaranya adalah:

  • Crash Detection: fitur yang mampu mendeteksi kalau terjadi kecelakaan mobil yang sangat parah menggunakan HDR gyro dan High-G accelerometer yang baru. 
  • Emergency SOS: ditenagai satelit, kalau iPhone berada di tengah kecelakaan parah, maka akan langsung terhubung ke servis gawat darurat dan memberi info terkait semua kontak yang diperlukan di tengah kondisi bahaya. Fitur ini juga bakal membantu kalau penggunanya berada di antah-berantah, misalnya di pedalaman hutan atau gunung. 

Tampilan antarmukanya menggunakan iOS 16 yang bisa ditingkatkan ke iOS 17.1. iOS 17 dirilis di musim gugur 2023 dan pengguna iPhone 14 dan iPhone iPhone 14 Plus sudah bisa mengunduhnya. Ada juga yang mencobanya lebih dulu dengan mengunduh iOS 17 Beta, jadi bisa merasakan seperti apa tampilan antarmuka iOS yang baru. 

CPU dan GPU yang menjadi tenaga iPhone 14 dan iPhone 14 Plus juga sama persis. CPU-nya adalah Hexa-core (2×3.23 GHz Avalanche + 4×1.82 GHz Blizzard) dan GPU Apple GPU dengan 5 core graphics. Berikut ini beberapa ulasan terkait performa chipset Apple A15 Bionic dan tampilan iOS 16 pada iPhone 14 dan 14 Plus:

  • Peningkatan RAM dibandingkan A15 Bionic yang digunakan di seri iPhone 13, yaitu dari 4 GB ke 6 GB. Tentunya, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus jadi lebih fleksibel dan tetap oke performanya meski menjalankan aplikasi di latar belakang. 
  • Performa A15 Bionic yang lebih ditingkatkan dari iPhone 13 ini masih tetap kencang dan relevan saat digunakan sekarang. Kemampuannya hanya kalah dengan chipset Apple yang lebih tinggi, yaitu A16 Bionic dan A17 Pro. 
  • Lockscreen iOS 16 mengalami peningkatan, terutama di manajemen notifikasinya, aplikasi Messaging, dan opsi privasi, dan beberapa fitur lainnya. 
  • Homescreen diisi oleh aplikasi dan widget, lalu ada App Library untuk aplikasi yang nggak terlalu sering digunakan, lalu ada Notification and Control Centers yang memudahkan penggunanya mengecek notifikasi. 
  • Lockscreen sedikit berbeda dari sebelumnya, dilengkapi dengan opsi privasi dan jalan pintas untuk senter dan kamera. 
  • Lockscreen bisa kamu custom sendiri sesuai selera masing-masing dengan cara memilih wallpaper keren dan menambahkan baris sendiri untuk widget (maksimal 4 baris), sesuai dengan kebutuhan. Bahkan kamu bisa membuat sendiri beberapa desain lockscreen lalu mengubahnya hanya dengan tap dan tahan, lalu geser layar. Gampang banget! 
  • Notifikasi sekarang berubah muncul dari bawah layar, membuatnya lebih nyaman saat kita geser. Lalu ada beberapa pilihan tampilan notifikasi, mulai dari notifikasi stack, list, dan count
  • Kamu bisa menyembunyikan homescreen tertentu secara spesifik, misalnya homescreen yang isinya aplikasi game, lalu disembunyikan dulu saat berada di sekolah, kampus, atau di tempat kerja. 
  • iOS 16 hadir dengan mode Focus yang meningkat dibandingkan versi iOS sebelumnya. Sekarang mode Focus bisa diatur untuk setiap lockscreen. Tersedia beberapa mode Focus yang berbeda, yaitu Work, Personal, Driving, Gaming, Do Not Disturb, dan masih banyak lagi. Mode Focus juga bisa kamu custom sendiri sesuai kebutuhan masing-masing serta diatur aktif secara otomatis. 
  • Widget bisa ditempatkan di homescreen mana pun dan halaman Today. Pilihan ukuran widget ada 3 pilihan, yaitu 2×2, 4×2, dan 4×4. Widget yang ukurannya sama bisa ditumpuk menjadi satu dan kamu bisa merotasi lokasinya. 
  • Di halaman Today, kamu bisa meletakkan widget, bahkan dari aplikasi pihak ketiga sekalipun versi iOS-nya. 
  • Notification Center bisa diakses dengan cara geser dari layar sebelah kiri atau dari notch
  • Control Center bisa kamu custom juga, bisa diakses dengan cara geser dari sebelah kanan layar. 
  • Peningkatan signifikan berikutnya bisa kamu dapatkan di aplikasi Mail, di mana ada opsi mengedit dan unsend pesan. 
  • FaceTime juga mengalami peningkatan dengan fungsi hand-off yang lebih baik di berbagai perangkat, termasuk sudah bisa menggunakan headphone nirkabel. 
  • Aplikasi Photos sudah memiliki opsi untuk menemukan foto duplikasi, jadi salah satunya bisa kamu hapus. Album yang tersembunyi atau terhapus bisa kamu dapatkan kembali dengan Face ID atau Touch ID. 
  • Aplikasi Wallet juga mengalami peningkatan yang sangat drastis. Sekarang kamu sudah bisa menyimpan nota dan melacak info belanja. 

4. Memori Penyimpanan

tomsguide.com

Memori penyimpanan pasti jadi salah satu bahan pertimbangan bagi kebanyakan pengguna HP jaman sekarang. Kebutuhan menggunakan ponsel yang kian meningkat membutuhkan memori yang lebih luas pula. Makin tinggi RAM, maka kinerja iPhone akan semakin baik, menjalankan aplikasi berat di latar belakang pun nggak bakal masalah. Selain itu, menyimpan dokumen besar pun bisa lebih bebas! 

Apple A15 Bionic dan iOS 16 yang digunakan di iPhone 14 dan iPhone 14 Plus sudah mengalami peningkatan, termasuk di bagian RAM. Kalau versi sebelumnya hanya hadir dengan RAM 4 GB, maka sekarang sudah hadir dengan RAM 6 GB. Baik iPhone 14 dan iPhone 14 Plus sama-sama menghadirkan satu opsi RAM, yaitu 6 GB. 

Lalu untuk memori internalnya sudah menggunakan NVMe yang lebih berkualitas. Baik iPhone 14 dan iPhone 14 Plus juga menawarkan memori internal yang sama. Blibli Friends bisa pilih yang paling rendah kapasitasnya, 128 GB, lalu memori dengan kapasitas medium 256 GB, dan yang paling maksimal adalah 512 GB. Kamu bisa pilih sendiri memori sesuai dengan kebutuhan penggunaan ponselmu sehari-hari. 

Kapasitas RAM dan memori luas makin oke lagi di iPhone 14 Plus, karena kapasitas baterainya yang jauh lebih besar dibandingkan iPhone 14. Kapasitas baterai iPhone 14 ada di angka 3279 mAh dengan waktu mengisi daya 50% selama 30 menit. Sementara kapasitas baterai iPhone 14 Plus sebesar 4323 mAh yang kecepatan pengisiannya juga sama, 50% dalam 30 menit. 

5. Kamera

phonearena.com

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus dilengkapi dengan hardware kamera yang sama persis, sehingga performanya pun kurang lebih sama, baik untuk menjepret foto maupun merekam video. Berikut ini spesifikasi kamera iPhone 14 dan iPhone 14 Plus:

  • Kamera Belakang Wide: 12 MP, f/1.5, 26mm (wide), 1/1.7″, 1.9µm, dual pixel PDAF, sensor-shift OIS
  • Kamera Belakang Ultrawide: 12 MP, f/2.4, 13mm, 120˚ (ultrawide)
  • Fitur Kamera Belakang: Dual-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama)
  • Hasil Rekaman Video Kamera Belakang: 4K@24/25/30/60fps, 1080p@25/30/60/120/240fps
  • Fitur Rekaman Video Kamera Belakang: HDR, Dolby Vision HDR (up to 60fps), Cinematic mode (4K@30fps), stereo sound recorder
  • Kamera Depan: 12 MP, f/1.9, 23mm (wide), 1/3.6″, PDAF dan SL 3D, (depth/biometrics sensor)
  • Fitur Kamera Depan: HDR, Cinematic Mode
  • Hasil Rekaman Video Kamera Depan: 4K@24/25/30/60fps, 1080p@25/30/60/120fps
  • Fitur Rekaman Video Kamera Depan: gyro EIS, Cinematic Mode (4K@30fps). 

Baca Juga :

Itu dia 5 perbandingan iPhone 14 vs iPhone 14 Plus yang penting kamu tahu sebelum memutuskan varian mana yang lebih pas untukmu. Yang pasti, kamu harus dapatkan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus di reseller resmi Apple Indonesia seperti Blibli Apple Authorized Reseller, supaya bisa mendapatkan berbagai keunggulannya. 

Di Blibli Apple Authorized Reseller, kamu bisa dapatkan iPhone 14 dan seri lainnya yang terjamin orisinal 100%. Selain itu, sudah pasti dapat garansi resmi Apple yang bisa kamu klaim nggak cuma di Indonesia, tapi juga di negara lainnya, tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi tunggu apa lagi, yuk pilih iPhone 14 atau iPhone 14 Plus favoritmu di Blibli Apple Authorized Reseller!