me

Review & Perbandingan iPad Mini 6 dan iPad Mini 5 yang Wajib Kamu Tahu

Mar 17, 2022.By Jarvis
Bagikan

Image source: www.gsmarena.com

Perbandingan iPad Mini 6 dan iPad Mini 5– Sebagai perusahaan gawai terbesar di dunia, Apple nggak henti-hentinya melakukan inovasi. Hal ini tentunya bertujuan agar pengguna mendapatkan kemudahan sesuai dengan berkembangnya teknologi. 

Kecanggihan teknologi yang semakin lama semakin compact, membuat Apple beresolusi untuk membuat gawai yang lebih ringan. Begitu juga dengan produk Apple yang satu ini, iPad Mini 6. Disematkan nama mini karena memang bentuknya yang kecil layaknya smartphone.

Bila dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu iPad Mini 5, bisa dikatakan kelahiran iPad mini 6 ini adalah satu kemajuan. Mengapa demikian? Karena perombakan cukup besar dilakukan oleh Apple baik dari dalam maupun dari luar. 

Semua fasilitas dan fitur tercanggih turut dibenamkan ke dalam gawai mini yang satu ini. Penasaran nggak Blibli Friends? Simak dulu perbandingan iPad Mini 6 dan iPad Mini 5 berikut ini yuk!

Baca juga: Perbandingan iPad 9 dan iPad 8 yang Wajib Kamu Tahu


Spesifikasi iPad Mini 6

Dari mata turun ke hati, sepertinya hal ini juga berlaku untuk menentukan pembelian gawai. Desain yang unik, simpel, dan terkesan mewah biasanya banyak digemari konsumen. Bagaimana dengan desain dari iPad Mini 6?  Buat kamu yang bosan dengan bentuk, model, dan warna iPad yang itu-itu saja, kini saatnya untuk terpukau. 

Pasalnya, iPad mini 6 ini diklaim memiliki desain yang segar dan modern. Pastinya ini merupakan inovasi besar dari Apple untuk produk terbarunya. Kapasitas baterai juga merupakan komponen penting yang perlu untuk kamu perhatikan sebelum membeli gawai incaran. Karena kapasitas ini yang nantinya akan menentukan berapa lama kamu bisa menggunakannya. 

Ketahanan baterai saat digunakan bergantung pada kapasitas ini. Bagaimana dengan produk iPad Mini 6 ini? Sayangnya, Apple nggak menjelaskan berapa tepatnya kapasitas untuk baterai ini. Hanya saja, baterai yang digunakan adalah tipe Li-Ion 19.3 Wh yang diklaim dapat bertahan hingga 10 jam non-stop

Namun jangan salah, dengan kapasitas ini, iPad dikatakan masih sanggup mengejar pesaing-pesaingnya sekelas gawai tablet. Kamu yang doyan browsing bisa memakai iPad selama 10 jam. Untuk hiburan gimana? Tenang, kamu yang hobi streaming film dan mendengarkan musik masih bisa menggunakannya selama kurang lebih 10 jam juga. 

Nggak ada lagi mati gaya meski harus memakai tablet di mana pun berada kan, Blibli Friends?

Persamaan iPad Mini 6 dan iPad Mini 5

Pada perangkat iPad Mini 6 dan iPad Mini 5 memiliki kesamaan antara lain:

  • Menggunakan Touch ID

Baik iPad Mini 6 dan iPad Mini 5 tetap menggunakan Touch ID, fitur yang sangat populer pada produk Apple. Meski demikian, letak dari Touch ID ini berbeda yakni di tombol tepi atas iPad Mini 6. Sedangkan pada iPad Mini 5 berada di bawah layar. 

Untuk iPad 6 keluaran terbaru menghadirkan tepi datar dengan sudut bodi melengkung di keempat sisinya. Sehingga penampilan layarnya mirip sekali dengan iPhone. Meski demikian, ada yang perlu kamu tahu, Apple nggak lagi membekali iPad ini dengan tombol Home

Jadi, nggak ada lagi Face ID untuk akses masuk guna memakai iPad ini. Demi mendukung kesehatan bumi, Apple membuat tablet ini dari 100% aluminium daur ulang yang ramah lingkungan. Kamu bisa memilih warna cantik dari Space Gray, Pink, Purple, dan Starlight.

  • Menggunakan iOS Terbaru

iPad Mini 6 dan iPad Mini 5 sama-sama masih mendapatkan update iOS terbaru, yaitu 15.3. Kamu juga masih bisa menikmati kapasitas memori yang sama meski RAM berbeda, yakni 64 GB dan 256 GB.

Perbedaan iPad Mini 6 dan iPad Mini 5

  • Bodi dan Desain

Perbedaan yang bisa ditemukan pertama kali pada iPad Mini 6 sudah jelas terlihat pada bodi dan desain. Ternyata nggak sampai di situ saja, meski kecil iPad Mini 6 masih dibekali dengan stylus pen. Tampilan layar iPad Mini 6 pun penuh layaknya layar di iPad Pro. Nah, keuntungan bagi kamu pengguna setia produk Apple adalah, kamu bisa membawa iPad Mini 6 ini dengan mudah. Karena kamu bisa membawanya hanya dengan 1 genggaman tangan saja.

Bila kamu menyukai produk gawai berukuran kecil yang fleksibel, iPad Mini yang satu ini jelas jadi jawabannya. Selain itu, layar gawai ini dibekali dengan Liquid Retina Display yang beresolusi 1488 x 2266 piksel. 

Tingkat kecerahannya nggak perlu dipertanyakan lagi, karena produk ini mengusung teknologi True Tone 500 nits. Nggak takut lagi jika kamu sedang berada di ruangan yang minim cahaya, iPad mu akan menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan tersebut.

  • Layar

Urusan layar pada produk iPad Mini 6 bisa dikatakan lebih unggul dari pendahulunya. Pada perangkat iPad Mini 6 ini, ukuran diagonal layarnya sekitar 8,3 inci yang berdimensi 195.4 mm x 134.8 mm x 6.3 mm dan beratnya 293 gram. Sedangkan layar pada iPad Mini memiliki dimensi 195.4 x 134.8 x 6.3 mm (7.69 x 5.31 x 0.25 in) dengan bobot sedikit lebih ringan.

  • Performa

Beralih ke dapur pacu iPad Mini 6. Jangan salah ya, Blibli Friends, meski ukurannya mini tapi performanya nggak main-main. Mengapa begitu? Karena ada chipset A15 Bionic yang disematkan dalam tablet ini. Chipset ini merupakan dalaman terbaru yang juga dibenamkan pada produk smartphone milik Apple, yakni iPhone. 

Bila iPad Mini 6 sudah A15 Bionic, maka iPad 6 masih menggunakan A12. Jadi, kamu harus jeli sebelum memilihnya nih, Blibli Friends.

Tentunya dengan adanya fasilitas ini, performa iPad jadi jauh lebih kencang dan sangat responsif. Hal ini sudah diklaim bahwa kinerja iPad Mini 6 meningkat hingga 40% dan performa GPU pun turut naik sebesar 80%. Wah, jadi nggak sabar ingin punya tablet keren yang satu ini nggak, Blibli Friends? Sabar, masih ada hal lain yang harus kamu cek terlebih dulu pada poin-poin di bawah ya.

  • Kamera

Di era digital seperti sekarang ini rasanya kamu harus punya gawai yang siap menampung setiap momen sehari-hari. Untuk itu kamu perlu gawai dengan kamera mumpuni baik untuk menangkap gambar maupun melakukan perekaman gambar. 

Begitu pula pada iPad Mini 6, gawai ini dibekali dengan satu kamera di belakang dan satu didepan. Pada kamera belakang, resolusinya adalah 12 MP f/2.4 sedangkan kamera depannya beresolusi 12 MP f/1.8 dengan lensa ultra wide. Sedangkan iPad Mini 5 memiliki resolusi 8 MP dengan fitur minim.

Perekaman video kamera belakangnya mencapai 4K 60 fps dan kamera belakang 1080p 60 fps. Tersedia juga fitur Smart HDR agar foto-fotomu makin berkualitas. Nggak sampai di situ saja, ada fitur Center Stage yang berfungsi untuk mempertahankanmu tetap pada frame meski harus bergerak berganti posisi. 

Mengingat situasi sekarang yang lebih banyak menggunakan telekonferensi untuk aktivitas, rasanya hal ini sangat menguntungkan pengguna. Cocok banget buat para vlogger atau yang hobi selfie nih.

  • Port Jack

iPad Mini 5 kamu masih bisa menggunakan headset jack 3.5 mm, namun pada iPad Mini 6 sebaiknya kamu mempersiapkan connector Type C to lightning karena jack audio tersebut sudah dihilangkan oleh Apple. 

Secara keseluruhan, kamu mungkin memerlukan adaptasi untuk memakai iPad Mini 6. Namun, hal ini mungkin sepadan dengan kecanggihan yang didapatkan.


Baca juga: Spesifikasi iPad 9 dan Fitur Menariknya, Yuk Simak!

Nah, sudah mantap untuk beralih ke iPad Mini 6 belum Blibli Friends? Jika sudah, rasanya pembahasan tentang perbandingan iPad Mini 6 dan iPad Mini 5 ini cukup untuk membuatmu makin ingin memilikinya. Yuk, miliki segera dengan membelinya secara online di Blibli. 

Banyak promo menarik menantimu dengan jaminan produk original setiap hari. Jangan nanti-nanti, keburu kehabisan. Buruan check out produk Apple incaranmu di sini.