Perawatan Mobil Setelah Menempuh Perjalanan pada Mudik Lebaran

mengganti oli mobil

Mudik lebaran telah usai dan kamu sudah harus kembali beraktivitas. Buat para pemudik yang menggunakan mobil pribadi untuk pulang ke kampung halaman, perjalanan kamu belum berakhir hanya sampai tiba di rumah. Ada satu hal lagi yang harus kamu lakukan setelah mudik pakai mobil pribadi. Ya, benar sekali! Kamu harus pergi ke bengkel untuk menyervis mobil.

Pasalnya, mobil kamu sudah menempuh perjalanan puluhan atau ratusan kilometer. Jadi, harus ada sedikit perawatan yang wajib dilakukan supaya mobil kamu kembali ke performa sebelum digunakan untuk mudik. Tenang, tidak perlu ganti semua komponen dan menghabiskan uang jutaan Rupiah. Kamu bisa kok mencicil perawatannya.

Akan tetapi, tetap ada yang harus didahulukan ya, Friends. Berikut beberapa perawatan penting yang harus kamu lakukan pascamudik dengan mobil pribadi!

1. Mesin Mobil

Via libreshot.com

Bukan ganti mesin, kok. Kamu cukup meminta para mekanik untuk mengecek performa mesinnya saja dan bagian komponen-komponen kecil di dalamnya. Mesin mobil jadi yang paling penting buat dicek lebih dulu, ya, baik kamu yang melakukan perjalanan jauh atau dekat. Mobil kamu jadi berkurang nilainya kalau mesinnya tidak lagi bagus.

Kalau tidak ada masalah berarti, kamu cukup mengganti oli mesin saja, kok. Walaupun baru menggantinya sebelum pergi mudik, kamu tetap disarankan untuk mengganti oli lagi setelah kembali dari kampung halaman. Mobil kamu pasti dipakai untuk perjalanan jauh tanpa henti. Belum lagi kena macet yang buat mesin jadi panas. Hal itu yang buat oli jadi cepat kental.

CARI OLI TERBAIK BUAT MOBIL KAMU DI SINI!

2. Rem

Via wikimedia.org

Kalau ditanya bagian mana lagi yang penting, jawabannya adalah rem. Kamu yang menjalankan mobil pasti akan memberhentikannya juga. Nah, komponen yang dipakai untuk buat mobil berhenti adalah rem. Rem ada di bagian ban yang buat kecepatan mobil akan berkurang secara perlanan. Penggunaan mobil jarak jauh juga akan buat rem menjadi aus.

Jika memang sudah aus, ada baiknya kamu mengganti kampas rem. Selain itu, kamu pun perlu meminta mekanik yang menangani mobil kamu supaya menambah pelumas rem di setiap bannya. Semakin sering mobil digunakan, pelumas rem juga bisa kering atau menguap karena panas gesekan.

SEKALIAN BIKIN MOBIL KAMU LEBIH CERAH PAKAI PRODUK PEMBERSIH YA!

3. Semua Ban

Buat kamu yang menempuh jarak jauh kala mudik, mengganti ban jadi salah satu yang harus kamu lakukan jika ban mobil sudah berada dalam kondisi kurang dari 50 persen. Ban mobil kamu adalah bagian yang menjalankan tugas berat saat di perjalanan mudik. Empat ban tersebut yang paling pertama mendapatkan pengaruh di jalanan, baik saat jalan halus, licin, maupun berbatu.

Jika memang ban kamu sudah menurun kondisinya, mau tidak mau, kamu harus menggantinya setelah kembali dari mudik. Namun, ban mobil yang masih bagus kondisinya cukup dipindahkan posisinya saja. Ban mobil depan kanan dipindahkan menjadi belakang kiri dan sebaliknya. Lalu, babn depan kiri dipindahkan ke posisi belakang kanan dan sebaliknya. Jangan lupa lakukan spooring dan balancing pada bagian ban, ya.

HABIS ITU BIKIN BAN MOBIL KAMU LEBIH KINCLONG YA!

4. Suspensi

Via dirtfish.com

Setelah bagian ban, coba tanyakan kepada mekanik kamu untuk memeriksa suspensi mobil yang baru saja kamu bawa mudik. Banyak faktor yang bisa buat suspensi mobil kamu bermasalah setelah melakukan berjalanan jauh. Bukan hanya medan jalanan yang kamu lewati saat berkendara, kecepatan yang kamu pakai juga bisa mempengaruhi suspensi mobil, loh. Ya, jangan sampai mobil kamu jadi tidak enak setelah dikendarai pulukan kilometer.

SERVICE MOBILMU SEBELUM DAN SESUDAH MUDIK DI SINI

5. Accu dan Kelistrikan

Bagian yang tidak kalah penting dari sebuah mobil adalah accuyang jadi sumber listrik di dalam mobil. Selama mudik, kamu akan memanfaatkan listrik di dalam mobil untuk melakukan banyak hal. Hal yang paling sederhana adalah menyalakan mobil setelah beristirahat atau singgah di suatu tempat. Listrik yang sama juga digunakan untuk lampu jalan dan lampu di dalam kabin.

Kebanyakan pengendara mobil juga akan menyetel lagu di dalam mobil lewat head unit. Ingat, itu juga butuh listrik untuk menyalakannya, loh. Belum lagi kalau kamu menggunakan car charger untuk mengisi baterai smartphone selama di perjalanan. Jadi, alangkah baiknya kamu cek juga kondisi accu dan semua listrik yang ada di dalam mobil setelah kembali dari perjalanan mudik.

MAU GANTI ACCU MOBIL PUN TIDAK PERLU REPOT

6. Pendingin Udara (AC)

Tinggal di negara tropis pasti buat kamu selalu rindu dengan udara dingin. Hal ini yang buat kamu selalu menyalakan AC selama ada di dalam mobil, bukan? Fungsi AC di dalam mobil pun buat berkendara semakin lebih nyaman dan tidak cepat lelah saat berkendara jauh. Nah, sekarang bayangkan kalau AC di mobil selalu menyala dalam perjalanan panjang.

Walaupun sebenarnya AC kamu masih terasa dingin, alangkah baiknya tetap menambahkan pemeriksaan dalam menu servis. Tidak selalu menambah freon AC, loh. Siapa tahu mekaniknya hanya melihat filter AC yang kotor sehingga harus segera dibersihkan.

BIKIN MOBIL KAMU LEBIH HARUM DENGAN AROMA YANG MENYENANGKAN

7. Mencuci Mobil

Pernah mendengar sugesti mobil bersih lebih enak dikendarain? Walaupun hanya sebuah sugesti, hal itu kadang ada benarnya. Kembali dari perjalanan jauh pasti akan membawa lumpur, debu, dan kotoran lainnya. Mobil kamu butuh sebuah guyuran air sabun untuk membuatnya lebih kinclong.

CUCI MOBIL SENDIRI DI RUMAH, DONG!

Bukan hanya bagian luarnya saja, ambil paket cuci mobil interior juga, ya! Tips mudik yang benar adalah disarankan membawa makanan kecil di perjalanan. Nah, yakin kamu tidak berantakan pas makan snack itu di dalam mobil? Membersihkan interior mobil juga bikin kamu semakin nyaman berkendara.

CARI PAKET SERVIS TERBAIK UNTUK MOBIL KAMU DI SINI

Yuk, balikin performa mobil kamu lagi setelah perjalanan panjang kala mudik lebaran kemarin. Tidak perlu khawatir harga servis yang membengkak. Kamu tinggal cek Blibli.com untuk dapatkan promo dan diskon sampai 50% untuk servis mobil.

Paket servisnya pun untuk berbagai mobil, kok, mulai dari Toyota, Suzuki, Honda, sampai dengan BMW. Ada promo cicilan dengan bunga 0% juga, loh. Langsung saja cari paket servis yang kamu inginkan dan segera bawa mobil kamu ke bengkel rekanan.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY