me

Kenali Apa Saja Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya, Kamu Wajib Banget Tahu!

Jan 23, 2023.By Jarvis
Bagikan

dreamstime.com

Sebelum memutuskan untuk membeli laptop atau komputer baru, maka kamu perlu mengetahui apa saja perangkat keras komputer dan fungsinya. Karena dengan begitu, kamu semakin tahu dan semakin bijak dalam membeli komputer atau laptop mana yang memiliki perangkat keras dengan kualitas yang bagus, maka dari itu komputer yang akan kamu beli akan bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada dua jenis perangkat dalam komputer yang perlu kamu ketahui yaitu, perangkat lunak (software) serta perangkat keras (hardware). Tentu saja, kedua perangkat tersebut memiliki peran yang sangat penting. Kali ini akan membahas tentang apa saja perangkat keras yang ada di komputer dan fungsi-fungsinya. Yuk, simak bersama penjelasannya di bawah ini:

Baca juga: Kumpulan HP dengan RAM Tertinggi, Bikin Gampang


Macam-macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

computerhoy.com

Sebelum menjelaskan lebih detail apa itu perangkat keras atau hardware, ada hal yang perlu kamu ketahui dari perangkat keras yang merupakan segala jenis komponen yang ada di komputer. Komponen-komponen tersebut memiliki ciri khas yaitu, fisiknya bisa dilihat dengan jelas bahkan, bisa disentuh secara langsung oleh penggunanya.

Ada beberapa jenis perangkat keras yang perlu kamu ketahui yaitu, hardware input, hardware output, dan process device. Dari ketiga jenis perangkat keras tersebut, tentu saja memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti jenis perangkat keras pertama yang akan dibahas adalah hardware input yaitu, salah satu komponen yang digunakan untuk bisa memasukkan data-data ke komputer.

Contoh dari hardware input adalah scanner, mikrofon, keyboard, dan juga mouse. Jenis perangkat keras selanjutnya yang akan dibahas adalah hardware output yaitu, salah satu komponen yang digunakan untuk menampilkan informasi atau mencetak informasi yang didapatkan dari hardware input. Contoh dari hardware output adalah printer, monitor, dan juga speaker.

Lalu, jenis perangkat keras terakhir yang akan dibahas process device yaitu, salah satu komponen yang bisa mengolah sekaligus memproses data yang didapatkan. Biasanya perangkat yang satu ini memiliki peran yang penting dalam memproses input data yang ada. Contoh dari process device adalah, RAM, CPU, dan perangkat sejenisnya.

Pengertian USB dan Fungsinya

nerfwire.com

Perangkat keras yang akan dibahas selanjutnya adalah USB yang merupakan singkatan dari Universal Serial Bus. Pada perangkat yang satu ini memiliki peran yang cukup penting yaitu untuk memasangkan beberapa komponen perangkat keras lain seperti, handphone, printer, mouse, keyboard, sampai penyimpanan eksternal.

Fungsi lain dari USB yakni bisa dengan mudah kamu colokkan atau cabut ketika komputer atau laptop kamu dalam kondisi sedang menyala. Hal ini tentu memudahkan kamu para penggunanya agar lebih leluasa untuk menggunakan USB. Bahkan, kabel USB juga memiliki kelebihan lain yaitu, kinerja dalam memproses sebuah data pun sangat cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Fungsi selanjutnya dari USB adalah digunakan untuk mengisi sebuah daya pada produk portable. Maka dari itu, kabel USB ini memiliki desain yang memudahkan pengguna untuk mencolok sekaligus mencabut kabel dari komputer. Perangkat keras yang satu ini sudah muncul sejak pertengahan tahun 1990, untuk menggantikan port-port yang ada sebelumnya.

Macam-macam USB

history-computer.com

Apabila kamu sudah mengetahui definisi sekaligus fungsi dari USB, maka kamu juga perlu mengetahui kalau ternyata kabel USB ini memiliki berbagai jenis, yang juga fungsinya tentu berbeda-beda. Ada begitu banyak tipe kabel USB, namun yang kali ini dibahas hanya beberapa saja seperti USB Standar Tipe-A, USB Standar Tipe-B, Mini USB, Micro USB Tipe-A, dan Micro USB Tipe-B.

USB Standar Tipe-A merupakan salah satu jenis USB yang bisa kamu temukan dimana-mana. Biasanya jenis USB yang satu ini digunakan untuk menghubungkan sebuah peripheral seperti keyboard, mouse, hingga handphone. Kemudian untuk USB Standar Tipe-B merupakan salah satu jenis USB yang digunakan untuk menghubungkan perangkat keras tambahan, seperti scanner dan printer ke laptop.

Selanjutnya ada Mini USB yang biasanya digunakan untuk handphone, yang berguna untuk pengisi daya pada handphone tersebut. Mini USB juga digunakan untuk menghubungkan kamera digital hingga MP3 Player. Lalu ada juga Micro USB Tipe-A merupakan salah satu jenis USB yang digunakan untuk menghubungkan ke kamera digital, handphone, hingga PDA.

Jenis USB yang akan dibahas selanjutnya adalah Micro USB Tipe-B yang membedakannya dengan Micro USB Tipe-A dari desainnya. Namun meskipun begitu, jenis USB yang satu ini memiliki fungsi yang sama seperti Micro USB Tipe-A yaitu, bisa dihubungkan ke kamera digital, PDA, hingga handphone. Bahkan, kecepatan transfer data seperti Micro USB Tipe-A.

Jenis-jenis Harddisk

datarecoverysoftware.com

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kalau ada berbagai jenis harddisk yang akan dibahas kali ini adalah PATA, SATA, SCSI, hingga harddisk eksternal. Jenis harddisk yang pertama akan dibahas adalah PATA yang merupakan singkatan dari Parallel Advanced Technology Attachment, yang digunakan untuk mentransfer data ke komputer.

Jenis harddisk selanjutnya yang akan dibahas adalah SATA yang merupakan singkatan dari Serial ATA, yang digunakan untuk mentransfer data secara cepat. Maka dari itu, tidak heran jika harddisk ini  banyak digunakan untuk komputer jenis terbaru. Selanjutnya, jenis harddisk yang dibahas adalah SCSI yang merupakan singkatan dari Small Computer System Interface, yang digunakan untuk menjalankan disk drive, yang dalam waktu bersamaan akan dipakai untu mentransfer data.

Terakhir jenis harddisk yang akan dibahas adalah harddisk eksternal yang biasa disingkat HDD Eksternal, yang digunakan untuk tempat penyimpanan dengan kapasitas yang sangat besar. Bahkan jenis harddisk yang satu ini mempermudah pengguna yaitu, tidak harus dipasang di dalam komputer. Biasanya pengguna hanya menggunakan USB untuk menghubungkannya ke komputer.

Seagate Harddisk Eksternal One Touch 2.5-Inch 1TB Silver Free Pouch


Baca juga: HP Kamera Bagus dan RAM Besar, Catat Ya!

Nah, itu dia merupakan perangkat keras komputer dan fungsinya, yang bisa kamu jadikan sebagai referensi sebelum membeli komputer. Bicara soal perangkat keras, kamu juga bisa membeli komputer, monitor, keyboard, USB, hard disk, hingga mouse di Blibli. Bahkan, kamu bisa mendapatkan semua perangkat keras tersebut dengan harga yang sangat terjangkau.

Jadi tunggu apa lagi? Segera download dan beli komputer, monitor, keyboard, USB, harddisk, dan mouse yang kamu inginkan di Blibli sekarang juga!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya