me

Pantai Anyer, Pantai Cantik yang Cocok Dikunjungi Kapan Saja

Apr 23, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/alexxwl
Wisata Pantai Anyer yang nggak boleh dilewatkan

Pantai Anyer — Antara Anyer dan Jakarta kita jatuh cinta. Lirik lagu legendaris ini ternyata mengambil nama salah satu destinasi wisata eksotis di ujung Jawa Barat, Pantai Anyer. Siapa sih yang nggak tahu pesona pantai yang satu ini. Pantai Anyer jadi wisata pantai paling populer di wilayah Banten. Keindahan alamnya yang memukau nggak perlu diragukan lagi dan tersedia berbagai wahana menarik.

Buat kamu pecinta pantai, yuk telusuri artikel berikut ini tentang pesona pantai ini, harga tiket masuk, syarat masuk, aktivitas yang bisa dinikmati, serta transportasi menuju ke destinasi ini.

Baca Juga:


Tentang Pantai Anyer

Tentang Pantai Anyer
rri.co.id

Pantai ini terletak sekitar 150 kilometer di sebelah barat Jakarta, dan bisa dicapai sekitar 3-4 jam lewat perjalanan darat dari ibu kota. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan air laut yang jernih, bikin destinasi ini ideal buat bersantai dan menikmati keindahan alam. Nggak cuma keindahan alamnya, Pantai Anyer juga strategis dan dekat dengan beberapa hotel serta penginapan.

Pantai Anyer punya cerita sejarah yang kaya, lho. Ini yang bikin ppantai ini makin terkenal dan melegenda karena terkait dengan peninggalan kolonial Belanda dan terkenal sebagai tempat perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajahan.  Pantai ini menjadi titik strategis buat perdagangan, komunikasi laut, dan pengawasan terhadap lalu lintas kapal di Selat Sunda waktu itu.

Pada abad ke-17, Belanda membangun benteng pertahanan di sekitar pantai ini, seperti Benteng Anyer, sebagai bagian dari sistem pertahanan di Hindia Belanda. Pangeran Diponegoro juga ditawan oleh Belanda di Benteng Anyer setelah menyerah pada perang gerilya melawan Belanda di tahun 1825. Nggak heran cerita sejarah yang panjang tentang Anyer bikin pantai ini ikonik banget.

Selain peristiwa sejarahnya, pantai ini juga punya peran penting dalam perekonomian lokal. Sebagai tujuan wisata pantai yang terkenal, Anyer membawa dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat sekitar, terutama sektor pariwisata dan perdagangan. Hal ini yang bikin minat wisatawan tinggi buat ke sini karena fasilitas yang lengkap dan banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan. 

Harga Tiket Masuk

bobobox.com

Untuk menikmati keindahan Pantai Anyer, kamu perlu membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Harga tiket masuk berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang, tergantung pada hari dan musim kunjungan. Parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda dan Rp 5000 untuk mobil. Harga ini dapat berubah tergantung pada kebijakan pengelola. 

Buat kegiatan atau atraksi lainnya biasanya akan dikenakan biaya tambahan. Jadi kamu bisa menyesuaikan dengan budget kamu, ya. Jangan lupa juga siapin budget buat jajan dan minum kelapa muda dengan view sunset di tempat makan sekitar Pantai Anyer.

Syarat Masuk Pantai Anyer

booking.com

Buat masuk ke Pantai Anyer, tidak ada syarat khusus yang rumit. Namun, pastikan kamu mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di area wisata. Jaga kebersihan pantai dan nggak membuang sampah sembarangan, hindari juga merusak lingkungan sekitar. Selalu patuhi petunjuk dan peringatan yang dipasang di sekitar pantai dan bendera tanda air laut.

Tips juga buat kamu yang mau ke Pantai Anyer, selalu siapkan keadaan badan dalam keadaan fit supaya kamu nggak gampang sakit kalau kena angin laut. Siapkan juga payung dan jaket buat mengantisipasi cuaca yang nggak tentu. Selain itu pastikan tekanan darahmu normal ya biasanya orang dengan tekanan darah rendah mudah pusing melihat air laut.

Wahana dan Aktivitas di Pantai Anyer

tiket.com

Pantai Anyer menawarkan berbagai wahana dan aktivitas yang bisa kamu nikmati. Wahananya pun family friendly banget jadi bisa dinikmati buat segala usia. Berikut enam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Anyer:

1. Berenang dan Berjemur

Ke pantai kayaknya nggak mantap kalau nggak main air dan berjemur. Hamparan pasir putihnya juga nggak kalah sama pantai-pantai eksotis lainnya. Kalau kamu mau menikmati matahari atau terbenam, nggak ada salahnya buat memesan kamar hotel atau guest house di sekitar daerah pantai. Jadi kamu nggak bakal ketinggalan momen golden hour nya.

Beberapa spot juga dilengkapi kursi santai yang nyaman banget buat rebahan sambil berjemur. Kalau kamu menginap, boleh juga pilih kamar tipe cabana yaitu kamar dengan akses langsung ke pantai.

2. Water Sports

Buat kamu yang menyukai tantangan, bisa banget nyobain berbagai wahana olahraga air seperti banana boat, jet ski, parasailing, dan snorkeling. Kamu bisa menyewa di beberapa vendor yang ada di sepanjang tepi pantai.

Harga untuk sewa water sport pun cukup terjangkau, berikut daftar harga rata-ratanya:

  • Banana boat Rp 150.000 – Rp 200.000
  • Motor ATV Rp 40.000 – Rp 50.000
  • Parasailing Rp 250.000 – Rp 280.000
  • Jetski Rp 180.000 – Rp 200.000
  • Donat boat Rp 150.000 – RP 180.000

3. Memancing

Pantai Anyer juga tempat yang cukup ideal buat kamu yang hobi memancing. Beberapa spot perairan dangkal bisa jadi tempat buat mancing. Jangan lupa bawa peralatan memancing kamu dan nikmati sensasi dapat ikan dari laut.

4. Melihat Mercusuar Anyer

BUat yang suka sejarah, kamu wajib banget menjelajahi mercusuar kuno di sepanjang pantai yang menjadi penanda sejarah penting di Anyer. Salah satu yang paling terkenal adalah mercusuar CIkoneng “Raja Willem” yang dibangun semasa pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1885.

5. Menikmati Kuliner Lokal

Nah, kalau yang satu ini jangan sampai terlewatkan, ya Blibli Friends. Kamu bisa menjumpai deretan depot seafood di sepanjang tepi pantai buat  mencicipi hidangan laut yang segar dan makanan lokal di warung atau restoran di sekitar pantai.

6. Bersepeda Santai

Mau yang santai-santai saja? Kamu bisa menyewa sepeda dengan harga yang terjangkau buat menyusuri sepanjang pantai dengan sepeda kayuh sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Transportasi Menuju Pantai Anyer

bantennews.co.id

Untuk menuju Pantai Anyer, kamu bisa menggunakan beberapa opsi transportasi. Pertama, kamu bisa pakai mobil pribadi. Pantai ini dapat dicapai melalui jalan tol Jakarta-Merak dan keluar di gerbang Tol Cilegon Barat.

Kalau kamu memilih angkutan umum, ada bus umum atau travel yang melayani rute Jakarta–Anyer dengan harga tiket terjangkau. Kamu bisa naik bus dari terminal terdekat di Jakarta. Harga tiketnya cukup terjangkau sekitar Rp 25.000 saja. Kalau pakai travel sekitar Rp 90.000 – Rp 150.000 tergantung fasilitasnya

Sedangkan kalau kamu mau pergi secara pribadi dan cepat, kamu juga bisa menggunakan layanan ojek daring atau taksi dari Jakarta ke Pantai Anyer. Harganya sekitar Rp 350.000 dari Jakarta ke Anyer. Apapun pilihan kamu, pastikan buat memilih opsi transportasi yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan perjalananmu.


Baca Juga:

Nah itu tadi informasi seputar wisata Pantai Anyer. Cukup menarik dan recommended banget buat healing weekend kali ini. Buat kalian yang sudah berencana ke sana, segera cek dan scroll di Blibli karena ada voucher hotel Anyer yang nggak kalah menarik buat melengkapi pengalaman liburanmu kali ini. Apapun kebutuhan liburan kamu, semuanya ada di Blibli!

Tag: