me

Panduan Tentang Pupuk Organik, Cari Tahu Informasinya di Sini Yuk!

Sep 25, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

themeateater.com
Panduan tentang pupuk organik ini wajib kamu tahu lho!

Cicilan 0% KAM

Memiliki tanaman yang subur dan sehat adalah impian bagi semua petani atau orang yang melakukan budidaya tanaman. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkan hal itu adalah dengan memberikan nutrisi terbaik untuk tumbuhan yang kamu tanam. Pupuk dapat menjadi solusi untuk membuat tanaman tumbuh dengan baik dan cepat membuahkan hasil lho.

Salah satu jenis pupuk yang saat ini banyak digunakan di Indonesia adalah pupuk organik. Jenis pupuk ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tumbuhan dan bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Sebelum membeli pupuk ini, ada baiknya kau tahu panduan tentang pupuk organic terlebih dahulu. Simak informasi tentang pupuk organik di bawah ini, yuk!

BBF HOM Gardening

Baca juga :


Apa Itu Pupuk Organik?

theprairiehomestead.com

Sesuai dengan namanya, pupuk organik adalah jenis pupuk yang dibuat dari bahan material organik. Bahan organik yang diolah menjadi material dasar jenis pupuk ini adalah bahan dari tumbuhan, hewan, maupun limbah organik lain. Dikarenakan pupuk ini terbuat dari bahan alami, maka pupuk ini memiliki banyak kandungan alami yang baik untuk merawat tanaman lho.

Kandungan baik yang ada di pupuk organik adalah fosfor, kalium, nitrogen, mikronutrien, dan bahan organik lainnya yang bermanfaat. Selain itu, pupuk organic telah berkembang dengan signifikan dalam beberapa waktu belakangan ini. Banyak orang yang mulai sadari jika pertanian berkelanjutan adalah hal penting untuk diperhatikan mulai saat ini.

Pupuk organik dapat menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan pertanian yang berkelanjutan karena sifatnya yang lebih ramah lingkungan. Hal itu membuat banyak orang terdorong untuk menggunakan dan mengembangkan pupuk organic untuk kebutuhan pertanian dan budidaya tanaman lainnya lho. Pupuk organik nggak hanya bagus, melainkan juga memiliki harga terjangkau.

Pupuk organic biasanya digunakan untuk memperbaiki sifat tanah, baik secara fisik, kimia, maupun biologi. Bahan organik yang terkandung di pupuk ini bisa bersumber dari kompos, pupuk kandang, pupuk hijau, limbah industri, sisa panen, limbah ternak, dan lain-lain-lain. Pupuk organik bisa kamu beli dengan mudah, baik di toko online maupun offline lho.

Apa Manfaat Pupuk Organik?

homebiogas.com

Sebagai salah satu varian jenis pupuk, tentu ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh tumbuhan jika menggunakan pupuk organik ini. Bahan alami yang digunakan sebagai bahan dasar pupuk organic membuatnya mengandung banyak nutrisi dan kandungan yang diperlukan oleh tumbuhan lho.

Lantas, apa saja sih manfaat penggunaan pupuk organiK? Biar Blibli Friends nggak penasaran lagi, berikut ini sudah disiapkan informasi tentang manfaat dari pupuk organik. Simak informasinya di bawah ini, yuk!

·       Penyedia nutrisi yang seimbang bagi tumbuhan, pupuk organik hadir dengan kandungan baik untuk tumbuhan, contohnya seperti kalium, nitrogen, fosfor, mikronutrien, dan kandungan lainnya yang memang dibutuhkan oleh tanaman, sehingga pemberian pupuk organik akan memberikan nutrisi bagus untuk mendukung tumbuh kembang tanaman lho.

·       Meningkatkan kesuburan tanah, jenis pupuk ini memiliki kegunaan untuk memperbaiki struktur tanah yang dapat meningkatkan kesuburan karena pupuk ini terbuat dari bahan organik yang mampu meningkatkan kemampuan tanah untuk menahan air, menjaga dan meningkatkan sirkulasi udara, serta memperbaiki sistem drainase di tanah.

·       Membantu mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia, pupuk organik berasal dari bahan alami yang membuatnya lebih aman dan sehat untuk lingkungan, sehingga pemberian pupuk organik dapat mengurangi ketergantungan para petani atau para pembudidaya tanaman agar lepas atau mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia lho.

·       Menambah kualitas hasil panen, jenis pupuk organik akan membantu dan meningkatkan kemungkinan hasil panen memiliki kualitas bagus karena kandungan dan nutrisi dari pupuk ini memang cukup bagus untuk tumbuhan yang sedang kamu tanam, baik dari segi kuantitas atau kualitas hasil panen.

·       Salah satu langkah untuk mendukung pertanian yang berkelanjutan, jenis pupuk ini adalah solusi yang tepat untuk mendukung pertanian yang berkelanjutan, sehingga dapat memberikan manfaat yang bagus untuk lingkungan sekitar, contohnya seperti membantu menjaga sumber daya tanah, meminimalisir dampak negatif pada lingkungan, mengurangi potensi erosi, dan lain-lain.

·       Menjaga kesehatan ekosistem dan tanah, pupuk organik memiliki manfaat untuk meningkatkan aktivitas mikroba dan organisme di tanah yang memiliki banyak manfaat, sehingga membuat siklus nutrisi menjadi lebih sehat, meminimalisir kerusakan lingkungan, mencegah pencemaran air, tanah, serta degradasi tanah.

·       Menjaga kelembaban tanah, manfaat lain dari pupuk organik adalah mampu menjaga kelembaban tanah dengan lebih baik serta mengurangi tegangan atau tekanan struktur pada bagian akar-akar tumbuhan.

·       Pelepasan unsur hara yang perlahan dan berkelanjutan, pemberian pupuk organik pada tanaman akan membuatnya berperan dalam pelepasan unsur hara secara perlahan dan berkelanjutan, sehingga membuatnya dapat mencegah terjadinya suplai hara yang bisa membuat tanaman keracunan.

·       Membantu mencegah erosi lapisan tanah, pupuk organik juga memiliki manfaat lain yang juga bagus untuk ekosistem dan lingkungan yaitu mampu mencegah terjadinya erosi lapisan atas tanah karena pada bagian tersebut terdapat banyak kandungan hara lho.

·       Memperbaiki tanah yang sudah terlalu lama memakai pupuk kimia, pupuk organik dapat menjaga kesehatan dan kesuburan pada tanah yang terlalu sering diberikan pupuk kimia agar strukturnya dapat dikembalikan dan bisa ditanami kembali dengan berbagai jenis tumbuhan.

·       Mencegah hilangnya unsur hara, manfaat lainnya dari pupuk organik adalah mampu mencegah agar unsur hara seperti nitrogen dan fosfor nggak larut dan hilang dari tanah lho.

Apa Saja Kelebihan Pupuk Organik?

theecologist.org

Pupuk organik dapat menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin merasakan banyak manfaat bagus untuk tanaman yang sedang kamu rawat. Pasalnya, jenis pupuk ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya bagus jika diberikan pada tanaman milik Blibli Friends. Apa saja sih kelebihan yang dimiliki oleh pupuk organik?

Nah, poin-poin tentang kelebihan dari jenis pupuk ini bisa kamu simak pada artikel di bawah ini lho. Yuk, simak informasinya berikut ini!

·       Lebih aman bagi ekosistem dan lingkungan, pupuk organik terbuat dari bahan organik yang diambil dari alam yang membuatnya lebih aman bagi lingkungan dan ekosistem, sehingga nggak akan menimbulkan efek yang kurang bagus atau merugikan bagi alam sekitarnya lho.

·       Mengandung unsur mikro yang lengkap, varian pupuk ini memiliki keunggulan lainnya yaitu mengandung unsur mikro yang lebih lengkap, contohnya seperti atrium, molibdenum, magnesium, sulfur, kalsium, besi, n dan tembaga dengan banyak manfaat bagus untuk tumbuhan.

·       Mampu meningkatkan struktur tanah, artinya pupuk organik dapat membuat komposisi partikel yang ada pada tanah menjadi lebih stabil dan bahkan meningkat karena struktur tersebut akan berperan terhadap pergerakan air, aktivitas mikroorganisme, partikel udara dalam tanah, pertumbuhan akar dan kecambah biji, dan lain-lain.

·       Tanaman jadi lebih kebal terhadap penyakit, kelebihan lainnya dari penggunaan pupuk organik adalah mampu membuat tanaman yang sudah diberikan pupuk ini menjadi lebih kebal terhadap penyakit, sehingga bisa tumbuh dengan lebih sehat serta bebas dari berbagai jenis penyakit yang merugikan lho.

·       Aktivitas mikroba pada tanah menjadi lebih meningkat, pemberian pupuk organik bisa membuat aktivitas mikroorganisme yang ada di tanah menjadi lebih meningkat, sehingga tanah atau media tanam lainnya menjadi terjaga kesuburannya, hal itu berbeda dengan pupuk kimia yang justru menghambat perkembangan mikroorganisme yang ada di dalam tanah.

·       Daya ikat tanah meningkat, pupuk organik memiliki manfaat untuk meningkatkan daya ikat tanah terutama jika kamu memberikan jenis pupuk ini ke tanah yang berpasir lho.

·       Dapat Memobilisasi Unsur Hara di Tanah, keunggulan lainnya yang dimiliki oleh pupuk organik adalah mampu memobilisasi atau menjembatani hara di dalam tanah yang membuatnya dapat membentuk partikel ion yang mudah diserap oleh tumbuhan.

·       Membuat tanah mudah diolah, pemberian pupuk organik pada tanah akan membuatnya semakin mudah diolah dan ditanami berbagai jenis tumbuhan karena tanah menjadi lebih subur dan kualitasnya meningkat.

·       Meningkatkan produktivitas lahan pertanian, lahan pertanian yang diberikan pupuk organik memiliki kadar kandungan bahan organik dan unsur hara yang meningkat, sehingga mampu memperbaiki sifat-sifat yang ada pada lahan pertanian tersebut.

·       Memiliki harga yang lebih murah, pupuk organik memiliki harga jual yang lebih murah dan terjangkau daripada jenis pupuk lainnya, sehingga nggak membuat kantong atau dompet kamu jadi kosong saat membeli pupuk organik ini lho.

·       Meningkatkan Populasi Musuh Alami Patogen, beberapa ahli berpendapat jika memberikan pupuk organik pada tumbuhan akan membuat populasi musuh alami patogen menjadi meningkat yang akan menekan aktivitas saprofitik patogen (yang merupakan organisme pengganggu tumbuhan).

Apa Saja Kekurangan Pupuk Organik?

kelenytopsoil.com

Setiap jenis pupuk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tak terkecuali untuk pupuk organik. Lantas, apa saja kekurangan dari jenis pupuk organik? Simak informasi tentang kekurangan pupuk organik pada poin-poin yang ada di bawah ini.

·       Sulit memperkirakan jumlah kandungan unsur hara, meskipun mempunyai unsur hara yang cukup lengkap, namun susah untuk memperkirakan apa saja jenis unsur hara dan berapa jumlah kandungan yang terdapat di pupuk organik tersebut.

·       Beberapa jenis pupuk organik terkadang masih kurang bersih, beberapa jenis pupuk organik terutama pupuk kendang masih kurang bersih karena mengandung biji-bijian tanaman pengganggu yang membuatnya sulit tercerna dengan baik serta mengganggu tumbuhan lho.

·       Salah satu faktor pembawa hama penyakit, kekurangan lainnya dari pupuk organik sering menjadi salah satu faktor pembawa hama penyakit atau gulma karena beberapa diantaranya mengandung telur serangga atau larva yang dapat menyerap tanaman.

·       Respon tanaman terhadap pupuk organik lebih lambat, dibandingkan dengan pupuk kimia memang respon tanaman terhadap pupuk organik lebih lambat karena jenis pupuk ini bersifat slow release.

·       Mempunyai efek lain jika pupuk organik kurang matang, jika suatu lahan diberikan pupuk organik yang kurang matang, maka bahan organik tersebut akan diserang oleh mikroba yang menyebabkan unsur hara di dalam tanah menjadi berkurang karena termakan oleh mikroba dari kompos mentah.

Apa Saja Macam-Macam Pupuk Organik?

lomi.com

Tahukah kamu kalau pupuk organik memiliki beberapa jenis varian yang bisa kamu pilih? Ternyata, ada banyak varian produk pupuk organik yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing lho. Penasaran apa saja jenis pupuk organik? Yuk, simak informasinya berikut ini!

·       Pupuk hijau, merupakan salah satu jenis pupuk organik yang terbuat dari tanaman kacang-kacangan yang mengandung nitrogen lebih tinggi daripada jenis tanaman lain, sehingga pupuk hijau ini bagus untuk pertumbuhan tanaman lho.

·       Pupuk kandang, jenis pupuk organik lainnya adalah pupuk kandang yang terbuat dari bahan kotoran hewan ternak maupun unggas, contohnya seperti kerbau, kambing, sapi, kelinci, ayam, dan jenis hewan lainnya yang cukup efektif untuk menyuburkan tanah karena mengandung banyak unsur hara atau nutrisi makro lainnya.

·        Pupuk hayati, jenis pupuk ini dibuat dengan memanfaatkan organisme hidup yang dapat langsung menutrisi dan meningkatkan kesuburan tanah dengan baik karena mampu memenuhi nutrisi yang bagus untuk tumbuhan lho.

·       Pupuk kompos, pupuk jenis ini dibuat dari bahan organik, baik tumbuhan maupun hewan yang dibuat dengan cara dekomposisi atau fermentasi, sehingga membuat pupuk ini memiliki manfaat baik untuk tumbuhan.

·       Pupuk serasah, jenis pupuk ini memiliki senyawa berbasis karbon yang terbuat dari bahan organik nabati atau bagian tanaman yang nggak terpakai lagi seperti sabut kelapa, jerami, dan rumput yang membuatnya dapat menjaga kelembaban & tekstur tanah, mencegah penyakit pada tumbuhan, dan manfaat lainnya.

·       Pupuk humus, salah satu jenis pupuk organik ini terbuat dari bahan unsur organik yang sudah melalui proses dekomposisi atau pelapukan daun-daun, ranting, atau bagian tanaman yang sudah membusuk, sehingga membuatnya memiliki beragam fungsi yakni meningkatkan kadar air, mempercepat proses penghancuran senyawa, mencegah erosi, dan lain-lain.

·       Pupuk organik cair, sesuai dengan namanya jenis pupuk ini memiliki bentuk seperti cairan dengan bahan dasar urine ternak, hasil proses fermentasi, dan bahan-bahan organik lainnya yang dapat disemprotkan atau siram ke bagian tanah.

·       Pupuk guano, merupakan salah satu jenis pupuk yang dibuat dari bahan kotoran kelelawar atau guano yang sudah lama mengendap di gua serta telah tercampur dengan tanah dan bakteri baik lainnya di sarang kelelawar tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan Pupuk Organik?

freeplants.com

Membahas tentang pupuk organik kurang lengkap rasanya kalau kamu belum tahu bagaimana cara menggunakan atau mengaplikasikan pupuk organik. Pasalnya, pengaplikasian pupuk organik yang kurang tepat dapat membuatnya kurang efektif bagi tanaman lho. Apakah sulit untuk menggunakan pupuk organik sebagai sumber nutrisi bagi tumbuhan? Tentunya nggak sama sekali, ya!

Pupuk organik dapat diaplikasikan dengan cukup mudah. Namun, Blibli Friends juga harus menyesuaikan bentuknya karena jenis pupuk ini memiliki dua bentuk yaitu padat dan cair. Pada pupuk organik cari, cara pengaplikasian yang tepat adalah dengan menyiramnya secara langsung pada bagian batang tanaman atau dengan mencampurnya dengan tanah terlebih dahulu.

Namun, pupuk organik yang memiliki bentuk padat bisa diaplikasikan dengan menguburnya atau membenamkannya secara langsung di tanah. Blibli Friends nggak perlu melarutkan pupuk organik tersebut ke dalam air karena bisa langsung diaplikasikan ke tanaman secara langsung. Pastikan untuk menyebar pupuk organik tersebut secara merata dengan ketebalan 5-10 cm di atas tanah.

Pengaplikasian pupuk organik yang tepat dapat membuatnya terserap dengan baik oleh tanah, sehingga tumbuhan dapat menyerap unsur hara dengan maksimal.

Apa Saja Rekomendasi Pupuk Organik Terbaik?

Saat ini, ada banyak rekomendasi produk pupuk organik yang bisa jadi pilihan untuk Blibli Friends. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi pupuk organik terbaik yang bisa kamu beli di Blibli. Apa saja sih rekomendasinya? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

Pupuk Hayati 2 Kg

blibli.com

Rekomendasi pertama untuk produk pupuk organik bagus dan terbaik adalah pupuk bokashi atau pupuk hayati. Produk ini terbuat dari berbagai bahan organik yang memiliki kandungan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan lho. Pupuk hayati ini tersedia dalam ukuran yang cukup besar yaitu sekitar 2 kg.

Produk rekomendasi ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 17 ribuan saja lho. Blibli Friends bisa memakai pupuk hayati ini dengan lebih praktis untuk berbagai jenis tanaman.

Pupuk Organik Nafos Guano 1 KG

blibli.com

Salah satu jenis pupuk organik yang memiliki banyak kandungan dan nutrisi yang baik adalah pupuk guano. Sekarang, Blibli Friends bisa membeli produk pupuk guano ini dengan mudah karena dijual secara online lho. Salah satu produk yang bisa kamu pilih adalah Pupuk Organik Nafos Guano 1 KG ini.

Produk pupuk organik nafos guano ini telah terjamin memiliki kualitas yang bagus dan unggul serta memiliki harga jual yang cukup terjangkau.

Pupuk Organik Tabulampot Anti Jamur dan Hama

blibli.com

Rekomendasi produk pupuk organik selanjutnya untuk Blibli Friends adalah Pupuk Organik Tabulampot Anti Jamur dan Hama. Produk pupuk ini memiliki bentuk yang cair, sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan ke tanah atau pada bagian tumbuhan.

Beberapa keunggulan yang dimiliki produk ini adalah dilengkapi dengan banyak kandungan dan nutrisi untuk tubuh dan mempunyai anti jamur dan hama di dalamnya.

Pupuk Organik GDM Tanaman Pangan dan Sayur 2 Liter

blibli.com

Apakah Blibli Friends sedang mencari pupuk yang bagus untuk tanaman pangan dan sayur? Produk Pupuk Organik GDM Tanaman Pangan dan Sayur 2 Liter ini bisa jadi pilihan untuk kamu lho. Selain memiliki kandungan yang bagus untuk pertumbuhan tanaman, produk ini dijamin terbuat dari 100% bahan organik.

Keunggulan dari produk Pupuk Organik GDM Tanaman Pangan dan Sayur 2 Liter adalah meningkatkan hasil produksi, lebih tahan terhadap penyakit tanaman, dan lain-lain.

Bioto Grow Pupuk Organik Probiotik

blibli.com

Salah satu merek pupuk organik yang berkualitas untuk tanaman adalah Bioto Grow. Produk pupuk ini dibuat dengan formula probiotik dan bioteknologi modern hasil inovasi dengan menggunakan teknologi kultur mikrobakteri.

Produk ini kaya akan protein dan mineral yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Produk ini adalah salah satu terobosan baru untuk dunia pertanian lho.

Pupuk Organik Kompos Kascing  Vermikompos

blibli.com

Salah satu produk pupuk organik yang direkomendasikan untuk Blibli Friends adalah Pupuk Organik Kompos Kascing  Vermikompos. Pupuk ini menggunakan bekas cacing yang diternakkan dengan standar bagus dan lolos uji lab.

Blibli Friends bisa mendapatkan produk Pupuk Organik Kompos Kascing  Vermikompos ini dengan harga yang terjangkau lho.

Pupuk Organik

blibli.com

Rekomendasi produk pupuk organik ini memiliki kualitas yang bagus dan memiliki standar ekspor lho. Nggak heran kalau produk ini cocok digunakan untuk berbagai jenis tanaman serta memiliki banyak manfaat bagus untuk tumbuhan.

Produk ini tersedia dalam varian ukuran yang cukup besar, sehingga bisa untuk banyak tanaman lho.

Pupuk Kandang Organik Sapi

blibli.com

Apakah kamu sedang mencari produk pupuk kendang yang bagus dan terpercaya? Produk Pupuk Kandang Organik Sapi ini mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untuk Blibli Friends.

Pasalnya, produk Pupuk Kandang Organik Sapi ini dibuat dari kotoran sapi yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuhan.


Baca juga :

Nah, itulah panduan tentang pupuk organik yang perlu Blibli Friends ketahui. Apakah kamu tertarik untuk beli produk pupuk organik? Sekarang, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Blibli lho. Tunggu apa lagi, segera belanja kebutuhan home & living di Blibli sekarang juga!