me

Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu tentang NBA Final

Jul 17, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

tvinsider.com

Yuk, simak informasi mengenai NBA Final!

PROMO NBA Indonesia

Kompetisi NBA mempunyai popularitas yang cukup tinggi di seluruh dunia. Ajang liga bola basket asal Amerika ini nggak hanya diperkuat oleh tim-tim kuat, melainkan juga banyak pemain bintang bola basket top yang meramaikan kompetisi NBA. Pagi para pecinta bola basket tentunya kamu nggak boleh terlewat untuk menyaksikan serunya pertandingan pada kompetisi NBA lho.

Nah, salah satu pertandingan bola basket yang ditunggu banyak orang adalah NBA Final. Pertandingan ini menjadi laga penentu tim mana yang akan menjadi juara dari kompetisi liga bola basket yang diselenggarakan oleh NBA. Nah, apa saja hal yang Blibli Friends ketahui tentang NBA Final? Yuk, cari tahu informasinya di bawah ini.

Baca juga: NBA Draft, Ajang Pencarian Pemain Basket Muda Berbakat yang Harus Kamu Tahu!


Pengertian NBA Final

Pengertian NBA Final
basketballforever.com

Para pecinta bola basket pastinya sudah nggak asing dengan pertandingan NBA Final. Bahkan, pertandingan ini mungkin menjadi pusat perhatian dari para penggemar bola basket seluruh dunia lho. Mengapa pertandingan NBA Final begitu penting bagi para penggemar bola basket? Pada pertandingan ini, juara NBA akan terlahir setelah para tim menjalani berbagai pertandingan lho.

Pada pertandingan ini, kamu akan menyaksikan pertandingan antara dua juara dari wilayah timur dan barat untuk memperebutkan gelar juara NBA lho. Pastinya pertandingan ini menyenangkan untuk disaksikan terutama untuk para penggemar bola basket seluruh dunia. Di final ini, kamu bisa melihat keseruan yang terjadi dan aksi yang menarik dari para pemain top dunia lho.

Sejarah NBA Final

Sejarah NBA Final
sportingnews.com

NBA Final sudah diadakan sejak zaman dahulu, tepatnya pada tahun 1947. Final kala itu menjadi salah satu hari yang bersejarah karena menjadi pertandingan pertama yang menentukan juara NBA. Pertandingan itu sukses diselenggarakan dan banyak penonton yang menyaksikan pertandingan bergengsi final NBA itu lho.

Seperti yang sudah diketahui, di final NBA terjadi pertemuan antara juara dari wilayah timur dan wilayah barat. Saat final NBA pertama kali dirilis, juara dari wilayah barat adalah Chicago Stags. Tim tersebut dilatih oleh Harold Olsen lho. Sedangkan, juara dari wilayah timur adalah Philadelphia Warriors yang dilatih oleh Eddie Gottlieb.

Pertandingan antara Chicago Stags dengan Philadelphia Warriors berlangsung dengan seru saat itu lho. Kedua tim bersaing ketat untuk bisa mendapatkan gelar juara NBA yang pertama kali. Pertandingan pun selesai dalam 5 game dengan score 4-1 untuk Philadelphia Warriors. Hasil itu pun mengantar Philadelphia Warriors menjadi juara dari kompetisi NBA untuk pertama kalinya.

Setelah kompetisi NBA dilaksanakan sampai saat ini, sudah ada beberapa tim yang berhasil menjadi juara lho. Yuk, simak tim yang berhasil menjadi juara di NBA final sepanjan sejarah.

  • Boston Celtics dengan 17 gelar juara NBA
  • Los Angeles Lakers dengan 16 gelar juara NBA
  • Golden State Warriors dengan 6 gelar juara NBA
  • Chicago Bulls dengan 6 gelar juara NBA
  • San Antonio Spurs dengan 5 gelar juara NBA
  • Philadelphia 76ers dengan 3 gelar juara NBA
  • Detroit Pistons dengan 3 gelar juara NBA
  • Miami Heat dengan 3 gelar juara NBA
  • New York Knicks dengan 2 gelar juara NBA
  • Houston Rockets dengan 2 gelar juara NBA

Format NBA Final

Format NBA Final
pbs.org

Pertandingan final NBA mempunyai format yang digunakan saat proses pertandingan kompetisi berlangsung. Format final NBA dilaksanakan dengan format yang mempertemukan antara juara wilayah barat dengan wilayah timur. Sebelum terjadinya final NBA, tim-tim yang berlaga sudah melewati berbagai kompetisi.

Misalnya, 8 tim terbaik di wilayah masing-masing akan berlaga di babak Playoff NBA. Pada babak Playoff NBA, para tim akan melewati tiga babak yaitu putaran pertama, semifinal wilayah, dan final wilayah sebelum melaju ke final NBA. Oleh karena itu, final NBA ini akan mempertemukan juara dari masing-masing wilayah berbeda lho.

Nah, juara wilayah nantinya akan mendapatkan masing-masing tropi sebelum melangsungkan final NBA antara wilayah timur dan barat. Gelar juara yang didapatkan saat final wilayah adalah Trofi Oscar Robertson (Barat) dan Trofi Bob Cousy (Timur). Kedua nama tropi tersebut diambil dari sosok legenda NBA lho.

Setelah menjalani final wilayah, dua juara tersebut akan dipertemukan kembali di babak NBA Final untuk menentukan juara NBA. Juara yang akan memenangkan pertandingan final NBA ini akan mendapatkan trofi dengan nama Trofi Larry O’Brien yang juga merupakan sosok legenda dari NBA lho. Oleh karena itu, Blibli Friends nggak boleh ketinggalan untuk menyaksikan laga final ini.

Aturan NBA Final

Aturan NBA Final
sfgate.com

Secara umum, aturan yang digunakan untuk pertandingan NBA Final nggak berbeda dengan aturan bola basket lainnya. Pertandingan dilakukan oleh 2 tim dengan masing-masing 5 orang di dalamnya. Pertandingan NBA Final 4 x 10 menit. Artinya, terdapat 4 babak yang akan disajikan dengan masing-masing babak terdiri atas 10 menit yang dibutuhkan.

Peraturan yang khusus ada pada NBA Final adalah pesertanya merupakan juara dari masing-masing wilayah yaitu barat dan timur. Kedua juara wilayah tersebut memperebutkan gelar sebagai juara NBA lho. Selain itu, terdapat aturan yang mengatur mengenai siapa tim yang berhak lolos sebagai juara wilayah dan berhak lanjut ke babak NBA Final.

Aturan tersebut adalah menggunakan aturan best-of-seven (tujuh terbaik). Aturan tersebut mengatur tentang siapa saja tim yang berhasil memenangi empat pertandingan berhak menjadi yang terbaik lho. Jika belum ada tim yang berhasil memenangkan empat dari total 7 pertandingan yang dimainkan, maka terdapat pertandingan 5, 6, dan 7.

Aturan mengenai best-of-seven (tujuh terbaik) ini sudah diterapkan sejak tahun 1947 lho.Bahkan aturan ini sudah digunakan saat BA masih bernama Basketball Association of America (BAA). Peraturan tersebut masih berlangsung hingga saat ini untuk menentukan siapa juara dari masing-masing wilayah.

Pemain Top NBA Final

Pemain Top NBA Final
clutchpoints.com

Final NBA selalu seru untuk ditonton karena menghadirkan kualitas permainan yang menawan. Hal itu nggak lepas dari skill yang dimiliki oleh pemain yang memperkuat tim masing-masing lho. Bahkan, beberapa pemain berhasil mendapatkan penghargaan yang rutin diberikan setiap NBA Final berlangsung lho.

Salah satu contoh dari pemain top NBA Final yang berhasil mendapatkan penghargaan di NBA Final tahun 2022 adalah Stephen Curry yang berhasil menjadi pemain terbaik atau MVP Final NBA 2022. Pada tahun 2021, pemain yang berhasil menjadi pemain terbaik atau MVP Final NBA adalah Giannis Antetokounmpo.


Baca juga: 7 Rekomendasi Sepatu Basket Termahal, Apa Saja Itu?

Nah, itu dia fakta-fakta menarik mengenai NBA Final yang bisa Blibli Friends ketahui. Selain tahu fakta di atas, kamu juga harus tahu kalau sekarang sudah ada NBA Official Store Indonesia di Blibli lho. Melalui toko online tersebut, kamu bisa belanja produk asli NBA yang sudah terjamin original dan kualitasnya. Tunggu apa lagi? Yuk, belanja di Blibli sekarang juga!