Mungkin salah satu momen yang paling dinanti-nantikan oleh para moms adalah ketika bayi kecilnya mengutarakan kata pertamanya. Biasanya, anak kecil sudah mulai mengembangkan kemampuan berbahasa dan berbicara semenjak umur 9-12 bulan.

Pada tahapan usia ini, peran moms untuk melatih dan menyempurnakan bicara dan pelafalan suaranya menjadi sangat penting. Untuk moms yang punya bayi ataupun yang sudah memasuki usia balita, tidak perlu pusing.

Berikut 6 tips yang bisa selalu diingat dan dilakukan ketika membantu si buah hati belajar berbicara. Yuk, simak!

1. Pastikan untuk melakukan komunikasi dua arah

komunikasi-dua-arah

Via Prayatna

Untuk membantu si kecil belajar berbicara, tentunya moms harus sering mengajaknya berbicara dan membuatnya mendengar banyak kata-kata. Namun, sebenarnya komunikasi dua arah akan membuat si kecil lebih cepat berbicara daripada moms hanya berbicara sendiri.

Menurut Dr. Hirsh-Pasek sang ahli psikologi anak, mengajak si kecil berbicara dan menunggu ia menjawabnya akan membuat si kecil mengerti bagaimana cara melakukan percakapan. Selain itu, ia juga akan merasa bahwa moms benar-benar peduli akan jawaban yang ia berikan.

2. Senyum dan perhatikan maksudnya ketika ia berbicara

senyum-dan-perhatikanVia Parents

Pada awal proses belajar berbicara, si kecil mungkin akan mengeluarkan suara-suara yang tidak begitu jelas. Namun pada saat ini, moms harus tetap fokus mencoba mengerti apa yang ingin ia katakan.

Tersenyumlah saat ia berbicara. Tatap matanya dan jawablah perlahan. Jika moms tidak mengerti yang ia katakan, cobalah membuat dialog seperti “Iya sayang, kamu sudah lapar ya? Mau minum susu? Ini susunya” sampai moms menemukan apa yang sebenarnya ia katakan dan inginkan.

Perhatian penuh dan ekspresi yang moms tunjukkan saat ia berbicara akan membuatnya percaya diri untuk tetap mencoba mengajak moms berbicara, lho!

3. Berilah ia pujian

beri-pujian

Via Parents

Tidak hanya orang dewasa lho yang menyukai pujian. Ternyata si kecil juga akan merasa senang dan bangga saat diberi tepuk tangan setelah berhasil melakukan sesuatu.

Karena ia menyukainya, ia akan mencoba mengulangi dan melatih keberhasilannya itu. Jadi, jika moms ingin si kecil semakin berusaha untuk belajar berbicara, berilah ia pujian.

Pujian di sini berfungsi sebagai reward yangakan mendorong dan menstimulasinya untuk bisa berbicara lebih cepat.


BACA JUGA Moms, Kenali Mitos vs Fakta Sederhana Seputar Tumbuh Kembang Bayi Ini Yuk!


4. Tunjukkan benda yang moms maksud

tunjukan-bendaVia Style Craze

Agar si kecil bisa berbicara dan berkomunikasi dengan moms, ia harus mengerti apa arti dari suatu kata. Karena itu moms harus mengajarinya dengan selalu membuatnya mengenal arti dari suatu kata.

Cara untuk membuatnya mengenal arti dari suatu kata adalah dengan menunjukkan kepadanya benda atau gambar yang mewakili kata tersebut. Coba tunjukkan mana botol susunya saat moms ingin mengajarkannya mengatakan botol.

Saat ia menginginkan boneka jerapahnya, tunjukkanlah boneka tersebut sambil berbicara. Misalnya, “Jerapah dimana ya? Boneka jerapah ada dimana? Ah, ini dia boneka jerapah kesayangan kamu.”

Dengan melakukan repetisi terhadap penggunaan kata dan benda yang ditunjukkan, si kecil akan mengerti konsep dari setiap kata dan benda.

5. Gunakan gerakan saat berbicara

gunakan-gerakan

Via Huggies

Jika kata-kata yang ingin moms ajarkan itu memiliki bentuk yang abstrak, moms bisa mengajarkannya sambil menggunakan gerakan tangan.

Misalnya, coba rentangkan tangan moms saat ingin menggambarkan suatu hal yang berbentuk besar ataupun luas. Jika ingin mengajarinya kata “dadah” atau “selamat tinggal”, coba goyang-goyangkanlah tangan moms.

Dengan melakukan gerakan saat berbicara, si kecil akan lebih senang untuk memperhatikan apa yang moms katakan. Ia juga bisa lebih mengerti makna dari kata tersebut.

Jika moms bisa mengingat kelima hal penting ini dan mempraktekkannya saat mengajari si kecil berbicara, proses belajar berbicara si kecil dapat dipercepat dengan signifikan.

Tentunya kecepatan proses di sini bukan berarti ia bisa langsung berbicara lancar dalam satu atau dua hari ya moms. Moms tetap harus sabar dan tekun dalam mengajari dan mengajaknya berbicara.

Selain itu, moms juga harus memberinya nutrisi yang mampu mendukung tumbuh kembang otaknya agar dapat dengan mudah menyerap hal-hal yang moms ajarkan. Nutrisi ini bisa moms dapatkan dari susu formula yang mengandung banyak vitamin penting untuk menunjang kemampuan berbicara si kecil.

Yuk, segera moms beli susu yang cocok untuk pertumbuhan si kecil di Blibli.com. Mumpung sedang ada promosi menarik!

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY