Tips Membersihkan Interior Mobil supaya Selalu Tampak Baru

Tips Membersihkan Interior Mobil supaya Selalu Tampak Baru

Mobil harus dibersihkan. Semua pemilik mobil tahu itu. Kamu tidak bisa membiarkan mobil berdebu berhari-hari layaknya barang rongsokan, Friends. Sebagus apa pun mobil kamu, kalau tidak dibersihkan dengan rutin, tetap akan terlihat buruk. Membersihkannya pun bukan cuma luarnya saja. Kamu juga harus membuang semua debu di dalam mobil kamu.

Mari kita ngomong interior mobil. Tidak seperti eksterior mobil, interior mobil punya lebih banyak material yang harus mendapatkan treatment berbeda-beda. Jadi, kamu tidak bisa menggunakan satu lap untuk seluruh sudut interior.

Sebaiknya simak hal-hal penting yang harus diperhatikan saat membersihkan interior mobil. Pastikan mobil kamu tetap bersih, punya sirkulasi udara yang baik, dan nyaman untuk berada di dalam berlama-lama. Berikut tipsnya!

1. Bersihkan dengan Rutin, Bukan kalau Ingat Saja

Photo by RD

Buat orang-orang di kota besar yang mengandalkan mobil sebagai moda transportasi, kebersihan sudah jadi harga mati. Karena mobil dipakai sehari-hari, kamu harus rutin untuk membersihkannya. Mengelap bagian luar sudah pasti dilakukan setiap kali sebelum pergi. Namun, kapan waktu yang tepat buat bagian interior?

Sebenarnya interior mobil tidak perlu dibersihkan setiap hari, tapi tetap sisihkan hari untuk membersihkannya secara keseluruhan. Kalau mobil cuma dipakai ke tujuan yang sama setiap harinya, bagian interior bisa dibersihkan secara total dua kali sebulan.

Berbeda cerita jika kamu sering menyantap makanan dan minuman di dalam mobil atau pergi berolahraga outdoor dengannya. Kalau rutinitas kamu seperti itu, lakukan pencucian lebih sering lagi. Pasalnya, kamu akan membawa serpihan makanan di bagian jok dan lantai mobil. Selain itu, keringat hasil olahraga dan debu dari lapangan akan menempel di jok. Menunda untuk membersihkannya cuma akan bikin kamu gatal-gatal, Friends.

2. Punya Perlengkapan Lengkap

Photo by Smartmotorist

Seperti yang sudah dikatakan di awal, kamu tidak bisa mengandalkan satu kain microfiber untuk keseluruhan mobil. Kamu butuh lebih banyak alat pembersih untuk bagian ini. Untuk bodi dan interior mobil saja, kamu butuh dua lap berbeda supaya ada kotoran yang cuma berpidah.

Setidaknya, kamu butuh vacuum cleaner kecil untuk menjangkau kotoran yang ada di bagian bawah jok. Selain itu, kamu butuh sebuah kuas kecil untuk menjangkau kotoran debu dan bekas makanan yang bersembunyi di sela-sela jok, dashboard, dan bagian AC mobil.

Saat kamu melakukan pembersihan besar-besaran, coba juga bubuhkan waxing di dashboard dan bagian dekat jendela. Untuk itu, kamu juga perlu busa waxing aplikator untuk mengoleskan lilin pengilap ke bagian interior mobil.

BELI VACUUM CLEANER UNTUK MEMBERSIHKAN INTERIOR MOBIL KAMU DI SINI

3. Bersihkan Karpet Karet dengan Air

Photo by Impeccable Hand Carwash

Memilih karpet karet memang jadi pilihan banyak pemilik mobil. Beruntunglah kalau mobil kamu juga dialasi oleh karpet karet. Bagian ini memang akan jadi bagian yang pertama kali kotor, bahkan sejak kamu selesai membersihkannya. Karena itu, kamu juga harus membersihkan bagian ini dengan usaha yang ekstra.

Selalu keluarkan karpet dari mobil dan bilas dengan air. Buat kotoran tanah yang sudah mengering, kamu butuh sikat untuk membuang kotorannya. Jangan lupa untuk mengeringkannya dulu sebelum menaruhnya lagi di dalam mobil, ya, Friends!

Karpet karet yang masih basah dan masuk ke ruangan lembap akan membuatnya cepat rusak. Selain itu, akan ada bunyi-bunyi mengganggu saat kamu menggeseknya dengan kaki.

INTIP JUGA PILIHAN KARPET KARET UNTUK MOBIL KAMU DI SINI

4. Selalu Siapkan Tempat Sampah di Mobil

Photo by HQReview

Percuma kalau kamu membersihkannya secara rutin, tapi tidak menaruh tempat sampah. Kalau tidak ada, dijamin kamu akan membuang sampah di sembarang tempat di dalam mobil, bisa saja di pegangan pintu atau malah membuangnya ke lantai mobil. Kalau sudah begini, kamu bisa harus membersihkan mobil lebih sering lagi nantinya.

Sebaiknya, mobil kamu punya satu tempat sampah di dalam mobil untuk menjaganya tetap bersih. Jika mobil kamu tiga baris, sebaiknya sisipkan juga satu tempat sampah di row paling belakang. Pasalnya, sampah yang tertinggal di row paling belakang lebi sering terlupakan. Tidak membuatnya berceceran atau terselip saja sudah bagus.

PILIHAN TEMPAT SAMPAH KECIL UNTUK MOBIL KAMU

5. Pakai Wewangian atau Car Freshner

Photo by Amazonws

Bersih akan kurang kalau tidak harum dan segar. Maka dari itu, kamu butuh car freshner untuk buat mobil kamu tetap wangi layaknya ruang tengah rumah kamu. Pilihan wewangian kopi, coklat, dan vanila sepertinya disukai banyak orang. Kamu bisa serasa sedang berada di dalam café atau toko kue saat berada di dalam mobil dan itu buat kamu lebih rileks.

Kamu bisa menggunakan pengharum mobil gantung atau spray sesuai dengan kebutuhan. Bila menggunakan pengharum mobil tipe spray, sebaiknya tidak menggunakannya berlebihan. Cukup satu atau dua kali semprot saja di dekat AC dan biarkan udara dingin menyebarkannya ke seluruh kabin mobil.

PILIHAN PARFUM MOBIL DENGAN BERBAGAI AROMA YANG MENYEGARKAN

Pastikan mobil kamu tetap bersih dan segar untuk dikendarai setiap hari, ya, Friends. Jangan lupa juga lengkapi interior dan eksterior mobil kamu dengan berbagai aksesori penting. Kamu bisa mendapatkan aksesori dengan harga terjangkau di bawah Rp50 ribu di Blibli.com. Nah, tunggu apa lagi? Langsung cari semua yang kamu butuhkan di Blibli.com

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY