me

Simak Inilah Perbedaan Micro USB dan Type C

Mar 16, 2024.By Jarvis
Bagikan

lifewire.com

Bagi kamu para pengguna handphone android mungkin sudah mengetahui kalau ada dua tipe kabel charger yang digunakan yaitu, kabel micro USB dan kabel type C. Jika kamu sudah pernah menggunakan kedua tipe kabel charger tersebut mungkin sudah mengetahui apa perbedaan diantara keduanya. Namun bagi beberapa orang banyak yang belum mengetahui perbedaan micro USB dan type C.

Karena kalau kamu mengetahui apa perbedaan diantara kedua tipe kabel tersebut, mungkin kamu akan semakin mengenal tipe kabel charger apa yang cocok untuk kamu gunakan. Hal ini kemudian akan memudahkan kamu sebelum membeli handphone terbaru. Nah, perbedaan micro USB dan type C yang akan dibahas kali ini. Yuk, simak penjelasan berikut ini:

 

Baca juga: Simak Inilah Cara Cek Kesehatan Baterai Samsung


Desainnya Berbeda

Perbedaan pertama yang akan kamu kenali dari kabel micro USB dan type C yaitu pada desain. Bahkan, dalam sekali lihat pun bisa mengetahui mana kabel micro USB dan mana kabel type C. Dalam segi desain untuk tipe kabel type C memiliki bentuk yang lonjong pada kedua sisi. Selain itu, type C juga memiliki sisi yang simetris pada kedua sisinya.

Bukan hanya itu saja, dengan adanya desain type C seperti ini juga lebih memudahkan penggunanya untuk bisa membolak-balik kepala charger yang akan digunakan. Jadi bagi kamu para pengguna tidak perlu bingung lagi bagaimana cara untuk menggunakan mencolokkan kepala charger sesuai dengan lubang yang ada di handphone kamu.

Sedangkan, untuk kepala kabel micro USB memiliki bentuk yang mirip seperti sebuah bidang trapesium. Adanya bentuk inilah yang tentu merepotkan para penggunanya, karena harus menggunakan atau mencolokkan kabel yang sesuai dengan lubang yang ada di handphone tersebut. Bentuk ini juga tidak memungkinkan bagi para pengguna untuk membolak-balikkan charger seperti yang ada di type C.

Kecepatan Mengecas Berbeda

hp.com

Selain perbedaan di atas, ada juga perbedaan yang perlu kamu ketahui untuk kedua tipe kabel type C dengan kabel micro USB. Perbedaan tersebut adalah kecepatan mengecas dari kedua kabel tersebut. Sementara itu, untuk kabel micro USB juga hadir dalam beberapa versi yang tentu saja, memiliki perbedaan kecepatan.

Beberapa versi kabel micro USB hadir dalam beberapa versi seperti, USB 1.1 yang memiliki kecepatan 12 Mbps, USB 2.0 yang memiliki kecepatan 480 Mbps, USB 3.0 yang memiliki kecepatan 5 Gbps, USB 3.1 Gen 1 yang memiliki kecepatan 5 Gbps, sampai kabel USB 3.1 Gen 2 yang memiliki kecepatan sebesar 10 Gbps.

Sementara itu, untuk kecepatan kabel type C sendiri jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan kabel tipe micro USB. Tak tanggung-tanggung  bahkan kecepatan yang dimiliki kabel type C dua kali lebih cepat jika dibandingkan kabel micro USB dengan versi 3.0.

Daya Listrik Berbeda

asapguide.com

Adapula perbedaan lainnya yang bisa kamu ketahui dari kabel micro USB dan type C yaitu, daya listrik yang bisa diberikan. Jika pada kabel micro USB mengeluarkan output daya maksimalnya sebesar 5V dan 1.5A. Sedangkan, untuk kabel type C mengeluarkan output daya maksimalnya jauh lebih besar yaitu, 20V dan 5A.

Karena kabel tipe type C bisa menyalurkan daya yang jauh lebih besar dibandingkan kabel micro USB, maka daya mengisi baterai handphone pun jauh lebih cepat. Maka dari itu, tidak heran jika kabel type C ini sudah cocok dengan standar dari fast-charging.


Baca juga: Rekomendasi Merk HP Buatan Indonesia Terbaik, Tawarkan Fitur Menarik

Nah, itulah perbedaan micro USB dan type C, yang bisa kamu jadikan referensi sebelum membeli ponsel atau handphone. Kalau kamu bingung dimana tempat membeli kabel micro USB dan type C, maka kamu bisa membelinya di Blibli. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan kabel micro USB dan type C dengan harga yang sangat terjangkau.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera download dan beli kabel micro USB atau type C yang kamu inginkan di Blibli sekarang juga!