me

6 Rekomendasi Merk Brown Sugar yang Enak

Nov 29, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source : sunny-slope.farm

Merk Brown Sugar yang Enak – Belakangan ini brown sugar lagi jadi favorit di berbagai kalangan, nih. Bahkan anak muda sekalipun banyak banget yang suka dengan jenis gula yang satu ini. Gara-garanya brown sugar sering jadi salah satu menu andalan di produk minuman boba. Kamu juga pasti pernah coba deh?

Nggak hanya untuk pemanis pada minuman, brown sugar juga bisa dijadikan pemanis pada berbagai jenis makanan lho. Karena warnanya yang coklat, banyak orang yang mengira brown sugar itu sama saja dengan gula merah, padahal keduanya berbeda. Jadi apa sih brown sugar itu?

Baca Juga : 3 Kreasi Bubble Tea Segar, Wajib Coba di Rumah

Supermarket Online BLM

__________________________________________________

Apa Itu Brown Sugar?

Sesuai namanya, brown sugar berwarna cokelat. Jadi tampilannya sudah jelas berbeda dengan gula pasir putih yang biasa kita jumpai dan gunakan setiap hari. Warna cokelat ini sebenarnya berasal dari tambahan molase. Apa itu? Molase adalah sisa dari pembuatan gula pasir. Bentuknya adalah cairan yang asalnya dari tetes tebu.

Saat kristal gula warna putih bercampur dengan molase, maka warnanya berubah jadi cokelat. Karena pada dasarnya bahan gula putih dan brown sugar itu sama saja, jadi dalam berbagai resep makanan biasanya keduanya bisa diganti tanpa ada masalah berarti. Nggak akan ada perubahan rasa. Lalu bedanya apa dong dengan gula pasir putih pada umumnya?

Selain tentu saja warnanya yang jelas berbeda, perbedaannya terletak di teksturnya. Tekstur brown sugar cenderung lebih halus dibanding gula pasir putih. Aromanya juga lebih khas dan lebih wangi. Saat dibuat jadi karamel pun hasil karamel brown sugar terlihat lebih indah karena mengilap dan warnanya lebih terang. Karena itu untuk membuat kue banyak yang lebih memilih brown sugar.

Brown sugar mengandung beberapa mineral yang bermanfaat baik bagi tubuh. Misalnya saja kalsium, zat besi, magnesium, dan potassium. Nah, keempat kandungan ini nggak ada di dalam gula pasir putih. memang sih kandungannya nggak terlalu besar. Jadi pengaruhnya pada kesehatan dibandingkan dengan gula pasir putih juga nggak terlalu signifikan.  

Brown Sugar Terbuat dari Apa?

Pada dasarnya, bahan pembuatan brown sugar sama saja dengan gula pasir putih. Awalnya, brown sugar bukan seperti yang sudah dikenal sekarang. Brown sugar terbuat dari gula tebu yang belum disuling dengan sempurna. Tapi kemudian banyak produsen brown sugar yang menambahkan molase atau sisa pembuatan gula pasir pada gula tebu tersebut.

Tujuan dari ditambahkannya molase adalah supaya ukuran kristal yang terbentuk serta warnanya lebih bisa diatur. Jumlah molase yang ditambahkan berbeda-beda, tapi biasanya sekitar 5 – 10%. Kadar molase ini akan menentukan jenis brown sugar yang dihasilkan.

Brown sugar punya beberapa manfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Brown sugar memiliki kandungan kalsium, jadi baik untuk kesehatan tulang. Dengan konsumsi kalsium yang seimbang, kita bisa terhindar dari osteoporosis. Jadi tulang kita tetap sehat, kuat, dan nggak mudah rapuh.

  1. Meningkatkan Produksi Hemoglobin

Brown sugar mengandung zat besi yang dibutuhkan banget untuk pembentukan sel darah merah dalam darah. Memang benar, kandungan zat besi di dalam brown sugar sedikit sekali. Jadi untuk mendapatkan fungsi maksimal bisa ditambahkan dengan sumber zat besi yang lain.

Meski begitu, dengan konsumsi yang seimbang, brown sugar akan sangat membantu. Selain untuk produksi hemoglobin, zat besi juga baik untuk metabolisme tubuh. Jadi bagus banget untuk keseimbangan tubuh.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Untuk mendapatkan tekanan darah yang stabil. kalium berperan besar. Nah, di dalam brown sugar terdapat kandungan kalium. Meski kandungannya terbilang rendah, tapi tetap bisa membantu agar tekanan darah tetap baik.

Rekomendasi Merek Brown Sugar yang Enak

Tertarik untuk mulai menggunakan brown sugar untuk konsumsi pemanis di rumah? Ini dia 5 rekomendasi merek brown sugar yang bisa kamu coba:

  1. SUS Gula Aren

SUS Gula Aren

SUS Gula Aren terbuat dari berbagai bahan alami, utamanya sari kelapa asli yang baik bagi tubuh.  Rasa manisnya pas, nggak berlebihan, dan pastinya nggak bikin enek. Dengan indeks glikemik yang rendah, ini adalah pilihan yang tepat untuk pengganti gula bagi penderita diabetes. Bisa digunakan untuk campuran minuman panas seperti teh, kopi, hingga wedang jahe. Bisa juga ditambahkan sebagai pemanis di minuman dingin dan berbagai macam jenis kue. 

  1. Merbabu Gula Merah

Merbabu Gula Merah

Merbabu Gula Merah merupakan gula merah asli Nira kelapa hasil pengrajin gula jawa dari Ajibarang Jawa Tengah. Dijamin keasliannya, manis mantap tanpa campuran gula pasir atau gula tebu. Cocok untuk kebutuhan Hotel, Restoran, Cafe

  1. Goolaka Brown Sugar 1 kg

GULA MERAH PREMIUM

Gula Merah atau gula jawa kualitas super premium. Terbuat dari sari atau cairan nira yang diperoleh dari batang tumbuhan palem terbaik. Kamu bisa mulai diet sehat dengan gula merah rendah kalori ini. Produk ini merupakan gula merah pilihan berkualitas ekspor premium. Dengan jumlah 19 kalori per 5 gram di setiap gula merah.

  1. Gula Merah Bandung

Gula Merah Bandung

Dengan bahan dasar gula merah alami, Gula Merah Bandung  punya rasa gula aren yang kental. Cocok untuk dijadikan pemanis pada kue dan minuman hangat, rasanya pas karena nggak ada rasa pahit atau asamnya. 

  1. Gula Merah Aren Bulat Lingkaran

Bulat Lingkaran” images=”https://www.static-src.com/wcsstore/Indraprastha/images/catalog/full//87/MTA-21901027/satria_kirana_gula_merah_aren_-_koin_-10_kg_-_1_bal-_bulat_lingkaran_full01_nyt67s0.jpg” url=”https://www.blibli.com/p/gula-merah-aren-koin-10-kg-1-bal-bulat-lingkaran/ps–ANB-70062-00011?ds=ANB-70062-00011-00001&source=SEARCH&sid=fe12010aa794196a&cnc=false&pickupPointCode=PP-3221011&pid=ANB-70062-00011&tag=trending ?utm_source=SEOBBF&utm_medium=SEOBBF&utm_campaign=SEOBBFBLM” button=”Blibli aja “]

Gula merah juga biasa disebut dengan gula jawa. Gula merah sering disebut gula jawa karena banyak pembuat gula ini yang ada di Jawa. Nah, gula merah ini dibuat dengan nira atau sari yang keluar dari batang tumbuhan palem atau kelapa. Selain bentuknya, kita juga bisa memastikan gula merah dari warnanya. Biasanya gula merah berwarna cokelat terang dibandingkan gula aren dan gula batok. Gula merah ini bisa dijadikan bahan masakan seperti sambal supaya tidak terlalu pedas, lo.

6. Gula Jawa Batok Gula Merah Jawa

gula jawa batok gula merah jawa

Gula yang satu ini disebut sebagai gula batok karena pada proses pembuatannya dicetak menggunakan batok kelapa. Oleh karena itu, gula ini pun berbentuk setengah lingkaran menyerupai batok kelapa. Gula ini juga terbuat dari nira pohon aren. Gula batok paling pas digunakan sebagai campuran saus atau kuah yang berwarna gelap.

__________________________________________________

Baca Juga : Cara Buat Boba yang Mudah dan Dijamin Enak

Selain kelima brown sugar di atas, ada juga gula tebu dan gula premium Puravita yang nggak kalah baik bagi tubuh dengan konsumsi yang nggak berlebihan. Pastikan kamu mendapatkan gula pilihan ini di Blibli. Pilihannya lengkap banget dan ada banyak promo yang bisa kamu dapat di Blibli. Yuk, belanja sekarang juga!

Tag: