me

Manfaat Tadarus Alquran, Biar Ibadah Puasa Kamu Makin Berkah

Mar 30, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: www.pexels.com

Salah satu kegiatan rutin yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu ramadhan adalah dengan melakukan tadarus. Kegiatan membaca ayat suci Alquran ini nyatanya memiliki beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan saat bulan ramadhan. Biar lebih semangat kamu perlu tahu manfaat tadarus Alquran sebelum melakukannya dengan rutin. 

Baca juga: Hikmah Puasa Ramadhan dan Keistimewaannya


Amalan yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadhan

Kamu perlu tahu kalau saat ramadhan ketika kamu melakukan hal baik atau amalan yang tepat pahala yang didapatkan bisa lebih banyak dibandingkan dengan hari biasa. Biar kamu lebih bisa menambah pahala selama ramadhan yuks simak beberapa amalan yang bisa kamu lakukan di bulan ramadhan nanti sebagai berikut:

  • Nggak lupa untuk sahur

Tahukah kamu kalau dengan melaksanakan sahur nyatanya kamu bakalan dapat pahala dibandingkan dengan nggak melakukan sahur. Sahur merupakan kegiatan rutin yang dilakukan saat puasa untuk membuatmu mendapatkan asupan gizi yang tetap seimbang selama menjalani puasa seharian. 

Dengan melaksanakan sahur kamu sama saja mengamalkan sunnah yang dilakukan oleh nabi Muhammad SAW. Jadi, jangan malas untuk bangun sahur biar kamu lebih semangat dalam melakukan puasa nantinya. 

Hampers SANGAYU COOKIES - Hampers Lebaran Idul Fitri / Hampers Natal Christmas / Hampers Imlek / Hampers Pernikahan

  • Berbagi makanan dengan yang membutuhkan

Amalan kedua yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pahala di bulan ramadhan adalah dengan berbagi makanan bagi yang membutuhkan. Dalam hal ini kamu bisa memberikan seporsi makanan untuk sahur maupun berbuka ke tetangga dan teman yang sekiranya memang membutuhkan bantuanmu. 

Tentunya dalam hal ini kamu nggak perlu melakukannya terlalu banyak dan diukur sesuai kemampuannya saja. Dengan begitu sekaligus kamu juga berbagi kebahagiaan bersama mereka yang membutuhkan bantuanmu dan merasakan nikmatnya berbuka atau sahur bersama makanan tersebut. 

Bellarosa kue kering paket platinum lebaran hampers murah

  • Berdoa di malam Lailatul Qadar

Amalan ketiga yang nggak kalah bagus untuk dilakukan adalah nggak melewatkan berdoa dan beramal lebih banyak di malam lailatul qodar. Di malam ini malaikat turun ke bumi dan doa-doa bakalan lebih mudah terkabul. Untuk itu kamu perlu memperkuat ibadah dan doa-doa yang dipanjatkan di malam ini. 

Malam ini biasanya ada di malam-malam ganjil menuju hari akhir bulan puasa. Pahala yang didapatkan dari malam ini bahkan lebih baik dari banyaknya 1000 ramadhan. Tentunya kamu bakalan beruntung banget kalau bisa bertemu dengan malam ganjil ini. 

Diario Syakila Series Mukena Print - Lilac

  • Tadarus

Amalan keempat yang bisa kamu lakukan selama Ramadhan adalah dengan rutin melakukan tadarus. Kegiatan ini bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam rumah sendiri maupun bersama teman di masjid. Di manapun tempatnya tidak masalah asalkan kamu rutin dan bersungguh-sungguh dalam membaca ayat tersebut. 

Tadarus ini diharapkan bisa selesai dalam waktu sebulan sebelum hari idul fitri tiba biar kamu mendapatkan pahala yang lebih banyak ketika melakukannya. 

61 Manfaat Shalat Subuh - Pustaka Al-Inabah

  • Sholat malam

Amalan lain yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan adalah dengan memaksimalkan ibadah malam. Kamu bisa ikut sholat tarawih dan memperbanyak sujud di malam hari biar hidupmu lebih tenang dan permintaanmu dikabulkan. Ibadah ini juga memberikan kondisi hati yang lebih tenang dibandingkan sebelumnya. 

Kamu bisa memilih untuk mengaji maupun sholat malam dengan beberapa rakaat dibandingkan hanya menghabiskan waktu untuk tidur saja. Tentunya kamu bakalan dapat lebih banyak pahala di dalamnya. 

Manfaat Tadarus Alquran

Salah satu amalan penting dan mudah untuk dilakukan pada bulan Ramadhan adalah tadarus. Blibli Friends udah tahu belum, apa aja manfaat tadarus Alquran? Kalau belum, kalian bisa simak artikel ini sampai akhir, ya.

  • Dapat syafaat di hari kiamat

Manfaat pertama yang didapatkan dengan melakukan tadarus rutin ini adalah bisa mendapatkan syafaat di hari kiamat. Bakalan beruntung banget orang-orang yang menyempatkan waktunya untuk tadarus karena bisa mendapatkan kebaikan lebih tinggi di hari kiamat dibandingkan dengan yang nggak melakukan tadarus. 

Bacaan Alquran ini bakalan memberikan penerangan dan petunjuk untuk jalanmu menuju hari kiamat nantinya. Untuk itu penting banget memperbaiki bacaan dan nggak pernah lelah untuk terus melakukan tadarusnya. 

al itqon fi ulumil qur'an

  • Bisa menghindari ghibah

Salah satu godaan terbesar yang sulit untuk dihindari dalam bulan ramadhan adalah menggunjing atau ghibah. Padahal kegiatan ini nggak ada gunanya dan membuat puasamu menjadi batal karena menceritakan keburukan orang lain. Daripada harus melakukan ghibah lebih baik kamu bisa memanfaatkan waktunya untuk tadarus saja. 

Dengan membaca Alquran lebih sering tentu waktu yang biasa kamu gunakan untuk ghibah bakalan lebih berkurang. Bahkan ada yang berkata bahwa lebih baik kamu tidur saja dibandingkan melakukan kegiatan maksiat seperti menggunjing. 

  • Membuat hati dan jiwa menjadi tenang

Manfaat ketiga yang didapatkan ketika melakukan tadarus dengan rutin adalah mendapatkan hati dan jiwa yang lebih tenang. Kamu perlu tahu bahwa Alquran sendiri memiliki makna mendalam dari setiap firman Allah SWT sehingga kamu nggak sekedar membaca namun juga meresapi makna dari masing-masing bacaannya. 

Kamu yang biasanya merasa gundah nggak tahu arah perlu banget untuk mencoba tadarus atau lebih sering melakukan tadarus. Kerisauan hatimu tersebut bisa jadi menjadi panggilan bahwa Allah SWT rindu bacaan ayat suci dari hambanya. Banyak orang yang sudah membuktikan ketenangan hatinya setelah membaca dan mendengarkan bacaan ayat suci. 

Tadarus bakalan melibatkanmu untuk membaca, mendengar dan menyimak biar nggak ketinggalan atau salah ketika sudah tiba waktunya untuk membaca. Jadi, kamu bisa konsentrasi dan nggak gampang ngantuk. 

Tasbih digital

  • Mempererat tali ikatan saudara

Tadarus kebanyakan dilakukan bersama-sama di masjid dengan bacaan menyambung atau dibagi berdasarkan juz. Nah dengan ini tentu bakalan bisa membuat tali persaudaraan antar sesama muslim menjadi lebih erat. Lebih lengkap lagi jika diakhiri dengan acara buka bersama jadi lebih terjaga lagi komunikasinya. 

Cara ini menjadi solusi terbaik untukmu yang tetap ingin bersosialisasi namun terhindar dari ghibah. Kamu dan teman-teman berkumpul untuk membaca ayat suci secara bergiliran sehingga nggak ada waktu untuk melakukan ghibah.

ZM Zaskia Mecca - Lamun Ombak Scarf Kerudung Segi Empat Ultra Sonic

  • Pahalanya lipat ganda

Membaca Alquran atau melakukan tadarus di bulan ramadhan nyatanya bisa mendapatkan pahala lipat ganda dibandingkan dengan hari biasa. Kamu perlu tahu dengan membaca satu ayat saja kamu bakalan dibalas dengan 10 kebaikan oleh Allah SWT. Untuk itu tentu nggak ada alasan lagi biar nggak membaca lebih banyak ayat setiap harinya. 

Tadarus bisa menjadi alternatif lebih mudah dan praktis dilakukan untuk mengisi waktu luang dibandingkan hanya dengan tidur dan nggak mendapatkan tambahan pahala lainnya. Tadarus menjadi pilihan untukmu yang nggak bisa melakukan apapun selain membaca Alquran seperti halnya belum mampu berbagi dan menyantuni anak yatim.


Baca juga: Pilihan Tempat Bukber yang Bernuansa Islami di Jakarta

Manfaat Tadarus Alquran

Nah, itu dia manfaat tadarus Alquran, Blibli Friends. Lengkapi Ramadhanmu dengan Promo Ramadhan tentunya untuk pengeluaran yang lebih hemat dan produk berkualitas di dalamnya. Promo ini menyediakan banyak keperluan untukmu menyambut puasa dan lebaran. Dapatkan banyak penawaran menarik seperti cashback dan hadiah menarik hanya di Blibli saja. 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya