me

Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan dan Perawatan Kulit Wajah

Jun 15, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Manfaat Air Mawar – Blibli Friends yang hobi mencoba berbagai jenis skincare pasti udah nggak asing lagi dengan yang namanya rosewater alias air mawar. Tapi pasti masih banyak juga nih, yang bingung air mawar itu sebenarnya apa, sih? Jelas bukan air putih dengan tetesan parfum aroma bunga mawar, bukan juga air dengan warna merah merona bak mawar merah yang tengah mekar.

Yuk, simak informasi berikut ini supaya kamu tau apa itu air mawar dan juga berbagai manfaatnya untuk kecantikan.


Baca juga: Skincare biar Muka Seger Kek Udara Gunung Pangrango Pas Lebaran

Sekilas tentang Air Mawar

Air mawar merupakan air yang dihasilkan dari proses perebusan kelopak bunga mawar. Dengan kata lain, air mawar bisa dibilang mengandung ekstraksi dari bunga mawar itu sendiri. Nggak heran kalau air mawar mengandung berbagai kebaikan dari bunga mawar. Itulah kenapa air mawar banyak digunakan untuk kecantikan, terutama di daerah Timur Tengah. Bahkan di beberapa daerah, air mawar juga banyak digunakan untuk campuran makanan dan minuman. Di Indonesia memang hal ini cukup asing, tapi di luar negeri cukup banyak kuliner dengan sentuhan rasa mawar yang wangi dan legit.

Saat ini sudah banyak banget produk air mawar buatan pabrik yang bisa dibeli dengan mudah. Tapi kalau kamu ingin yang lebih alami dan mau bikin sendiri juga bisa, kok. Caranya, cari bunga mawar dan lepas kelopaknya satu per satu lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, remas kelopak tersebut dan masukkan ke dalam sebotol air. Lalu diamkan selama beberapa jam, setelah itu bisa digunakan sesuai kebutuhan. Sisi positifnya, air mawar buatan sendiri jelas lebih alami sehingga cocok buat pemilik kulit sensitif. Tapi sisi negatifnya, homemade rosewater nggak bisa tahan lama. Jadi paling lama digunakan dalam 2-3 hari saja, itupun harus dimasukkan ke kulkas. Sebab kelopak mawar akan membusuk dan layu secara natural.

Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan 

Nah, sekarang saatnya Blibli Friends simak apa aja manfaat air mawar untuk kesehatan. Tergolong bahan alami, manfaat yang diberikan oleh air mawar ini juga nggak main-main.

  1. Menghidrasi kulit

Air mawar banyak digunakan untuk menghidrasi alias melembapkan kulit. Kandungan di dalam kelopak mawar bisa membantu mengunci kandungan air di dalam kulit sehingga kelembapan tetap terjaga. Air mawar juga memiliki kandungan yang bisa menjaga keseimbangan pH kulit. Kamu yang punya jenis kulit kering cocok banget nih, menggunakan air mawar secara teratur setiap hari.

2. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini disebabkan oleh radikal bebas yang menyentuh kulit. Terlalu sering terpapar sinar matahari langsung, sampai dengan penggunaan make up berlebih juga bisa menyebabkan penuaan dini. Penggunaan air mawar secara teratur setiap hari bisa membantu menghilangkan kerutan, flek hitam, dan garis-garis halus di wajah yang menjadi tanda utama dari penuaan dini.

3. Membantu mengurangi peradangan jerawat

Duh, pasti kesal sekali ya, saat melihat jerawat yang meradang, memerah, dan terasa nyeri. Bahkan meski sudah ditutupi foundation atau bedak, jerawat tetap saja terlihat dan mengganggu penampilan. Untungnya, air mawar ini juga bisa digunakan untuk membantu mengurangi peradangan jerawat. Kamu bisa memasukkan kapas ke dalam air mawar, lalu mengompreskannya di bagian kulit yang berjerawat.

4. Menyembuhkan iritasi kulit

Kalau kamu punya jenis kulit sensitif yang mudah mengalami iritasi, menggunakan air mawar secara rutin setiap hari akan sangat membantu. Kamu bisa mencuci muka terlebih dahulu, kemudian mengoleskan air mawar secara merata. Diamkan beberapa saat sampai kering, lalu bilas dengan air bersih. Cara ini akan membuat kulit lebih sehat dan bebas iritasi.

5. Membersihkan kotoran dengan lebih optimal

Setelah beraktivitas seharian di luar ruangan, pasti ada banyak banget debu dan kotoran yang menempel di wajah. Kamu perlu tahu kalau sekedar cuci muka dengan air dan facial wash saja belum cukup untuk membersihkan kulit dengan optimal. Setelah cuci muka, kamu bisa mengompres wajah dengan handuk hangat yang berfungsi membuka pori-pori. Setelah itu, kamu bisa mengaplikasikan air mawar di seluruh wajah. 

6. Menghilangkan sebum dari pori-pori

Sering kesal dengan whitehead dan blackhead yang memenuhi area wajah? Komedo semacam ini disebabkan oleh sebum alias minyak yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Untuk menghilangkannya, bisa menggunakan eksfoliator. Sayangnya, nggak semua kulit cocok dengan eksfoliator karena rentan menyebabkan iritasi. Solusinya, kamu bisa menggunakan air mawar untuk membersihkan pori-pori kulit. Jika digunakan secara teratur, air mawar ini akan memberikan efek luar biasa pada pori-pori.

7. Menghilangkan sisa make up

Buat kamu yang setiap hari menggunakan make up saat beraktivitas, tentu di akhir hari dipusingkan dengan sisa riasan yang susah hilang. Produk make up remover memang jadi solusi terbaik, tapi kadang menyebabkan kulit terlalu kering. Sebagai gantinya, kamu bisa mencampurkan baby oil dengan air mawar, kemudian menggunakannya sebagai penghilang make up. 

8. Sebagai toner wajah

Toner merupakan pembersih wajah yang memiliki fungsi untuk mencerahkan sekaligus membuat wajah bebas noda. Kamu bisa mengaplikasikan toner setiap pagi dan malam hari, setiap sudah membersihkan wajah. Supaya terasa lebih menyegarkan di wajah, air mawar ini bisa kamu masukkan ke dalam kulkas dan baru dikeluarkan setiap akan digunakan. Gunakan kapas untuk menuangkan toner dan mengoleskannya secara merata pada wajah.

9. Sebagai setting spray

Setiap selasai melakukan make up, banyak orang yang menyemprotkan setting spray yang berfungsi untuk menahan riasan agar nggak mudah luntur. Kamu bisa memasukkan air mawar ke dalam botol semprot dan menyimpannya di meja rias. Setelah itu, gunakan spray air mawar tersebut untuk menjaga riasan agar lebih oke. Fungsi lainnya adalah untuk memberikan kelembapan di atas kulit yang tertutup foundation tebal. Air mawar juga bisa dijadikan penyegar wajah, semisal kamu sedang ada di luar ruangan dan merasa kepanasan, semprotkan saja untuk mendinginkan kulit.

10. Mengatasi mata panda

Nggak ada gunanya lipstik dan blush on merah merona kalau lingkaran hitam di bawah mata masih belum teratasi. Mata panda ini bakal bikin wajah terlihat gelap dan lelah. Nah, kamu bisa mengatasi mata panda dengan mengompresnya menggunakan air mawar. Lakukan hal ini setiap malam sebelum tidur. Lihatlah perbedaannya setelah kamu rutin mengaplikasikannya selama kurang lebih 14 hingga 30 hari.


Baca juga: Yuk, Rawat Kulitmu dengan 3 Tips Skincare A la Youtuber Fitra Zetira

Sekarang kamu tahu kan, betapa banyaknya manfaat dari air mawar yang super harum? Yuk, cari produk air mawar berkualitas dengan harga terjangkau di Blibli. Kamu sekaligus bisa mencari berbagai produk kosmetik dan kecantikan dengan kandungan ekstrak mawar atau minyak mawar. Dijamin kulit makin kinclong dan cerah yang bikin kamu lebih percaya diri!

Dapatkan Kulit Cerah dengan Air Mawar Hanya di Sini!

Tag: