Pernahkah kamu merasa kalau dunia sebentar lagi akan berakhir? Mungkin bukan karena alasan konyol seperti serangan zombie. Tapi kalau kamu lihat kejadian yang belakangan ini terjadi seperti demo besar-besaran, penembakan liar, atau kasus terorisme yang semakin menyebar, terkadang pikiran kita pun mulai berasumsi dunia akan berakhir.

Lambat laun, semua kejadian akan membuat kamu semakin takut keluar rumah, bahkan untuk pergi belanja makanan pun terasa menakutkan. Kabar baik bagi nih, kamu nggak perlu takut kehabisan makanan karena 9 jenis makanan super awet ini bisa kamu simpan untuk keadaan darurat.

1. Beras

beras

Via Homehealthlove

Baik beras merah ataupun beras putih mempunyai jangka hidup yang lama. Untungnya lagi, beras adalah makanan dengan karbohidrat tinggi yang nggak hanya membuat kamu kenyang, tetapi juga mengisi tubuh dengan energi krusial, lho!

Beras putih dapat bertahan hingga lebih dari 30 tahun jika disimpan di tempat dingin yang bebas oksigen. Karena adanya kandungan minyak yang bisa membuat beras merah menjadi bau, maka beras merah nggak bisa bertahan selama beras putih, yakni hanya selama 6 bulan hingga 1 tahun.

2. Kacang kering

kacang-kering

Via Youngwifey

Kalau beras putih mempunyai jangka hidup selama 30 tahun, ada jenis makanan yang bertahan selama-lamanya. Ya, kacang kering yang disimpan secara rapat bisa bertahan sampai bahkan kiamat pun telah selesai. Namun, setelah 1 – 2 tahun, kacang kering akan kehilangan kualitas dan kelembapannya.

Jika beras mempunyai karbohidrat tinggi, maka kacang akan menyediakan kadar protein tinggi bagi tubuh. Jika kacang sudah dimasak, maka waktu hidupnya adalah 1 tahun jika kamu simpan di freezer.

3. Sup kemasan

sup-kemasan

Via Huffingtonpost

Sup kemasan termasuk jenis makanan siap makan yang memang sudah sangat lama digunakan untuk bertahan hidup di keadaan darurat. Waktu hidup sup kemasan jika belum pernah dibuka sama sekali adalah 2 – 5 tahun. Memang di kemasan ada tanggal kadaluwarsa yang mungkin kurang dari 2 tahun, tapi nggak berarti makanan ini sudah nggak bisa dikonsumsi setelah melewati tanggal kadaluwarsa.

Tanggal kadaluwarsa hanyalah sekedar pengingat jika ada makanan yang melewati batas tanggal, maka kualitas nutrisi yang tadinya ada di makanan tersebut akan hilang. Tapi, yang perlu diingat dari sup kemasan maupun makanan kalengan lainnya adalah rasanya yang nggak akan seenak atau sesegar makanan alami.

4. Madu

madu

Via Arvistadamulher

Memang madu nggak mempunyai nilai vitamin ataupun mineral sebanyak jenis makanan lainnya. Tapi, apakah kamu tahu kalau madu yang disimpan secara benar nggak akan pernah kadaluwarsa? Ya, jika kamu tutup rapat-rapat, madu masih akan tetap bisa dikonsumsi selama lebih dari 10 tahun ke depan!

Walaupun nggak kadaluwarsa, madu tetap dapat mengkristalisasi dan kemudian dapat kamu balikkan ke keadaan awal dengan mencelupkan kaleng madu ke air hangat. Madu bisa dijadikan sebagai pemanis makanan dan minuman, jadi kamu nggak perlu khawatir makanan daruratmu akan terasa hambar.

5. Sambal Bu Rudy

sambal-bu-rudy

Via Hargasambalburudy

Buat kamu yang nggak bisa makan tanpa sambal *orang Indonesia banget!*, tenang ada makanan penggugah lidah yang siap dibawa ketika kiamat datang. Sambal Bu Rudy bisa bertahan selama kurang lebih 3 bulan, dan rasa pedasnya juga WOW! Pas banget deh sama kamu para pecinta sambal!

Hebatnya lagi, Sambal Bu Rudy ini nggak diberi bahan pengawet, lho! 3 bulan adalah waktu yang termasuk lama jika mengingat nggak ada bahan pengawet kimia yang digunakan ke makanan itu. Makanan darurat pun bisa menjadi sangat sehat meskipun bisa membakar lidah kamu.

6. Kurma

kurma

Via Smartdetoxid

Makanan “berat” sudah banyak, selanjutnya apa ya cemilan enak yang bisa bertahan lama? Kurma jawabannya! Makanan ini mungkin merupakan satu-satunya jenis makanan “basah” yang bisa bertahan lama. Jika disimpan dalam suhu ruangan, kurma hanya bisa bertahan 1 – 2 bulan saja. Tapi, kalau disimpan dalam kulkas atau freezer, kurma mampu bertahan hingga 2 tahun!

Koleksi makanan darurat akan lengkap dengan adanya kurma yang nggak hanya memberikan energi lebih, tapi berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit seperti kanker usus dan ginjal.

7. Yogurt

yogurt

Via Wholefoodsmarket

Ya, produk yang mengandung susu serta bakteri-bakteri baik ini juga ternyata bisa dikonsumsi setelah melewati batas tanggal kadaluwarsanya, lho. Meski kualitas baik yang ada di dalam yogurt hanya akan bertahan dalam seminggu, tapi yogurt masih bisa dikonsumsi 2 – 3 bulan setelah masa kadaluwarsa.

Perlu diingat juga bahwa yogurt hanya bisa kamu konsumsi jika masih dalam keadaan tertutup dan disimpan di kulkas atau freezer.

8. Peanut butter

peanut-butter

Via Bracpet

Bagi kamu yang suka makan dengan menggunakan selai, maka kamu akan senang mengetahui kalau peanut butter bisa bertahan paling lama 5 tahun. Peanut butter mempunyai kandungan vitamin E sangat tinggi yang menyebabkan makanan ini bisa bertahan sangat lama.

Seperti makanan yang lain, kamu harus menutup rapat kaleng makanan ini supaya nggak ada mikroorganisme yang berkembang. Cara penyimpanan peanut butter cukup mudah. Kamu nggak perlu menyimpan peanut butter di dalam kulkas karena peanut butter akan lebih tahan lama jika kamu menyimpannya di ruangan dengan tingkat kelembapan yang rendah.

 9. Susu bubuk

susu-bubuk

Via Snexportgroup

Susu bubuk mempunyai jangka waktu hidup yang jauh lebih lama dibandingkan dengan susu cair. Jika kamu melihat susu cair yang hanya bisa bertahan dalam hitungan harian, susu bubuk bisa bertahan dalam hitungan tahunan.

Susu bubuk paling lama disimpan sampai 2 – 5 tahun. Cara penyimpanan susu bubuk juga mempengaruhi kualitas susu bubuk. Biasakan untuk menyimpan susu bubuk di ruangan yang nggak terlalu panas, dan jangan biarkan susu bubuk terekspos udara. Kamu bisa mengetahui apakah susu bubuk sudah rusak atau belum dari warna bubuknya.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah semakin siap dengan keadaan darurat sekarang? 9 jenis makanan di atas bisa menyelamatkan kamu dari kelaparan. Dan yang asiknya lagi, selain makanan beberapa makanan kemasan, kebanyakan makanan ini bersifat natural dan menyehatkan.

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY