Lemparan Ketupat Jadi Tradisi Takbiran di Kampung

Photo via lokadata.id

Sehari sebelum Hari Raya Idul Fitri, pasti banyak tuh orang2 takbiran keliling rumah. Malem takbiran uda jadi tradisi tiap taun buat nyambut hari kemenangan abis ngejalanin puasa sebulan penuh. Cara ngerayain tradisi malem takbiran juga beda2. Ada yang keliling jalan raya atau ada juga yang takbiran sesuai budaya di kampung. Nah ternyata, tradisi takbiran di tiap kampung di tiap kota tuh beda2. Penasaran? Nih saya kasih tau. 

  • Tradisi meriam karbit yang suaranya bisa kedengeran ampe satu kota Pontianak 

Pontianak punya tradisi nyulut meriam karbit buat ngerayain malem takbiran. Suaranya kenceng banget bisa kedengeran sampe satu Pontianak. Katanya sih meriam karbit bisa ngusir roh jahat yang mau ganggu manusia pas lebaran.

  • Lempar2an ketupat pake baju adat di NTT 

Nah kalo di NTT, ada tradisi Perang Topat buat meriahin malem takbiran. Jadi, nanti saling lempar2an ketupat sambil pake baju adat. Katanya, ketupat yang dipake buat perang bisa ngebawa kesuburan buat tanaman biar hasil panen jadi maksimal.

  • Tradisi tumbilotohe yang dirayain tiga hari sampe Lebaran di Gorontalo

Buat ngerayain malem takbiran, di Gorontalo ada tradisi buat pasang ribuan lampu minyak di tanah kosong. Abis itu disusun jadi bentuk yang ada hubungannya sama Lebaran, trus ada unsur Islaminya juga kek masjid, ketupat, atau kitab Al-Quran. Biasanya sih dirayainnya tiga hari sampe lebaran.

  • Tradisi bakar gunung di Bengkulu

Ronjok sayak artinya bakar gunung. Nah loh bingung gak tuh bakar gunung? Kalem, ternyata yang dibakar itu bukan gunung beneran tapi tumpukan batok kelapa. Jadi, batok kelapanya ditumpuk, trus dibakar pas kelar sholat Isya, Makanya dibilang bakar gunung hahaha. Kaget gak dengernya pas di awal? 

  • Perang pake sapu lidi di Maluku

Tradisi ini hampir sama kek Perang Topat, cuma bedanya tradisi yang ada di Maluku ini perang pake sapu lidi dari pohon enau. Jadi, peserta yang ikutan main bakalan saling pukul pake lidi sampe berdarah. Aduuhhh ngilu banget dengernya. Cuma tenang aja, biarpun sampe berdarah, mereka gak bakalan ngerasa kesakitan gegara udah biasa hehehe. 

Unik2 banget yak tradisi yang ada di tiap kampung. Kalo di kampung kamu, tradisi takbirannya kek gimana? Walopun keadaan sekarang masih belom bisa ngerayain tradisi2 kayak di atas tadi, tapi semoga aja tradisi takbiran ini bisa terus dilestariin biar anak cucu bisa tau tradisi takbiran yang ada di kampung halaman. Hihihi.

PERSIAPAN RAMADHAN MAKIN MURAH DI PROMO HIKMAH RAMADHAN!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY