Lakukan 5 Cara Ini Supaya Makin Semangat Memasak di Dapur

Memiliki dapur yang simpel, bersih, dan rapi tentu menjadi impian setiap orang, khususnya bagi para ibu rumah tangga. Menjadi salah satu bagian rumah yang selalu digunakan, seringkali dapur menjadi ruangan yang pengap, bau, dan tidak sehat karena penerapan cara menata dapur dan alat-alat memasak yang kurang tepat. Padahal, salah satu faktor penting supaya kegiatan memasak dan berkumpul di meja makan bersama keluarga semakin menyenangkan adalah kondisi dapur yang nyaman dan sedap dipandang. Tapi, tenang saja. Untuk mewujudkannya, kamu bisa ikuti beberapa cara berikut ini kok, Blibli Friends!

Gantung Peralatan Masak

Master Chef Professional Stainless Frying Pan Panci
Master Chef Professional Stainless Frying Pan Panci

Supaya dapur tidak terkesan sempit, kamu bisa menggantung peralatan masak yang sering dipakai. Mulailah dengan memasang gantungan pada dinding kosong di area dapur, kemudian gantungkan wajan, panci, talenan, dan alat-alat masak lainnya. Selain bisa membuat dapur terlihat lebih rapi, cara ini juga akan membuat kamu lebih mudah dalam mengambil alat masak yang akan kamu gunakan. Sedangkan untuk peralatan yang jarang dipakai, sebaiknya simpan dengan rapi di dalam lemari.

Simpan Bumbu di Tempat Khusus

Bumbu adalah salah satu jenis bahan masakan yang akan sering kamu gunakan di dapur. Oleh karena itu, simpanlah bumbu di tempat yang mudah kamu jangkau saat sedang memasak. Selain itu, sebaiknya simpan bumbu-bumbu dapur di lemari atau tempat yang kering dan memang khusus hanya untuk bumbu saja. Karena jika disatukan dengan yang lain, bau dari bumbu cenderung akan melekat ke benda disekitarnya.

Lakukan Food Preparation

Calista Rumoi Premium Full Colour Sealware
Calista Rumoi Premium Full Colour Sealware

Selanjutnya, food preparation juga penting untuk dilakukan agar dapur menjadi lebih bersih dan rapi. Kamu bisa memulainya dengan membeli food container  dengan berbagai ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Setelah itu, setiap selesai berbelanja, cobalah untuk memilah jenis makanan yang ada, kemudian simpan di dalam food container. Seperti ikan, ayam, seafood, daging sapi, sayuran, dan aneka bawang. Dengan begitu, kamu juga akan lebih mudah dalam menyusun menu masakan.

Susun Alat Makan Sesuai Frekuensi

Untuk membuat dapur terlihat rapi, menyusun alat makan sesuai frekuensi penggunaan juga penting untuk dilakukan. Pilihlah piring makan, sendok garpu, dan gelas yang paling sering kamu gunakan, kemudian pisahkan dan simpan di dalam lemari atau rak penyimpanan yang ada di dekat meja makan. Sedangkan untuk alat makan lainnya, kamu bisa menyimpannya di lemari khusus dan jauhkan dari tempat lembab agar terhindar dari bau yang akan menempel.

Berikan Dekorasi Tambahan

Scandio Udaya Food Tray
Scandio Udaya Food Tray

Nah, nggak cuma bikin dapur jadi lebih bersih dan rapi, kamu juga wajib mempercantik tampilan dapur supaya kamu makin semangat memasak, Blibli Friends. Memberikan tambahan dekorasi, seperti lampu gantung, pigura dengan quotes yang memotivasi, buah-buahan dan tanaman plastik, atau memanfaatkan alat dapur, seperti food tray ini menjadi hiasan gantung bakal bikin dapur kamu terlihat lebih kece, deh!

Gimana, gampang banget kan menata dapur dan seluruh perlengkapannya supaya terlihat lebih rapi, bersih, dan cantik? Pokoknya, jangan lupa juga untuk selalu membersihkan dapur setelah selesai memasak, ya. Oh ya, produk-produk di atas bisa dengan mudah kamu dapatkan hanya di Blibli. Buat kamu yang membutuhkan berbagai perlengkapan dapur, furniture, perkakas rumah tangga, dan yang lainnya, langsung aja cek di sini supaya bisa dapat ekstra diskon 15%. Buruan, sebelum kehabisan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY