me

10 Lagu Kanye West Terbaik yang Harus Kamu Dengarkan

Mar 05, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

forbes.com
Simak deretan lagu Kanye West yang terbaik sejak awal debut sampai sekarang!

Lagu Kanye West — Banyak orang sudah lupa kalau Kanye West adalah rapper hebat dengan lagu-lagu populer pada masanya. Apalagi kalau baru lahir di tahun 2004, pas Kanye West baru debut, mungkin belum tahu lagu-lagu keren Kanye. Yuk, cari tahu apa saja sih lagu Kanye West yang disukai banyak penggemarnya? Cek langsung daftarnya di sini!

Baca Juga:


Homecoming

Homecoming
youtube.com/ KanyeWestVevo

Lagu yang pertama ini dirilis tahun 2007 dan sampai sekarang masih menjadi salah satu lagu terbaik Kanye West. Di lagu ini kita bisa mendengarkan suara vokalis Coldplay, Chris Martin, di bagian chorus. Lagu ini direkam di studio di Abbey Road, London. Lagu ini terdengar klasik, mengisahkan tentang rasa rindu pada mantan kekasih yang sudah lama nggak diketahui kabarnya lagi. 

Through the Wire

Through the Wire
youtube.com/ KanyeWestVevo

Tahu nggak sih, , karier Kanye West sebagai rapper hampir saja berakhir bahkan sebelum dimulai. Bulan Oktober 2002 Kanye sedang mengerjakan albumnya dan ia mengalami kecelakaan di California. Ia pun terluka parah, sampai-sampai rahangnya harus diperbaiki dan dia nggak bisa membuka rahangnya selama berminggu-minggu. Artinya, dia nggak bisa rekaman. 

Kanye nggak membiarkan ini jadi penghalang. Dia bahkan berusaha tetap mengerjakan album dalam kondisi itu. Through the Wire adalah lagu yang direkamnya dalam keadaan rahangnya masih nggak bisa dibuka. Karena kejadian ini, orang-orang di industri musik sadar kalau Kanye bakal jadi besar. Terbukti, 10 tahun setelah ia merilis Through the Wire, ia masih mendominasi dunia musik!

Diamonds from Sierra Leone

Diamonds from Sierra Leone
youtube.com/ KanyeWestVevo

Menulis lagu tentang kisah di balik pembuatan batu berlian jelas bukan sesuatu yang bisa dilakukan semua orang. Inilah yang ditulis Kanye dalam lagu Diamonds from Sierra Leone yang dirilis tahun 2005. Lagu ini menceritakan bahwa di balik berlian yang indah, ada proses yang jahat dan mungkin nggak pernah terbayangkan di kepala kita sebelumnya. 

Diamonds from Sierra Leone memang nggak sukses menembus Billboard Top 40 di tahun 2005, tapi Kanye selalu menampilkan lagu ini dalam turnya. Akhirnya banyak orang yang mulai memperhatikan lagu ini dan mulai menyukainya. 

Stronger

Stronger
youtube.com/ KanyeWestVevo

Tahun 2007, orang Amerika belum kenal siapa itu Daft Punk. Kanye menggunakan sampel lagu Daft Punk yang dirilis tahun 2001, berjudul Harder, Better, Faster, Stronger untuk lagunya, Stronger. Lagu ini langsung melejit ke puncak tangga nomor satu dunia. Gara-gara Kanye, Daft Punk yang berasal dari Prancis pun tampil di Grammy Awards 2008. 

Stronger adalah salah satu lagu Kanye West yang paling sering diputar di radio dan bisa didengarkan oleh segala usia. Gara-gara lagu ini, Daft Punk juga mulai sukses secara mainstream di industri musik dunia. 

Devil in a New Dress

Devil in a New Dress
youtube.com/ KanyeWestVevo

Salah satu bakat Kanye West adalah kemampuannya memilih sampel yang tepat dan juga orang-orang untuk dijadikan featuring di lagu-lagunya. My Beautiful Dark Twisted Fantasy adalah salah satu album terbaik Kanye yang menggunakan sampel dari Greg Lake dan Smokey Robinson. 

Sampel lagu Will You Love Me Tomorrow digunakan di Devil in a New Dress. Lagu ini jadi makin sempurna dengan suara Rick Ross di dalamnya. Lagu ini terdengar paling santai dibandingkan lagu-lagu lainnya di album tersebut, dan yang paling enak dinikmati. 

Power

Power
youtube.com/ KanyeWestVevo

Kalau kamu termasuk yang menonton langsung MTV Video Music Awards tahun 2009, di mana Kanye naik ke panggung waktu Taylor Swift sedang menerima penghargaan, kamu mungkin tahu kalau Kanye memang si tukang bikin onar. Gara-gara ini, Kanye dibenci orang satu dunia. Makin dibenci lagi karena dia membatalkan tur yang sudah direncanakan bareng Lady Gaga. 

Kanye memang butuh waktu untuk sendiri dan merefleksikan dirinya. Ia langsung pergi ke Hawaii dan bekerja keras membuat album kelimanya. Salah satu lagunya adalah Power, di mana Kanye menceritakan bagaimana dia mengatasi begitu banyak perasaan negatif yang ditujukan padanya. Meskipun banyak yang nggak suka dengan Kanye setelah itu, tapi lagu ini tetap diakui sukses besar. 

Flashing Lights

Flashing Lights
youtube.com/ KanyeWestVevo

Lagu ini dirilis Kanye tahun 2007. Flashing Lights memang bukan lagu yang sukses banget di berbagai radio Amerika, tapi sebenarnya banyak yang suka mendengarkannya. Bahkan para kritikus musik menganggap Flashing Lights sebagai lagu terbaik di album Kanye yang berjudul Graduation. 

Di lagu ini, Kanye mengajak penyanyi dari genre soul, Dwele, untuk mengisi vokalnya. Kita serasa diajak ke era disko tapi sekaligus terasa modern juga. Seperti banyak lagu Kanye yang sukses lainnya, Flashing Lights menceritakan tentang seorang pria yang sedang mengatasi rasa gundah setelah patah hati. 

Gold Digger

Gold Digger
youtube.com/ KanyeWestVevo

Waktu merilis lagu ini, Kanye West sudah dikenal sebagai rapper dan produser kenamaan. Tapi berkat Gold Digger, Kanye menjadi sensasi pop internasional. Di Amerika sendiri, lagu ini bikin orang kulit putih bingung. Mereka suka dengan lagunya, tapi nggak bisa ikut menyanyikannya karena liriknya berulang kali menyebut kata ‘nigga’ yang bakal terdengar rasis kalau mereka yang mengucapkannya. 

Meski bikin sebagian orang nggak nyaman, tapi lagu ini dianggap brilian. Begitu sekali mendengarkan, biasanya sudah langsung terulang-ulang di kepala kita. Selain itu, cara menyampaikan liriknya pun lucu. Luar biasa sukses, uniknya Gold Digger adalah salah satu lagu yang membuat Kanye West kaya raya seperti sekarang. 

Jesus Walks

Jesus Walks
youtube.com/ KanyeWestVevo

Ini adalah lagu yang spesial buat Kanye karena sudah mulai ditulisnya sebelum jadi populer. Para petinggi di industri rekaman menganggap lagu ini terlalu bertema religi dan Kanye pun berpikir Jesus Walks nggak bakal terlalu sukses secara komersial. 

Yang terjadi justru sebaliknya. Lagu yang dirilis tahun 2004 ini sukses disukai publik kala itu. Jesus Walks diputar di berbagai radio di Amerika dan juga MTV. Kalau saja Kanye melepas lagu itu, mungkin saja kariernya nggak bakal sesukses sekarang!

Runaway

Runaway
youtube.com/ KanyeWestVevo

Lagu ini merupakan bagian dari album Kanye yang berjudul My Beautiful Dark Twisted Fantasy. Lagu ini berdurasi 9 menit dan mungkin kita nggak bisa memahami apa maknanya setelah 1-2 kali mendengarkan. Tapi begitu memahaminya, lagu ini ternyata maknanya dalam. 

Di Runaway, Kanye menceritakan tentang semua kebencian yang diarahkan publik kepadanya. Ditemani suara piano, Kanye mengungkapkan bahwa nggak ada orang yang bisa memahaminya sepenuhnya. Lagu ini terdengar kurang komersial, tapi ternyata sukses mencapai peringkat 12 di tangga lagu Billboard Hot 100.


Baca Juga:

Siap mendengarkan 10 lagu Kanye West terbaik di atas? Sebelumnya, pastikan kamu sudah pakai Spotify Premium. Kalau belum, yuk dapatkan Voucher Streaming Spotify di Blibli. Pilihannya variatif, proses pembeliannya cepat, dan kamu bisa langsung mendengarkan musik di Spotify!