Perhatikan Hal Berikut Jika Tertarik dengan Si Gagah Maine Coon

Maine Coon

Blibli Friends pernah nggak melihat berita tentang pemecah rekor kucing dengan bentuk tubuh terbesar, yang bahkan bisa berukuran sebesar pemiliknya? Nah, kenalan yuk dengan si Maine Coon. Di antara ras-ras kucing yang ada, Maine Coon memang punya penampilan fisik yang menonjol banget. Ukuran badannya yang besar dan bulunya yang lebat banget bikin kucing ini kelihatan elegan banget. 

Nggak heran, kucing Maine Coon banyak dipelihara oleh kalangan selebriti mancanegara hingga Indonesia. Blibli Friends juga bisa lho memelihara kucing gagah satu ini. Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu tahu terlebih dulu. 


Baca juga: Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Lama

Sejarah Kucing Maine Coon

Maine CoonTahu nggak, dari mana kucing Maine Coon berasal? Sejarah pasti munculnya kucing raksasa ini sebenarnya masih simpang siur, sih. Tapi, banyak yang beranggapan kalau kucing ini masih satu kerabat dengan ras kucing hutan Norwegian Forest dan kucing anggora. Nah, kucing ini adalah hasil persilangan dari kedua ras kucing itu. Bahkan, ada juga yang bilang kalau kucing ini juga masih satu keturunan dengan kucing milik Ratu Marie Antoinette dari Perancis. Wah, makin terasa aura darah birunya, nih.

Konon, kucing ras tersebut dikirim ke wilayah Wiscasset Maine di tengah-tengah terjadinya Revolusi Perancis. Sayangnya, kucing ras milik sang ratu terpisah dari pemiliknya setelah melarikan diri. Nah, kucing itu pun akhirnya berkembang biak dengan kucing lokal dan melahirkan kucing Maine Coon yang Blibli Friends kenal saat ini. 

Versi lain mengatakan kalau kucing tersebut dibawa oleh bangsa Viking saat sedang berlayar menuju benua Amerika bagian Utara. Karakter kucing Maine Coon yang manja banget bikin penduduk setempat jatuh cinta. Akhirnya, kucing ini pun mulai dikembangbiakkan dan dipelihara sebagai hewan peliharaan. 

Jenis Ras Kucing Maine Coon

Maine CoonSetelah tahu sejarah kucing Maine Coon, jadi makin tertarik buat pelihara kucing ras ningrat ini, kan? Kamu harus tahu dulu jenis kucing ras seperti apa yang kamu inginkan. Karena kucing ini sudah marak dikembangbiakkan dengan ras kucing dengan berbagai warna, nggak heran kucing ini hadir dengan variasi motif dan warna bulu yang beragam. Ada jenis kucing ras Maine Coon berwarna putih atau hitam polos. 

Bahkan, kamu juga bisa menemukan kucing ras ini dengan corak marble hingga tabby. Warna mata si cantik ini juga bermacam-macam, sama seperti kucing-kucing pada umumnya. Ada kucing yang bermata biru, kuning, atau bermata hijau. Malah, bisa juga kamu menemukan kucing Maine Coon dengan odd-eye, atau punya 2 mata dengan warna berbeda. 

Terlepas dari perbedaan jenis, kucing Maine Coon tetap punya karakter yang sama. Yaitu, bertemperamen tenang dan nggak pecicilan. Beda dengan kucing pada umumnya, kucing ini justru takut pada ketinggian. 

Jadi, kamu nggak perlu khawatir dia bakal naik-naik meja atau lemari tinggi. Maine Coon juga suka banget bermanja-manja pada ownernya. Dia juga suka banget berada di tengah-tengah manusia. Kalau kamu cari kucing manja yang suka diuyel-uyel, kucing ini cocok banget kamu pelihara. 

Hal yang Harus Disiapkan untuk Memelihara Kucing Maine Coon

Ingin pelihara kucing Maine Coon? Eits, tunggu dulu! Kucing ini adalah kucing yang butuh perawatan istimewa. Jadi, kamu harus merencanakan persiapan yang matang saat memutuskan buat pelihara kucing ini. Apa saja sih hal yang harus dipersiapkan?

  1. Berikan Makanan dengan Nutrisi yang Cukup

Dengan bodinya yang berukuran besar, so pasti Maine Coon juga butuh makanan yang tepat. Supaya kucing ini tetap sehat, dia butuh asupan makanan dengan nutrisi yang cukup. Pastinya, ia butuh makanan yang kaya akan kandungan protein. Lebih baik, kamu beri dia jenis makanan daging ikan atau daging ayam asli. Daging hewan tersebut bisa kamu olah dulu dengan cara dikukus (raw food).

Kamu juga bisa mengolahnya dengan menambahkan beberapa sumber vitamin dan mineral yang bagus buat bulu dan organ pencernaan si meong. Saat ini, ada banyak banget jenis makanan kucing kering (dry food) berkualitas yang bisa kamu berikan untuk kucing Maine Coonmu. Tapi, siap-siap buat menyediakan budget yang lumayan besar. Jangan lupa, sediakan air minum dari air yang sudah dimasak buat si meong, ya!

2. Berikan Kandang dan Jaga Kebersihannya

Kandang jadi salah satu perlengkapan yang wajib ada jika kamu ingin memelihara kucing Maine Coon. Kandang bakal berguna banget kalau kamu harus karantina kucingmu saat dia sakit. Kamu juga bisa memasukkan kucingmu ke dalam kandang jika ada kerabat atau teman yang nggak suka kucing berkunjung ke rumahmu. 

Pilih kandang dengan ukuran yang sesuai, ya. Pastikan kandang yang akan kamu beli nggak terlalu sempit dan tetap bisa bikin kucing ini leluasa bergerak. Jangan lupa, kamu juga harus menjaga kebersihan kandang. Supaya, kucingmu terbebas dari serangan spora jamur atau kutu yang bisa bikin bulunya rontok.

3. Rutin Mandikan Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon punya bulu yang tebal dan panjang. Sehingga, penampilannya pun kelihatan anggun. Tapi, kamu harus rajin-rajin memandikannya. Soalnya, dengan bulunya yang panjang, pastinya ada beberapa area yang nggak bisa dijangkau oleh jilatan lidah si meong. Selain itu, kucing ini dengan bulunya yang tebal bakal lebih rawan terserang jamur jika tinggal di negara tropis seperti Indonesia. 

Makanya, Blibli Friends harus bersedia buat luangkan waktu paling nggak 2 hari sekali buat memandikannya. Pakai shampoo khusus kucing yang memang diformulasikan buat menjaga bulu tetap halus. Jangan pakai shampoo buat manusia, ya! Shampoo manusia bisa bikin kulitnya jadi teriritasi. Nggak mau kan bulu si meong jadi rusak gara-gara sembarangan pilih shampoo. 

4. Siapkan Dana Khusus Buat Pemeriksaan ke Dokter Hewan

Blibli Friends pastinya ingin banget supaya kucing Maine Coon milikmu tetap sehat. Tapi, lebih baik sedia payung sebelum hujan. Kamu perlu mempersiapkan sejumlah dana sebagai jaga-jaga seandainya si meong sakit dan butuh perawatan di klinik hewan. Selain kumpulkan dana, kamu juga bisa mulai cari tahu tentang informasi klinik dokter hewan terbaik yang ada di kotamu. Jadi, seandainya si meong sakit, kamu jadi nggak terlalu panik.

5. Sering-sering Ajak Kucingmu Main

Kucing Maine Coon memang disukai karena karakternya yang ramah dan suka banget berada di sekitar manusia. Kucing ini juga suka banget bermain denganmu, lho. Makanya, selalu luangkan waktu paling nggak 15 – 30 menit buat main bareng kucingmu. 

Kucingmu jadi bakal lebih happy dan terbebas dari gejala kesepian. Selain itu, bermain juga bisa jadi sarana olahraga, loh. Maine Coon dilarang keras terkena obesitas. Makanya, sering-sering ajak dia bermain supaya berat badannya tetap stabil, ya!

Fakta Unik Kucing Maine Coon

Ngaku penggemar kucing Maine Coon? Tunggu dulu! Coba deh cek seberapa banyak fakta-fakta menarik seputar si kucing raksasa ini yang sudah kamu tahu:

  • Punya Legenda Asal-Usul yang Menarik

kucing Maine CoonBlibli Friends sudah tahu kan kalau ini ternyata punya sejarah yang beragam dan menarik banget. Nah, ternyata, ada satu lagi legenda asal-usul Maine Coon yang unik banget. Banyak orang yang percaya kalau kucing ini sebenarnya adalah persilangan antara kucing dan hewan rakun. Soalnya, bentuk serta warna ekor kucing raksasa ini sekilas mirip banget dengan rakun. Legenda ini ternyata juga jadi asal-muasal nama kucing ini. 

Maine Coon berasal dari kata “Maine” yang merujuk pada salah satu negara bagian di Amerika Serikat, dan “Coon” yang jadi akronim dari “racoon” atau rakun.

  • Maine Coon Kucing dengan Ukuran Tubuh Terbesar

Kucing ini tercatat sebagai kucing terbesar di dunia setelah ras kucing Savannah. Bayangin saja, Blibli Friends! Ukuran tubuh ukuran dewasanya bisa mencapai 25 – 97 cm. Tubuhnya yang berbentuk persegi panjang dengan bulu yang panjang dan tebal bikin perawakan si Maine Coon jadi kelihatan semakin besar. Kucing ini juga punya panjang tubuh yang mirip banget dengan spesies kucing Eurasian Lynx. 

Kucing Maine Coon bernama “Stewie” tercatat di dalam Guinness World Records di tahun 2010 dengan menyandang gelar “Kucing Terpanjang”. Dia punya ukuran tubuh yang terpanjang, dengan ukuran 48.5 cm, mulai dari ujung hidung hingga ujung ekor. Rekor itu dipecahkan kembali oleh Maine Coon bernama Barivel di tahun 2018. 

  • Mereka Kucing yang Tinggal di Iklim Dingin

Maine Coon dipercaya masih satu keluarga dengan jenis kucing hutan Norwegia. Dilihat dari segi fisiknya pun, kucing ini punya beberapa karakteristik yang mirip dengan kucing hutan ini. Baik kucing Maine Coon dan kucing Norwegia sama-sama punya bulu yang tebal dan panjang banget. 

Selain bikin mereka kelihatan elegan, bulu kucing Maine Coon juga berfungsi buat menjaga supaya tubuh mereka tetap hangat. Selain itu, bulu ini juga tahan terhadap air. Ditambah lagi dengan bulunya yang panjang dan tebal. Makin bikin si kucing jadi terlindungi dari hawa dingin, salju, dan es.

  • Mereka Suka Banget dengan Air

Maine CoonUmumnya, kucing memang nggak suka banget dengan air. Itulah yang bikin tugas memandikan si meong jadi perjuangan tersendiri. Tapi, ternyata si Maine Coon termasuk ke dalam salah satu dari beberapa kucing yang suka banget dengan air. Mereka nggak akan rewel mencakarmu setengah mati saat kamu memandikannya. 

Malah, mereka makin asyik bermain air dengan gembira. Kok bisa, ya? Bisa jadi, itu ada hubungannya dengan bulunya yang tebal dan tahan air. Ya, nggak heran deh! Si Maine Coon juga seekor perenang yang hebat, lho!

  • Maine Coon Terkenal Sangat Vokal

Sekilas, kucing Maine Coon memang kelihatan tenang dan elegan banget. Eh, jangan salah! Ternyata kucing raksasa satu ini hobi banget mengeong. Mereka memang suka banget cari perhatian manusianya. Jadi, jangan kaget kalau kucing satu ini suka mengeong-ngeong buat merebut perhatianmu. 

  • Mereka Punya “Bakat” Genetik yang Unik

Tahu nggak, ternyata Maine Coon punya kecenderungan fisik yang bikin dia spesial dibandingkan ras lainnya. Kucing ini punya kecenderungan Polydactyly, atau kelainan genetik yang bikin dia punya jari yang lebih. Biasanya, kucing punya 5 jari di kaki depan dan 4 jari belakang pada masing-masing kakinya. 

Nah, kucing ini punya 6 jari di bagian kaki depan maupun kaki belakang. Tapi, kamu nggak perlu khawatir! Kecenderungan genetik satu ini nggak berbahaya buat si meong. Itu juga nggak mengurangi kelucuannya. Jadi, tetap sayangi dia, ya!

  • Maine Coon Benci Banget Ketinggian

Kucing biasanya punya kecenderungan naik ke tempat-tempat tinggi, seperti pohon atau lemari dan meja kesayanganmu. Alasannya, mereka merasa lebih nyaman di atas ketinggian, karena bisa melihat lebih jelas area teritorinya. Itu juga jadi salah satu cara buat menunjukkan bahwa dia dominan di antara kucing-kucing lainnya. 

Nah, ini beda banget dengan si Maine Coon. Ternyata, kucing ini nggak suka banget dengan ketinggian. Makanya, dia nggak hobi naik-naik ke atas kursi atau ke atas meja. Mereka juga nggak selincah kucing-kucing pada umumnya. Jadi, jangan heran kalau kucing ini kelihatan nggak tertarik dengan mainan kucing yang diletakkan di atas ketinggian atau digantung. 

  • Maine Coon Pernah Jadi Objek Kloning

Kloning atau penggandaan genetik belakangan ini jadi topik seru di kalangan ilmuwan. Tahu nggak, ternyata Maine Coon juga pernah jadi objek percobaan untuk kloning. Di tahun 2004, seekor kucing Maine Coon yang bernama Little Nicky jadi kucing pertama yang berhasil dikloning. Katanya sih, sang pemilik rela bayar sebuah perusahaan bioteknologi buat mengkloning si Little Nicky, yaitu kucingnya yang sudah mati. 

Total biaya pengkloningan kucing itu adalah sekitar $50,000 USD. Biarpun memancing kontroversi, sang pemilik yang berasal dari negara bagian Texas mengaku puas dengan hasil kloning kucingnya tersebut.

  • Kucing Maine Coon Sempat Tampil di Film Harry Potter

Blibli Friends ingat nggak dengan sosok Mrs. Norris di dalam film Harry Potter. Kucing kesayangan Filch ini ternyata adalah seekor kucing Maine Coon, lho. Sedikit fakta unik, kucing yang berperan jadi Mrs. Norris ini sebenarnya punya bulu yang tertata rapi dan cantik. Tapi, di dalam film dia kelihatan punya bulu yang berantakan demi mengikuti deskripsi di dalam novel J.K. Rowling. Ada-ada saja, ya?

  • Maine Coon Adalah Tipe Kucing yang Aktif

Kamu nggak akan menemukan stereotype kucing yang cuek dan pemalas pada Maine Coon. Soalnya, si “gentle giant” ini terkenal suka banget bermain. Mereka suka banget saat kamu mengajaknya bermain. Si meong ini bahkan juga bisa diajari beberapa trik sederhana hingga main lempar tangkap, lho. Nah, kalau Blibli Friends tipe orang yang aktif dan suka kucing yang aktif pula, Maine Coon bisa jadi pilihan yang tepat!


Baca juga: Pertolongan Pertama Pada Kucing Diare

Itulah beberapa informasi menarik seputar kucing Maine Coon. Sebelum adopsi si kucing raksasa ini, sebaiknya Blibli Friends beli perlengkapan kucing yang kamu butuhkan di Blibli. Mulai dari makanan kucing high grade hingga mainan kucing semuanya ada di sini. Supaya lebih hemat, pakai saja voucher promomu. Siap memelihara si raksasa Maine Coon?

Dapatkan Berbagai Perlengkapan Kucing Terlengkap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY