me

Inilah Kota-kota di Italia yang Wajib Dikunjungi

Mar 14, 2023.By Nadine
Bagikan

Menjadi salah satu negara terpopuler di benua Eropa, Italia telah dikenal menyimpan banyak hal yang menakjubkan di kota-kotanya.  Setiap kota terbaik di Italia pasti memiliki daya tarik tersendiri untuk ditawarkan. Mulai dari koleksi karya seni, wisata kuliner, pemandangan indah, peninggalan bersejerahnya yang unik, dan berbagai arsitektur bangunan mewah yang sungguh memesona. 

Italia selalu menjadi tempat tujuan para traveler untuk menghabiskan waktu liburan dan berlama-lama di sana agar bisa menikmati keindahan semua kota di Italia. Nah, jika Blibli Friends ingin merencanakan perjalanan ke Italia, berikut adalah rekomendasi kota paling menarik di Italia yang nggak boleh kamu lewatkan. Check it out!

Baca juga: Tempat Wisata di Italia Terpopuler, Manakah Pilihanmu?


1. Venice 

Venice
Sumber: Unsplash

Venice atau yang lebih dikenal dengan sebutan Venesia adalah salah satu kota favorit di Italia. Mengapa? Karena Venesia merupakan sebuah kota paling indah dan terkenal di dunia. Di kota kuno yang romantis ini, mungkin kamu akan menghabiskan waktu beberapa jam untuk mengagumi keindahan kota yang didirikan di atas air dengan suasana yang menenangkan. 

Menariknya lagi, kamu akan menjumpai sebuah bangunan bersejarah yaitu gereja marmer dengan  dilengkapi tiang menjulang tinggi yang berdiri di tepian tanah berlumpur. Selanjutnya, kamu juga bisa berkeliling melihat jembatan kuno yang tersebar di sepanjang Grand Canal. Jika ingin menjelajahi pusat kota Venesia, kamu harus menaiki gondola untuk melihat Alun-alun St. Mark atau mengunjungi Istana Doges. 

Sempatkan juga untuk berwisata kuliner di salah satu tempat makan yang terkenal di kota ini, yaitu Bar Cicchetti yang terletak di Canaregio atau cobalah jajanan pinggir jalan kota Venesia tepatnya di Frito Inn, Campo San Leonardo. Di sana ada banyak pilihan jajanan yang dijual di antaranya seperti ikan segar, aneka kudapan, dan masih banyak lagi. Sebaiknya berkunjunglah di malam hari karena suasananya semakin ramai, apalagi saat akhir pekan tiba.

2. Milan

Milan
Sumber: Unsplash

Buat kamu yang hobi belanja baju-baju branded, kota Milan menjadi salah satu tujuan yang tepat untuk kamu kunjungi. Milan merupakan kota yang besar di Italia dan suasananya sangat ramai karena terkenal sebagai rumah bagi industri fashion terbesar di dunia. Ada banyak butik ternama yang berbasis di kota metropolitan Milan yang cocok untuk dijelajahi sebagai surga belanjanya para wanita. 

Di sepanjang jalan di kota Milan juga dipenuhi dengan arsitektur art-deco yang sangat indah dan hanya bisa kamu jumpai di kota ini saja. Sementara, di pusat kota Milan terdapat sebuah bangunan Duomo yang cantik dan sangat megah dengan pilar kokoh yang terbuat dari batu marmer. Duomo Milan  merupakan sebuah Gereja Katedral yang sangat populer di dunia dan memiliki jemaat terbanyak di Italia. 

Di setiap sudut kota, kamu juga akan menemukan tempat makan yang menarik, salah satunya seperti N’Ombra de Vin yang berlokasi di distrik Brera untuk menikmati koktail, makanan prasmanan, dan  aperitivo yang paling terkenal di Milan. Kemudian, jangan lupa mengunjungi museum Fondazione Prada untuk melihat koleksi seni kontemporer dan arsitektur yang dikelola oleh rumah mode Eponymous. 

3. Bologna

Bologna
Sumber: Unsplash

Bologna merupakan ibu kota dari Emilia Romagna yang terkenal di dunia karena kulinernya. Dari kota inilah, saus Bolognese berasal. Jika kamu seorang pecinta kuliner, Bologna adalah salah satu kota terbaik untuk dikunjungi di Italia karena ada banyak jenis makanan enak yang wajib untuk kamu coba di antaranya seperti mortadella yaitu sosis asli Bologna, tortellini, tagliatelle, dan lasagna.

Meskipun Bologna hanya sebuah kota kecil di Italia, tetapi kamu akan menemukan berbagai tempat yang menarik dan sayang banget kalau sampai dilewatkan. Pasalnya, sebagian besar tempat populer di Bologna, jaraknya nggak terlalu jauh sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki menuju Sanctuary of the Madonna, atau ke alun-alun utama, kemudian ke Piazza Maggiore, dan beristirahat di bar Le Stanze, untuk menikmati kopi atau koktail. 

Jika mulai bosan, kamu bisa mencicipi gelato di Sorbetteria Castiglione yang jaraknya nggak jauh dari bar Le Stanze. Kemudian teruslah berjalan sampai kamu menemukan pasar buah dan sayuran segar yaitu Via Clavature. Saat menjelang malam hari, jangan lupa mampir untuk makan malam di Osteria Broccaindosso dan menikmati sepiring charcuterie atau semangkuk pasta tortellini yang terkenal enak. 

4. Roma

Roma
Sumber: Unsplash

Kota menarik selanjutnya adalah Roma. Mendengar namanya saja, kamu pasti langsung mengingat beberapa destinasi wisata yang paling terkenal di dunia di antaranya seperti Vatikan, Colosseum, dan Kapel Sistina. Sepanjang sejarah peradaban dunia, Roma menjadi salah satu kota tertua di Italia yang paling banyak dihuni di Eropa. Kota ini adalah perpaduan indah antara situs bersejarah, plaza kota, museum kelas dunia, dan situs ikonik lainnya. 

Kota yang besar dan ramai ini menjadi ibu kota negara Italia, nggak heran kalau Roma menjadi kota yang sangat maju dan berpengaruh di dunia. Menariknya lagi, kota Roma memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikannya unik dan menarik di mata dunia, salah satunya seperti arsitektur bangunan istananya yang sangat vintage dan kental akan sejarah Romawi Kuno. 

Di kota Roma, kamu nggak hanya belajar sejarah, tetapi juga bisa berwisata kuliner dengan puas, karena di sana ada berbagai makanan terenak, salah satunya bisa kamu coba di rumah makan Trastevere. Jika berlibur bersama keluarga, kamu juga bisa menyewa sepeda di Appian Way untuk berkeliling di sekitar area wisata tersebut untuk menghabiskan waktu dan berseru-seruan di sore hari. 

5. Verona

Verona
Sumber: Unsplash

Masih ingat dengan kisah cinta Romeo dan Juliet? Nah, di kota Verona inilah keduanya saling bertemu. Itulah sebabnya, kota Verona dijuluki sebagai kota yang romantis di Italia. Kota kecil ini sangat indah dan suasananya pun sejuk, bahkan hampir setiap hari kota Verona selalu dipadati oleh turis. Di sekitaran  kota Verona dikelilingi Sungai Adige yang terdapat jembatan indah di atasnya. Selain itu, ada juga beberapa bangunan istana tua, gereja dan monumen.

Menariknya lagi, Verona juga merupakan sebuah kota heritage karena banyaknya peninggalan bersejarah di sana. Nggak mengherankan, jika kota Verona sudah diakui oleh UNESCO bahkan sudah terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia. Cobalah  berjalan ke pusat kota Verona, di sana kamu akan menjumpai amfiteater Romawi terbesar ke-3 di Italia yang bisa menampung hingga 30.000 penonton. 

Di sisi lain, mencicipi beberapa makanan lokal yang enak-enak adalah salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan di kota Verona. Temukan berbagai kuliner yang paling populer di kota ini, seperti es krim dan kue kering atau hidangan lokal seperti keju Monet Veronesse dan yang nggak boleh ketinggalan adalah cobalah minuman anggur Valpolicella dan espresso dengan rasa khas yang menyegarkan. 

6. Florence

Florence
Sumber: Unsplash

Kota paling menarik yang wajib kamu kunjungi berikutnya adalah Florence. Florence merupakan sebuah kota tempat kelahiran Renaisans, jadi nggak heran kalau di kota Florence banyak ditinggali keluarga para bangsawan. Selain berlibur, kamu juga bisa mempelajari sejarah peradaban kuno di sini, karena kota Florence memiliki pusat bangunan bersejarah yang penuh dengan keindahan seni dan arsitektur yang memukau.

Kota yang memesona ini terletak di sepanjang Sungai Arno, di sana terdapat Jembatan Ponte Vecchio yang membentang di atasnya. Jembatan tersebut menjadi tempat favorit para turis karena merupakan salah satu spot foto paling terkenal di Florence karena pemandangannya yang bagus. Jika sudah lelah berkeliling kota, kamu bisa mampir ke kafe dan resto untuk menikmati masakan Tuscan dan minuman anggur yang khas. 

Salah satu hal menarik dari kota Florence yang harus kamu tahu adalah kota ini menjadi tempat kelahiran alat musik piano yang pertama kali ditemukan oleh Bartolomeo Cristofori. Kalau kamu penasaran dengan model piano tertua temuannya, kamu bisa berkunjung ke Museum Metropolitan di New York. Last but not least, jangan lupa melihat sunset super cantik dari atas ketinggian Piazzale Michelangelo.

7. Turin

Turin
Sumber: Unsplash

Terletak di perbatasan pegunungan Alpen, Turin adalah kota elegan dan kaya raya di Italia yang memiliki jalan-jalan rindang, istana-istana yang megah, dan banyak koleksi seni rupa lainnya. Perpaduan bangunan barok dan kedai kopi tua yang megah membentuk pusat kota Turin dengan pemandangan Pegunungan Alpen yang suasananya sangat dingin dan sejuk. 

Kota Turin terkenal dengan coklatnya yang enak, bahkan beberapa cokelat terbaik dunia berasal dari kota indah ini. Jadi kalau kamu penasaran dengan rasa coklat Turin, pergilah ke pembuat coklat Odilla yang sudah sangat familiar di sana. Jika sudah merasa lapar, cobalah semangkuk pasta di Scannable yang terletak di distrik San Salvario, Turin. 

Di sisi lain, buat kamu yang hobi mempelajari sejarah dunia, jangan lupa menyempatkan diri mampir ke wisata historis di Turin yaitu Turin Egyptian Museum. Bangunan yang terletak di antara Piazza San Carlo dan Piazza Castello ini, dikhususkan untuk museum arkeologi dan sejarah Mesir kuno, di dalamnya berisi berbagai koleksi artefak termasuk patung Sarkofagus Ibi, dan peninggalan kuno lainnya. 

Sementara itu buat kamu yang hobi belanja, di Turin juga ada plaza yang megah dan besar dengan bangunannya yang ikonik, yaitu Piazza Castello. Piazza Castello adalah ruang publik yang terletak di pusat kota Turin dan terkenal ramai. Selain terdapat sejumlah kafe dan resto, di tempat ini kamu akan menemukan Palazzo Reale dan Palazzo Madama yang merupakan sebuah Istana Kerajaan Turin.


Baca juga: Panduan Wisata Italia: Surganya Pecinta Seni di Benua Eropa

Itu dia rekomendasi kota-kota paling menarik di Italia. Kira-kira, kota menarik mana nih yang ingin Blibli Friends kunjungi saat liburan ke Italia? Nah, biar liburan kamu semakin seru dan nggak pakai ribet, kamu bisa banget booking tiket Paket Tour Eropa melalui Blibli. Temukan berbagai tawaran tiket paket wisata lainnya, karena hanya di Blibli sudah pasti untungnya. Yuk, cek tiketnya sekarang, jangan sampai kehabisan.

Tag: