me

Panduan Wisata Italia: Surganya Pecinta Seni di Benua Eropa

Mar 14, 2023.By Nadine
Bagikan

Berikut panduan wisata Italia yang bisa dijadikan referensi liburanmu. / fodors.com

Panduan Wisata Italia: Surganya Pecinta Seni di Benua Eropa — Italia memang sudah lama dikenal sebagai negara yang memiliki banyak bangunan bersejarah peradaban Romawi Kuno dan destinasi wisatanya yang sangat indah karena masih terjaga kelestariannya walaupun sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari segala penjuru dunia, termasuk Indonesia. 

Meskipun nggak terlalu ramai pengunjung seperti Perancis dan Belanda, tapi Italian telah menjadi surganya para pecinta seni klasik di seluruh dunia lho! Nah, kalau kamu tertarik untuk berwisata ke negara di Benua Biru yang satu ini, sebaiknya simak dulu panduan wisata Italia yang akan kita bahas berikut ini agar persiapan liburanmu lebih matang. Keep scrolling!

Baca juga: Inilah Kota-kota di Italia yang Wajib Dikunjungi


Panduan Wisata Italia

Mungkin diantara Blibli Friends sudah pernah berkunjung ke Italia, tapi masih kurang puas untuk liburan di sana? Italia memang menjadi negara yang paling dirindukan banyak orang terutama bagi mereka yang ingin plesiran sambil belajar sejarah kuno dan berwisata kuliner di sana. Jadi nggak heran, kalau Italia selalu masuk ke dalam planning list liburan orang-orang berduit. 

Tapi sayangnya, nggak semua traveler mengetahui  informasi lengkap seputar wisata Italia, apakah Blibli Friends juga termasuk salah satunya? Nah, maka dari itu artikel panduan wisata Italia ini, sangat cocok untuk kamu simak agar persiapan liburanmu ke Italia lebih matang. Jadi, kamu nggak perlu bingung lagi menentukan tujuan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Langsung saja simak panduan singkatnya di bawah ini!

Sekilas Tentang Italia

Setelah mengetahui panduan wisata italia, kini saatnya mengetahui sekilas tentang italia. Italia adalah negara yang terletak di belahan benua Eropa Selatan yang terdiri dari semenanjung Italia berbentuk sepatu bot dan dikelilingi beberapa pulau kecil di dalamnya. Italia memiliki lokasi strategis yang mendominasi Mediterania tengah serta dekat dengan Eropa Barat di seberang Laut Adriatik. Italia juga dikenal dengan warganya yang ramah dan berbudi luhur.

Pasalnya, Italia menjadi tempat kehadiran peradaban Eropa untuk pertama kalinya yang didirikan oleh Kerajaan Romawi yang dikelola oleh Katedral Roma. Saat kamu menjelajahi Italia, di sana ada begitu banyak sorotan indah yang berasal dari kota-kota ikonik di Italia, mulai dari kanal di Venesia, jalan bebatuan di Roma, hingga Sungai Arno yang mengalir melalui Florence.

Di luar pemandangan kotanya yang populer itu, Italia juga menawarkan keberagaman karya seni dan nilai-nilai budaya di Eropa, sebab di negara ini kamu masih bisa merasakan kearifan lokal yang cukup kental karena tradisi leluhur masih dijunjung tinggi meskipun Italia sudah menjadi negara yang berkembang pesat di era modern. 

Setiap kota di Italia juga memiliki potensi besar yang masih terus dikembangkan agar semakin banyak dijangkau oleh wisatawan di seluruh dunia, sehingga dapat berpeluang untuk menambah devisa negara yang sekaligus menjadi sumber mata pencaharian penduduk setempat. Di sisi lain, warga negara Italia bisa dibilang sangat menjaga kelestarian lingkungannya, hal tersebut bisa dibuktikan dengan kondisi alamnya yang masih sangat hijau dan rindang. 

Tempat Wisata di Italia

Kalau berbicara soal tempat wisata di Italia, maka nggak akan ada habisnya. Negara yag terkenal di Pizzanya yang lezat ini, memiliki banyak tempat wisata yang sangat cantik dan nggak pernah mengecewakan. Meskipun harus merogoh kocek dalam-dalam dan menempuh perjalanan berjam-jam, tapi semua itu akan terbayar lunas saat kamu sudah tiba di lokasi dan dimanjakan dengan pesona keindahannya.

Kira-kira, tempat wisata apa saja yang ada di Italia? Berikut deretan spot wisata yang wajib kamu kunjungi. Jangan lupa dicatat ya!

1. Orvieto, Umbria

Orvieto, Umbria
Sumber: Unsplash

Kalau kamu merencanakan perjalanan ke Italia Tengah, sebaiknya kamu mempertimbangkan perjalanan sehari ke Orvieto di bagian selatan kota Umbria. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan singkat selama 90 menit dari kota Roma dan 2 jam dari Florence menggunakan transportasi kereta api. Orvieto merupakan kota kecil yang terletak di atas puncak bukit menghadap ke lembah yang dihiasi pohon cemara dan ladang hijau.

Untuk mencapai Kota Tua Orvieto, semua pengunjung baik yang datang dengan kereta api maupun mobil, mereka bisa langsung mendaki bukit terjal dengan menaiki kereta gantung yang hanya dibutuhkan 10 menit dengan berjalan kaki ke pusat kota Orvieto. Di tempat wisata ini juga terkenal dengan kudapan roti panggangnya yang sangat enak dan aromanya pun menggugah selera. 

2. Montepulciano, Tuscany

Montepulciano, Tuscany
Sumber: Unsplash

Montepulciano juga merupakan rumah bagi kota tua berbenteng yang memiliki pesonanya tersendiri. Di sini, kamu akan menemukan labirin jalanan berwarna pastel dan landmark unik seperti Torre del Pulcinella yang merupakan menara lonceng kebanggan di Tuscany. Kota ini juga merupakan rumah bagi Piazza Grande, yang mungkin sudah nggak asing lagi buat kamu yang pernah nonton film The Twilight Saga. 

Saat kamu mulai merasa lapar, pastikan untuk berhenti sejenak di Ristorante La Briciola dan pesanlah  pasta pici, yang merupakan makanan khas lokal dengan cita rasa gurih, creamy, dan lezat. Di sisi lain, kamu nggak perlu khawatir soal budget, karena di Montellpulciano, Tuscany ini harganya cukup affordable di kantongmu. 

3. Florence, Tuscany

Florence, Tuscany panduan wisata italia
Sumber: Unsplash

Florence adalah salah satu kota paling menakjubkan di Italia Tengah dan harus menjadi tujuan yang wajib dikunjungi! Dibangun hampir seribu tahun yang lalu, kota cantik ini benar-benar kaya akan seni, budaya, dan sejarah. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Florence adalah saat musim gugur tiba, karena pemandangannya akan jauh lebih indah, apalagi cuacanya masih sejuk dan menenangkan. 

Berkunjung ke Florence, akan kurang lengkap rasanya kalau kamu nggak mampir ke Galeri Uffizi, atau Duomo yang terletak di sepanjang Ponte Vecchio, sambil menyaksikan matahari terbenam dari Piazza del Michelangelo. Kalau kamu berkunjung saat musim panas, maka sangat disarankan untuk membeli tiket jauh-jauh hari untuk menghindari waktu antrian yang lama.  

Kalau sudah puas berkeliling galeri Uffizi, selanjutnya masuklah ke Duomo atau katedral yang sangat bagus, lokasinya tepat di pusat kota Tuscany. Selain arsitekturnya yang indah, Duomo juga merupakan salah satu gereja terbesar di dunia lho. Kalau kamu melintasi jembatan Ponte Vecchio yang melintasi sungai Arno, sempatkan berhenti sebentar untuk menikmati pemandangan dan menghirup udara sejuknya. 

4. The Floating City, Venice

The Floating City, Venice panduan wisata italia
Sumber: Unsplash

The Floating City adalah julukan untuk kota unik Venice. Sebuah kota terapung yang selalu berhasil menarik sejumlah wisatawan sepanjang tahun untuk berkunjung dan berwisata. Salah satu keindahan dan romantisme wahana gondola menjadikannya yang terbaik dan paling populer di antara tempat wisata lainnya di Italia. Jadi jangan heran, kalau kamu akan menjumpai banyak banyak kanal yang melintasi kota. 

Tempat wisata ini akan ramai pengunjung saat pekan Carnevale tiba. Terdapat pertunjukan orang-orang yang memakai kostum dan topeng warna-warni yang lucu dan unik. Di balik keindahannya, kota ini juga dipenuhi dengan banyak bangunan gereja, katedral, teater, dan galeri seni. Namun sayangnya, kota Venesia dikabarkan akan perlahan tenggelam. Kemungkinan kota ini akan hilang pada tahun 2050 nanti. 

Transportasi di Italia

Saat kamu merencanakan perjalanan ke Italia, salah satu hal yang paling penting yang perlu kamu pikirkan matang-matang adalah soal akomodasi. Ada beberapa pilihan transportasi di Italia yang bisa kamu pilih tergantung pada rencana perjalanan wisata, gaya perjalanan, dan budget yang kamu miliki. Pasalnya, kalau nggak diperhitungkan mulai sekarang, kamu akan kesulitan kalau harus pergi dadakan. 

Oleh karena itu, ada baiknya kalau kamu menyiapkan segala keperluan akomodasi liburan ke Italiamu di Tanah Air. Nah, salah satu cara terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk berkeliling Italia, terutama kalau ingin mengunjungi kota-kota seperti Roma, Florence, dan Venesia, adalah dengan naik kereta api. Untuk harga tiket kereta api di Italia cukup terjangkau yaitu sekitar Rp245 ribuan. 

Sedangkan, kalau kamu merencanakan perjalanan yang lebih lama di Italia dan Eropa, pertimbangkan untuk menyewa mobil jangka panjang dan opsi sewa jangka pendek Auto Europe. Mereka menawarkan tarif terbaik yang tersedia untuk perjalanan satu bulan atau lebih. Di Italia juga terdapat Bandara yang umumnya berada di pinggiran kota-kota besar sehingga kamu harus mempertimbangkan waktu dan biayanya kalau ingin naik pesawat.

Di sisi lain, kalau kamu mencari alternatif hemat biaya selain kereta api, Italia juga menyediakan transportasi bus kota. Sayangnya, nggak ada layanan bus nasional. Jadi, untuk menemukan rute dan harga terbaik memerlukan sedikit pencarian. Flixbus memiliki jaringan besar rute bus di Italia antara kota-kota utama serta kota-kota kecil. Dalam hal ini, Flixbus bisa berguna dan menjadi alternatif yang bagus sebagai transportasi jarak jauh.

Oleh-oleh Khas Italia

Oleh-oleh Italia
Sumber: vickyflipfloptravels.com

Kurang lengkap kalau jauh-jauh liburan ke Italia, tapi nggak bawa oleh-oleh buat keluarga di rumah. Tenang! Italia memiliki tempat-tempat menarik untuk dikunjungi dan ada banyak pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Italia di sana. Berikut beragam oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Italia, di antaranya seperti item fashion bermerek Italia, kerajinan tangan yang terbuat dari kulit, sepatu, hingga produk-produk fashion lainnya. 

Di Italia, kamu nggak hanya dimanjakan dengan barang branded yang bisa dijadikan oleh-oleh lho, tapi ada juga berbagai produk makanan khas Italia yang bisa dibungkus dan dibawa pulang di antaranya seperti Formaggio yang merupakan keju khas Italia, pasta Italia yang tersedia dalam banyak variasi seperti Pappardelle, Farfalle, Campanelle, Gnocchi, Tortellini, Bucatini, Acini, dan masih banyak lagi. 

Nggak boleh ketinggalan nih, yaitu oleh-oleh karya seni khas Italia seperti Potongan Seni Religius dari Roma atau Napoli. Biasanya oleh-oleh tersebut banyak dijual di toko-toko keahlian khusus di daerah tengah kota, salah satunya adalah Kota Vatikan. 


Baca juga: Tempat Wisata di Italia Terpopuler, Manakah Pilihanmu?

Gimana, setelah membaca panduan wisata Italia di atas, apakah Blibli Friends tertarik untuk merencanakan liburan ke sana? Jika ingin stay cation ke Italia, yuk ikutan Paket Tour Eropa yang tersedia di Blibli. Ada banyak pilihan paket traveling yang bisa kamu booking dari sekarang biar nggak bingung lagi nyiapin akomodasinya selama di Italia. Dijamin liburanmu jadi tambah seru, aman, dan nyaman! Buruan kepoin Blibli sekarang!

Tag: