me

Tempat Wisata di Italia Terpopuler, Manakah Pilihanmu?

Apr 23, 2024.By Nadine
Bagikan

Rekomendasi tempat wisata paling populer di Italia, dijamin bikin liburanmu makin seru. / italia.it

Tempat Wisata di Italia — Pergi berwisata ke Italia menjadi salah satu impian banyak orang, terutama bagi yang memiliki banyak budget. Alih-alih mencari hiburan di luar negeri, kamu juga bisa mendapatkan banyak pengalaman liburan yang seru dan menarik di sana. Pasalnya, negara yang terletak di Eropa bagian Selatan ini, memiliki sederet  tempat wisata yang populer di dunia, bahkan masih kental dengan budaya Romawinya hingga saat ini. 

Jika Blibli Friends berencana untuk liburan ke Italia, saat ini sudah banyak kemudahan akomodasi yang bisa kamu manfaatkan agar liburanmu lebih praktis dan nggak perlu ribet. Kira-kira, tempat wisata paling populer apa saja sih yang harus dikunjungi saat ke Italia? Penasaran? Berikut rekomendasi selengkapnya. 

Baca Juga: Inilah Kota-kota di Italia yang Wajib Dikunjungi


Rekomendasi Tempat Wisata di Italia

Salah satu alasan mengapa Italia selalu menjadi tujuan utama untuk liburan adalah karena negara ini memiliki banyak keunikan terhadap budayanya, kuliner yang lezat, dan destinasi wisata yang sangat menakjubkan. Italia telah menjadi rumah bagi beberapa ikon bersejarah dari masa lalu, dan menyimpan hampir 50% karya seni paling ikonik di dunia yang bahkan telah dinobatkan sebagai Warisan Budaya Dunia.

Ada pun beberapa tempat wisata di Italia yang keberadaannya sangat populer di dunia, bahkan nggak pernah sepi dari pengunjung, baik lokal maupun traveler dari berbagai mancanegara. Oleh karena itu, supaya kamu nggak penasaran, kamu bisa memasukkan nama-nama tempat wisata di Italia berikut ini ke dalam list liburanmu ya, let’s find out!

1. Amalfi Coast

Amalfi Coast
Sumber: Unsplash

Amalfi Coast merupakan salah satu wisata pesisir pantai yang terpopuler di Italia, lokasinya tepat berada di Pantai utara Teluk Salerno di Laut Tyrrhenian, Provinsi Salerno, Italia Selatan. Pantai yang membentang di sepanjang garis Semenanjung Sorrentine ini telah mendapatkan gelar Situs Warisan Dunia dari UNESCO karena keindahan pemandangan Mediterania yang sangat menakjubkan dengan air laut yang berwarna biru kehijauan. 

Tempat wisata Amalfi Coast diapit oleh dua kota terdekat yang paling terkenal di sana yaitu Positano dan Amalfi, kemudian sisanya dikelilingi area pedesaan yang masih asri dengan pemandangan yang indah. Biasanya, para wisatawan nggak hanya berwisata di Amalfi Coast, tetapi mereka juga berkunjung ke Ischia, yang merupakan pulau taman vulkanik yang masih terjaga kelestarian alamnya. 

Sementara itu, yang nggak kalah indahnya adalah pemandangan Gunung Vesuvius yang bisa kamu kunjungi di kota Sorrento, dimana lokasinya nggak berjarak jauh dari Amalfi Coast. Jika sudah lelah berkeliling dan berjalan-jalan di pesisir pantai, kamu bisa mengisi perut di restoran Cetera yang terkenal dengan hidangan pasta dan makanan lautnya terutama yang terbuat dari kerang dan ikan tuna.

2. Menara Pisa

Menara Pisa
Sumber: Unsplash

Ngomong-ngomong soal Menara Pisa, mungkin semua orang sudah nggak asing lagi kan? Pasalnya, Menara Pisa ini sudah sejak lama menjadi ikonik negara Italia. Di mana setiap wisatawan yang berkunjung, pasti akan berswafoto di menara ini. Seperti kebanyakan kota di Italia, Menara Pisa dikelilingi pemandangan dan keindahan alam yang luar biasa menakjubkan. 

Bentang alamnya yang beragam terdiri dari jurang Volterra yang masih bersih, perbukitan hijau Monti Pisani, serta dikelilingi kebun zaitun yang rimbun dan kebun anggur. Terletak di kota Tuscany, yang merupakan salah satu tempat paling terkenal di dunia, Menara Pisa memang nggak pernah sepi pengunjung. Ditambah lagi dengan atraksi yang terkenal di sini adalah Menara Miringnya. 

Menara tersebut terkenal dengan struktur lengkungan miringnya yang ikonik, serta arsitekturnya yang unik dan menawarkan pemandangan indah dari puncaknya. Jika kamu tertarik untuk mengetahui sejarah kota Tuscany dan melihat berbagai karya seni yang kuno, cobalah untuk berkunjung ke Museum Nasional Pisa yang dibuka setiap hari. 

Di dekat Menara Pisa juga terdapat beberapa tempat wisata, kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang Sungai Amo sambil menikmati gemericik aliran airnya yang jernih. Selanjutnya, berjalanlah lurus hingga menjumpai Jalan Borgo, di sana terdapat restoran pizza terenak dan hidangan Italia lainnya. 

3. Grand Canal

Grand Canal
Sumber: Unsplash

Siapa yang nggak memimpikan naik gondola di Venesia sambil menikmati keindahan pemandangannya? Venesia adalah salah satu kota di Italia yang sangat unik karena berdiri di atas air. Grand Canal of Venice, Italia mendefinisikan perpaduan sempurna antara naik gondola dan arsitektur bangunan kuno yang menarik. Kanal yang membentuk huruf S tersebut mengalir melalui pusat kota dan membaginya menjadi dua bagian. 

Melalui setiap sisi kanal terdapat sejumlah bangunan bergaya artistik yang berasal dari abad kuno yang didirikan oleh keluarga terkaya di kota Venesia. Di sekitar Grand Canal memiliki deretan bangunan istana yang mewah, dibangun tepat di sisinya. Seiring berjalannya waktu, Grand Canal kemudian dijadikan sebagai tempat wisata gondola oleh penduduk setempat yang sekaligus memperkenalkan keindahan kota Venesia. 

Jika ingin menikmati wahana gondola, kamu harus mengunjungi Grand Canal sebelum jam 9 pagi karena biasanya lokasi masih sepi. Wahana Gondola disewakan selama 40 menit setiap satu kali naik dengan tarif Rp1,3 jutaan per orang. Sebaiknya tibalah di pagi hari, karena untuk tarif di malam hari akan mengalami kenaikan karena pengunjung lebih ramai. 

4. Danau Como

Danau Como
Sumber: Unsplash

Danau Como dianggap sebagai tempat wisata kebanggaan Italia karena menawarkan pemandangan paling indah. Selain hawanya yang sejuk, Danau Como merupakan danau terbesar ketiga di Italia dan disebut-sebut sebagai salah satu danau terdalam di kawasan Eropa. Lokasinya terletak di Italia Utara tepat di bawah kaki pegunungan Alpen yang memiliki udara sangat sejuk dan sangat cocok buat kamu yang ingin merilekskan pikiran. 

Danau cantik ini terkenal dengan bentuk Y terbalik akibat pencairan gletser raksasa yang dibarengi dengan aksi erosif Sungai Adda, sehingga mengalami pembentukan dua cabang yang berbeda, dan di tengah-tengah antara cabang-cabang ini, kamu bisa melihat Bellagio yang terkenal dengan vila-vilanya yang mewah dan futuristik. 

Danau ini terkenal memiliki air yang jernih berwarna biru muda yang kontras dengan tanaman hijau subur sehingga menciptakan view yang sangat asri. Danau Como telah menjadi tempat wisata favorit para selebriti Tanah Air yang berkunjung ke sana. Ditambah lagi, adanya persewaan kapal pesiar untuk menjelajahi luasnya danau. Menariknya lagi, Danau Como pernah menjadi lokasi syuting salah satu film terbaik seperti Star Wars lho.

5. Sicily

Sicily tempat wisata di italia
Sumber: Unsplash

Sicily atau Sisilia adalah sebuah pulau terbesar di Laut Mediterania yang juga merupakan Situs Warisan Dunia. Di area pulau Sicily terdapat desa-desa menawan yang berada di atas perbukitan, kastil kuno, pantai, dan struktur batu pasir berwarna karat yang hingga saat ini masih terjaga kelestariannya dan menjadi pusat perhatian para wisatawan dari seluruh dunia. 

Salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di sini adalah kota Comiso yang terkenal dengan arsitektur Barok dengan jalanan berkerikil. Selain itu, ada juga kota Palermo yang nggak kalah menarik untuk kamu kunjungi, karena di sana terdapat bangunan gedung-gedung berkubah seperti masjid dan istana mozaik dengan eksterior lengkungan warna-warni. 

Last but not least adalah jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan Pasta Alla Norma dan makanan khas lainnya yang terbuat dari kerang sambil menikmati pemandangan Gunung Etna, yang merupakan gunung berapi aktif, atau jika memungkinkan kamu bisa melakukan trekking di sekitarnya. 

6. Pompeii

Pompeii tempat wisata di italia
Sumber: Unsplash

Pompeii adalah salah satu kota indah di Italia, tepatnya berada di dekat Naples di Campania. Di sekitar kota Pompeii kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata populer seperti Basilika, Triptolemus, dan Kuil kuno yang bernama Yupiter. Pompeii juga terkenal dengan museum cetakan tubuh yang diawetkan, lokasinya berada di Horrea dan Olitorium. Jika kamu tertarik, kamu bisa berkunjung di hari biasa untuk menghindari keramaian. 

Menariknya lagi, di kota Pompeii juga terdapat sebuah wisata pemandian terbesar yaitu Teatro Grande dan Stabian. Sayangnya, tempat tersebut belum direnovasi setelah terkena dampak letusan Gunung Vesuvius. Nggak hanya berkunjung ke tempat wisata yang ada di Pompeii, jika kamu bosan, cobalah menyusuri jalan sambil melihat-lihat bangunan tua yang masih berdiri kokoh sebagai taman pemakaman. 

Di sana juga terdapat sebuah lukisan indah dan rumit yang dipajang di Villa of the Mysteries, yang dulunya digunakan sebagai tempat pertemuan pemujaan dewa oleh bangsa Romawi. Melihat sejarah terdahulu, kota Pompeii memang masih kental akan nilai-nilai historical yang sangat esensial, meskipun kota ini telah mengalami kemajuan yang cukup pesat dan mulai dikenal para wisatawan mancanegara. 

7. Fondazione Prada

Fondazione Prada tempat wisata di italia
Sumber: fondazioneprada.org

Fondazione Prada adalah area pameran yang kini juga menjadi tempat wisata terpopuler di Italia.  Fondazione Prada merupakan sebuah museum yang dibangun seluas 19.000 meter persegi di Via Isarco, Milan. Museum ini yang didesain dan dibangun langsung oleh Rem Koolhaas tepat di tahun 1993. Untuk saat ini, Museum Fondazione Prada dikelola oleh Patrizio Bertelli dan Miuccia Prada sebagai tempat penyelenggaraan pameran seni kontemporer. 

Pada kesempatan lainnya, Museum Fondazione Prada juga difungsikan sebagai bioskop, toko buku, perpustakaan, restoran, dan bar mini. Hal ini dikarenakan bangunan museum yang sangat multifungsi karena dirancang dengan perpaduan arsitektur yang menggabungkan antara tiga konstruksi bangunan baru dan lama, yaitu Podium, Menara, dan Bioskop. 

Kesempatan yang nggak boleh kamu lewatkan adalah berswafoto di spot jamur terbalik karena tempatnya yang unik dan nggak bisa kamu dapatkan di tempat lain. Di sekitar area museum juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik yang cukup lengkap, mulai dari toilet umum, tempat parkir, dan sebagainya. Menariknya lagi, buat kamu yang masih awam dengan tempat ini, kamu bisa memesan pemandu wisata.


Baca Juga: Panduan Wisata Italia: Surganya Pecinta Seni di Benua Eropa

Nah, demikian ulasan mengenai rekomendasi tempat wisata paling populer di Italia yang wajib masuk ke dalam list liburanmu ke luar negeri. Jika Blibli Friends berencana berwisata ke Italia dalam waktu dekat ini karena mendekati musim semi, sebaiknya segera booking tiket Paket Tour Eropa sekarang juga, supaya nggak kehabisan. Pastikan liburanmu berjalan lancar tanpa hambatan, dengan booking tiket di Blibli. Cek tiketnya sekarang juga yuk!

Tag: