[Interview] Berat Badanmu Nggak Turun Meski Nge-Gym? Yuk, Ketahui Kesalahan Umum saat Nge-Gym Langsung Dari Fitnessprenuer!

Kesalahan umum saat nge-gym

Kini nge-gym sudah bukan lagi sekedar mengolah bentuk tubuh, melainkan gaya hidup sehat. Nggak heran banyak orang kini mulai memilih gym sebagai alternatif olahraga karena dianggap lebih praktis. Namun, praktis bukan berarti kamu bisa sembarangan, lho! Banyak orang, khususnya pemula, yang terjebak dan melakukan berbagai kesalahan umum saat nge-gym.

Biar kamu nggak lagi terjebak pada kesalahan-kesalahan umum saat nge-gym, kali ini Blibli Friends akan mengulas hal tersebut bersama nutritionist sekaligus fitnesspreneur, Alvin Hartanto (@alvinhartantoo). So, langsung aja simak obrolan dengan Alvin seputar nge-gym ini!

CEK DI SINI UNTUK BERBAGAI KEBUTUHAN NGE-GYM DI BLIBLI.COM

Fitness tanpa memperhatikan pola makan

Kesalahan umum saat nge-gym
Via – @alvinhartantoo

Tahukah kamu bahwa pola makan adalah kunci utama untuk fitness atau diet yang sukses? Alvin yang sudah sangat memahami nutrisi bahkan mengatakan bahwa kesuksesan diet dan nge-gym itu, 70% dipengaruhi oleh pola makan, lho!

“Banyak orang yang sering meng-underestimate kalori. Sebagai contoh, ketika kamu berolahraga selama satu jam, kamu membakar 300 hingga 400 kalori. Lalu, setelah itu kamu berpikir kamu bisa menyantap apa saja karena sudah berolahraga. Padahal, untuk satu potong pizza saja kalori yang dimiliki mencapai 350 dan donat 250 kalori. Hal ini berujung pada kalori yang kamu konsumsi malah berlebihan dibanding kalori yang kamu bakar ketika berolahraga,” jelas Alvin.

Ia juga menambahkan, jika ingin memaksimalkan fitness dan diet yang efektif, pahami pola makan dan kalori. Jika ingin menurunkan berat badan (fatloss), tentu perlu dilakukan kalori defisit dimana kamu mengonsumsi kalori lebih sedikit dari kebutuhanmu. Sebaliknya, jika ingin menaikkan berat badan, kamu memerlukan kalori surplus dengan mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang kamu perlukan.

Kamu juga nggak disarankan melakukan diet ekstrem jika nggak ingin mengalami “Yoyo Effect” alias diet yoyo.

“Diet yang ekstrem, seperti hanya mengonsumsi buah-buahan nggak cuma akan membuatmu beresiko mengalami malnutrisi hingga merusak metabolisme, tapi juga terkena diet yoyo, dimana berat badan kembali naik ketika kamu menghentikan diet tersebut”, tambah Alvin.

BELI BAHAN MAKANAN YANG RENDAH KALORI DI SINI

Takut latihan angkat beban

Kesalahan umum saat nge-gym
Via – @alvinhartantoo

Kesalahan umum saat nge-gym selanjutnya adalah ketakutan atau kekhawatiran melakukan latihan angkat beban. Apakah kamu termasuk wanita yang takut tubuhmu menjadi terlalu berotot karena angkat beban? Atau, kamu termasuk para pria yang nggak ingin punya badan terlalu kekar atau besar?

Jika ya, jangan jadikan kekhawatiran ini membuatmu takut melakukan latihan angkat beban. Alvin menjelaskan bahwa latihan kardio memang baik untuk menurunkan kadar body fat. Tapi, tanpa dikombinasikan dengan latihan angkat beban, otomatis kamu nggak bisa mendapatkan tubuh proposional yang six pack.

Untuk para wanita, ketahui bahwa hormon pembentuk otot adalah hormon testosteron yang terdapat sedikit pada wanita. Hal ini berarti kamu nggak perlu takut tubuhmu bisa tiba-tiba berotot hanya karena latihan angkat beban. Dan, meskipun pria memiliki testoteron 10 kali lebih banyak, membentuk tubuh kekar dan besar tetaplah nggak semudah kelihatannya. Jadi, jangan khawatir kamu akan menjadi terlalu kekar karena melakukan latihan angkat beban, ya!

“Angkat beban itu penting untuk menjaga metabolisme, memberikan definisi tubuh (lekuk tubuh) yang baik”, ungkap Alvin.

Jadi, untuk sukses diet dan nge-gym, kombinasikan latihan yang kamu lakukan mulai dari kardio hingga latihan angkat beban.

CEK DI SINI UNTUK BERBAGAI PERALATAN ANGKAT BEBAN DI BLIBLI.COM

Semangat hanya di awal dan nggak mempertahankan konsistensi

Kesalahan umum saat nge-gym
Via – @alvinhartantoo

Tentu kamu tidak menginginkan tubuh yang sehat dan proposional untuk sementara waktu saja, bukan? Maka dari itu, menjalani pola hidup sehat juga harus kamu lakukan dalam jangka waktu yang panjang juga. Alvin pun menekankan betapa sering orang beranggapan bahwa diet atau fitness adalah hal yang sementara. Padahal, pola hidup sehat memerlukan konsistensi, lho!

“Saat mau diet atau nge-gym, kita harus berpikir bahwa hal ini selamanya karena kita ingin sehat dengan tubuh proposional selamanya. Maka dari itu, pola makan dan latihan harus di-maintain dan konsisten”, jelas Alvin.

Karena itu, Alvin menyarankan untuk mengatur pola makan dan diet yang tidak membosankan. Tentu kamu nggak mau bukan hanya mengonsumsi ayam rebus tanpa rasa setiap hari? Soal pola makan, Alvin mengatakan bahwa hal ini sederhana karena kamu cukup menghindari goreng-gorengan, makanan manis, dan juga karbohidrat berlebih.

Nutritionist yang juga memiliki katering makanan sehat Naturale Kitchen ini mengingatkan selain pola makan yang seimbang, olahraga pun harus rutin.

“Seperti wajah yang perlu kamu bersihkan rutin, badan pun perlu kamu latih secara rutin lewat olahraga 3 hingga 4 kali seminggu”, tambah Alvin.

BIAR SELALU SEMANGAT BEROLAHRAGA SECARA RUTIN, BELI PERLENGKAPAN OLAHRAGA INI YUK!

Percaya penuh pada suplemen

Kesalahan umum saat nge-gym
Via – @alvinhartantoo

Terlalu mempercayai suplemen adalah kesalahan umum saat nge-gym selanjutnya. Baik itu suplemen untuk menaikkan massa otot atau suplemen untuk menurunkan berat badan, suplemen akan sia-sia belaka tanpa pola makan dan latihan yang benar.

“Faktanya, banyak yang beranggapan supplement is magic ketika suplemen sebenarnya hanyalah makanan pembantu. Dibanding mengonsumsi suplemen, kamu bisa beralih ke berbagai makanan natural yang tentu lebih sehat dan bebas dari bahan kimia seperti susu, yoghurt, atau buah-buahan,” ungkap Alvin.

Alvin juga sekali lagi menekankan bahwa hal yang lebih penting daripada menggunakan suplemen adalah memastikan pola makan dan pengaturan kalori yang tepat.

CEK DI SINI UNTUK BERBAGAI MAKANAN ORGANIK SEHAT DI BLIBLI.COM

Asal makan tanpa mengetahui kebutuhan kalori

Kesalahan umum saat nge-gym
Via – @naturalekitchen.id

Kembali ke pola makan, banyak orang yang menginginkan hasil cepat sehingga melakukan diet ekstrem. Alvin menekankan lagi pada kamu yang ingin memulai pola hidup sehat untuk memperhatikan pola makan dan juga kebutuhan kalori.

“Jangan jadikan karbo sebagai main dish. Konsumsi karbo yang cukup adalah sekitar sekepalan tangan”, saran Alvin.

Biar nggak bosan, Alvin juga mengatakan bahwa mengonsumsi cheat meal sesekali dalam sebulan juga nggak masalah. Tapi ingat, cheat meal nggak sama dengan cheat day, lho. Jadi, bukan berarti kamu bisa memakan makanan-makanan nggak sehat seharian penuh.

Soal penghitungan kebutuhan kalori, Alvin juga membagikan tips sederhana, lho!

“Jika kamu ingin mengurangi berat badan, kebutuhan kalori kamu adalah berat badan dikali 25. Sedangkan jika ingin menaikkan berat badan, kebutuhan kalori adalah berat badan dikali 33 dan ditambah 500 kalori. Jika tubuh sudah ideal, kebutuhan kalori untuk menjaga atau maintain adalah berat badan dikali 33”, jelas Alvin.

Mudah banget, kan?

MAINTAIN BERAT BADANMU DENGAN MAKANAN INI


Sebelum mengakhiri obrolan seru seputar kesalahan umum saat nge-gym, Alvin juga menyampaikan kepada kamu yang tengah atau ingin memulai pola hidup sehat lewat nge-gym untuk bersabar. Karena hasil yang baik tentu nggak bisa didapat dengan instant, bukan?

Untuk tau lebih banyak rahasia Alvin Hartanto dalam menjalani pola hidup sehat, coba saja langsung ikuti Alvin di thefamousfitnessplan.com atau Instagramnya di @alvinhartantoo. Kamu juga bisa tonton Vlog Alvin di Channel Youtube Alvin Hartanto.

Supaya nge-gym jadi lebih maksimal lagi, klik Blibli.com dan #BlibliSekarang berbagai perlengkapan fitness yang keren dan dijamin seru buat menemani aktivitas nge-gym.

CEK DI SINI UNTUK BERBAGAI KEBUTUHAN NGE-GYM DI BLIBLI.COM

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY