me

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung A03s

Jun 03, 2024.By Jarvis
Bagikan

Image Source : gizmologi.id

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A03s – Samsung A03s memang termasuk smartphone yang lagi tenar akhir-akhir ini, karena punya spesifikasi yang mumpuni dan harganya terjangkau. Smartphone ini dinilai bisa memfasilitasi aktivitas online harian secara lebih maksimal, khususnya untuk browsing dan bersosial media.

Sebelum beli, Blibli Friends wajib tau nih apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung A03, biar bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Sama seperti smartphone pada umumnya, smartphone Samsung ini juga punya kelebihan dan kekurangan di aspek-aspek tertentu. Biar lebih jelas, yuk! simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Perbandingan Oppo Find X2 Pro vs Samsung Galaxy S20 Ultra

______________________________________________________

Kelebihan Samsung A03s

Samsung A03s
Image Source: askara.co

Samsung A03s hadir dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga masyarakat bisa punya smartphone berkualitas tanpa harus siap banyak dana. Nggak cuma karena murah, smartphone ini juga memiliki banyak keunggulan yang berhasil bikin masyarakat terpikat.

Layar Luas dan Beresolusi Tinggi

Ukuran layar yang dimiliki Samsung A03s terbilang cukup luas, sehingga bisa membuat pengguna lebih nyaman saat beraktivitas. Selain itu, resolusinya pun cukup tinggi, sehingga tampilan visualnya bisa lebih jernih, tajam, dan memuaskan. Smartphone ini menggunakan layar PLS LCD dengan kamera selfie berkonsep punch hole.

Desain Terlihat Elegan

Buat kamu yang kurang suka smartphone dengan warna dan desain yang mencolok, Samsung A03s bisa jadi pilihan yang tepat. Smartphone yang dirilis pada September 2021 ini memiliki desain yang lebih sederhana, elegan, dan varian warnanya pun lebih calm. Dimensi dan bobot dari smartphone ini terbilang cukup ideal, karena sangat nyaman digenggam.

Design Samsung A30s
Image Source: samsung.com

Fingerprint di Bagian Samping

Fingerprint pada smartphone Samsung ini sudah berada di bagian samping, menyatu dengan tombol power, sehingga lebih mudah untuk diakses. Letak fingerprint ini terbilang lebih efisien jika dibandingkan dengan smartphone lain yang menggunakan sensor fingerprint kapasitif di bagian belakang.

Memiliki Port USB Type C dan Slot microSD khusus

Samsung A03s sudah hadir dengan port USB Type C yang membuatnya terlihat semakin modern dan sudah mendukung USB OTG. Selain itu, pengguna juga dipermudah untuk memindahkan file ke kartu microSD, karena smartphone ini sudah memiliki slot microSD khusus.

Nggak cuma itu, Samsung A03s juga bisa digunakan untuk dual-SIM, karena slot dual-SIM sudah tersedia, bersamaan dengan slot microSD.

Harga Terjangkau

Keunggulan lain yang dimiliki Samsung A03s adalah harganya tergolong murah dan beragam, sehingga pengguna lebih bebas memilih. Blibli Friends bisa pilih untuk beli Samsung A03s yang dijual seharga Rp1.5 jutaan atau yang Rp1.7 jutaan sesuai kebutuhan. Dengan harga yang terjangkau, kamu sudah bisa mendapat smartphone dengan RAM (3GB, 4GB) dan storage (32GB, 64GB) yang memadai.

Baterai Berkapasitas Besar

Baterai yang dimiliki Samsung A03s memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni sebesar 5000 mAh, sehingga bisa lebih lama digunakan. Dengan kapasitas baterai yang cukup besar ini, kamu bisa menonton video selama 19 jam dan browsing 15 jam non-stop.

Selain itu, aktivitas telpon juga bisa dilakukan selama 32 jam. Kamu juga nggak perlu khawatir karena baterai ini memiliki proses charging yang cepat, dengan adanya fitur fast charging 15W.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A03s
Image Source: inet.detik.com

Kekurangan Samsung A03s

Meski memiliki banyak keunggulan, Samsung A03s juga nggak luput dari beberapa kekurangan, dan ini sudah menjadi hal yang lumrah. Meskipun begitu, tiap orang tentu punya tingkat pemakluman tersendiri tentang kekurangan smartphone Samsung ini.

Karena bisa jadi, hal yang dianggap kelebihan bisa jadi dianggap sebagai kekurangan atau justru sebaliknya. Silahkan baca artikel ini sampai habis ya, biar kamu juga bisa lebih paham kekurangan yang dimiliki Samsung A03s ini.

Chipset Kurang Bertenaga

Kekurangan lain dari Samsung A03s adalah memiliki performa yang kurang maksimal, karena masih menggunakan chipset yang kurang maksimal. Chipset MediaTek Helio P35 yang digunakan, belum berbasis Cortex A7x, sehingga kinerjanya masih kurang bertenaga. Smartphone ini masih tergolong lambat dan cuma cocok untuk aktivitas online ringan, karena chipsetnya masih berbasis Cortex A53.

Namun, dengan chipset jenis ini, Samsung A03s cuma bisa memfasilitas aktivitas perpesanan, browsing, multimedia, dan aktivitas ringan lainnya. Selain itu, smartphone ini juga cuma bisa digunakan untuk memainkan game-game kasual dengan detail grafis yang nggak terlalu tinggi.

Belum Ada Kamera Ultrawide

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A03s
Image Source: samsung.com

Hal ini sebenarnya bukan suatu masalah besar, karena banyak juga smartphone Rp1 jutaan yang belum dibekali kamera ultrawide. Namun, daripada menggunakan kamera macro dan sensor micro, lebih baik smartphone ini dibekali dengan kamera ultrawide saja.

Secara umum pengguna smartphone pasti suka melakukan aktivitas fotografi dengan sudut pandang luas, untuk mengabadikan momen kebersamaan/pemandangan indah. Namun sayangnya, tanpa kamera ultrawide, hasil foto jadi kurang memuaskan.

Absennya Beberapa Fitur Penting

Selain itu, smartphone Samsung ini juga masih belum dibekali dengan beberapa fitur penting yang umumnya ada di smartphone ternama. Beberapa fitur tersebut adalah sensor kompas, dan NFC (Near Field Communication).

Sangat disayangkan Samsung A03s nggak dibekali sensor kompas, sehingga pengguna nggak bisa menggunakannya sebagai penentu arah saat offline. Sedangkan ketiadaan fitur NFC masih bisa dimaklumi, karena harga smartphone ini tergolong murah.

Spesifikasi Singkat Samsung A03s

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A03s
Image Source: samsung.com

Samsung A03s merupakan smartphone berteknologi 4G terbaru dari Samsung yang dirilis di Indonesia pada September 2021 lalu. Smartphone ini memiliki performa yang didukung chipset MediaTek Helio P35 (12 nm), prosesor Octa-core (Cortex-A53), dan OS Android 11. Visual dari smartphone Samsung ini ditampilkan pada layar berukuran 6,5 mm berjenis PLS LCD (HD+).

Smartphone ini dibekali triple camera dengan kamera utama masing-masing berukuran 5 MP (selfie) dan 13 MP (kamera belakang). Kemudian ada kamera macro dan sensor depth yang berukuran 2 MP, dan kamera ini bisa merekam video berkualitas 1080p@30/60fps. Smartphone ini menggunakan baterai berkapasitas cukup besar, yakni sebesar 5000 mAh yang telah didukung fitur fast charging 15W.

Ruang penyimpanan dan RAM yang dimiliki Samsung A03s juga cukup memadai dan masing-masing tersedia dalam 2 varian. RAM yang tersedia terdiri dari 3GB dan 4GB, sedangkan memori internalnya terdiri dari 32GB dan 64GB (bisa didukung microSD). Smartphone Samsung ini juga memiliki beberapa fitur lainnya, seperti fingerprint (side-mounted), 3.5 mm jack audio, dan face unlock.

Sama halnya dengan smartphone-smartphone lain, Samsung A03s juga punya kelebihan dan kekurangan tersendiri. Meskipun demikian, kekurangan yang dimiliki smartphone ini masih terbilang wajar, mengingat harga yang ditawarkan pun terbilang cukup terjangkau. Meski masih ada beberapa kekurangan, kelebihan yang ada masih bisa menutupi kekurangan dari smartphone Rp1 jutaan ini.

_________________________________________________________

Baca Juga: Perbandingan Samsung Galaxy Z Fold 2 dan Samsung Note 20 Ultra

Nah, berikut adalah 10 kelebihan dan kekurangan Samsung A03s yang bisa dipertimbangkan. Biar lebih untung, Blibli Friends bisa beli Samsung A03s secara online di Blibli, barang dijamin ori, harganya pun terjangkau. Blibli lagi ngadain banyak promo dan potongan harga spesial nih, jadi harga smartphone bisa lebih murah. Tunggu apalagi? Yuk! beli Samsung A03s di Blibli sekarang dan nikmati banyak promo dan diskon menariknya.

BELI SAMSUNG A03S DENGAN HARGA TERMURAH HANYA DI BLIBLI!