Kegunaan Mendalami Seni Teater Pada Dalam Diri

Jika dulu ingin mengambil mata kuliah seni, pasti banyak yang meragukan. Bukan ragu akan materi pelajarannya, but what good will it do to you?

Karier luas bisa kamu peroleh dengan mendalami seni, tapi kamu juga mendapatkan cara ampuh menghadapi hal-hal yang tidak diajarkan bangku sekolah. Sebut saja urusan mengendalikan emosi dan meluapkan amarah sebagai contoh.

Tidak membatasi umur, seni pun punya peranan penting di perkembangan manusia sejak dini. Banyak hal yang belum dipahami oleh anak kecil, mulai dari hal-hal sederhana hingga kejadian signifikan yang berdampak di kemudian hari. Coba luangkan waktu kamu dengan menghadiri acara drama teater. Jangan salah, Indonesia memiliki banyak seniman, aktris, aktor, hingga desainer yang berkarya di dunia teater lho! Seperti nama-nama pada pagelaran wayang orang berjudul “Sang Sukrasana”.

Dengan membeli tiket di Blibli.com, kamu dapat melihat Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, Asmara Abigail, Tina Toon, hingga Inayah Wahid bercerita tentang kesaktian sebuah bangsa di lakon ini

Begitu banyak lifetime lessons yang diberikan dari dunia seni. Bahkan dapat kamu jadikan sebagai pedoman hidup, simak apa saja:

Tempat Menyalurkan Emosi

 

Banyak orang yang mengalami kesulitan mengekspresikan perasaan yang mereka rasakan, dari sedih, hancur, benci, marah, sedih, kecewa, suka, hingga berbunga-bunga. Banyak hal yang menjadi faktor perasaan tersebut dipendam. Satu hal yang paling sering terdengar adalah karena tidak mau menyakiti orang lain, bahkan ada yang memang tidak tahu bagaimana cara berekspresi.

Dengan berada di panggung teater, siapa pun dapat melepaskan topeng dan baju baja yang mereka kenakan selama ini. Karena bukan hanya dari mimik wajah, perasaan sebenarnya pun dapat diungkapkan melalui gerak tubuh dan intonasi suara.

UBAH MODE DI HP ANDA MENJADI SILENT SAAT NONTON TEATER DAN PANTAU MELALUI JAM INI!


Melatih Kepercayaan Diri

Demam panggung, begitu sebutan orang yang tidak suka berada di atas panggung dan menjadi pusat perhatian. Canggung di hari pertama dan kedua? Itu sudah pasti. Dengan terus-menerus beradu akting, akan lambat laun menjadikan kamu terbiasa dengan berdialog bersama orang baru. Kenapa kamu harus menguasai hal ini? Karena sekalinya rasa percaya diri kamu sudah meningkat, tantangan berikutnya adalah meluapkan emosi sesuai karakter di hadapan banyak orang. 

JANGAN MENGABAIKAN ASUPAN AIR MINUM, STAY HYDRATED DENGAN BOTOL MINUM DARI BUBI

Peka Terhadap Perasaan Orang Lain

Selain berekspresi, di dunia teater kamu juga belajar caranya menyikapi orang yang sedang meluapkan emosinya. Keahlian inilah yang banyak diabaikan orang karena terlalu fokus dengan diri sendiri sehingga mengabaikan orang lain yang sedang butuh pertolongan. Ingat ya, peka terhadap perasaan orang lain, apalagi orang yang kamu sayangi adalah suatu hal yang mulia, loh. Banyak orang yang tidak dapat menjerit tolong padahal sudah di antara hidup dan mati. Di sinilah kamu dapat menjadi the bigger person dan belajar mengerti perasaan dan perjalanan hidup insan lain di muka bumi.

SELALU SEDIA HANDUK WAJAH INI KETIKA KAMU HENDAK PERGI REHEARSAL TEATER!


Pesan Moral Kehidupan

Pasti kamu pernah kan membaca cerita rakyat seperti Bawang Putih Bawang Merah, Malin Kundang, Tangkuban Perahu atau Asal Mula Danau Toba? Ingatkah kamu bagaimana setiap perbuatan akan selalu ada akibatnya? Begitu juga dengan teater. Melalui panggung inilah kamu dapat menyampaikan pesan moral ke masyarakat yang hadir. Di sini, kita juga dapat mengedukasi masyarakat luas tanpa harus meninggalkan kesan menggurui.

TAMPIL MODIS DENGAN TAS MODEL DUFFLE DARI PUMA INI!


Meningkatkan Keahlian Bersosialisasi

Seperti yang telah disebutkan di nomor dua, bagi kamu yang mau mendalami seni ini pasti akan banyak bertemu dengan orang baru. Di sini kamu pasti akan bertemu sosok sahabat dan juga sebaliknya. Jangan menjauhkan dan mengisolasikan diri, belajarlah bagaimana menyikapi orang dan juga hal-hal yang tidak selaras dengan kamu.

JANGAN SAMPAI HP KAMU KEHABISAN BATERAI, GUNAKAN KESEMPATAN INI UNTUK BERTUKAR NOMOR!

Sebenarnya masih banyak manfaat seni pada diri kamu. Namun supaya lebih terasa lagi, coba kamu hadiri dulu lakon Sang Sukrasana yang akan dimainkan oleh Lukman Sardi di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada tanggal 17 November 2019! Beli tiketnya di Blibli.com ya!

Selamat mencoba ya!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY