Ini Trik Supaya Si Kecil Mudah Diajak Bekerjasama

Moms, memiliki anak yang mulai berkembang memang bisa dibilang penuh tantangan. Rasa ingin tahu mereka yang sedang berkembang seringkali menguji kesabaran kita.

The struggle is real. Perdebatan itu bisa terjadi sepanjang hari, dari menyuruh mereka mandi, meminta mereka memakan sayur, tertib di car seat, meminta mereka merapikan mainan… Wah, daftarnya bisa jadi sangat panjang! Dalam situasi seperti ini, sering banget Moms dibuat pusing dan jadi ngga produktif.

Lalu apa sih cara yang sebaiknya kita lakukan untuk memudahkan kerjasama dengan si buah hati agar mereka mau lebih kooperatif? Yuk, simak tips dan trik jitunya!

1. Jangan hadapi dengan keras

null
Photo by Pixabay

Saat Moms emosional dan terlalu keras menasihati si kecil, maka pada akhirnya, justru ngga menyelesaikan apapun. Anak akan melihat bahwa apa yang ia perbuat membuat emosi Moms terpicu. Dan ia akan mencobanya lagi, dan lagi, untuk melihat reaksi Moms. Jadi, selalu hadapi dengan sabar dan kepala dingin. Dengan begini Moms justru dapat berpikir dengan jernih.

2. Lakukan pendekatan

null
Photo by Pixabay

Ketika rewel dan susah diatur, coba deh lakukan pendekatan yang halus. Posisikan diri Moms sebagai sahabat si anak. Dekati dan ajak ia bicara baik-baik. Tanyakan apa maunya. Biasanya jika ditanya dengan nada yang bersahabat, si kecil akan menjawab dengan nada rendah, tidak lagi ngotot. Dan jika keinginannya tersebut tidak memungkinkan untuk Moms penuhi, cobalah bernegosiasi dengannya dan berikan alasan yang benar (tidak mengada-ada ya, Moms).

Misalnya saat si kecil menolak makan sayur, coba jelaskan bahwa sayuran yang dimakannya bisa membuat ia sehat. Tentu saja hal ini perlu disampaikan dengan cara menarik. Misalnya, “Wortel ini bisa bantu kamu melihat dalam gelap, lho!”

BUAT SUASANA MAKAN LEBIH MENYENANGKAN DENGAN PILIHAN KURSI MAKAN BAYI INI

3. Buatlah peraturan khusus buat anak

null
Photo by Pixabay

Menghadapi anak memang perlu siasat. Tapi, ingat ya moms! kalau mereka masih kecil dan memiliki pola pikir tersendiri. Membuat peraturan itu penting sejak dini. Namun, melatih disiplin dengan membuat peraturan harus disesuaikan dengan usianya.

Saat menerapkannya pada anak, jadikan peraturan itu menyenangkan. Berilah reward and consequences yang baik dan mendidik sehingga sang anak mengerti apa kesalahannya saat menerima konsekuensi. Atau justru sebaliknya, anak akan tahu akan perbuatan baiknya saat menerima reward.

STROLLER JUSTICE LEAGUE YANG BISA DIGUNAKAN UNTUK ANAK LAKI-LAKI MAUPUN PEREMPUAN

4. Jangan ciptakan trauma

null
Photo by Pexels

Ya, ini sangat ngga boleh ya! Trauma yang dialami sejak kecil bisa ‘menghantui’ masa depannya. Tapi, Moms… trauma ini nggak hanya sesuatu yang besar dan menyeramkan, tapi juga bisa bermula dari hal yang sepele. Misalnya, saat si kecil menolak tidur dan Moms menakut-nakutinya akan didatangi monster jahat. Rasa takutnya itu mungkin saja dibawanya sampai ia dewasa nanti.

Daripada menakutinya, coba cara yang lebih lembut. Misalnya dengan mendongengkan cerita dari buku favoritnya. Buatlah rutinitas sebelum tidur. Misalnya, cuci tangan dan kaki, baca dongeng, dan berdoa sebelum menyuruhnya tidur.

BUKU CERITA TENTANG KELINCI INI BISA JADI FAVORIT SI KECIL

5. Mencari perlengkapan anak yang menarik

null
Photo by Baby Does on Instagram

Moms tahu nggak sih kalau biasanya perlengkapan anak itu memiliki desain kaku yang membuat si buah hati merasa nggak nyaman menggunakannya. Sebagai orang tua, Moms perlu cermat memilih perlengkapan anak. Seperti mencari perlengkapan dengan kenyamanan maksimal disertai desain yang menyenangkan. Bahkan, Moms juga bisa kok memilih perlengkapan yang bergambar super hero. Karena super hero adalah sosok pahlawan yang bisa menjadi bahan cerita positif untuk sang anak.

Nggak usah bingung untuk beli di mana, karena Blibli.com menghadirkan koleksi Justice League Gear Collection. Perlengkapan anak mulai dari baby box, kursi makan, carrier, car seat, hingga stroller, yang terinspirasi dari para pahlawan Justice League. Untuk anak perempuan kamu bisa memilih karakter Wonder Woman, atau ada juga kok karakter Superman dan Batman yang bisa digunakan oleh anak laki-laki. Dengan cara ini, pasti si kecil makin senang dan happy!

Berbelanja di Blibli.com selain menghadirkan koleksi lengkap, keaslian barang dijamin 100%, kamu juga bisa lebih hemat waktu belanja. Di sini, proses berbelanja dijamin aman, dengan proses pembayaran yang mudah dan akurat. Cek di sini untuk promo lengkapnya.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY