Ini Tanda Shock Motor Kamu Sudah Mesti Diganti

Shock breaker atau peredam kejut berbentuk silinder seperti di motor kamu adalah sesuatu yang klasik. Pengembangannya bisa macam-macam tapi prinsipnya tetap sama. Seenggaknya mulai dari tahun 1908, Scott Motorcycle Company sudah bikin shock bentuk tabung yang bisa mengajrut-ajrut.

Dulu disebutnya teleskopik soalnya memang benda satu ini mirip sama yang namanya teleskop. Kalau disebut teleskopik, artinya dia juga bisa maju-mundur dengan bidang-bidang diameter yang berbeda supaya bisa keluar-masuk, memanjang atau memendek.

Bidang-bidang berupa silinder itu hanya satu bagian. Kalau kita ngomongin shock belakang, di dalamnya juga terdapat oli.

Lalu di luarnya ada per yang bentuknya seperti ular melingkar-lingkar di atas pagar. Bidang-bidang silinder beda diameter okelah sudah dipahami punya fungsi untuk bisa bergerak keluar masuk. Lalu fungsi per tentu ya meredam juga.

Lantas apa fungsi oli? Ini juga untuk meredam. Jadi prinsipnya ada dua sistem peredaman. Per dan oli bekerja sama saat dua tabung beda diameter tadi bergerak naik-turun.

Satu lagi yang jangan ketinggalan adalah sil atau karet. Fungsinya menjaga oli tetap di dalam, sekalipun kena pres terus sewaktu tabung-tabung beda diameter itu bergerak-gerak. Kerja bareng semua benda ini bikin kamu tetap nyaman saat melalui jalan yang enggak rata.

Tapi kadang semuanya enggak bisa utuh kerja bareng. Artinya, shock motor kamu bermasalah. Mungkin terasa enggak enak, dan lain sebagainya. Seperti apa ya ciri-cirinya?

Badan Kamu Kok Rasanya Jadi Pegal-Pegal

Biker, Benelli, 750, Six, Moto, Motorcycles, Freedom
Photo via Pixabay

Motor yang kamu pakai kok rasanya bisa bikin pegal-pegal, beda dari biasanya apalagi waktu motor kamu masih baru. Kalau kondisinya seperti ini, kamu bisa curiga sama dua hal. Pertama adalah ban. Kedua adalah shock motor kamu.

Curiga sama ban ini penting karena mungkin kamu pegal-pegal gara-gara tekanan anginnya enggak stabil atau mungkin velg motor peang.

Nah, kalau ternyata roda motor kamu baik-baik saja, curigalah pada shock. Bisa jadi, shock kamu sudah mati. Ini adalah istilah yang menggambarkan bahwa fungsi redam di shock motor kamu sudah tidak berfungsi semestinya.

Coba aja kamu naiki motor, lalu kasih beban, lalu lepas. Kalau shock kamu rasanya seperti mantul-mantul, ini artinya oli di dalam shock motor kamu udah berkurang atau malah habis sehingga sistem peredaman cuma mengandalkan per.

Sebaiknya kamu ganti yang baru. Soalnya kalau diakali, paling fungsinya tidak lama dan kamu malah pegal-pegal lagi.

PILIHAN SHOCK MOTOR SUPAYA KAMU ENGGAK PEGAL-PEGAL LAGI

Bunyi-Bunyi Kalau Lewat Polisi Tidur

Caution Sign, Speed Bump Ahead, Roadsign, Rough Road
Photo via Pixabay

Kamu mulai mendengar bunyi-bunyi aneh waktu lewat polisi tidur? Jangan dianggap klenik dulu. Ini serius, Bunyi-bunyi aneh itu misalnya terdengar seperti suara logam-logam yang bergesekan atau beradu.

Bunyi ini bisa menandakan kalau shock motor kamu sudah tidak punya penopang, yakni oli. Ketika silinder-silinder shock dalam kondisi pres dan kembali lagi, benturan jadinya tidak terhindarkan karena tidak ada oli.

Jika sudah begitu, artinya ya shock kamu hanya mengandalkan per, dan parahnya oli mungkin sudah tidak ada sama sekali karena gesekan terjadi akibat sil yang juga sudah tidak ada.

Ini bisa jadi karena saat hujan dan melibas genangan kotor, kamu malas cuci motor. Begitu terus selama bertahun-tahun. Akhirnya kotoran berupa pasir-pasir tajam merobek sil karet shock. Apalagi kalau motor kamu sudah berumur, mungkin Scoopy atau Beat edisi awal. Ganti saja dengan shock-shock untuk motor ini.

SHOCK-SHOCK UNTUK HONDA SCOOPY SAMPAI BEAT

Sering Bawa Beban dan Hajar Lubang

Heavy Transport, Supply, Motorcycle, Charged, Loading
Photo via Pixabay

Kalau rasa-rasanya shock seperti mulai sering berayun-ayun, coba ingat-ingat apakah kamu terlampau sering bawa beban berat atau kerap main hajar lubang.

Motor terutama shock bagaimanapun punya batas beban. Bukan berarti kalau motor kamu sebesar NMAX yang nyaman lalu bisa kuat bawa beban-beban di atas batasan di buku panduan.

Beban lebih apalagi dipakai untuk hajar lubang bisa bikin shock kamu bengkok, bukan cuma gampang bocor. Kalau sudah bengkok, shock ini sulit untuk diperbaiki.

SHOCK-SHOCK NMAX DAN PILIHAN WARNANYA

Jadi, jagalah fungsi shock dan perhatikan kembali cara berkendara kamu. Kalau shock sudah tidak nyaman, sebaiknya ganti yang baru. Shock-shock ini tersedia di Blibli.com. Pastikan, kamu belanja kebutuhan otomotif kamu di Blibli.com.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY