Ide Permainan Air untuk Si Kecil Saat Cuaca Panas

Saat cuaca sedang panas-panasnya seperti ini, paling enak mengajak anak main air di halaman menjelang sore hari. Bermain di luar akan membuat anak lebih aktif bergerak ketimbang hanya berkutat dengan gadget sambil kipas-kipas atau menyalakan AC di dalam rumah.

Kegiatan untuk si kecil tidak hanya sebatas bermain di kolam renang portabel di halaman saja. Ibu cerdas yang kreatif seperti Moms pasti punya segudang ide untuk membuat aktivitas di luar rumah ini semakin seru. Dengan keran, selang air, mainan anak, dan terpal, Moms sudah bisa membuat berbagai games menarik.

Inilah beberapa ide permainan air untuk si kecil saat cuaca panas.

Limbo Air

Via Pixabay

Moms pasti sudah pernah tahu tentang limbo. Permainan ini biasa dilakukan saat pesta di mana seseorang harus melewati palang kayu dengan cara membungkuk ke belakang seperti hendak kayang. Pemain tidak boleh menyentuh palang apalagi menjatuhkannya. Permainan akan semakin seru ketika posisi palang kayu semakin rendah.

Saat cuaca panas begini, Moms bisa bermain limbo bersama si kecil di halaman rumah. Tapi, kali ini Moms bisa menggantikan palang kayu dengan aliran air yang disemprotkan dari selang. Tantang si kecil untuk melewati bagian bawah dari aliran air tersebut, tanpa mengenai atau memotongnya. Jangan lupa setel musik agar permainan limbo air lebih menyenangkan.

MAINAN LIMBO SPRINKLER INI BIKIN WAKTU BERMAIN AIR BERSAMA ANAK SEMAKIN SERU.

Balon Air

Via Pixabay

Ketika mendengar balon air, Moms pasti membayangkan ide permainan saling lempar antara dua kubu. Permainan perang balon air memang seru. Anak-anak bisa mengundang teman-temannya untuk bermain bersama di halaman rumah. Atau, si kecil juga bisa main perang balon dengan tetangga, dengan pagar rumah sebagai bentengnya.

Tapi, jangan dikira permainan balon air hanya sebatas perang saling lempar saja. Ada banyak ide permainan balon air lainnya yang bisa Moms lakukan bersama si kecil.

Moms bisa menggunakan balon berisi air sebagai pinata, atau bola yang dipukul dengan stik kasti. Selain itu, Moms dan si kecil juga dapat bermain lempar balon air, di mana salah satu pemain melempar balon, sementara pemain lainnya mencoba menangkap dengan baskom atau wadah terbuka lainnya.

MAIN BALON AIR AKAN SEMAKIN SERU DENGAN ZURU BUNCH O BALLOONS INI

Perang Air

Via Pixabay

Ide permainan air lainnya yang asyik dilakukan saat cuaca panas adalah perang-perangan dengan pistol air. Moms bisa mengajak anak bermain peran sebagai polisi dan pencuri atau tentara dari dua kubu yang berseteru.

Permainan ini juga bisa dilakukan si kecil dengan teman atau sepupunya, asalkan masih tetap di bawah pengawasan Moms. Dengan “lawan” sebaya yang memiliki strategi dan kekuatan setara, maka permainan akan terasa lebih seru.

Sebagai catatan, sebelum permainan ini dimulai, Moms harus menetapkan aturan agar tembakan air tidak mengenai bagian berbahaya seperti wajah. Moms juga perlu mengingatkan anak bahwa permainan ini hanya untuk seru-seruan saja. Ajarkan si kecil untuk tetap mengontrol emosi sehingga tidak berusaha menyakiti lawan mainnya.

UNIK! PISTOL AIR MAINAN INI DILENGKAPI PAYUNG SEBAGAI TAMENG UNTUK MENANGKIS SERANGAN LAWAN.

Balapan Bebek Karet

Via Pixabay

Selain perang-perangan, Moms dan si kecil juga bisa mencoba permainan balapan bebek karet dengan menggunakan pistol air. Persiapan permainan ini memang agak ribet, di mana Moms perlu membuat jalur air di atas terpal.

Setelah terpal dibentangkan, Moms harus mengisi air sampai ketinggian tertentu sehingga bebek karet bisa mengapung. Ketika arena permainan siap, Moms bisa mulai mengajak anak bermain dengan menembak bebek karet sampai ke ujung lintasan.

Permainan balapan selalu terasa seru. Si kecil akan merasakan ketegangan saat beradu cepat mendorong bebek karet sampai ke ujung lintasan.

Agar permainan lebih menarik, Moms juga bisa menyiapkan hadiah sederhana bagi pemenang permainan ini. Jika anak sudah bosan dengan balapan bebek karet, Moms bisa menjadikan lintasan air di atas terpal sebagai media seluncur untuk si kecil.

MOMS JUGA BISA AJAK ANAK MAIN BALAPAN BEBEK KARET DI ATAS KARPET KOLAM RENANG DARI INTEX INI.

Memancing “Ikan”

Via Pixabay

Musim panas adalah waktu yang tepat buat mengeluarkan kolam renang anak portable dari gudang. Meski Moms harus repot harus memompa dan mengisi air kolam, kelelahan akan terbayar ketika melihat anak ceria ketika bermain.

Biar lebih seru, Moms bisa menambahkan permainan memancing ikan di kolam. Moms hanya perlu menambahkan mainan ikan magnet dan kailnya, ember untuk menampung hasil tangkapan, serta bola-bola di dalam kolam. Moms juga dapat menantang si kecil untuk berlomba menangkap ikan terbanyak.

KOLAM RENANG ANAK INI DILENGKAPI PEROSOTAN DAN AKSESORIS PERMAINAN PANCING IKAN.

Moms bisa menggunakan peralatan sederhana yang ada di rumah untuk menciptakan berbagai permainan air yang menarik. Tetapi, jika perlu perlengkapan tambahan, maka Moms dapat menemukannya di Blibli.com. Dengan layanan free shipping dan fast delivery, Blibli.com akan membantu mewujudkan gagasan permainan air yang Moms bayangkan menjadi nyata.

Setelah keseruan bermain air, Moms juga perlu menyiapkan air mandi yang hangat, minyak kayu putih atau minyak telon, dan makanan atau minuman hangat. Dengan begitu si kecil akan terhindar dari penyakit akibat basah terlalu lama.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY