Mau Kredit Motor? Pastikan Kamu Perhatikan 5 Hal Berikut!

Motor jadi moda transportasi yang paling digemari oleh banyak orang, khususnya kaum urban dengan mobilitas tinggi. Fungsi motor masih paling cocok untuk dipakai ke sana-sini dengan cepat. Bisa dibilang, punya motor masih jadi impian banyak orang mengingat waktu tempuh di jalan masih sangat berharga untuk sebagian orang.

Karena memang kebutuhan tersebut, banyak orang yang akhirnya tetap mau punya motor walaupun dengan cara kredit bulanan. Tidak salah sama sekali, kok, pilihan yang satu ini. Namun, kalau sudah sudah urusan sama yang namanya cicilan, ada yang harus diperhatikan loh, Friends.

Nah, apa saja hal yang harus kamu perhatian sebelum mengambil kredit motor? Simak deretannya di bawah ini!

1. Harga Jadi Perhatian Pertama

null

Harga bukan hanya banderol yang terpampang dari sebuah barang. Buat kamu yang mau cicilan motor, harga jadi hal pertama yang harus masuk ke dalam pertimbangan kamu, Friends. Pastinya, kamu harus menyesuaikan dengan penghasilan setiap bulannya. Masalahnya, harga ini juga akan berbuntut pada besaran down payment (DP) dan cicilan yang harus kamu bayarkan tiap bulannya.

Dengan tahu harga motor yang diidam-idamkan tersebut, kamu jadi bisa menghitung jumlah uang yang harus disiapkan pertama kali dan tiap bulannya. Tidak ada salahnya melakukan survei kecil-kecilan untuk mengetahui harga motor dan varian motor dari merek lainnya. Siapa tahu, kamu malah bisa dapat pilihan terbaik dengan harga yang tepat.

PILIHAN MOTOR DENGAN HARGA BERSAING ADA DI SINI

2. Lamanya Tenor Cicilan

null

Selain besaran cicilan per bulan, kamu juga harus memperhatikan tenor cicilan. Pada dasarnya, semakin cepat kamu melunasi cicilan, semakin kecil juga kamu harus membayar bunganya. Begitu pun sebaliknya, kamu akan mendapatkan bunga cicilan yang besar saat memilih tenor yang lebih panjang.

Saat ini banyak leasing kredit motor yang kasih pilihan tenor panjang hingga 48 bulan (4 tahun). Memang, besaran cicilan yang harus dibayarkan lebih kecil. Namun, jumlah totalnya pasti akan lebih besar. Jadi, kembali ke nomor 1, kamu harus pertimbangkan kembali harga dan besaran DP supaya bisa mengambil tenor yang lebih pendek dengan cicilan yang lebih rendah juga.

3. Sesuai dengan Kamu dan Kebutuhanmu

null

Friends, beli motor juga harus disesuaiin sama kamu, loh. Buat kamu berbadan mungil, ya tidak perlu beli motor dengan bodi besar. Buat kamu yang suka pergi dengan jarak jauh, mungkin motor matic kecil bukan pilihan yang bijak. Motor bebek mungkin jadi pilihan yang paling aman untuk banyak orang, tapi perhatikan juga fiturnya karena setiap merek punya masing-masing keunggulan.

Selanjutnya, kamu harus tahu motor itu akan dipakai untuk apa, Friends. Nantinya, kebutuhan itu loh yang akan beri kamu keputusan akan memilih motor yang mana yang cocok untuk kamu. Harus diingat, kamu setidaknya harus bersahabat dengan motor baru itu sampai cicilannya lunas. Jadi, pilihlah dengan bijaksana.

CARI MOTOR YANG PALING SESUAI DENGAN KEPRIBADIAN DAN KEBUTUHAN KAMU DI SINI

4. Pastikan Pakai Asuransi

null

Ternyata, masih banyak orang yang menyepelekan asuransi kendaraan bermotor. Padahal, adanya asuransi bikin kamu lebih aman dan tenang saat berkendara di jalanan, Friends. Keberadaan asuransi pada motor kamu jadi semakin penting saat kamu membelinya dengan cara kredit.

Biasanya, motor kredit akan diberikan produk asuransi Total LossOnly (TLO) atau perlindungan saat kendaraan mengalami kerusakan hingga 75 persen atau kehilangan total. Setidaknya, kamu tidak akan terlalu merugi saat motor milik kamu rusak atau hilang sebelum cicilannya lunas.

Dengan asuransi, kekurangan pembayaran kamu akan ditanggung oleh pihak asuransi sampai lunas. Jadi, enggak ada istilahnya bayar terus, tapi motor sudah enggak bisa dipakai lagi.

5. Biaya-biaya Tambahan Lainnya

null

Punya motor berarti harus siap untuk merawatnya. Karena itu, kamu juga harus siap menyisihkan uang untuk membawanya ke bengkel dalam kurun waktu tertentu. Jangan sampai motor kamu jadi cepat rusak atau tidak enak pas dikendarai karena selalu lupa diservis rutin, ya.

Biaya selanjutnya pun tidak akan jauh-jauh dari bahan bakar. Mau tidak mau, kamu harus mengisi bahan bakar untuk buat motor kesayangan kamu itu bisa menyala dan jalan. Semakin jauh motor itu melaju, semakin banyak kamu butuh bahan bakar. Pastikan, pilih bahan bakar terbaik supaya mesin motor kamu lebih awet.

Biaya aksesori motor pun harus masuk ke dalam biaya tambahan, ya. Pastikan kamu pakai helm motor dengan standar terbaik yang aman. Selain itu, jaket untuk naik motor juga penting loh supaya kamu tidak masuk angin saat berkendara di malam hari.

LANGSUNG CARI AKSESORI UNTUK NAIK MOTOR DI SINI!

Sudah siap untuk ambil cicilan motor kesayangan kamu? Selamat mengaspal dengan motor baru kamu, ya!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY