Hal-Hal Simpel yang Mesti Diperhatikan Waktu Bangun Motor Custom

Photo by Pixabay

Bikin motor custom, bikin motor kita jadi beda. Terserah orang mau bilang itu soal identitas atau bukan. Yang jelas jadinya keren dan real. Makanya, sejarahnya sendiri awet dari entah tahun berapa sampai detik ini.

Namanya juga custom, pastinya basic atau motor yang jadi bahan ubahannya saja tiap negara beda-beda. Inggris punya motor-motornya sendiri, begitu juga dengan Amerika. Terus enggak akan habis-habisnya juga kalau bahas motor Jepang. Nah, masing-masing punya kultur custom yang menjalar juga ke Indonesia.

Motor custom “bobber” misalnya. Basic-nya dulu adalah Harley-Davidson yang terkesan gendut. Karena dibikin untuk adu kebut, terondol-lah part-part yang dianggap enggak perlu terutama bagian belakang. Ya, masih tetap gendut, tapi terondol. Begitulah bobber.

Lain lagi sama cafe racer yang katanya berawal rider-rider yang nongkrong di kafe di Inggris. Motor-motor balap mereka lebih slick dan punya aksen terutama di buntut.

Masih ada juga chopper yang panjang di depan, tracker, dan lain-lain. Tapi sebelum akhirnya bisa utuh dan jadi, ada beberapa tahapan yang mesti dimatangkan, selain tentunya sudah siap sama motor yang akan jadi bahan. Kita bahas satu-satu ya di bawah ini.

Mesti Tentukan Gaya, Jangan Pelihara Si Bingung

Photo by Pixabay

Karena gaya motor custom macam-macam, kamu memang jadi punya banyak pilihan. Namun, seringnya kebanyakan pilihan malah jadi bingung. Duh, jangan ajak-ajak si bingung. Jadi, ya langsung tentukan dan langsung rakit.

Sekalipun custom sama saja dengan kebebasan, kan hasil akhir yang estetis di sana-sini tetap jadi golnya. Nah, cara paling gampang dapat gaya yang estetis, coba kumpulkan contoh-contoh gambar. Bisa dari sumber kayak Instagram, website khusus motor custom, atau sesimpel googling dengan kata kunci jenis motor-motor custom tadi. Bisa juga dengan datang ke acara-acara motor custom.

Lihat part-part bodi yang dipakai di motor-motor ini, mulai dari tangki, lampu, sampai joknya. Sesuaikan sama gaya yang kamu pilih.

PILIH PART-PART BODI MOTOR CUSTOM DI SINI

Finishing Ikut Tentukan Karakter

Photo by Pixabay

Pernah liat gaya modifikasi “rat“. Motor yang finishing-nya seperti mentah kayak kendaraan masih di bengkel bahkan kayak abandoned ini juga masuk daftar gaya yang awet, seenggaknya selama satu dekade belakangan.

Kesannya punya konsep mateng banget, padahal simpel karena pakai warna bodi part asli yang kasih lihat sisi logamnya. Beda lagi sama yang dicat dan mulus.

Yang penting konsisten di seluruh bagian motor. Nah, faktor ini yang akhirnya ikut bangun karakter suatu motor. Semuanya bisa dimulai dari pilihan bodi tangki karena memang ini yang paling kelihatan di motor custom.

CARI TANGKI-TANGKI MOTOR CUSTOM YANG COCOK DI SINI

Isi Dompet Jangan Jadi Tuan, Biar Kita yang Atur

Photo by Pixabay

Dulunya, mungkin banyak yang pikir motor custom dibangun dengan kewajiban pusing soal dana. Tapi sekarang modal Rp1 jutaan juga sudah bisa bikin motor custom.

Satu jutaan rupiah bisa bikin motor custom? Hal yang penting paham dulu apa yang mesti diubah. Paham dulu juga mana yang jadi prioritas.

Misalnya, setelah motor di bongkar, pilih saja dulu bagian tangki dan jok, atau tangki dan handlebar alias setang motor. Yang penting tangki diganti pakai gaya klasik, habis itu pilih satu di antara dua part tadi.

Lagian, sudah banyak bengkel custom rumahan yang produksi part-part motor custom “eceran” macam begitu. Mau beli tangkinya saja, oke. Mau cuma beli jok pun juga disediakan. Tapi kualitasnya jangan diremehkan.

CEK PILIHAN TANGKI, JOK, DAN SETANG MOTOR CUSTOM HARGA BERSAHABAT DI SINI

Pastikan part-part yang cocok buat bangun motor custom kamu. Semoga ketemu yang pas ya, dari mulai bentuk, tampilan luar, dan ukurannya. Kamu bisa dapatkan part-part motor custom harga jempol di Blibli.com.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY