me

Apa Saja, Sih Hadiah Piala Dunia? Intip, Yuk!

Nov 20, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

www.totalsportal.com

Setelah lama dinanti akhirnya induk sepak bola dunia FIFA sudah ketok palu kalau World Cup 2022 Qatar akan kickoff pada tanggal 21 November sampai 18 Desember 2022 mendatang. Pesta olahraga sepak bola paling akbar sejagat ini bakalan memanjakanmu selama satu bulan penuh dengan pertandingan-pertandingan kelas dunia yang oke punya.

Dan edisi ke-22 turnamen sepak bola antar negara paling bergengsi ini juga spesial karena digelar pada musim dingin. Sebanyak 32 tim ikut berlaga yang akan diselenggarakan di lima kota yakni Doha, Lusail, Al Khor, Al Rayyan dan Al Wakrah. Sebanyak delapan stadion megah juga sudah siap untuk mendukung supaya semua pertandingan berjalan lancar.

 Baca juga: Jadwal Perebutan Piala di Pesta Bola Dunia 2022 Lengkap! 


Ini, Lho Hadiah Piala Dunia

Semua hal tentang Piala Dunia memang selalu menarik untuk dikulik. Mulai dari sejarahnya, bola yang dipakai dari masa ke masa, pemain yang oke, gol yang spektakuler, jersey yang dipakai sampai kisaran besar hadiah yang akan didapat pada setiap periodenya. Sebab FIFA nggak main-main, lho memberikan hadiah buat pemenang. Intip, yuk hadiahnya apa saja biar nggak bikin penasaran.

Hadiah Berupa Trofi

hadiah piala dunia
twitter.com/FIFAMuseum

Dari masa ke masa setiap negara yang berhasil menjadi juara pertandingan piala bola berhak mengangkat trofi di panggung. Dan selama ini hanya ada dua trofi yakni Piala Jules Rimet dari 1930 – 1970 dan pertandingan sepak bola FIFA dari 1974 sampai saat ini. Untuk lebih jelasnya simak yang berikut.

Trofi Piala Jules Rimet

hadiah piala dunia
timesofisrael.com

Trofi ini dirancang oleh Abel Lafeur yang mulanya diberi nama Victoria. Selanjutnya karena ingin menghormati Presiden FIFA Jules Rimet maka pada 1946 secara resmi berganti nama menjadi Piala Jules Rimet.

Piala Jules Rimet mempunyai tinggi 35 cm dengan bobot 3.8 kg dan dibuat dari perak murni berlapis emas dengan bagian dasar dari perunggu biru. Trofi World Cup ini berbentuk cangkir segi delapan yang dipegang oleh sosok bersayap yang mewakili Dewi Kemenangan Yunani yakni Nike. Dan tim yang pertama kali berhasil mendapatkan Piala Jules Rimet adalah timnas Uruguay.

Trofi Piala Dunia FIFA

Trofi berikutnya adalah Piala Dunia FIFA yang mulai diperkenalkan pada 1974. Seniman dari tujuh negara ikut ambil bagian dalam merancang desain Piala Dunia FIFA ini. Nah, rancangan dari seniman-seniman itu kemudian yang diproduksi GDE Bertoni adalah rancangan dari Silvio Gazzaniga.

Desain Piala Dunia FIFA sangat menarik, menggambarkan dua sosok manusia yang tengah memegang bumi. Lebih berat dari Piala Jules Rimet, karena trofi yang ini berbobot 6.142 kg dengan tinggi 36.8 cm. Terbuat dari emas 18 karat padat seberat 5 kg, bagian alas berdiameter 13 cm dan mempunyai cincin perunggu konsentris.

Tapi setiap juara hanya akan menerima trofi replika berlapis emas dan nggak bisa menyimpan yang asli secara permanen. Dan timnas terakhir yang menerima trofi Piala Dunia FIFA adalah Perancis pada World Cup 2018 di Rusia setelah berhasil menundukkan Kroasia di babak final. Lalu kira-kira timnas mana yang bakalan mengangkat trofi di ajang World Cup 2022 nanti?

Hadiah Berupa Medali

Selain trofi semua anggota tim mulai dari pemain, pelatih sampai manager juga akan menerima medali yang berlambangkan trofi Piala Dunia. Awalnya (sebelum turnamen 1978) medali hanya diberikan pada 11 pemain yang berlaga di babak final dan perebutan tempat ketiga. Namun sekarang semua anggota tim yang menang berhak juga mendapatkan medali.

Untuk pemenang pertama berhak mendapat medali emas, pemenang dua medali perak dan medali perunggu untuk pemenang ketiga.

Hadiah Berupa Uang

hadiah piala dunia
nigeriacp.net

Nggak heran jika setiap negara akan mengirimkan pemain-pemain terbaiknya karena seperti sudah disinggung sebelumnya, FIFA nggak main-main dalam memberikan hadiah uang buat tim juara. Dan pada World Cup 2022 hadiahnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan, lho daripada periode-periode sebelumnya.

Selain banyak kucuran dana dari sponsor, ini juga melanjutkan tren yang mana FIFA selalu meningkatkan hadiah uang secara gede-gedean selama 40 tahun terakhir. Tahun ini FIFA mengalokasikan dengan total dana sebesar 440 juta dolar atau sekitar Rp 6.7 triliun. Tim yang berhasil masuk putaran final juga sudah mengantongi uang dengan nilai fantastis yakni 9 juta dolar atau sekitar Rp 138 miliar.

Biar nggak penasaran, berikut perinciannya:

  • Hadiah keseluruhan: 440 juta dolar
  • Untuk juara: 42 juta dolar
  • Peringkat 2: 30 juta dolar
  • Peringkat 3: 27 juta dolar
  • Peringkat 4: 25 juta dolar
  • Posisi 5-8: 68 juta dolar atau 17 juta dolar per tim
  • Posisi 9-16: 104 juta dolar atau 13 juta dolar per tim
  • Posisi 17-32: 144 juta dolar atau 9 juta dolar per tim

Untuk pembagian besarnya uang yang diterima oleh masing-masing pemain, FIFA memberi kebebasan. Dan pada babak pengisian federasi juga akan memberikan uang saku pada pemain.

Hadiah Berupa Bonus

hadiah bonus
abc.net.au

Tim yang berlaga di gelaran World Cup 2022 juga akan mendapatkan sejumlah bonus. Nah, besarnya bonus ini antar tim bisa berbeda karena tergantung dari seberapa jauh tim mereka melangkah di putaran turnamen. Untuk pemain yang berhasil mencetak gol atau pencetak gol terbanyak selama turnamen biasanya juga akan mendapatkan bonus tersendiri.

Penghargaan Sepatu Emas, Bola Emas dan Sarung Tangan Emas

hadiah penghargaan
sportsest.com

Hal menarik lainnnya dari Piala Dunia adalah menebak-nebak kira-kira siapa yang bakalan mendapat penghargaan sepatu emas (golden shoe). Penghargaan ini diberikan pada striker yang berhasil mencetak gol terbanyak selama turnamen. Pencetak gol terbanyak kedua akan mendapat sepatu perak dan sepatu perunggu diberikan pada pencetak gol terbanyak ketiga.

Pada ajang Piala Dunia 2018 lalu striker Timnas Inggris Harry Kane yang berhasil mengemas enam gol memenangkan penghargaan golden shoe. Sedangkan sepatu perak diraih oleh Antoine Griezmann dari Perancis dan sepatu perunggu untuk Romelu Lukaku dari Belgia. Lantas pada World Cup 2022 nanti menurutmua siapa kandidat yang meraih akan golden shoe ?

Sementara penghargaan bola emas diberikan pada pemain terbaik pada setiap turnamen. Pada Piala Dunia 2018 peraih bola emas adalah Luca Modric asal Kroasia, bola perak untuk Eden Hazard dari Belgia dan pemain Perancis Antoine Griezmann meraih bola perunggu.

Untuk sarung tangan emas akan diberikan pada kiper dengan clean sheet terbanyak. Dan 2018 penghargaan ini diraih oleh penjaga gawang asal Belgia Thibaut Courtois.

Sebagai Ajang untuk Unjuk Diri

Selain hadiah materi dan trofi, semua tim dan pemain yang berlaga di Piala Dunia pasti punya kebanggaan tersendiri dan sebagai ajang untuk unjuk diri. Apalagi jika pemain tersebut punya skill bagus, performanya oke maka bukan nggak mungkin setelah ajang Piala Dunia selesai bakalan dilirik klub top dunia yang menawarkan kontrak dengan nilai fantastis.

Atau bila pemain tersebut berhasil menjadi pemain bintang karena mencetak gol terbanyak, melakukan hattrick atau karena wajahnya yang rupawan, setelah Piala Dunia usai akan dilirik brand terkenal dunia sebagai bintang iklan produk mereka.

Serba-Serbi World Cup

Piala Dunia selalu punya banyak hal menarik yang membuat banyak orang penasaran. Dan seperti sudah disebut sebelumnya FIFA menggelontorkan dana yang nggak sedikit untuk hadiah pemenang. Yang tiap kali turnamen diadakan selalu mengalami peningkatan. Besarnya hadiah dari masa ke masa juga tak luput dari perhatian pencinta bola dan hadiah Piala Dunia dari masa ke masa antara lain:

  • World Cup 1982 di Spanyol sebesar 2.2 juta dolar
  • World Cup 1986 di Mexico sebesar 2.6 juta dolar
  • World Cup 1990 di Italia sebesar 3.5 juta dolar
  • World Cup 1994 di Amerika Serikat sebesar 4 juta dolar
  • World Cup 1998 di Perancis sebesar 6 juta dolar
  • World Cup 2002 di Jepang dan Korea Selatan 8 juta dolar
  • World Cup 2006 di Jerman sebesar 20 juta dolar
  • World Cup 2010 di Afrika Selatan sebesar 30 juta dolar
  • World Cup 2014 di Brasil sebesar 35 juta dolar
  • World Cup 2018 di Rusia sebesar 38 juta dolar
  • World Cup 2022 di Qatar sebesar 42 juta dolar

Selain total hadiah yang fantastis, pentas sepak bola paling bergengsi ini setiap akhir turnamen juga memberikan penghargaan individu berupa sepatu emas untuk pemain yang mencetak gol terbanyak. Dan striker yang berhasil mendapatkan sepatu emas dari masa ke masa diantaranya:

  • World Cup 1982 Paolo Rossi – Italy  dengan 6 gol
  • World Cup 1986 Gary Lineker – Inggris dengan 6 gol
  • World Cup 1990 Salvatore Schillaci – Italia dengan 6 gol
  • World Cup 1994 Oleg Salenko – Russia dan Hristo Stoichkov – Bulgaria masing-masing 6 gol
  • World Cup 1998 Davor Suker – Croatia dengan 6 gol
  • World Cup 2002 Ronaldo – Brazil dengan 8 gol
  • World Cup 2006 Miroslav Klose – Jerman dengan 5 gol
  • World Cup 2010 Thomas Muller – Jerman dengan 5 gol
  • World Cup 2014 James Rodrguez – Colombia dengan 6 gol
  • World Cup 2018 Harry Kane – England dengan 6 gol

Nah, pada pertandingan sepak bola dunia 2022 Qatar walaupun menelan anggaran yang nggak sedikit, ternyata stadion yang disiapkan Qatar termasuk sedikit yakni delapan stadion saja. Yang mana tujuh stadion dibangun dari nol dan dilengkapi teknologi canggih sedangkan satu stadion lainnya direnovasi.

Selain itu untuk kenyamanan suporter karena panasnya cuaca, delapan stadion yang disiapkan tuan rumah dilengkapi AC dan ini menjadi solusi yang inovatif selama penyelenggaraan pesta bola dunia, lho.


Baca juga: Kiper Terbaik Piala Dunia, Ada Favoritmu di Sini?

Gimana Blibli Friends pencinta bola, sudah siap nonton semua pertandingan di World Cup 2022 Qatar? Biar nontonnya makin nyaman dan lebih seru bisa lewat Vidio. Vidio ini merupakan portal online atau situs web video streaming yang memungkinkan kamu nonton live streaming, siaran ulang dan jadwal terbaru World Cup 2022.

Untuk beli voucher-nya mudah, kok bisa di toko online Blibli dengan harga terbaik. Setelah pembayaran beres, kode voucher akan dikirim melalui e-mail yang terdaftar di Blibli. Mudah, kan? Bisa ditonton melalui aplikasi atau website Vidio mobile, smart tv dan PC. Nggak perlu menunda yuk, segera ke Blibli!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya