me

Fitur Terbaru iOS 16, Jangan Sampai Ketinggalan Ya!

Jun 13, 2022.By Jarvis
Bagikan

image source: gori.me

Siapa sih yang nggak kenal sama iPhone? Iphone adalah salah satu seri smartphone yang paling laris dan paling digandrungi masyarakat. Produk smartphone dari Apple ini berhasil membuat banyak orang jatuh cinta. Apalagi setiap tahunnya, Apple konsisten mengeluarkan seri iPhone terbaru. Sistem operasi yang dibawa juga pastinya baru. Salah satunya adalah sistem operasi iOS 16 yang baru aja rilis akhir-akhir ini.

BACA JUGA : Perbedaan iPhone XS dan iPhone XR, Sudah Tahu?

————————————————–

Fitur Terbaru iOS 16

Apple secara resmi memperkenalkan versi sistem operasi terbaru mereka yaitu iOS 16 pada. iOS 16 ini dikatakan sudah bisa digunakan pada semua seri iPhone 13 dan iPhone 14 yang akan dirilis pada September 2023 mendatang. Jadi bagi kamu pengguna seri iPhone terbaru, kamu harus banget tau soal fitur-fitur terbaru yang ada pada iOS 16 ini. Jadi kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut dengan baik.

Fitur Terbaru iOS 16

Kalau dirangkum, iOS 16 ini membawa sekitar lebih dari 20 fitur yang bisa dibahas. Fitur-fitur ini tentunya bukan hanya fitur baru aja. Namun juga ada beberapa fitur yang merupakan versi upgrade atau penyempurnaan dari versi iOS 15 pada iPhone yang sudah ada sebelumnya. Nah di bawah ini adalah beberapa fitur iOS 16 yang cukup menarik untuk dibahas karena tergolong baru dan bermanfaat.

Ganti Tampilan Lockscreen Jadi Lebih Mudah

Dengan iOS 16, kamu bisa ganti tampilan lockscreen dengan lebih mudah. Kamu hanya perlu menekan dan menahan lockscreen lalu pilih tampilan yang diinginkan dengan menggeser ke kiri atau kanan. Fitur ini diadaptasi dari fitur Apple Watch yang sudah lebih dulu menggunakan fitur ini. Fitur lockscreen ini juga mendukung pengaturan Link Focus yang sebelumnya belum ada pada versi iOS manapun.

Pengaturan Link Focus ini memungkinkan tampilan waktu pada lockscreen iPhone berada di belakang objek. Hal ini terjadi secara otomatis saat tampilan lockscreen yang kamu gunakan mendeteksi people atau orang. Misalnya foto kamu sendiri saat sedang berdiri. Jadi tampilan waktu nggak bakal menutupi wajahmu namun akan berpindah ke bagian belakang kamu secara otomatis. Keren banget ya fiturnya?

Akses Live Text di Safari

Live Text sendiri merupakan fitur yang sudah ada sejak versi iOS 15. Fitur ini memungkinkan iPhone mendeteksi teks yang terdapat di dalam sebuah foto. Bukan hanya itu, teks yang terdeteksi itu bisa kamu copy dan paste sesuai kebutuhan. Hanya saja fitur Live Text pada iOS 15 ini hanya bisa digunakan pada gambar yang tersimpan di Photos atau di dalam galeri foto iPhone kamu. Berbeda pada iOS 16.

Pada iOS 16 sendiri, fitur Live Text ini sudah bisa diakses di Safari. Jadi saat kamu menjelajahi internet dan membuka berbagai gambar maka fitur ini juga akan aktif. Fitur ini juga akan mendeteksi teks pada gambar yang ditampilkan di Safari. Kamu juga bisa melakukan copy paste atas teks yang terdeteksi ini. jadi nggak perlu ribet lagi menyimpan foto tersebut ke Photos terlebih dahulu. Langsung copas aja!

Copy Password Wifi

Pada versi-versi iOS sebelumnya, kamu nggak bisa melihat password dari wifi yang sudah terhubung ke iPhone kamu. Padahal ada kalanya kamu lupa passwordnya atau mau memberikan password ini ke teman kamu. Nah di iOS 16 ini, kamu sudah bisa cek dan copy password dari wifi yang terhubung ke iPhone kamu. Fitur ini bisa kamu akses dengan menggunakan Face ID terlebih dahulu supaya aman.

Custom Widget dan Font

Fitur lain pada iOS 16 yang wajib banget dibahas adalah custom widget dan font. Dengan fitur ini, kamu bisa mengubah tampilan widget sesuai selera dan keinginan kamu. Seenggaknya ada lebih dari sembilan tampilan widget yang bisa kamu ubah dan atur sesuai selera. Walau nggak begitu dibutuhkan, fitur seperti cocok untuk kamu yang suka mengatur tampilan iPhone supaya jadi jauh lebih rapi.

Ditambah lagi, jenis font hingga warna fontnya juga bisa kamu ubah. Fitur ini termasuk baru karena sebelumnya belum ada pada iPhone dengan iOS 15. Jadi bagi kamu yang sudah mengatur tema sendiri, fitur ini cocok banget buat kamu! Kamu bisa memilih sekitar 6 font dengan lebih dari tujuh pilihan warna berbeda. Mulai dari warna biru muda, ungu muda, ungu tua, merah muda, putih, dan warna lainnya.

Vibrate menjadi Haptics

Fitur selanjutnya yang cukup menarik untuk dibahas adalah hilangnya fitur vibrate atau getaran. Fitur ini sebenarnya bukan benar-benar hilang. Hanya saja pihak Apple mengganti nama fitur ini menjadi Haptics. Belum jelas alasan apa yang mendasari penggantian nama fitur ini. Selain nama yang berbeda, nggak ada hal lain yang berbeda dari fitur ini. Kamu hanya perlu tau supaya ke depannya nggak bingung.

Selain itu, fitur haptics atau getaran ini kini juga bisa terasa melalui Keyboard Feedback. Dengan kata lain, saat keyboard digunakan kamu bisa merasakan getaran pada iPhone-mu. Hal ini sebelumnya nggak ada pada versi iOS manapun namun jadi hal lazim pada sistem operasi Android. Kurang suka dengan getarannya? Nggak perlu khawatir karena fitur ini bisa dimatikan dan dinyalakan sesuai kebutuhan!

Fakta Unik iOS 16

Uniknya, iOS 16 ini awalnya memang dirancang untuk digunakan pada iPhone 14 yang dikabarkan akan rilis pada September 2022 mendatang. Hanya saja, versi iOS satu ini sudah dirilis terlebih dahulu sehingga pengguna iPhone 13 sudah bisa menggunakannya. Belum jelas alasan pihak Apple akan hal ini. Namun kemungkinan supaya versi iOS 16 ini bisa mendapatkan feedback dan dikembangkan lebih lanjut.

Fakta unik lainnya dari iOS 16 adalah dukungan terhadap bahasa Indonesia. Walau merupakan produk asal Amerika Serikat, iOS 16 kini hadir dengan dukungan terhadap bahasa Indonesia. Hal ini bisa kamu lihat dari fitur dictation yang sudah bisa menggunakan bahasa Indonesia. Jadi nggak ribet lagi deh kalau mau bikin teks menggunakan suara karena penggunaan dalam bahasa Indonesia sudah tersedia!

Selain itu, nggak semua fitur pada iOS 16 ini merupakan fitur yang baru. Beberapa fitur merupakan fitur adaptasi dari produk Apple lainnya seperti iWatch atau Macbook. Beberapa fitur bahkan merupakan versi upgrade dari fitur sebelumnya yang sudah ada pada iOS 15. Jadi bisa dibilang kalau iOS 16 ini merupakan versi penyempurnaan dari iOS 15 yang sudah dirilis terlebih dahulu. Nggak salah dong ya?

———————————————————-

BACA JUGA : Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Laptop. Simak Yuk!  

Fitur-fitur yang dibawa iOS versi 16 ini keren dan berguna banget ya Blibli Friends? Kamu pasti jadi tertarik untuk upgrade versi iOS di iPhone kamu ‘kan? Sayangnya nggak semua seri iPhone bisa pakai versi iOS ini. Khususnya untuk iPhone keluaran lawas. Maka dari itulah kamu perlu upgrade iPhone kamu dulu melalui Blibli. Di Blibli ada banyak seri iPhone baru dengan harga yang nggak bikin dompet nangis!