Jadi Fenomenal di Dunia Maya, Berikut Fakta Film Tilik

fakta film tilik
Image Source: Racacana Film

Fakta Film Tilik ー Tilik kini telah menjadi perbincangan cukup hangat bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi kamu yang juga merupakan pengguna aktif dari Twitter. Bukan sekadar kata biasa, Tilik merupakan sebuah judul dari film pendek yang belum lama ini ada di Youtube. Nggak tanggung-tanggung, ada ribuan tweet di Twitter yang membicarakan film satu ini, lho. Kisahnya yang begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari serta visual yang memukau menjadi daya tarik yang dimiliki film ini. Salah satu tokohnya yang bernama Bu Tejo juga begitu melekat di ingatan para penonton hingga membuatnya jadi Trending Topic.

Nah, penasaran dengan film pendek satu ini? Yuk, intip fakta unik di dalamnya.

BACA JUGA: URUTAN FILM AVENGERS

_____________________

  1. Bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DIY

Film pendek ini telah diproduksi pada tahun 2018 lalu oleh Ravacana Films. Disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo yang memang aktif dalam membuat film pendek. Sebelum Tilik, Wahyu juga pernah memproduksi film relatable lainnya yang juga cukup populer berjudul “Anak Lanang”. Ide ceritanya yang mengangkat isu hoax, membuat film ini berhasil lolos dalam program Danais yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan DIY.

  1. Kata Tilik Berasal dari Bahasa Jawa

Beberapa dari kamu tentu cukup asing dengan kata tilik yang dijadikan sebagai judul dalam film pendek ini. Di mana kamu baru menyadari arti katanya setelah menonton film. Kata “tilik” tersebut berasal dari bahasa Jawa dan memiliki arti menjenguk. Sesuai dengan alur ceritanya, dalam film pendek ini bercerita mengenai warga desa yang berniat menjenguk Bu Lurah yang sakit. Selama perjalanan menjenguk itulah banyak hal yang menjadi perbincangan para ibu-ibu, termasuk mengenai sosok wanita bernama Dian yang dianggap sebagai wanita “nakal”.

  1. Banyak Penghargaan

Sebelum akhirnya diunggah di YouTube, film Tilik sudah melalang buana ke berbagai pagelaran festival film pendek. Bahkan, film ini juga sudah membawa pulang Piala Maya 2018, lho. Film  “Tilik” juga terpilih sebagai Official Selection JAFF (Jogja-Netpac Asian Film Festival) 2018. Nggak berhenti disitu saja, film pendek ini juga menjadi Official Selection World Cinema Amsterdam 2019. Keren, bukan?

  1. Karakter Bu Tejo yang Mencuri Perhatian

Karakter Bu Tejo yang diperankan Siti Fauziah menjadi yang paling mencuri perhatian di film ini. Cara bicaranya yang nyinyir benar-benar mampu membuat penonton tertawa sekaligus gemas secara bersamaan. Gimana nggak, sepanjang film, sosok ini begitu heboh membicarakan sosok Dian dengan asumsi buruk yang dia miliki. Saking populernya, banyak beredar foto ikonik Bu Tejo yang dijadikan sebagai bahan meme. Nggak cuma itu, aktingnya yang memukau juga membuat masyarakat semakin gencar mencari tahu siapa sebenarnya sosok di balik Bu Tejo ini.

  1. Sudah Mendapat Jutaan Penonton

Banyaknya orang yang membicarakan film Tilik, tentu membuat jumlah penontonnya begitu banyak. Bahkan, meski baru diunggah pada tanggal 17 Agustus lalu, film ini sudah mencapai jumlah penonton di angka 2.5 juta lebih pada penayangan hari ke-3, lho. Dan saat ini sudah menembus angka 6 juta viewers.

_____________________

Itu dia fakta Film Tilik yang fenomenal di dunia maya. Sepanjang menonton, yakin deh pasti kamu akan dibuat tertawa dan gemas oleh akting ibu-ibu tukang gosip. Bersiap juga ya untuk terkejut karena plot twist yang ada di akhir film.

Buat Blibli Friends yang belum menontonnya, segera cek YouTube dan kunjungi channel Ravacana Film, ya. Supaya streamingnya lancar jaya, pastikan kuota internet kamu cukup. Kalau belum cukup, segera deh kunjungi Blibli untuk beli paket data.

CEK DAFTAR HARGA PULSA DAN PAKET DATA DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY