me

Doa Sebelum Belajar Islam Beserta Keutamaannya

Oct 18, 2023.By
Bagikan

Doa Sebelum Belajar Islam Beserta Keutamaannya

Doa sebelum belajar Islam sangat baik untuk dilantunkan sebelum aktivitas dimulai. Umumnya para siswa yang biasa membaca doa ini sebelum memulai belajar. Bacaan ini biasanya juga ada di dalam buku doa Islam sehari-hari. Namun, Blibli Friends juga bisa menyimak doa tersebut di sini.

Berdoa sebelum belajar baik dilakukan rutin di sekolah maupun di rumah, berikut bacaan doanya.

Baca juga :


Doa Sebelum Belajar

doa sebelum belajar islam
theguardian.com

Dalam Islam ada ajaran bagi umatnya untuk membaca doa sebelum belajar, sehingga ketika menuntut ilmu bisa mendapat kemudahan serta kelancaran. Berdoa juga merupakan ibadah yang mulia bagi Allah SWT. 

Untuk bacaan doa sebelum belajar yaitu sebagai berikut:

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodhitu billahi robba, wabil islaami diina, wabi-muhammadin nabiyya warasula. Robbi zidnii ‘ilmaa warzuqnii fahmaa

Artinya:

“Aku ridho Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul. Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik.”

Keutamaan Membaca Doa Sebelum Belajar

Bagi anak-anak sudah semestinya menerima edukasi tentang agama sejak mereka berusia dini. Salah satunya mulai dari kebiasaan yang sederhana seperti berdoa setiap kali akan melakukan aktivitas, termasuk belajar. Jadi, sebelum belajar ilmu pengetahuan baru, perlu untuk berdoa terlebih dahulu.

Dengan begitu, seseorang akan memenuhi lisan dengan bacaan doa dan zikir sebelum menuntut ilmu. Sebab, pasti ada banyak rintangan dan halangan yang bisa berasal dari luar dan juga dari dalam. Untuk itu, berdoa sebelum memulai aktivitas belajar sangat baik untuk menjadi kebiasaan.

Adapun keutamaan berdoa sebelum belajar yaitu sebagai berikut:

Ilmu yang Dipelajari Menjadi Berkah

doa sebelum belajar islam
bola.com

Mencari ilmu bagi umat muslim wajib hukumnya, untuk laki-laki dan perempuan juga. Hal tersebut telah disebutkan sesuai dengan hadis riwayat Al Baihaqi. Adapun hadis tersebut begini artinya: “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap muslim laki-laki maupun perempuan.” (H.R. Al-Baihaqi)

Maka dari itu, berdoa ketika akan belajar ilmu pengetahuan baru dapat menjadikannya lebih berkah. Hal ini karena dalam proses diri kita mencari ilmu, kita pun turut melibatkan Allah. Jadi, nggak seperti kita cuma sendiri belajar sebuah ilmu yang baru, karena kemampuan berpikir kita juga berasal dari Allah.

Jadi, berdoa sebelum belajar akan membuat Allah rida sehingga memberikan berkah yang melimpah sekaligus pahala kepada umatnya. Ilmu yang dipelajari pun dapat bermanfaat nggak cuma bagi diri sendiri, tapi juga untuk diaplikasikan di setiap aktivitas dan bisa juga untuk berbagi ilmunya dengan orang lain.

Dimudahkan dan Dilancarkan Saat Belajar

doa sebelum belajar islam
washingtonpost.com

Saat menuntut ilmu dengan belajar, pasti selalu ada rintangan yang datang bahkan banyak rintangannya. Namun, membaca doa sebelum belajar dapat membawa kemudahan yang diberikan oleh Allah kepada kita, sehingga ilmu bisa masuk dengan mudah ke dalam pikiran.

Di samping itu, ilmu yang dipelajari tersebut juga dapat memberikan manfaat dalam kehidupan kita. Nggak hanya itu, ilmu yang telah kita dapatkan tersebut juga dapat bermanfaat bagi orang-orang di sekitar. Hal ini pun sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh Allah kepada hamba-Nya.

Seperti yang disebutkan dalam QS. Al Mukmin ayat 60 yang berbunyi: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (Al Mukmin: 60).

Diberi Ketajaman Daya Pikir

theguardian.com

Diyakini bahwa membaca doa sebelum belajar juga dapat mengasah kemampuan berpikir. Doa-doa yang dilantunkan bisa membantu mengasah ketajaman seseorang dalam berpikir. Maka dari itu, daya pikir yang tajam akan turut memberikan manfaat dan kemudahan dalam proses belajar seseorang.

Adapun doa-doa yang dapat diamalkan ketika belajar juga ada banyak. Selain membaca doa sebelum mulai belajar, ada juga doa agar nggak lupa, doa supaya diberi kemudahan dalam menghapalkan, hingga doa untuk memohon anugerah kecerdasan dari Tuhan. Dengan begitu, aktivitas belajar bisa menjadi lancar.

Hal tersebut karena melalui lantunan doa, seseorang akan mendapat ketajaman daya pikir. Doa-doa yang dilantunkan bisa mempertajam kemampuan pikiran kita khususnya dalam menyerap berbagai ilmu pengetahuan baru. Dengan begitu, proses belajar dapat memberikan manfaat yang lebih baik lagi.

Jadi Amalan yang Mendapat Pahala

theconversation.com 

Ibadah digambarkan sebagai suatu elemen yang berhubungan dengan struktur tubuh manusia. Dengan demikian, doa adalah otak dari ibadah tersebut. Doa merupakan suatu hal yang penting dan berperan besar dalam kehidupan seseorang khususnya di setiap aktivitas yang dilakukan.

Seorang yang berdoa maka dirinya akan menerima imbalan. Adapun imbalan tersebut dapat berupa pahala yang diberikan atas sesuatu yang dia kerjakan, maupun dalam bentuk terkabulnya doa yang dipanjatkan. Maka, doa dapat diibaratkan memohon untuk sesuatu dengan cara yang baik kepada Allah.

Ketika seseorang terbiasa berdoa, semakin banyak doa yang dipanjatkan, maka semakin banyak juga imbalan ataupun pahala yang akan dia dapatkan. Begitu pula dengan berdoa untuk kelancaran belajar, maka seseorang bisa mendapat imbalan berupa kelancaran dalam menimba ilmu dan ilmunya juga dapat bermanfaat.


Baca juga :

Demikian bacaan doa sebelum belajar Islam. Umat muslim dapat melantunkan doa agar cepat paham dalam belajar sehingga mendapat kelancaran.

Tag: