me

Choctail in Bowl: Resep Buah Cokelat Lumer Viral

May 08, 2024.By Blibli Friends
Bagikan

hops.id
Inovasi buah cokelat lumer yang sedang tren dan bisa menjadi ide jualan di rumah!

Dessert terbaru Choctail in Bowl merupakan sajian manis yang cukup memanjakan lidah dan memberikan sensasi di tiap suapan. Kombinasi unik antara buah-buahan segar dan toping cokelat manis membuat dessert ini menjadi favorit pecinta cokelat. Paduan buah-buahan dan cokelat manis akan terasa lebih nikmat jika dimakan saat siang hari.

Dengan adanya resep ini, kamu bisa mencoba membuat sendiri di rumah. Kamu bisa memadukan beragam jenis buah yang segar dan nikmat dengan lelehan cokelat manis. Untuk membuat dessert segar ini cukup mudah dan praktis. Kamu perhatikan alat dan bahan yang digunakan untuk membuatnya di bawah sini!

Baca Juga :


Tentang Choctail in Bowl

Choctail in Bowl
123rf.com

Dessert manis Choctail in Bowl adalah salah satu makanan pencuci mulut ringan yang viral di Malaysia. Choctail in Bowl atau berbagai jenis buah yang disiram menggunakan lelehan cokelat lumer ini menjadi hidangan mencuri perhatian. Potongan buahnya yang segar di dalam mangkuk plastik higenis dan menjadi lebih praktis penyajiannya.

Buat kamu pecinta cokelat wajib mencoba dessert ini atau membuatnya sendiri dengan mudah. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat dessert ini juga cukup mudah dan penyajiannya menarik. Lumeran cokelat yang meleleh akan membuat buah menjadi lebih segar, menggiurkan, dan bisa kamu jadikan sebagai inovasi berjualan.

Resep Choctail in Bowl

Berikut ini ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan untuk membuat Choctail in Bowl dan bahan-bahan yang diperlukan. Simak di bawah ini:

Alat yang Dibutuhkan:

Choctail in Bowl
tigapilarfamilia.com
  • Sendok
  • Mangkuk Plastik
  • Panci berisi air mendidih untuk melelehkan cokelat
  • Pisau 
  • Penjepit makanan
  • Wadah makanan container

Bahan:

Choctail in Bowl
iheartvegetables.com
Bahan Jumlah 
Buah Anggur½ kg
Strawberry¼ kg
Pisang Secukupnya
Blueberry¼ kg
Cokelat Nutella1 kg
Cokelat Putih¼ kg
Cokelat Biasa¼ kg
Cokelat ChipSecukupnya
SprinkleSecukupnya

Cara Membuat:

healthline.com
  1. Siapkan beberapa jenis buah yang kamu sukai, misalnya saja seperti buah anggur merah, anggur hitam, anggur ungu, strawberry, blueberry, dan pisang. Potong buah sesuai selera dan sama rata agar pembeli lebih mudah saat mengunyahnya. 
  2. Lelehkan beragam jenis cokelat batangan yang akan kamu jadikan sebagai topping. Kamu juga bisa menggunakan cokelat Nutella, SilverQueen, dan cokelat jenis lainnya. Lelehkan cokelat di atas air mendidih dengan menggunakan wadah yang tahan panas.
  3. Susun buah ke dalam bowl dan lumuri buah dengan lelehan cokelat yang kamu inginkan. Kamu bisa melumuri buah dengan satu varian atau dua jenis varian cokelat favoritmu. Sehingga, rasanya bisa bermacam-macam dan nggak membosankan.
  4. Untuk memberikan plating terakhir yang menarik, kamu bisa memberikan choco chip atau sprinkle di atas lelehan cokelat. Dengan adanya tambahan topping tersebut, choctail in bowl kamu akan terlihat sangat cantik dan menarik.

Tips Memilih Buah yang Matang dan Segar

Agar Choctail in Bowl kamu terlihat menarik atau lebih segar, ada beberapa tips memilih buah yang matang dan segar di bawah sini:

Pilih yang Warnanya Cerah

thefreshmarket.com

Tips pertama memilih buah adalah kamu harus melihat warnanya. Sebab, warna buah bisa menentukan kematangan dan jangan memilih yang muda. Jika, ingin mendapatkan buah yang berkualitas bagus, kamu bisa memilih buah yang bertekstur mulus dan warnanya cerah. Jangan mengambil buah yang berwarna pucat atau terlihat tua.

Buah yang warnanya terlalu pucat biasanya belum matang sempurna. Sementara buah yang memiliki warna tua biasanya buah yang akan membusuk.

Mengecek Kulit Buah

vaya.in

Tips kedua memilih buah yang segar adalah dilihat dari kulitnya. Buah yang segar akan mempunyai kulit berwarna bagus dan nggak rusak. Berbeda dengan buah yang sudah nggak segar lagi biasanya akan terlihat lembek, keriput, dan rusak.

Mencium Aromanya

vinepair.com

Tips ketiga memilih buah yang matang dan segar adalah dengan mencium aromanya. Buah yang sudah matang dan berkualitas akan mempunyai aroma manis dan segar. Sementara untuk buah yang masih belum matang, aromanya cenderung sepat dan bahkan nggak mempunyai aroma. Hindari buah yang berbau menyengat atau asam karena buahnya sudah membusuk.

Bentuk dan Ukuran Buah

qualityfood.ae

Tips keempat memilih buah yang segar dan layak dikonsumsi adalah dengan melihat bentuk buah. Apabila buah tersebut sudah layak dipetik, ukuran tumbuhnya akan terlihat secara maksimal. Bentuknya juga khas, bisa bulat dengan sempurna atau bahkan mempunyai diameter sekian berapa sentimeter.

Jika kamu mendapati buah yang bentuknya dan ukuran nggak seperti biasanya, kamu patut curiga, bisa jadi itu adalah buah yang nggak normal. Hal ini juga berlaku untuk buah yang dijual di area pasar. 

Daging Buah

Choctail in Bowl
peakpx.com

Tips kelima adalah melihat tekstur daging pada buah. Daging buah yang telah matang akan bertekstur lembut dan lunak. Tetapi, jika kamu biarkan dan nggak segera dimakan akan membuat daging buah tersebut terlalu lunak. Buah yang layak untuk dikonsumsi memiliki tekstur daging tingkat kematangannya pas, dagingnya lunak tetapi nggak benyek.

Jika daging buah terlalu lunak, biasanya buah tersebut sudah busuk dan nggak layak untuk dikonsumsi. Bahkan, bisa saja buah tersebut muncul larva belatung atau hewan lainnya.

Memperhatikan Kerapatan Duri atau Rambut Buah

wikiwand.com

Tips keenam adalah melihat dari perkembangan rambut atau duri bagi buah yang mempunyai duri. Buah yang telah matang akan tumbuh semakin besar dan duri atau rambutnya jadi merenggang. Jarak antar durinya akan terlihat jauh, dan kamu bisa mencoba tips ini saat ingin membeli buah rambutan, durian, nangka, dan lainnya.

Bunyi Ketukan Buah

fimela.com

Tips ketujuh adalah mengetuk buah untuk melihat apakah buah tersebut layak dikonsumsi atau tidak. Bunyi yang kamu dengar dari ketukan tersebut bisa menjadi sebuah acuan untuk menentukan tingkat kematangan buah. Misalnya saja seperti buah alpukat dan semangka yang bisa kamu ketuk untuk menentukan kematangannya. 

Buah alpukat dan semangka yang matang akan menghasilkan ketukan seperti menepuk dada. Jika kamu mendengar ketukan tersebut terlalu nyaring, biasanya buah tersebut masih belum matang. Kamu juga bisa melihat buah tersebut busuk atau nggak dengan mengetuk buah dan mengeluarkan suara seperti menepuk perut.


Baca Juga :

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba saat ingin membeli buah untuk membuat Choctail in Bowl. Dengan memperhatikan tips tersebut, kamu bisa mendapatkan buah yang segar, layak dikonsumsi, dan tentunya juga sudah matang. 

Yuk, beli kebutuhan membuat Choctail in Bowl seperti Nutella dan Choco Chips hanya di Blibli. Jangan lupa untuk menambahkan gratis ongkir dan voucher cashback supaya belanjaan kamu menjadi lebih hemat dan memuaskan.